38 Makanan Khas Sunda Terpopuler
Indonesia memang merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya, apalagi soal kulinernya. Bicara soal kuliner, kamu tahu nggak kalau di sunda terdapat sejumlah makanan khas yang sudah mulai populer, bahkan kepopulerannya sampai di kenal oleh banyak masyarakat di luar daerah sunda itu sendiri.

Makanan Khas Sunda - Indonesia memang cocok dikatakan sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya. Selain kaya akan budaya, ternyata Indonesia juga kaya akan masakan kulinernya, khususnya masakan khas sunda. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas makanan khas sunda, termasuk kue dan minuman.

1. Karedok

Makanan Khas Sunda
Karedok

Karedok adalah makanan yang berbahan dasar dari sejumlah sayuran mentah yang diberi lontong, daun kemangi dan dilengkapi dengan bumbu kacang. Namun juga ada karedok yang berbahan dasar dari ranti dan leunca.

2. Ayam Bakakak

Makanan Khas Sunda
Ayam Bakakak

Ayam bakakak atau sering disebut dalam bahasa sunda sebagai bakakak hayam ini adalah makanan yang berbahan dasar ayam kampung utuh. Biasanya ayam kampung ini diberi bumbu khusus dan dipanggah.

3. Nasi Timbel

Makanan Khas Sunda
Nasi Timbel

Nasi timbel adalah makanan berbahan dasar nasi putih yang cara pembuatannya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

4. Gepuk

Makanan Khas Sunda
Gepuk

Makanan khas sunda yang satu ini mempunyai suatu keunikan, yakni pembuatannya yang digepuk-gepuk (dipukul-pukul) sesuai dengan namanya. Gepuk mempunyai rasa manis dan gurih yang dihasilkan dari beberapa bumbu yang dicampurkan pada saat pembuatannya.

5. Sate Maranggi

Makanan Khas Sunda
Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah jenis sate yang berasal dari sunda, dan menjadi salah satu makanan khas sunda. Umumnya sate maranggi berbahan dasar daging sapi atau kambing.

6. Geco

Makanan Khas Sunda
Geco

Tauge tauco atau yang lebih dikenal dengan sebutan geco ini adalah salah satu makanan khas sunda juga. Makanan ini berupa tauge yang dilumuri dengan bumbu tauco. Bumbu tauco sendiri adalah bumbu yang berasal dari daerah Cianjur, yang terbuat dari hasil biji kedelai yang difermentasi.

7. Basreng

Makanan Khas Sunda
Basreng

Basreng adalah makanan yang terbuat dari olahan bakso ayam atau sapi yang sudah diiris tipid lalu digoreng. Umumnya basreng lebih enak apabila disantap dengan bumbu pedas. Dan saat ini ada beragam tingkat level pedas bumbu basreng, mau coba?

8. Cireng

Makanan Khas Sunda
Cireng

Ya, makanan yang satu ini memang tak hanya dikenal oleh kalangan masyarakat sunda saja. Saat ini cireng sudah dipasarkan di berbagai macam daerah di luar sunda. Cireng sendiri merupakan cemilan yang berbahan dasar aci atau tepung kanji. Uniknya, saat ini cireng mempunyai beragam varian rasa.

Baca Juga : 60 Macam Sambel Khas Indonesia

9. Peuyeum

Makanan Khas Sunda
Peuyeum

Peuyeum hampir sama dengan tape, akan tetapi makanan khas sunda yang satu ini memiliki tekstur yang jauh lebih kering, lantaran proses pembuatannya. Umumnya peuyeum disuguhkan bersama dengan varian topping.

10. Seblak

Makanan Khas Sunda
Seblak

Sama halnya dengan cireng, seblak juga sudah cukup populer di kalangan masyarakat dalam sunda ataupun luar sunda. Seblak sendiri adalah makanan jenis olahan krupuk yang direbus dan diberi bumbu khas. Makanan khas sunda yang satu ini tersedia dua macam, yakni seblak goreng dan rebus.

11. Balok Menes

Makanan Khas Sunda
Balok Menes

Balok menes adalah sa;ah satu makanan khas sunda yang berasal dari singkos dan campuran serundeng (ampas kelapa) yang dibentuk serupa balok.

12. Tahu Sumedang

Makanan Khas Sunda
Tahu Sumedang

Tahu sumedang merupakan makanan ceilan khas sunda. Makanan ini terbuat dari tahu yang digoreng dan diberi bumbu. Uniknya jika kamu membeli tahu sumedang dalam jumlah yang cukup banyak, biasanya kamu akan diberikan wadah yang terbuat dari anyaman bambu, atau sering disebut dengan bongsang.

13. Dodol Garut

Makanan Khas Sunda
Dodol Garut

Dari sumedang kita berpindah ke garut. Ya, dodol garut juga salah satu makanan khas sunda yang cukup populer di luar tanah sunda itu sendiri. Dodol garut terbuat dari tepung beras ketan, susu, gula putih dan kelapa. Uniknya dodol garut mampu bertahan hingga 3 bulan lamanya meskipun tidak diberi pengawet.

14. Mochi Es Krim

Makanan Khas Sunda
Mochi

Nah, kalau makanan khas sunda yang satu ini terbilang masih baru dan modern. Mochi sendiri hampir mirip dengan cilok, hanya saja di dalam mochi terdapat es krim. Jadi ketika kamu mengunyah makanan tersebut bakalan terasa nyeri-nyeri dingin lantaran terdapat es krim di dalamnya.

15. Galendo

Makanan Khas Sunda
Galendo

Nah kalau makanan khas sunda yang satu ini bisa dikatakan sebagai makanan tradisional juga. Makanan khas sunda yang satu ini terbuat dari hasil masakan ampas kelapa.

16. Kue gemblong

Makanan Khas Sunda
Gemblong

Kue gemblong adalah jenis kue khas sunda yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk lonjong dan bulat. Biasanya disajikan bersama gula merah yang terdapat dipermukaannya.

17. Jalabria

Makanan Khas Sunda
Jalabria

Sekilas jalabria ini terlihat seperti donat yang memiliki lobang di tengahnya. Hanya saja jalabria mempunyai rasa manis yang begitu tinggi, lantaran seluruh bagian makanan yang satu ini dilumuri dengan gula merah yang sudah mengering.

18. Kue Gurandil

Makanan Khas Sunda
Gurandil

Kue yang satu ini umumnya disajikan bersama dengan taburan kelapa yang sudah diparut. Kue Gurandil sendiri terbuat dari tepung tapioka yang dikukus. Kue ini biasanya dibuat dengan warna hijau.

19. Kue Bandros

Makanan Khas Sunda
Bandros

Nah, kalau kue khas sunda yang satu ini adalah jenis kue yang terbuat dari santan, tepung beras, parutan kelapa dan tepung kletan. Pembuatannya pun cukup unik, yakni dipanggang dengan cetakan berbentuk setengah lingkaran.

20. Ali Agrem

Makanan Khas Sunda
Ali Agrem

Sama halnya dengan jalabria dan donat, ali agrem juga mempunyai lubang dibagian tengahnya. Uniknya, meskipun dibuat dengan cara digoreng, ali agrem mempunyai rasa yang sangat manis.

21. Kue Cuhcur

Makanan Khas Sunda
Kue Cuhcur

Sama halnya dengan kue-kue yang lainnya, kue cuhcur juga terbuat dari tepung beras, tepung terigu serta gula merah. Biasanya kue ini disajikan dalam bentuh pipih dan memiliki warna kecoklatan seperti warna gula merah.

22. Angleng

Makanan Khas Sunda
Angleng

Nah kalau kue khas sunda yang satu ini memiliki sedikit keunikan yang cukup menonjol, yakni dibungkus dalam cangkang kulit jangung.

23. Bangket

Bangket terbuat dari tepung tapioka, tepung aren, kelapa dan telur. Uniknya, bangket dibuat dengan cara dibakar hingga berwarna kekuningan.

24. Burayot

Makanan Khas Sunda
Burayot

Burayot berbentuk lonjong dan bulat. Selain itu, burayot terbuat dari tape dan terigu yang dicampuri dengan gula putih dan gula merah yang digoreng.

25. Bugis

Makanan Khas Sunda
Bugis

Kue yang terkenal dengan rasa manisnya ini biasanya disajikan dengan bungkus daun kelapa. Rasa manisnya bisa kamu rasakan pada gula yang terdapat di bagian dalam adonan kue tersebut.

26. Kalua Jeruk

Makanan Khas Sunda
Kalua Jeruk

Orang sunda pasti tahu keunikan kue yang satu ini bukan? Ya, kalua jeruk terbuat dari kulit jeruk yang direndam dalam air kapur dan direbus menggunakan air gula putih dan gula merah sampai kering.

27. Katimus

Makanan Khas Sunda
Katimus

Nah kalau makanan khas sunda yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari parutan kelapa dan singkong yang diberi campuran gula merah sebagai pemanisnya.

28. Keremes

Makanan Khas Sunda
Keremes

Sama dengan namanya, makanan yang satu ini disebut kremes lantaran makanan ini ketika dimankan terasa krenyes-krenyes karena saking keringnya. Biasanya makanan yang satu ini dibuat dengan rasa yang manis dan berbentuk bulat.

29. Naga sari

Makanan Khas Sunda
Naga Sari

Teksturnya yang sangat lembut dan terdapat potongan tipis buah pisang di dalamnya adalah ciri khas makanan sunda yang satu ini. Sama halnya dengan beberapa kue lainnya, naga sari juga dibuat dengan cara dikukus.

30. Emping Melinjo (Tangkil)

Makanan Khas Sunda
Emping Melinjo

Emping melinjo atau yang sering disebut dengan nama tangkil ini juga merupakan makanan khas sunda. Uniknya, makanan yang satu ini disajikan dalam beragam varian rasa, seperti balado, manis ataupun original.

31. Opak

Makanan Khas Sunda
Opak

Opak terbuat dari beras ketan yang ditanak bersama santan serta dibumbui dengan bumbu khusus. Biasanya opak disajikan dalam bentuk bulat-bulat.

32. Apem Putih

Makanan Khas Sunda
Apem Putih

Umumnya apem putih disantap bersama dengan madu, gula merah dan sirup orson. Opak sendiri berasal dari Cimanuk, Pandeglang.

33. Kue Jojorong

Makanan Khas Sunda
Kue Jojorong

Kue Jojorong berasal dari tepung beras, tepung kanji dan gula merah. Biasanya kue khas sunda yang satu ini dibungkus menggunakan daun pisang.

34. Nasi Sumsum

Makanan Khas Sunda
Nasi Sumsum

Nasi sumsum adalah makanan khas sunda yang terbuat dari nasi berisi sumsum tulang yang dipepes dan diberi bumbu tumbuk.

35. Sate Bandeng

Makanan Khas Sunda
Sate Bandeng

Jika daerah Madura mempunyai sate khas, sunda juga mempunya sate khas, salah satunya adalah sate bandeng. Sate ini sendiri terbuat dari daging ikan bandeng.

36. Bebek Sate

Makanan Khas Sunda
Bebek Sate

Bebek sate adalah makanan jenis olahan daging bebek yang dicampuri dengan santan, merica, ketumbar, dan bumbu rempah-rempah khusus.

37. Gerem Asem

Makanan Khas Sunda
Gerem Asem

Nah kalau makanan yang satu ini menawarkan rasa pedas dan asam. Gerem asem sendiri terbuat dari bahan dasar daging bebek atau ayam. Berani mencoba?

38. Laksa Tangerang

Makanan Khas Sunda
Laksa Tangerang

Laksa Tangerang adalah jenis makanan yang berupa mie putih berukuran besar dan kasar, biasanya dijadikan sebagai makanan pembuka. Uniknya, makanan yang satu ini tidak bikin tenggorokan merasa eneg walaupun disajikan dengan campuran santan.


Baca Juga