16 Oleh- Oleh Khas Batam Yang Populer dan Rasanya Mantap
Bukan hanya barang impor yang terkenal di Batam. Banyak makanan lezat di sini, seafood, khas India, Melayu, hingga chinese food. Oleh- olehnya juga variatif dan enak. Dari kue tradisonal hingga yang modern semuanya lengkap.

Batam menjadi salah satu gerbang keluar masuknya wisatawan. Banyak orang Indonesia yang hendak menyeberang ke Singapura lewat kota ini. Demikian pula sebaliknya. Tak heran, jika kemudian kota ini banyak dihuni oleh pendatang dari berbagai etnis. Hal ini turut mempengaruhi budaya di Kota Batam. Banyak yang membuka usaha rumah makan bercitarasa luar yang dipadukan dengan kuliner khas Indonesia. Bukan hanya makanannya, oleh- oleh khasnya juga beragam dan terkenal enak. 

1. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa
Kek Pisang Villa

Tampilannya seperti brownies, tapi rasanya sangat berbeda dari brownies. Kek pisang bercitarasa manis, teskturnya padat dan aroma pisangnya terasa. Karena bahan utamanya pisang, jadi kue ini mengenyangkan. Tapi sama sekali tidak bikin negh, karena bahan yang digunakan semuanya alami dan tanpa pengawet.

Kek pisang villa tersedia dalam berbagai varian rasa seperti original, blueberry, yoghurt buah naga, choconut, blackforest, dan pandan cheese. Sekotaknya hanya dibenderol Rp. 35.000 hingga Rp. 53.000. Selain kek pisang, tempat ini juga menjajakan roti, brownies berbagai rasa, roti goreng, donat kentang, bika pandan, keripik, kue billis, dan olahan durian.

Ada dua 12 outlet kek pisang villa di Batam. Outlet utamanya berlokasi Jl. Imam Bonjol Blok F No.51, Nagoya. Tempat ini pun tak pernah sepi pembeli. Salah satu pakar kuliner, Pak Bondan Winarno bahkan didaulat untuk mempromosikan kue ini.

2. Bingka Bakar

Bingka Bakar
Bingka Bakar

Kue bingka sebenarnya khas Melayu, tapi kue ini juga mudah ditemukan di Batam. Bahkan sudah jadi oleh- oleh khas Kota Batam. Ada dua jenis bingka yang kerap dijajakan yakni rasa original dan pandan. Anda bisa membeli bingka bakar di outlet kek pisang villa atau beli di Bingka Bakar Nay@dam yang lokasinya di Bandara ataupun di Ruko Gajah Mada Square.

3. Luti Gendang

 Luti Gendang
Luti Gendang

Roti goreng isi ikan. Adonannya mirip seperti kroket. Makanan ini juga cocok jadi oleh- oleh keluar kota. Rasanya gurih, asin, tapi bikin ketagihan. Luti gendang pas untuk sarapan atau cemilan selama perjalanan. Anda bisa memperolah kue ini dengan mengunjungi Panbin Mall Food Street, Batu Selicin Lubuk Raja, atau bisa juga membelinya di Kedai Mie Tarempa yang berlokasi di Kompleks Graha Mas Sungai Panas.

4. Brownies Lava

Brownies Lava
Brownies Lava

Brownies yang satu ini sensasinya beda. Ketika brownies dipotong, akan muncul lelehan coklat yang begitu menggugah selera. Bagi penggemar coklat wajib mencoba kue ini. Anda bisa membelinya di Aqilla Brownies Lava yang terletak di Ruko Khazanah Plaza, Jl. Sudirman, Sukajadi, Kota Batam.

5. Rocklate

Rocklate
Rocklate

Rocklate berupa coklat yang dipadu dengan marsmallow dan dibuat dengan berbagai varian rasa. Varian yang tersedia antara lain strawberry chocolate, chrunchy milk chocolate, cocochip chocolate, dan chrunchy dark chocolate. Harganya pun cukup terjangkau. Untuk kemasan kecilnya hanya Rp. 20.000 sedangkan untuk kemasan besar dibenderol Rp. 55.000 saja. Anda bisa membeli coklat ini langsung di outletnya yang berlokasi di daerah Belian, Kota Batam.

6. Bilis Molen

Bilis Molen
Bilis Molen

Buat penggemar cemilan asin, satu lagi oleh- oleh khas Batam yang tak boleh terlewatkan. Bilis molen ini terbuat dari ikan bilis yang dibalut dengan adonan tepung dan digoreng. Rasanya gurih, enak, dan garing. Kemasannya yang transparan membuat siapa saja tergiur membawanya pulang jadi oleh- oleh. Kalau lagi di Batam, Anda bisa membelinya di outlet kek pisang villa.

7. Stik Buah Naga

Stik Buah Naga
Stik Buah Naga

Anda mungkin sudah familiar dengan keripik buah naga. Tapi keripik buah naga di kota ini sedikit berbeda karena diolah seperti stik. Penganan ini dijual di outlet Aroma Cake Buah Naga di Ruko Grand Niaga Mas Blok C No 27-31 Batam Center.

8. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk
Kue Batang Buruk

Batang buruk merupakan cemilan khas Bintan, tapi kue ini pun mudah dijumpai di Kota Batam. Rasanya manis, gurih, dan krenyes. Dibuat dari tepung beras, tepung gandum, gula, telur, mentega, kacang, tanah, dan kacang hijau. Saat mengunjungi Kota Batam, jangan lupa bawa pulang kue yang satu ini.

9. Layers Cake

Layers Cake
Layers Cake

Dari tampilannya saja sudah bikin ngiler. Kue ini sebenarnya tak jauh beda dengan kue lapis. Hanya saja diberi  pewarna dan rasa tambahan serta dihias lebih cantik sehingga tampilannya lebih menarik. Banyak yang menjajakan layers cake di Batam, tapi yang paling populer adalah Lamoist Layers Cake yang outletnya berlokasi di Jl. Bunga Raya.

10. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella
Teh Bunga Rosella

Tanaman rosella dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Nah, mengunjungi Kota Batam jangan lupa membeli oleh- oleh ini. Teh yang terbuat dari ekstrak bunga rosella. Tak hanya nikmat, teh ini juga bagus untuk kesehatan.

11. Keripik Kari

Keripik Kari
Keripik Kari

Keripik berbahan dasar udang ataupun kerang gongong yang diolah dengan tambahan rasa kari yang nikmat. Ada banyak tempat yang menjajakan cemilan ini, salah satunya Keripik Kari Fartiana.

Baca juga: 71 Macam Keripik Khas Nusantara Yang Kriuknya Bikin Ketagihan

12. Otak- Otak Batam

Otak- Otak Batam
Otak- Otak Batam

Salah satu otlet yang menjajakan makanan ini adalah Mamma Otak Otak yang berlokasi di Jl. Pembangunan, Penuin. Di sini Anda dapat memilih olahan otak- otak mentah beku atau sudah digoreng untuk dikemas jadi oleh- oleh. Ada dua varian rasa yang ditawarkan yakni original dan pedas.

13. Kek Durian

Kek Durian
Outler Kek Durian Felicia

Mau beli durian tapi takut cepat membusuk? Anda bisa memilih olahan durian yang dijamin tahan lebih lama. Kek durian salah satunya. Kue ini berbahan dasar durian tapi diolah kembali dengan berbagai varian rasa seperti coklat, keju, dan kismis. Outlet Kek Durian Felicia lokasinya di Ruko Batama Blok A No.2Jln. Imam Bonjol Nagoya Batam.

14. Kek Buah Naga

Kek Buah Naga
Kek Buah Naga

Satu lagi kue terbaru dari Kota Batam yang wajib Anda cicipi dan jadikan oleh- oleh. Kue dari buah naga. Tak cuma enak, kue ini juga diklaim memiliki banyak khasiat karena terbuat dari buah naga pilihan yang masih segar.

15. Batam Ogura

Batam Ogura
Batam Ogura
Batam Ogura
Batam Ogura

Kalau cake yang satu ini, kekinian artis milik Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Batam Ogura serupa dengan cheese cake ala Jepang tapi dikreasikan dengan berbagai varian rasa. Rasanya unik dengan krim di tengahnya. Ditambah lagi warnanya eye catching membuat siapapun tergoda ingin mencoba. Jalan- jalan ke Kota Batam bisa mampir ke Outletnya di Jl. Sultan Abdurrahman, Komplek Lumbung Rezeki Blok D No. 2 Nagoya, (Disamping Bank Panin, Nagoya). 

16. Zapin Batam

Zapin Batam
Zapin Batam

Kue ini juga cake kekinian artis milik Andhika Pratama. Mirip seperti bolu gulung yang diberi krim di tengah plus tambahan toping menyelimuti kue pada bagian atas. Jika tertarik dengan kue ini bisa datang langsung ke outletnya di Kompleks Nagoya Hill Superblok D Nomor 4-5 dan Ruko King Busines Centre, Jl. Raja Isa Blok B1 Nomor 1, Batam Centre.

Baca Juga