30 Makanan Khas Kalimantan Yang wajib Kamu Coba
Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia, tidak hanya kaya akan sumber daya alam, Kalimantan juga terkenal dengan beragam kuliner lezat dengan rasa yang khas dan sukar ditemukan di daerah lainnya.

Bagi pecinta travelling, berkunjung ke suatu tempat tentu tak akan berkesan sebelum mencicipi kuliner khas daerah setempat. Begitu pun di Kalimantan, selain memiliki beragam daerah wisata yang indah, Kalimantan juga terkenal dengan beragam kuliner khas yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Jika anda sedang berada di wilayah Kalimantan atau berniat bepergian ke sana, jangan lupa mencicipi makanan khas Kalimantan berikut.

1. Ketupat Kandangan

Makanan Khas Kalimantan
Image: http://intisari-online.com/

Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Kalau biasanya ketupat disajikan bersama ayam atau daging, ketupat kandangan ini disajikan bersama ikan. Ikan yang digunakan dalam ketupat kandangan adalah jenis ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kuah santan yang penuh bumbu.

2. Soto Banjar

Makanan Khas Kalimantan
makananoleholeh.com

Soto banjar  adalah makanan asli Kalimantan Selatan yang sudah terkenal. Berbeda dengan sajian soto di kota-kota lain. Soto asli Banjar terdiri dari banyak isian. Bukan cuma bihun dan suwiran ayam, tetapi juga ada telur rebus dan taburan bawang goreng.

Ayam yang digunakan untuk soto banjar adalah jenis ayam kampung. Selain ayam, bihun, dan telur, soto banjar juga disajikan bersama perkedel kentang. Jika selama ini soto lebih sering dihidangkan bersama nasi putih, beda halnya dengan cara penyajian soto banjar yang dilakukan bersama lontong atau ketupat. 

3. Manday

Makanan Khas Kalimantan
Cookpad.com

Kuliner ini hanya ada di musim cempedak. Ya, Manday adalah sajian khas Kalimantan yang terbuat dari buah cempedak yang mirip dengan buah nangka. Bedanya manday atau mandai ini terbuat dari kulit buah cempedak. Makanan alternatif ini dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Manday bisa dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dahulu, atau dimasak dengan berbagai bumbu dan campuran lainnya.

4. DODOL KANDANGAN

Masakan Khas Kalimantan
masakandapurku.com

Dodol kandangan merupakan dodol terenak yang dimiliki oleh Kota Seribu Sungai. Dodol satu ini termasuk makanan khas Banjarmasin yang paling sering dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Dodol yang berasal dari Kandangan berbeda dengan dodol di tempat-tempat lain. Setiap orang yang sudah pernah mencoba dodol kandangan menuturkan kalau dodol kandangan mempunyai tekstur yang lebih legar dan lembut. Bukan hanya itu, dodol kandangan juga mempunyai rasa yang tingkat manisnya pas. 

5. Patin Baubar

Makanan Khas Kalimantan
sumber.com

Patin Baubar adalah pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah kemudian dimasak dengan cara dibakar ditungku dan bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap ke Ikan Patin tersebut.

Dengan cara masak seperti inilah yang membuat Ikan Patin ini jadi lebih nikmat dan katanya, makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini sangat nikmat disajikan dengan nasi putih hangat saja.

6. Gangan Asam Banjar

Makanan Khas Kalimantan
Cookpad.com

Gangan Asam Banjar adalah salah satu sayur khas Kalimantan Selatan. Untuk membuat sayur ini harus mengunakan Ikan Haruan atau Ikan Gabus, atau bisa juga diganti dengan Ikan Patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Sesuai dengan namanya, sayur berkuah warna kuning ini memiliki rasa sedikit asam, gurih, dan segar yang pasti mengugah selera untuk segera menyantapnya. Katanya, sayur ini lebih nikmat kalau disantap dengan nasi putih hangat.

7. Iwak Pakasam (Iwak Basamu)

Masakan Khas Kalimantan
Cookpad.com

Pembuatan Iwak Pakasam atau kadang juga disebut Iwak Basamu ini hampir sama dengan Manday, perbedaannya hanya bahan dasarnya yaitu ikan seperti Ikan Haruan (Ikan Gabus), Ikan Pepuyu, Ikan Mangki, dan Ikan Sepat.

Proses pembuatannya yaitu ikan yang sudah dibersihkan akan diberikan garam seperti Manday dan diberi juga samu yaitu beras yang sudah ditumbuk tapi masih berbentuk. Kemudian ikan tersebut didiamkan beberapa waktu.

Lamanya pengawetannya tergantung selera masing-masing, ada yang berbulan-bulan saja, tapi ada juga yang bertahun-tahun. Katanya, semakin lama maka akan semakin asin dan enak rasanya. Ikan ini biasa dimasak dengan bawang goreng.

8. Gangan Humbut

Makanan Khas Kalimantan
Widhiaanugrah.com

Makanan ini memiliki rasa yang sedikit manis tapi justru rasa manis itulah yang mampu mengugah selera dan biasanya disantap dengan sepiring nasi hangat.

Humbut sendiri berasal dari bagian inti pohon kelapa (nyiur) yang kemudian diolah menjadi sayur dan biasanya makanan khas ini disajikan sebagai menu wajib di acara hajatan seperti perkawinan dan sebagainya.

9. Nasi Kuning Samarinda

Makanan Khas Kalimantan
bacaterus.com

Nasi Kuning Samarinda ini memiliki cita rasa dan lauk yang sedikit berbeda dari nasi kuning pada umumnya. Nasi kuning Samarinda adalah nasi yang berwarna kuning (karena diwarnai dengan kunyit) yang disajikan dengan ikan haruan (ikan gabus), telur bumbu bali, bawang goreng, dan serundeng. Di Samarinda, Anda dapat menyantap menu nasi kuning ini pada pagi atau malam hari.

Baca Juga : Makanan Khas Bengkulu

10. Pepes Kepiting

Makanan Khas Kalimantan
Pepes Kepiting

Pepes kepiting khas Kalimantan Timur ini terbuat dari kepiting soka yang dimasak bersama dengan cabe merah, cabe rawit, serai, daun kemangi, dan rempah-rempah lainnya. Selanjutnya kepiting soka dan bumbu yang sudah ditumis tersebut dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, pepes dikukus hingga matang, baru kemudian di bakar di atas api.

11. Sate Payau

Masakan Khas Kalimantan
bacaterus.com

Di Kalimantan Timur ada sebuah makanan khas yang cukup terkenal, yakni Sate Payau. Yaitu sate yang terbuat dari daging rusa. Sayangnya, makanan yang satu ini sudah mulai langka, karena rusa adalah salah satu satwa yang dilindungi.

 Akan tetapi, makanan khas Kalimantan Timur ini masih bisa dijumpai di acara adat atau berbagai festival yang digelar di provinsi tersebut. Tekstur daging payau ini cenderung lebih lembut dan empuk jika dibandingkan dengan daging sapi. Selain dijadikan sate, daging rusa ini juga dimasak dengan bumbu pedas atau dipepes.


12. Amparan Tatak

Makanan Khas Kalimantan
Sajiansedap.grid.id

Kue khas Kalimantan Selatan ini rasanya manis. Sedangkan cara pembuatannya pun sederhana saja dan tidak sulit.

Bahan yang diperlukan adalah tepung beras dan santan, sedangkan bahan isian dari makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini adalah pisang atau terkadang bisa juga diisi dengan Nangka dan ditambah daun Pandan agar lebih nikmat.

13.Bingka

Makanan Khas Kalimantan
Food.detik.com

Cemilan ini biasanya disajikan bersama cemilan dan kue khas Kalimantan Selatan lainnya untuk acara pernikahan. Selain itu, Bingka juga salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa di Kalimantan Selatan.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, telur, garam, dan gula pasir. Kemudian dipanggang mengunakan cetakan yang berbentuk bunga. Selain itu, terdapat berbagai varian rasa seperti Labu, Kentang, Tapai, dan Pandan.

14. Kelepon Martapura

Makanan Khas Kalimantan
Makananoleh-oleh.com

Makanan ini dikenal sebagai jajanan pasar dan terkenal dengan semboyannya “Pacah di ilat” yang kalau dalam bahasa Indonesia artinya pecah di lidah.

Ini adalah salah satu makanan khas yang paling enak dimakan pada sore hari sambil bersantai dan makanan ini banyak ditemukan di kota Martapura yaitu ibukota salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan.

15. Pengkang

Makanan Khas Kalimantan
wisatapontianak.com

Kue unik ini juga hanya bisa ditemukan di Kalimantan Barat saja. Pengkang terbuat dari ketan yang isiannya adalah udang ebi. Mirip lemper sih tapi bedanya pengkang ini bentuknya segitiga dan dimakan bersama saus kerang yang pedas.

16. Kalumpe

Makanan Khas Kalimantan
Okezone.com

Sayur daun singkong yang dimasa dengan santan mungkin bisa kamu temui juga di makanan Padang atau Sumatera. Kalau di Kalimantan sayur singkong dengan santan ini diberi nama kalumpe. Daun singkong di kalumpe ini biasanya diolah dengan cara ditumbuk lalu dimasak bersama dengan santan dan rempah-rempah.

17. Gence Ruan

Makanan Khas Kalimantan
Wacana.co

Namanya mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun, Gence Ruan menjadi hidangan favorit yang menjadi kebanggaan masyarakat Kutai, Kalimantan Timur. Bahan utama dari masakan ini adalah ikan gabus atau yang dikenal dengan ikan haruan. Singkatnya, Gence Ruan adalah hidangan ikan gabus bakar yang disiram dengan sambal goreng pedas yang khas.

18. Pisang Gapit

Makanan Khas Kalimantan
bacaterus.com

Bila Anda sedang berjalan-jalan di sekitar tepi Sungai Mahakam, Anda akan menjumpai beberapa pedagang yang menjual Pisang Gapit. Pisang gapit ini sangat pas dimakan saat bersantai sambil menikmati keindahan sungai Mahakam.

 Tampilan dari pisang gapit ini mirip dengan pisang epe khas Sulawesi Selatan. Perbedaan dari kedua jajanan tersebut terletak pada saus pendampingnya. Pisang epe dimakan dengan saus gula merah, sedangkan pisang gapit dicocol dengan saus durian yang sangat lezat. 

Makanan kecil yang satu ini dinamakan ‘Gapit’ karena proses pengolahannya menggunakan alat yang berupa papan kayu seperti talenan, pisang akan digapit atau dijepit dengan papan tersebut. Setelah bentuknya menjadi pipih, pisang akan dibakar hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Baca Juga : Makanan Khas Palu

19. Nasi Bekepor

Masakan Khas Kalimantan
tjahzamandoeloe.blogspot.co.id

Pengen merasakan sajian khas Raja Kalimantan? Salah satu masakan yang disukai raja-raja di Kalimantan adalah nasi bekepor. Nasi khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang nggak kalah enak.

20. Mie Sagu

Masakan khas Kalimantan
Anekacara.com

Bukan hanya Indonesia bagian timur saja yang menjadikan sagu menjadi makanan pokok. Kalimantan ternyata juga punya masakan khas yang terbuat dari sagu yaitu mie sagu. Mie sagu ini biasanya disajikan dengan cara digoreng atau dimasak dengan kuah. Mie Sagu ini bis akalian temukan di pontianak.

21. Ayam Cincane

Masakan Khas Kalimantan
Indonesiaitugue.com

Ayam cincane adalah maskaan khas Kalimantan Timur yang biasanya disajikan di acara-acara penting. Ayam cincane ini mempunyai ciri khas warna merah dan rasanya penuh bumbu rempah-rempah.

22. Kerupuk Basah

Makanan Khas Kalimantan
Instagram.com/ika_noverika

Kerupuk Basah khas Kalimantan Barat, tepatnya daerah Hulu menyajikan kerupuk namun tidak bertekstur kering atau garing. Makanan ini disajikan dengan cara dikukus, kemudian disantap bersama saus kacang. Sedangkan olahannya, Kerupuk Basah terbuat dari tepung sagu dan olahan ikan belida. Ikan jenis ini bakal membuat aroma dan teksturnya jadi makin sedap. Mirip empek-empek Palembang ya?

23. Bubur Pedas

Jika biasanya bubur dicampur dengan kecap manis, asin, dan sambal untuk pelengkap rasa saja, bubur khas Sambas, Kalimantan Barat ini justru benar-benar nikmat ketika terasa pedas. Sajian ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng, kemudian berisi aneka jenis sayur seperti kangkung, pakis, daun kesum, dan lain-lain. Biar makin enak, tambahkan lagi ikan ikan goreng teri dan kacang.

24. Asam Pedas Tempoyak

Masakan Khas Kalimantan
youtube.com

Makanan khas Kalimantan Barat lainnya adalah dari Ketapang, yaitu Asam Pedas Tempoyak. Nah kalau dilihat dari tampilannya, pasti jenis kuliner seperti ini sudah sering kamu jumpai di tempat makan pada umumnya. Tapi yang membedakan dari khas Ketapang itu tambahan daging buah durian atau biasa disebut tempoyak. Sehingga cita rasa dan aroma yang ditonjolkan benar-benar kuat, pas banget disandingkan dengan ikan patin dan kuah asam pedasnya. Penasaran?

25. Ale Ale

Masakan Khas Kalimantan
Image: Maximum Effort

Kalimantan juga menyiapkan santapan lezat bagi pecinta kerang. Ketapang punya satu makanan yang rasanya sungguh unik dan nikmat, yaitu Ale Ale. Kerang yang digunakan untuk makanan ini adalah sejenis kerang dengan cangkang kulit yang keras dan licing, kemudian isinya berwarna putih bening. Kerang jenis ini hanya bisa ditemukan di Kota Ketapang. Nah supaya makin nikmat lagi, jangan lupa untuk santap dengan nasi panas dan saos kecap. Nyam!

26. Chai Kwe

Masakan Khas Kalimantan
Instagram.com/javafoodie

Chai Kwe atau juga kita kenal Choipan sebenarnya berasal dari warga China, namun sangat populer di Pontianak. Sehingga kalau dilihat dari segi cita rasa, khas Pontianak jadi yang terbaik untuk di Indonesia. Chai Kwe berisikan sayuran yang disajikan dalam bentuk kue. Isiannya berupa talas, bengkoang, kemudian campur ebi dan kucai yang diiris. Sedangkan dari kulitnya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, sehingga muncul tekstur licin dan kenyal.

27. Bingka Barandam

Makanan Khas Kalimantan
Youtube.com

Kue khas Kalimantan yang juga nggak boleh ketinggalan adalah bingka barandam. Kue manis asal Banjar ini sebenarnya nggak terlalu sulit untuk dibuat. Kamu hanya perlu tepung, telur, gula dan kayu manis. Dengan empat bahan sederhana ini kamu sudah bisa merasakan legitnya bingka barandam.

28. Lempok Durian

Makanan Khas Kalimantan
wisatapontianak.com

Pontianak terkenal dengan hasil limpahan buah duriannya. Nah oleh karena itu, tentu ada ciri khas makanan yang terbuat dari durian, yakni Lempok Durian. Kue satu ini andalannya warga Pontianak. Tampilannya hampir serupa dengan dodol serta bertekstur kenyal, namun bedanya lempok durian tidak menggunakan bahan campuran tepung ketan. 100 persen bahannya berasal dari durian, sehingga cita rasa dan aroma duriannya begitu kuat menyeruak di mulut. Pecinta durian pasti bakal ketagihan, nih!

29. Keripik Kalakai

Makanan Khas Kalimantan
Makananoleholeh.com

Tanaman kelakai dipercaya mampu mengobati diare, menambah darah, dan menjaga kulit awet muda. Kelakai biasanya diolah menjadi kuliner sejenis camilan, semisal keripik. Keripik kelakai adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang dibuat oleh suku Dayak dengan memanfaatkan bagian daunnya yang masih muda. Daun kelakai kemudian dibaluri adonan tepung bumbu dan digoreng pada minyak panas. Keripik kelakai yang sudah jadi mempunyai rasa yang gurih dan teksturnya sangat renyah di mulut.

30. Nasi Itik Gambut

Makanan Khas Kalimantan
Viva.co.id

kota Banjarmasin dan Banjarbaru terdapat kuliner khas berupa nasi itik. Nasi itik gambut disebutnya, adalah kuliner berupa nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar.

Satu porsi itik gambut biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Cara penyajian yang identik dengan masakan Sunda atau Jawa ini membuat nasi itik gambut mudah diterima hingga berbagai lapisan masyarakat. Nasi itik gambut sendiri bisa ditemukan di warung-warung yang banyak berjejer di sekitaran kota Banjarmasin, terutama di daerah Gambut.

Baca Juga