20 Makanan Tinggi Vitamin C yang Harus Kamu Masukkan dalam Menu Diet Kamu
Selama ini kita hanya mengetahui bahwa bahwa makanan yang paling banyak mengandung vitamin C adalah jeruk dan lemon. Bila kita teliti lagi, ternyata ada berbagai makanan lain yang juga mengandung vitamin C yang bisa dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam program diet.

Sebagian orang menganggap bahwa vitamin C justru bisa menggagalkan program penurunan berat badan atau diet. Ini dikarenakan mereka meyakini bahwa vitamin C dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Padahal menurut penelitian dari para ahli, mengkonsumsi makana yang mengandung vitamin C dapat mengurangi lemak secara efisien. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui makanan apa saja yang tinggi akan kandungan vitamin C, berikut daftarnya.

1. Cabai Hijau

Cabai Hijau
Cabai Hijau

Ini mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya, bahwa ternyata cabai hijau yang pedas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Diketahui bahwa 100 gram cabai hijau mengandung hingga 242 mg citamin C. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai salada atau memasaknya menjadi kari atau semur.

Baca Juga:17 Makanan yang Biasa Menjadi Sarapan bagi Orang Indonesia

2. Jambu Biji

Jambu Biji
Jambu Biji

Jambu biji yang matang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi. Diketahui bahwa dalam sebuah jambu biji ini mengandung hingga 126 mg vitamin C. Oleh karena itu, buah ini sangat baik apabila digunakan sebagai menu diet Anda. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa langsung memakan buahnya. Selain itu, bisa juga dijadikan salad atau jus.

3. Paprika Kuning

Paprika Kuning
Paprika Kuning

Di antara pabrika yang lain, paprika kuning dianggap sebagai yang paling tinggi mengandung vitamin C. Dalam satu paprika kuning besar bsia mengandung 341 mg vitamin C. Anda bsia memanfaatkan sayuran ini ke dalam salad, sandwich, atau berbagai masakan lainnya untuk menu diet dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

4. Peterseli

Peterseli
Peterseli

Siapa saja tanaman berwarna hijau ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram peterseli bsia mengandung hingga 133 mg vitamin C. Tidak hanya bisa menambah rasa dalam makanan Anda, sayur ini juga bisa mengingkatkan kekebalan tubuh.

5. Paprika Merah

Paprika Merah
Paprika Merah

Selain paprika kuning, paprika merah juga memiliki kandungan cukup tinggi, meskipun tidak setinggi yang dikandung yang warna kuning. Dalam satu paprika dengan ukuran sedang bisa mengandung hingga 152 mg. Anda menambahkannya ke dalam berbagai masakan Anda. Karena selain rasanya enak, juga bisa membuat makanan akan lebih berwarna.

6. Kale

Kale
Kale

Sayuran yang biasa juga dikenal dengan daun kubis ini merupakan salah satu sayuran hijau yang paling bergizi. DIkeathui bahwa dalam 100 gram sayuran ini mengandung sekitra 120 mg vitamin C. Anda bisa menikmati sayuran ini dalam bentuk salad atau berbagai masakan lain sesuai selera Anda.

7. Kiwi

Kiwi
Kiwi

Buah kiwi adalah buah tropis yang selain lezat, juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam satu buah kiwi berukuran sedang bisa mengandung sekitar 70,5 mg vitamin C. Selain mengandung vitamin C, buah ini juga mengandung bebragai nutrisi lainnya seperti vitamin A, serat, kalisum, magnesium, dan potasium.

8. Brokoli

Brokoli
Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan, khsusunya sayuran, yang paling sehat dan hampir selalu bisa ditemui dalam daftar makanan rekomendasi untuk gaya hidup sehat. Tak mengherankan karena sayuran ini memiliki berbagai kandungan nutrisi. Salah satunya adalah vitamin C yang terkandung sekitar 89,2 mg dalam 100 gram brokoli.

9. Cengkeh

Cengkeh
Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan di negara India, Pakistan, dan Bangladesh. Bagi masyarakat Indonesia mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa rempah ini memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Cenghekh memiliki sifat anti-infalamasi, antivirus, dan antiseptik. Untuk vitamin C, terdapat sekitar 80,8 mg dalam setiap 100 gramnya.

10. Leci

Leci
Leci

Salah satu buah lain yang tinggi akan kandungan vitamin C-nya adalah leci. Buah manis dan lezat ini juga merupakan makanan yang super sehat. Dalam satu buah leci, bisa mengandung sekitar 6,8 mg vitamin C, atau setiap 100 gramnya mengandung sekitar 71,5 mg vitamin C. Selain vitamin C, leci juga kaya akan lemak potasium dan lemak sehat. Untuk itu, Anda bisa memasukkan buah ini dalam daftar makanan yang bisa dikonsumsi sebagai menu diet Anda.

11. Sawi Hijau

Sawi Hijau
Sawi Hijau

Sawi merupakan salah satu sayuran yang memilki berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya tentu saja adalah vitamin C. Diketahui bahwa dalam setiap 100 gram sawi hijau terkandung sebanyak 70 mg vitamin C. Selain vitamin C, sawi hijau juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin K, magnesiun, kalium, dan kalsium.

12. Kolrabi

Kolrabi
Kolrabi

Kolrabi atau biasa disebut juga dengan lobak Jerman merupakan sayuran yang kaya akans erat dan vitamin C. Sayuran yang memiliki rasa seperti kubis dan brokoli ini mengandung vitamin C sebanyak 83,7 mg dalam setiap 100 gram. Kolrabi bisa dijadikan salad, atau dimasak menjadi sup, selai, dan berbagai masakan lainnya.

13. Pepaya

Pepaya
Pepaya

Buah pepaya, terlebih yang masih mentah, dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram saja bisa mengandung hingga sekitar 61,8 mg. Secara umum, buah pepaya juga memiliki kandungan lain seperti omega 3, asam lemak, serat, folat, kalium, dankalsium.

14. Stroberi

Stroberi
Stroberi

Mungkin tidak perlu detail tentang buah populer yang satu ini. Hampir semua orang pasti mengenal buah ini. Selain enak dimakan, ternyata strob eri juga merupakan makanan yang sangat sehat dan mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, bisa mengandung sekitar 58,8 mg vitamin C. Untuk itu, Anda bisa memasukkannya sebagai slalah satu makanan yang bisa dikonsumsi usebagai menu diet Anda.

15. Jeruk

Jeruk
Jeruk

Jeruk merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang paling populer di dunia. Meski demikian, ternyata kandungan vitamin C dalam jeruk tidak lebih banyak daripada makanas-makanan di atas. Namun, kita tetap tak bisa menyepelekan buah yang satu ini. Karena dalam satu buah jeruk ukuran besar bisa mengandung hingga sekitar 97,9 mg.

16. Lemon

Lemon
Lemon

Selain jeruk, lemon juga merupakan salah satu buah yang paling populer yang mengandung vitamin C. Dalam 100 gram lemon bisa mengandung sekitar 53 mg vitamin C. Buah ini juga rendah kalori dan nol kolesterol yang sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang dalam program diet.

17. Nanas

Nanas
Nanas

Nanas adalah buah tropis yang rasanya manis dan dapat dnegan mudah ditemui. Nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yakni 78,9 mg dalam satu buah nanas. Selain itu, buah nanas juga memiliki bebragai kandungan nutrisi lain seperti vitamin A, kalsium dan kalium, serta serat.

18. Kembang Kol

Kembang Kol
Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang hampir mirip dengan brokoli. Keduanya pun sama-sama sayuran sehat yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu kandungan dari kembal kol adalah vitamin C sekitar 46,4 mg dalam setiap 100 gramnya. Sayuran ini juga kaya akan protein, vitamin K, fosfor, kalsium, dan kalium.

19. Selada Air

Selada Air
Selada Air

Selada air merupakan sayuran bergizi tinggi yang memiliki berbagai nutrisi bagi tubuh. Salah satunya tentu saja adalah vitamin C yang mengandung sekitar 43 mg vitamin C dalam setiap 100 gramnya. Selai itu, selada air juga mengandung vitamin A, vitamin K, kalsium, dan potasium, serta nol kolesterol.

20. Kubis

Kubis
Kubis

Kubis adalah sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi bagi tubuh. Salah satunya tentu saja vitamin C yang terkandung sekitra 36,6 mg dalam setiap 100 gramnya. Kubis juga dipercaya bisa membantu melawan penyakit kanker dan jantung.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.