20 Jenis Pasta Paling Lezat yang Mungkin Kamu Ketahui
Pasta adalah makana khas Italia yang pada umumnya terbuat dari tepung terigu, minyak zaitun, telur, dan garam. Pasta memiliki berbagai variasi dari segi bentuk, ukuran, dan warnanya. Pasta dihindangkan dengan cara direbus selama beberapa menit kamudian dicampur berbagai bahan makanan lainnya.

Pasta berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti yang lebih luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, atau cake, yang dimaasak dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Sebenarnya, ada begitu banyak jenis pasta yang ada, beberapa di antaranya mungkin sudah kita ketahui, dan sebagian besarnya mungkin belum. Berikut 20 macam pasta paling lezat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Spaghetti

Spaghetti
Spaghetti

Spageti adalah salah satu jenis pasta paling populer di Indonesia. Mi Italia dengan bentuk mirip lidi memanjang ini pada umumnya di masak selama 9 hingga 12 menit dalam air mendidih. Setelah itu, spageti bisa diberi bumbu atau saus sesuai selera, namun yang paling terkenal adalah dengan saus daging cincang bertabur keju Parmesan yang diparut.

2. Macaroni

Macaroni
Macaroni

Makaroni juga merupaka salah satu jenis pasta paling populer di Indonesia. Pasta ini pada umumnya berbentuk melengkung, namun ada pula yang memiliki bentuk lurus seperti di Inggris. Di Indonesia, pasta jenis ini seringkali dijadikan sebagai camilan dengan bumbu-bumbu tambahan yang ditaburkan.

Baca juga: 16 Makanan yang Baik untuk Menambah Berat badan dan Pembentukan Otot

3. Lasagna

Lasagna
Lasagna

Lasagna atau kadang disebut juga dengan lasagne adalah pasta berbentuk tipis melebar. Pasta ini merupakan salh satu jenis pasta tertua di dunia. Lasagna sendiri biasanya dapat diisi dengan berbagai macam makanan lain seperti daging, sayu-sayuran, ayam, ataupun seafood.

4. Fettucini

Fettucini
Fettucini

Fetticini atau fettucine bisa diartikan sebagai "pita kecil" dalam bahasa Italia. Fetucini memiliki bentuk seperti mi, namun berbentuk pipih yang pada umumnya dibuat dari tepung terigu dan telur. Pasta jenis ini biasanya dimakan dengan daging sapi atau daging ayam, atau terkadang ditaburi dengan keju Parmesan.

5. Vermicelli

Vermicelli
Vermicelli

Vermicelli hampir mirip dengan spageti yang menyerupai mi, namun  ukurannya lebih pendek dan kecil daripada spageti. Secara harfia, vermicelli bisa diartikan sebaga "cacing kecil". Pasta jenis ini biasanya dimasak dengan berbagai hidangan laut atau bisa juga dijadikan sebagai isi dalam sup.

6. Fusilli

Fusilli
Fusilli

Fusilli adalah jenis pasta berbentuk spiral yang terbuat dari tepung terigu, namun terkadang juga diberi campuran beetfoot, bayam atau tinta dari ikan sotong sebagai pewarna alami. Pasta jenis ini pada umumnya dimasak dengan saus krim dan kacang polong. Namun bisa juga diolah dengan bahan-bahan lain seperti daging ayam, daging sapi, atau sayur-sayuran.

7. Paccheri

Paccheri
Paccheri

Paccheri adalah pasta berbentuk tabung yang ukurannya sedikit lebih besar. Pasta yang berasal dari daerah Campania dan Calabria ini pada umumnya diisikan seafood, daging, ataupun keju yang dipanggang dengan taburan saus Bolognese.

8. Tagliatelle

Tagliatelle
Tagliatelle

Tagliatellle termasuk pasta klasik yang berasal dari regio Emilia-Romagna, Italia. Pasta ini berbentuk pipih dan memiliki sedikit kemiripan dengan fetucini, namun tagliatelle memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding fetucini.

9. Manicotti

Manicotti
Manicotti

Manicotti adalah pasta yang berbentuk tabung beukuran besar yang di dalamnya dapat diiskan dengan berbagai macam makanan lain seperti seafood, daging, ataupun salad yang kemudian dipanggang dengan taburan saus putih Besciamella dan keju Parmesan.

10. Penne

Penne
Penne

Penne adalah jenis pasta yang berbentuk silinder, lancip, dan berukuran pendek. Sama seperti fusili, penne juga memiliki warna beragam tergantung campuran bahan dalam adonannya. Penne biasanya dihidangkan dengan daging ayam, daging sapi, daging ayam, atau sayu-sayuran.

11. Cannelloni

Cannelloni
Cannelloni

Canneloni adalah pasta yang berbentuk silinder hampir mirip dengan makaroni, hanya saja canneloni pada umumnya berbentuk lurus dan lebih besar. Pasta ini pada umumnya terbuat dari tepung terigu dan biasanya disajikan dengan campuran daging sapi cincang, bayam, dan ricotta, serta taburan saus tomat dan saus Besciamella.

12. Tortellini

Tortellini
Tortellini

Tortellini adalah pasta yang berasal dari wilayah Emilia yang berbentuk seperti cincin. Pasta jenis ini biasanya bisa diisi dengan keju ricotta, daging, ataupun sayur-sayuran seperti bayam. Tortellini sering disajikan dengan kaldu daging sapi atau ayam dengan taburan saus tomat dan saus krim.

13. Farfalle

Farfalle
Farfalle

Secara harfiah, farfalle berarti kupu-kupu. Sesuai dengan namanya, pasta ini memang memiliki bentuk dan ukuran seperti dasi kupu-kupu dengan gerigi pada ujungnya. Farfalle biasanya dihidangkan dengan salad atau bisa juga dengan saus krim dengan tambahan minyak zaitun, mentega, dan keju.

14. Pappardelle

Pappardelle
Pappardelle

Pappardelle adalah pasta berbentuk mi pipih namun berukuran besar, mirip dengan fetucini,, namun pasta jenis lebih lebih lebar. Lebar pasta ini pada umumnya dua hingga tiga sentimeter. Pappardelle biasanya disajikan dengan daging dan saus tomat, atau bis apula dengan jamur, dan keju Parmesan.

15. Fiori

Fiori
Fiori

Fiori adalah pasta yang diekstrusi dengan enam bentuk kelopak menyerupai bunga. Pasta ini biasa disajikan bersama salad, namun bisa juga dengan dimakan dengan saus daging, saus ikan, ataupun saus tomat.

16. Ravioli

Ravioli
Ravioli

Ravioli adalah pasta yang bentuknya menyerupai pangsit yang diisi sesuatu dan disegel atau ditutup di antara dua lapisan adonan pasta yang tipis. Pasta yang berbentuk persegi ini biasanya disajikan dengan kaldu atau saus pasta.

17. Cavatappi

Cavatappi
Cavatappi

Cavatappi adalah pasta yang berbentuk mirip makaroni, hanya bentuknya lebih spiral dnegan warna merah. Pasta yang terkadang dikenal dengan nama Spirali ini biasanya digunakan dalam salad atau bisa juga dengan menambahkan saus ringan dan hangat untuk menyantapnya.

18. Rotini

Rotini
Rotini

Rotini memiliki bentuk yang mirip dengan fusili, yakni sama-sama berbentuk spiral, hanya saja rotini lebih tebal dan lebih pendek. Pasta ini sering dijadikan sebagai campuran salad dengan pesto dan carbonara atau saus tomat.

19. Rigatoni

Rigatoni
Rigatoni

Rigatoni adalah pasta berbentuk tabung dengan berbagai varian panjang dan diamater. Pasta ini lebih besar dibanding penne dan terkadang lebih melengkung. Tidak seperti penne, rigatoni dipotong tegak lurus, bukan secara diagonal.

20. Ditalini

Ditalini
Ditalini

Ditalini memiliki bentuk yang menyerupai makaroni, hanya saja ukurannya lebih pendek. Pasta yang berasal dari Sisilia ini seringkali digunakan untuk salad, namun terkadang juga dibuat sup. Sebagai menu utama, ditalini biaasanya dihidangkan dengan keju ricotta dan brokoli.

Baca Juga