15 Makanan Khas Perayaan Tahun Baru Dari Berbagai Negara
Hampir di semua negara tahun baru selalu dirayakan meriah dengan berbagai tradisi. Selain menjalankan ritual, makanan tahun baru juga tentu tak boleh ketinggalan. Di Indonesia, tahun baru identik dengan jagung bakar. Begitupun di belahan dunia lain, kuliner tahun baru yang unik kerap dijumpai di tiap negara.

Malam pergantian tahun selalu identik dengan perayaan. Momen perayaan pun tak sekedar berkumpul dengan keluarga ataupun teman. Tak lengkap rasanya jika sebuah momen kebersamaan tanpa makanan spesial. Hidangan yang disajikan pun bermacam- macam. Jika di Indonesia, masyarakat kerap menghidangkan jagung bakar, maka di negara lain pun memiliki kuliner khas tersendiri untuk merayakan tahun baruan. 

1. Makanan Tahun Baru Islam di Turki – Bubur Asure

Bubur Asure
Bubur Asure

Tak ada perayaan meriah bagi umat Islam saat tahun baru hijriah. Biasanya hanya menjalankan ibadah puasa 1 Muharram. Setelah 10 hari pertama tahun baru, umat Islam juga akan mengadakan syukuran. Saat syukuran inilah biasanya akan dihidangkan kuliner khas. Di Turki hidangannya berupa bubur. Bubur asure ini berupa campuran buah yang diberi gula dan kayu manis. Uniknya bubur asure ditaburi toping biji delima.

2. Makanan Tahun Baru di Indonesia - Jagung Bakar dan Sate

Jagung Bakar
Jagung Bakar

Di Indonesia, makanan ini menjadi hidangan wajib untuk menemani momen perayaan tahun baru. Jagung bakar dan sate juga kerap disajikan saat pesta atau piknik di ruangan terbuka. Ada keseruan tersendiri saat bisa berkumpul sambil memasak makanan bersama, terlebih di daerah terbuka dengan ditemani pemandangan alam dan buaian angin. Jagung yang dipilih biasanya yang agak keras tapi tidak kering sedangkan satenya dibumbui terlebih dahulu sebelum dipanggang. 

3. Makanan Tahun Baru di Jepang - Mie Soba 

Mie Soba
Mie Soba

Ada banyak cara merayakan tahun baru di Jepang. Salah satunya dengan menghidangkan mie soba. Hidangan ini kerap disantap di akhir tahun. Mie soba berupa mie panjang dan tipis yang terbuat dari buckwheat dan dihidangkan dengan kuah hangat. Soba disantap dengan tempura dan tambahan irisan daun bawang. Menyantap mie soba bagi orang Jepang dipercaya dapat meringankan beban hidup dan mie-nya yang panjang dipercaya memberi berkah dan umur panjang.

Orang Jepang juga kerap mendekorasi rumah mereka menjelang tahun baru dan membuat kue mochi. Diakhir tahun, orang Jepang punya kebiasaan memukul genta di kuil pada hari terakhir sebelum pergantian tahun baru. Ada pula ritual menyaksikan terbenamnya matahari bersama, serta melakukan doa di kuil biasanya dilakukan pada 1 Januari. Minggu pertama tahun baru antara tanggal 1-7 Januari juga ada tradisi Omikuji. Omikuji berupa kegiatan mengambil lidi yang bertuliskan tentang nasib dan harapan.

4. Makanan Tahun Baru di Meksiko – Tamales

Tamales
Tamales

Di Meksiko terdapat sebuah kota bernama Oaxaca sebagai penghasil jagung terbaik. Tak heran jika banyak ditemukan kuliner berbahan jagung dari negara ini, salah satunya Tamales. Tamales merupakan adonan jagung yang sudah dihaluskan kemudian diisi daging, sayuran dan keju kemudian dibungkus daun jagung lalu dikukus. Tamales menjadi hidangan wajib saat perayaaan natal dan tahun baru di Meksiko.

5. Makanan Tahun Baru di Belanda – Oliebollen

Oliebollen
Oliebollen

Oliebollen mudah dijumpai di pedagang kaki lima. Cemilan ini wajib dihidangkan saat tahun baru di Belanda. Terbuat dari adonan tepung donat diisi kismis kemudian dibentuk bulat dan digoreng. Adonan yang sudah matang kemudian ditaburi gula halus.

6. Makanan Tahun Baru di Spanyol – Twelve Grape

Twelve Grape
Twelve Grape

Meski wine sudah menjadi tren di negara barat saat perjamuan, namun di Spanyol tradisi menghidangkan 12 gelas wine ini ada saat perayaan tahun baru. Jumlah 12 dipilih sesuai jumlah bulan dalam setahun. Tak salah rupanya, Spanyol dikenal sebagai salah satu penghasil anggur terbesar di dunia.

7. Makanan Tahun Baru di Amerika Selatan - Hoppin 'John

 Hoppin 'John
Hoppin 'John

Tahun baruan di Amerika Selatan belum lengkap tanpa kuliner khas yang satu ini. Hidangan Hoppin 'John adalah kuliner berupa kacang dan daging babi yang dibumbui kemudian disajikan dengan daun bawang atau sawi hijau. 

8. Makanan Tahun Baru di Yunani – Vasilopita

 Vasilopita
Vasilopita

Vasilopta adalah kue yang menyerupai bolu bundar dan ditaburi kacang kenari sebagai toping. Uniknya kue ini disisipi koin di bagian tengahnya.

9. Makanan Tahun Baru di Prancis - Galette Des Rois

Galette Des Rois
Galette Des Rois

Galete Des Rois adalah pastry tipis lembut dengan isian krim. Sering disebut kue raja karena dihidangkan dengan hiasan mahkota. Isian kue biasanya berupa krim coklat atau krim dengan dari adonan kacang almond, telur, dan butter.

10. Makanan Tahun Baru di Bulgaria – Banitsa

Banitsa
Banitsa

Di Bulgaria, masyarakatnya juga punya kuliner khas tahun baru bernama banitsa. Pastry yang berisi campuran telur dan keju kemudian dipanggang hingga kecoklatan. 

11. Makanan Tahun Baru di Italia - Cotechino Con Lenticchie

Cotechino Con Lenticchie
Cotechino Con Lenticchie

Orang Italia biasanya menghabiskan malam tahun baru dengan makan malam bersama. Salah satu makanan yang wajib dihidangkan adalah Cotechino Con Lenticchie. Hidangan ini berupa sajian sup miju- miju campur sosis yang dipercaya dapat membawa keberuntungan.

12. Makanan Tahun Baru di Polandia dan Skandinavia – Herring

Herring
Herring

Dikenal karena hasil lautnya yang berlimpah, Polandia pun memiliki sejumlah olahan ikan yang enak. Salah satunya herring. Ikan kering ala Polandia ini biasanya disajikan mentah. Bukannya tanpa rasa, sebelumnya diawetkan ikan diberi bumbu seperti garam dan krim. Saat akan disantap, herring hanya ditambahkan perasan lemon.

13. Makanan Tahun Baru di Denmark – Kransekage

Kransekage
Kransekage

Bentuk kue ini lebih menyerupai karangan bunga karena dihias dengan tambahan bendera kecil. Kransekage sebenarnya adalah cookies yang dibentuk beberapa bagian lalu disusun hingga membentuk menara. 

14. Makanan Tahun Baru di Tiongkok – Mie 

Mie
Mie Panjang Umur

Tiongkok memang dikenal dengan kuliner mie-nya. Dalam setiap perayaan tahun baru maupun imlek pun, olahan mie wajib dihidangkan. Mie dipercaya memberi keberuntungan karena bentuknya yang panjang melambangkan harapan yang besar pula.

Baca juga : 17 Hidangan Wajib Saat Imlek Di Indonesia Beserta Maknanya

15. Makanan Tahun Baru di Filipina – Buah Bulat

Buah Bulat
Cherry

Di Filipina ada sebuah tradisi dimana setiap menjelang tahun baru dan tahun baru tiba, penduduk di sana hanya akan mengkonsumsi makanan yang berbentuk bulat. Makanan yang dipilih biasanya buah seperti cherry atau jeruk. Selain kuliner, saat tahun baru pun warga Filipina akan mengenakan pakaian motif polkadot. Tradisi ini dipercaya sebagai pembawa kebahagiaan.

Dari sekian daftar kuliner tahun baru yang ada, hidangan makanan panggang masih jauh lebih populer dan banyak disukai. Jika di Indonesia, biasanya tersedia jagung bakar, ayam panggang, atau sate maka di luar negeri ada tradisi BBQ-an.

Baca Juga