28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Karbohidrat berperan penting dalam berbagai proses dalam tubuh,karbohidrat juga berfungsi untuk meningkatkan energi dan stamina dalam tubuh.Karena itulah kita perlu mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat setiap hari.

Makanan mengandung karbohidrat.Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh yang terdapat dalam makanan,seperti sayuran,buah-buahan,kacang-kacangan,serta biji-bijian.Karbohidrat tersusun dari Carbon,Hidrogen dan Oksigen.

Karbohidrat memiliki peran penting dalam berbagai proses dalam tubuh,diantaranya untuk membantu protein agar dapat bekerja dengan baik dalam tubuh.Karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan energi dalam otot dan hati,serta berguna untuk melancarkan sistem pencernaan.Untuk itu kita perlu mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat setiap harinya,agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan tubuh selalu berenergi.

Adapun beberapa makanan mengandung karbohidrat yang bisa kita konsumsi adalah sebagai berikut,simak baik-baik ulasannya.

1.Apel

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : 41olive.com

Siapa yang tidak tahu dan tidak suka dengan buah yang satu ini,selain daging buahnya,kulitnya pun bisa kita konsumsi,karena keduanya sama-sama mengandung senyawa atau zat yang baik bagi tubuh.Buah apel ini sangat baik di konsumsi untuk orang yang sedang menjalankan program diet karena dengan mengkonsumsi buah apel,kita akan merasa kenyang lebih lama.Selain vitamin,buah apel juga kaya akan kandungan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh,yaitu sebesar 23 gr karbohidrat.

2.Ubi jalar

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : merdeka.com

Ubi merupakan tumbuhan yang termasuk umbi-umbian yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh,seperti vitamin A dan C,kalsium serta kaya akan karbohidrat yang juga di perlukan oleh tubuh.

3.Singkong

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image ; redbajas.com

Singkong merupakan jenis tumbuhan yang sangat populer,buktinya banyak sekali olahan makanan yang berbahan dasar singkong,seperti tape singkong,singkong goreng,singkong rebus,kripik singkong dan masih banyak lagi olahan makanan yang terbuat dari singkong.Singkong dapat di jadikan sebagai makanan pengganti nasi,karena dapat membuat kenyang dan karena singkong tidak memiliki rasa yang kuat.Selain mengandung banyak nutrisi dan mineral lainnya,singkong juga mengandung karbohidrat yang cukup banyak yang diperlukan tubuh.

4.Jagung

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : health.liputan6.com

Jagung merupakan jenis biji-bijian yang sangat baik untuk di konsumsi,dan jagung juga dapat di jadikan sebagai makanan pengganti nasi,karena selain mengandung vitamin A dan B1,jagung juga rendah kalori dan mengandung karbohidrat yang cukup banyak,yaitu sebesar 25 karbohidrat dalam setiap 100 gramnya.

5.Tepung sagu

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image ; agrowindo.com

Tepung sagu juga mengandung banyak sekali nutrisi dan karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

6.Beras putih

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : fitnessvsweightloss.com

Selain beras merah,beras putih juga mengandung cukup banyak karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh,yaitu sekitar 40,6 gr per 1 piring nasi putih.

7.Kentang

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : ekonomi.kompas.com

Kentang mengandung banyak nutrisi dan mineral lainnya yang baik bagi tubuh,seperti kalium,zat besi,lemak,vitamin B6 dan C serta kandungan karbohidrat yang cukup banyak,sehingga dengan mengkonsumsi kentang,kita akan merasa kenyang lebih lama,sehingga menjadikan kentang cocok untuk di jadikan menu diet anda.

8.Berry-berryan

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : patch.com

Selain tinggi kandungan serat dan antioksidan,buah berru-berryan seperti strawberry,blue berry dan anggur juga mengandung banyak karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh.Konsumsilah buah berry-berryan secara rutin setiap hari,karena selain dapat membuat kenyang lebih lama,juga dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

9.Mangga

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image ; money.id

Selain rasanya yang dapat menyegarkan,mengkonsumsi buah mangga juga dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh kita,karena selain mengandung vitamin yang cukup tinggi,buah mangga juga mengandung banyak karbohidrat yang berfungsi sebagai cadangan energi dalam otot dan hati.

Baca Juga : 33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda

10.Semangka

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : gemaperta.com

Selain mengandung betakaroten,vitamin C,dan kandungan air yang cukup tinggi,semangka juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak,yaitu sebesar 8 gr dalam setiap 100 gramnya,sehingga dengan mengkonsumsi semangka,kita dapat merasa kenyang lebih lama.

11.Jeruk

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : carabermanfaat.com

Buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya ini,juga mengandung fruktosa,asam sitrat,glukosa,sukrosa serta kaya akan kandungan karbohidrat yang sangat diperlukan tubuh.

12.Melon

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : kabartani.com

Buah yang dapat menyegarkan saat di konsumsi ini juga mengandung banyak nutrisi,vitamin serta karbohidrat yang cukup banyak,yang diperlukan oleh tubuh.

13.Nanas

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : ekonomi.kompas.com

Selain kaya akan kandungan serat,nanas juga banyak mengandung karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh,konsumsilah nanas dengan porsi yang benar dan jangan berlebihan.

14.Beras merah

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : ekafarm.id

Selain baik di konsumsi oleh penderita diabetes,beras merah juga bagus untuk di jadikan menu diet anda,karena di dalam beras merah terkandung banyak nutrisi dan juga kandungan karbohidrat yang cukup banyak,sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama.Mengkonsumsi beras merah juga dapat meningkatkan energi dan stamina dalam tubuh.

15.Pasta

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : foodnetwork.com

Pasta juga merupakan makanan olahan yang mengandung karbohidrat yang cukup banyak yaitu sebanyak 97 gr per 1 porsinya,maka tak heran bila mengkonsumsi pasta,kita akan merasa kenyang lebih lama.

16.Barley

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : food.ndtv.com

Barley adalah sejenis biji-bijian yang mengandung banyak sekali nutrisi dan juga kaya akan serat yang baik bagi tubuh,selain itu biji barley juga mengandung banyak karbohidrat yaitu sekitar 28 gr.

17.Roti gandum

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : nova.grid.id

Roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak yaitu sekitar 20 gr dalam setiap tangkap roti,selain itu roti gandum juga mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian anda.

18.Kedelai

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : student.cnnindonesia.com

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang baik sekali untuk di konsumsi karena mengandung banyak nutrisi dan kaya akan kandungan karbohidrat yang di butuhkan tubuh.Konsumsilah kedelai secara rutin setiap hari.

19.Mie dan bihun

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : dapurkobe.co.id

Mie dan bihun merupakan makanan olahan yang terbuat dari gandum dan beras yang kedua bahan tersebut mengandung banyak karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh.

20.Sereal

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : futuready.com

Sereal juga merupakan produk olahan yang mengandung banyak karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh,sehingga dengan mengkonsumsi sereal,kita akan merasa kenyang lebih lama dan energi dalam tubuh kita akan meningkat.

21.Gula

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : leaf.tv

Gula memang terkenal dengan rasanya yang manis,dan biasa di gunakan sebagai pemanis dalam berbagai jenis makanan.Gula mengandung banyak sekali karbohidrat,sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dipercaya dapat meningkatkan energi dan stamina kita.

22.Kiwi

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : urbanshisha.com.au

Kiwi juga merupakan buah yang baik sekali untuk di konsumsi,karena mengandung banyak nutrisi dan juga kaya akan kandungan karbohidrat yang diperlukan tubuh.

23.Kismis

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : merdeka.com

Kismis juga baik untuk di konsumsi karena mengandung karbohidrat yang cukup banyak yaitu sekitar 45 gr karbohidrat dalam setiap setengah cangkirnya,selain itu kismis juga mengandung vitamin serta mineral lainnya yang baik bagi tubuh.

24.Yogurt

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : finecooking.com

Siapa yang tidak tahu yogurt,selain rasanya yang nikmat saat di konsumsi,kandungan nutrisi yang terdapat dalam yogurt juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.Yogurt kaya akan kandungan serat dan juga karbohidrat.

25.Pisang

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : sgold-palembang.com

Pisang juga bagus untuk di jadikan menu diet anda,karena selain mengandung serat yang cukup tinggi yang dapat melancarkan pencernaan,pisang juga mengandung banyak karbohidrat yang dapat membuat rasa kenyang lebih lama serta dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

26.Putih telur

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : itjeher.com

Selain memiliki kandungan selenium dan riboflavin,putih telur juga kaya akan protein serta karbohidrat yang berfungsi untuk meningkatkan stamina dalam tubuh.

27.Sayuran hijau

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : redio.in

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi dan mineral lainnya yang di butuhkan tubuh.Sayuran hijau juga banyak mengandung karbohidrat yang berfungsi untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

28.Jambu biji

28 Makanan Mengandung Karbohidrat Yang Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh
Image : belukab.go.id

Jambu biji juga merupakan buah yang mengandung banyak karbohidrat,sehingga dengan mengkonsumsi jambu biji,dapat membuat kita merasa kenyang dan energi dalam tubuh kita juga meningkat.

Demikianlah beberapa makanan mengandung karbohidrat yang bisa kita konsumsi sehari-hari.

Baca Juga