33 Sayur dan Makanan Yang Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin A dalam tubuh kita,maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit,karena salah satu fungsi vitamin A yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga kesehatan mata serta penglihatan,untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A seperti di bawah ini.

Makanan yang mengandung vitamin A.Tentunya kita sering mendengar kata "Vitamin",sebenarnya apa itu vitamin?,dan apa fungsinya?.Simak ulasannya berikut ini.

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik yang sangat di perlukan oleh tubuh,karena berfungsi untuk membantu proses kegiatan tubuh.Seperti yang kita tahu,terdapat beberapa jenis vitamin,yaitu vitamin A,B,C,D,E dan vitamin K.Dan kali ini kita akan membahas tentang salah satu vitamin,yaitu vitamin A,fungsi dari vitamin A dan makanan yang mengandung vitamin A yang perlu kita konsumsi.

Vitamin A adalah jenis vitamin yang dapat larut dalam lemak yang sangat berperan penting dalam pembentukan penglihatan,jadi dengan mengkonsumsi vitamin A secara rutin setiap hari,maka mata dan penglihatan kita akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mata,selain itu vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.Lalu apa sajakah makanan yang mengandung vitamin A yang bisa kita konsumsi sehari-hari?.Simak ulasannya di bawah ini.

1.Ikan tuna

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : pixabay.com

Ikan tuna merupakan jenis ikan yang sangat baik untuk di konsumsi karena mengandung banyak gizi seperti fosfor,niacin,omega 3 serta vitamin A dan B yang sangat di butuhkan oleh tubuh.Ikan tuna mengandung vitamin A sebanyak 2.520 IU dalam setiap 100 gramnya,yang mana kandungan vitamin A tersebut berfungsi untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2.Susu

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : way4indians.com

Sepertinya susu sudah menjadi minuman wajib yang perlu di konsumsi setiap hari karena susu mengandung banyak nutrisi serta gizi yang baik bagi tubuh.Susu memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi,yaitu sebesar 498 IU per 100 gramnya,dengan mengkonsumsi susu secara rutin dan teratur setiap hari dipercaya dapat menstabilkan kadar cairan pada mata dan dapat mengatasi katarak.

3.Yogurt

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image ; roguehealthandfitness.com

Mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dipercaya dapat mencegah kita dari berbagai serangan penyakit,melancarkan pencernaan serta dapat menjaga kesehatan tulang,karena yogurt mengandung banyak nutrisi serta mengandung vitamin A yang cukup tinggi yakni sekitar 73 IU dalam setiap 100 gramnya.

4.Wortel

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : style.tribunnews.com

Wortel memang sangat populer dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi yakni berkisar 16.706 IU yang bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan.Selain itu kandungan nutrisi lainnya yang terdapat dalam wortel juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5.Labu

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : kompasiana.com

Labu juga merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A yang sangat diperlukan oleh tubuh,vitamin A yang terkandung dalam labu berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,melancarkan pencernaan,mencegah anemia serta menjaga kesehatan mata,sehingga mata terhindar dari gangguan penglihatan.Adapun kandungan vitamin A dalam labu adalah sekitar 19.060 IU dalam setiap 100 gramnya.

6.Lobak hijau

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : tokopedia.com

Selain mengandung vitamin K dan mineral lainnya,lobak hijau juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7.Kacang kapri

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : khasiatsehat.com

Dengan mengkonsumsi kacang kapri secara rutin,dipercaya dapat mencegah kita dari osteoporosis,anemia serta dapat mencegah kerusakan saraf,itu karena di dalam kacang kapri terkandung banyak gizi dan kaya akan kandungan vitamin A yang sangat diperlukan tubuh.Vitamin A yang terkandung dalam kapri sebanyak 765 IU per 100 gramnya.

8.Paprika merah

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : tuannguyencorp.com

Paprika merupakan jenis sayuran yang terkandung banyak sekali nutrisi dan vitamin,seperti protein,serat,omega 3,lemak,karbohidrat,omega 6 dan kaya akan kandungan vitamin A dan C yang juga diperlukan oleh tubuh.Kandungan vitamin A dalam paprika merah yaitu sebanyak 3.131 IU per 100 gramnya,yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata.

9.Aprikot

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : amazine.com

Aprikot merupakan jenis buah yang juga kaya akan kandungan vitamin A yaitu sekitar 1.926 IU dalam 1 buah aprikot,selain itu,aprikot juga mengandung vitamin C,kalsium,kalium,serta betakaroten yang kesemuanya sama-sama di butuhkan oleh tubuh.

10.Pepaya

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : sehatpost.com

Buah pepaya memang banyak sekali memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan,karena pepaya mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh seperti tiamina,betakaroten,niacin,riblavin dan asam pantotenik,selain itu pepaya juga kaya akan kandungan vitamin,yaitu vitamin A,B6,C,E dan K.Mengkonsumsi pepaya secara rutin setiap hari dipercaya dapat mencegah kita dari berbagai masalah kesehatan,seperti stroek,penyakit jantung,kanker dan penyakit lainnya.

11.Markisa

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : faunadanflora.com

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam markisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan memaksimalkan fungsi jantung.Buah markisa merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin A,yaitu sebanyak 1.272 IU di setiap 100 gramnya.

12.Melon

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : goods4u.co.nz

Mengkonsumsi buah melon juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menyehatkan mata,karena melon merupakan buah yang juga kaya akan kandungan vitamin A,yaitu sebesar 5.706 IU dalam setiap 100 gramnya.

13.Persik

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : asnestos.gr

Selain rasanya yang enak,buah persik juga memberikan banyak sekali manfaat kesehatan pada pengkonsumsinya,salah satunya dapat mencegah penyakit kanker serta dapat menjaga kesehatan mata.Karena buah persik mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh,diantaranya,kalium,serat,karbohidrat,kalsium,betakaroten serta kaya akan vitamin A,C,E dan vitamin K.

14.Mangga

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : bangka.tribunnews.com

Mangga juga termasuk jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan C yang sangat diperlukan oleh tubuh,selain itu,mangga juga mengandung serat,karbohidrat dan betakaroten yang juga baik bagi tubuh.Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dipercaya dapat mengatasi masalah pada mata,melancarkan sistem pencernaan dan mencegah kanker.

15.Brokoli

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : hallopedia.com

Brokoli memang terkenal dengan segudang manfaatnya,karena mengandung banyak nutrisi dan gizi yang berperan penting dalam kesehatan,seperti zat besi,serat,zinc,asam lemak omega 3,fosfor dan mineral lainnya,selain itu brokoli juga kaya akan kandungan vitamin,salah satunya vitamin A yakni sebesar 229.07 RE.

16.Tomat

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : tribunnews.com

Jenis sayur yang sering di gunakan untuk merawat kecantikan ini juga mengandung banyak vitamin A,C,B1,B2,B3,serat,kalsium,protein dan mineral lainnya yang baik bagi tubuh.

17.Cabai

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : katalogkuliner.com

Cabai yang terkenal dengan rasanya yang pedas ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin A,yaitu sebesar 952 IU dalam setiap 100 gramnya,yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh,menyehatkan jantung serta mencegah penyakit kanker.Selain kandungan vitamin A nya yang banyak,dalam cabai juga terkandung vitamin B,C dan E,asam folat,mineral,kalium,dan thiamin.

18.Kale

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : georgeperry.co.uk

Kale merupakan jenis sayuran yang juga sangat baik untuk di konsumsi,karena mengandung nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh,seperti kandungan alfa-linoleat dan asam lemak omega 3 nya yang sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan otak,mencegah diabetes serta menjaga kesehatan jantung.Selain itu kale juga kaya akan kandungan vitamin A yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

19.Bayam

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : healthylifevision.com

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran hijau yang satu ini,karena selain mudah di temukan,harganya pun juga terjangkau.Perlu kita ketahui bahwa bayam termasuk kedalam jenis sayuran menyehatkan yang kaya akan kandungan vitamin A,yaitu sebesar 11.450 IU dalam setiap 100 gramnya.

20.Anggur

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : sonxeber.az

Selain kaya akan vitamin C dan E,anggur juga kaya kaya akan kandungan vitamin A,yaitu sekitar 66 IU per 100 gramnya.

21.Selada

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : merdeka.com

Sayuran yang satu ini memang sangat nikmat untuk di jadikan sebagai lalapan.Selada juga merupakan sayuran yang mengandung bayak nutrisi dan mineral lainnya yang di butuhkan oleh tubuh seperti asam folat,serat,kalium,kolis,betakaroten,vitamin A,B6,C dan K.Kandungan vitamin A yang terdapat dalam selada yaitu sebesar 7.405 IU per 100 gramnya.

22.Kemangi

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : tanyoe.com

Tahukah kamu,daun kemangi yang biasa di jadikan lalapan dan penambah aroma pada masakan ini ternyata banyak memberikan manfaat bagi kesehatan,diantaranya dapat menyehatkan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh,karena didalam daun kemangi mengandung banyak nutrisi dan kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam berbagai proses dalam tubuh.

23.Nanas

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : aura.co.id

Nanas mengandung vitamin A yang cukup tinggi yaitu 58 IU per 100 gramnya,selain vitamin A,nanas juga mengandung asam folat dan mineral lainnya yang baik bagi tubuh.

24.Oatmeal

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : onko-help.ru

Oatmeal merupakan makanan olahan yang terbuat dari gandum yang juga kaya kandungan vitamin A.Jadikanlah oatmeal sebagai menu sarapan pagi anda,karena dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin setiap hari dipercaya dapat mencegah diabetes,menurunkan kolesterol serta menyehatkan jantung.

25.Ubi kuning

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : ahlinyadiabetes.com

Ubi kuning juga merupakan jenis umbi-umbian yang sehat untuk di konsumsi,karena selain mengandung vitamin C,B,magnesium serta seng,ubi kuning juga kaya akan kandungan vitamin A yang sangat diperlukan dalam tubuh,yaitu sebesar 14.187 per 100 gramnya.

26.Sawi

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : nusantaranews.co

Dengan mengkonsumsi sawi secara rutin dipercaya dapat mencegah kita dari penyakit kanker,menjaga kesehatan tulang dan mencegah dari diabetes,karena sawi kaya akan kandungan vitamin A,C,zat besi,kalsium,magnesium serta karbohidrat dan protein.Kandungan vitamin A yang terdapat dalam sawi adalah sebanyak 19.520 IU per 100 gramnya.

27.Keju

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : alodokter.com

Keju merupakan produk olahan yang terbuat dari susu yang juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh.Kandungan vitamin A nya sebesar 1002 IU per 100 gramnya.

28.Telur

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : go-dok.com

Mengkonsumsi telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata,membantu perkembangan otak dan juga menyehatkan janin dalam kandungan,karena selain mengandung vitamin A yang tinggi,telur juga mengandung asam folat,zat besi serta kalsium dan mineral lainnya yang baik bagi tubuh.

29.Ikan Makarel

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : ciptaraya.wordpress.com

Kalian pasti sudah tidak aneh lagi dengan sarden,nah ikan yang ada di kaleng ini ternyata adalah jenis ikan makarel yang baik sekali di konsumsi,karena ikan makarel mengandung banyak gizi dan vitamin,salah satunya vitamin A.

30.Hati ayam

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : perutgendut.com

Hati ayam juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat diperlukan oeh tubuh.Kandungan vitamin A dalam ati ayam yaitu sekitar 12.228 IU per 1 porsinya.

31.Mentega

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : rona.metrotvnews.com

Mentega sering kita gunakan sebagai bahan pembuat kue,namun tahukah kamu ternyata mentega juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi yang baik bagi tubuh,yaitu sebesar 2.499 IU per 100 gramnya.

32.Daging sapi

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : starberita.com

Dalam daging sapi terkandung vitamin A yang cukup tinggi,yaitu sekitar 31.718 per 100 gramnya,selain itu daging sapi juga mengandung omega 3,vitamin B kompleks,zat besi,selenium serta zat seng yang juga baik bagi tubuh.Mengkonsumsi daging sapi dengan porsi yang sesuai dipercaya dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

33.Salmon

33 Sayur dan Makanan Mengandung Vitamin A Terbanyak Yang Bisa Kita Konsumsi Setiap Hari
Image : sunriseseniorliving.com

Jenis ikan ini memang terkenal dengan manfaat dan gizi yang terkandung di dalamnya,yaitu dapat merangsang fungsi otak serta menurunkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.Selain kaya akan kandungan vitamin A,salmon juga mengandung asam amino,omega 3,vitamin B,B6,E dan D,serta kalsium dan magnesium.

Demikianlah buah dan makanan yang mengandung vitamin A yang bisa kita konsumsi setiap harinya.Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin A dalam tubuh,maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit dan juga mata kita akan selalu sehat.

Baca Juga