16 Makanan yang Baik untuk Menambah Berat badan dan Pembentukan Otot
Di dunia ini, ada orang yang gemuk yang ingin kurus dan ada pula orang kurus yang ingin gemuk. Orang yang punya tubuh kurus cenderung kerempeng biasanya ingin tubuh yang lebih berisi dengan otot-otonya.

Menaikkan berat badan tidak hanya makan apa saja sebanyak mungkin. Jika ingin menambah berat badan sekaligus pembentukan otot harus mengkonsumsi berbagai makanan yang memang mampu membuat berat badan naik, namun tetap menyehatkan tubuh kita. Berikut 18 rekomendasi makanan yang baik untuk menambah berat badan dan pembentukan otot kita.

1. Daging Merah

Daging Merah
Daging Merah

Daging merah adalah sebutan untuk segala jenis daging yang memiliki warna kemerahan, daging sapi, kambing, kuda, dan lain-lain. Daging merah megandung lemak, protein, dan zat besi yang sangat baik untuk menaikkan berat badan Anda. Meski demikian tidak semua daging dan tidak semua bagian daging bisa sehat untuk dikonsumsi orang yang inigjn beratnya bertambah dengan sehat. Karena daging merah juga bisa mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagu tubuh.

2. Selai Kacang

Selai Kacang
Selai Kacang

Selai kacang mengandung protein dan lemak yang merupakan paduan yang tepat bagi orang yang inign menambah berat badan mereka. dengan cara yang sehat. Dalam setiap satu sendok makan selai kacang, terdaoat 94 kalori, 8 gram lemak, 4 gram protein, dan 3 gram karbohidrat. Selai kacang juga mengandung magnesium, vitamin B3, dan E, serta folat.

Ada banyak cara menikmati selai kacang. Bisa dengan oatmeal ataupun dengan roti tawar. Anda bisa menikmatinya di waktu pagi sebagai sarapan atau di sore hari sebagai cemilan.

Baca juga: 20 Makanan Sehat yang Cocok untuk Diet Alami

3. Susu Murni

Susu Murni
Susu Murni

Susu murni merupakan minuman yang kaya akan lemak dibanding susu-susu jenis lainnya. Selain itu, susu murni juga mengandung vitamin A dan D. Meski banyak orang yang menghindari susu ini karena takut gemuk, namun bagi roang yang ingin berat badannya naik direkomendasikan untuk rutin mengkonsumsi susu jenis ini. Anda bisa mengkonsumsi susu ini dengan sereal atau oatmeal, atau bisa juga menambahkannya dengan kopi.

4. Roti Gandum

Roti Gandum
Roti Gandum

Sebenarnya semua jenis roti adalah makanan yang cocok bagi yang ingin menambah berat badannya. Namun, banyak juga jenis roti yang tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh. Untuk nitu, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi roti gandum yang dikenal kaya akan serat dan mineral yang tidak ada pada roti putih. Selain itu, roti gandum juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan mendapat cukup energi yang dibutuhkan dalam sehari.

5. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Alpukat adalah buah hijau yang lezat namun juga menyehatkan. Alpukat baik bagi orang yang ingin berat badannya naik karena merupakan sumber lemak sehat. Setelah buah saja dari alpukat akan memberi Anda 140 kalori, selain itu juga terdapat kandungan vitamin E, asam folat, dan kalium. Anda bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan potongan daging atau roti bakar, atau bisa pula menjadikannya sebagai campuran salad.

6. Keju

Keju
Keju

Di Amerika dan Eropa, keju adalah makanan yang umum atau biasa dikonsumsi. Hampir setiap hidangan pasti menggunakan keju sebagai bahan pelengkapnya. Sebagai produk dari susu, keju memiliki banyak nutrisi yang sehat bagi tubuh kita. Keju mengandung lemak yang sangat baik bagi Anda yang menginginkan kenaikan berat badan. Selain itu, keju juga merupakan makanan yang lezat dimakan sehari-hari.

7. Mentega

Mentega
Mentega

Rasa mentega tidak akan pernah hilang meski dipakai untuk memaasak segala jenis masakan. Meski lebih baik daripada minyak goreng, namun mentega juga tetap masih memiliki kandungan lemak jenuh, jadi Anda tidak boleh mengkonsumsinya terlalu berlebihan.

8. Kentang

Kentang
Kentanbg

Bila Anda ingin menambah berat badan, hal pertama yang harus Anda coba adalah makanan yang mengandunbg karbohidrat. Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa dicoba adalah kentan. Tidak hanya mengandung karbohidrat, kentang juga mengandung potein, serat, dan vitamin C. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal, pastika memakan kentang beserta kulitnya, kareja jumlah protein kentang akan berkurang setengah apabila Anda mengupas kulitnya.

9. Ikan Salmon

Ikan Salmon
Ikan Salmon

Anda bisa mengkonsumsi dua porsi ikan salmon setiap harinya untuk mendapatkan protein yang dibutuhkan tubuh. Karena hal itulah, ikan salmon bisa digunakan sebagai salah satu makanan untuk menaikkan berat badan secara efektif dalam waktu yang singkat.

10. Telur

Telur
Telur

Telur rebus merupakan makanan yang baik untuk Anda konsumsi ketika ingin menambah bberat badan. Dalam sebutir telur rebus, terdapat kadnunagn 80 kalori; 6,3 gram protein; 3,7 gram lemak tak jenuh; dan 1,6 lemak jenuh; serta 185 mg kolesterol. Dengan kandungan proteinnya, telur bisa digunakan untuk menambah massa otot.

11. Ikan Tuna

Ikan Tuna
Ikan Tuna

Ikan tuna mengandung asam lemak vital yang merupakan lemak sehat dan berguna untuk manambah berat badan Anda. Tidak hanya untuk menambah berat badan, lemak ini juga bsia membantu menjaga kesehatanj fisik Anda.

12. Roti Jagung

Roti Jagung
Roti Jagung

Roti jagung adalah makanan yang penuh akan karbohidrat. Sepotong roti jagung bisa menghasilkan 328 kalori. Untuk itu Anda bisa mengkonsuminya secara rutin untuk menambah energi dalam tubuh Anda. Roti jagung bisa dimakan dengan sup atau dengan kari.

13. Jus Buah

Jus Buah
Jus Buah

Selain menyehatkan, jus buah segar juga bisa digunakan untuk menaikan berat badan. Ada beberapa varian jus yang bisa Anda coba untuk konsumsi, misalnya jus stroberi, pisang, atau jus alpukat.

14. Pasta

Pasta
Pasta

Pasta adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat serealia yang juga kaya kan kalori. Karena hal itulah, pasta bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai sumber makanan untuk menambah berat badan Anda.

15. Granola

Granola
Granola

Granola adalah makanan yang bisanya terdiri dari oat, buah-buahan kering, kacang-kacangan, dengan tambahan madu, yogurt atau pemanis lainnya. Makanan yang biasa digunakan untuk sarapan ini mengandung lemak, protein, gula, dan kalori. Selain sebagai sarapan, Anda juga bisa menjadikan granola sebagai pengganti cemilan yang tidak sehat.

16. Udang

Udang
Udang

Udang mengandung berbagai nutrisi dan kandungan asam yang akan mencukupi seluruh kebutuhan kalori Anda. Karena itulah udang adalah makanan yang sangat baik untuk program penambahan berat badan dengan sehat dan cepat.

Baca Juga