24 Makanan Khas Bengkulu yang Patut Anda Coba
Bengkulu merupakan salah satu kota di Pulau Sumatera yang mayoritas penduduknya bertani. Selain itu bengkulu juga memiliki berbagai macam kuliner yang terkenal lezat dan unik.

Makanan Khas Bengkulu - Bengkulu adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra dengan luas 144,52 kilometer persegi. Bengkulu sendiri secara geografis terletak di dekat Samudera Hindia. Hal ini mempengaruhi makanan khas bengkulu yang kebanyakan berbahan dasar ikan. Selain ikan, ada banyak sekali makanan khas dari kota bengkulu yang rasanya sangat lezat. Apa saja? Mari kita simak beberapa makanan khas bengkulu berikut.

1. Pendap

Makanan Khas Bengkulu Pendap

Makanan khas yang paling terkenal dari bengkulu ialah Pendap. Pendap terbuat dari bahan dasar ikan yang memasaknya menggunakan bumbu seperti cabai, bawang putih, dan kencur, ditambah dengan kelapa muda yang diparut. Bumbu-bumbu  tersebut dicampur dengan ikan dan dibungkus dengan daun talas.

2. Gulai Kemba’ang

Makanan Khas Bengkulu
Gulai Kembaang

Meskipun Gulai Kemba'ang tidak begitu dikenal di Indonesai, namun makanan khas satu ini sangat lezat dan patut untuk dicicipi. Gulai kemba’ang sendiri berbahan dasar iga sapi dengan bumbu khusus khas Bengkulu.

3. Tempoyak Bengkulu

Makanan Khas Bengkulu
Tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas sejumlah provinsi di Sumatera yang dibuat dari fermentasi buah durian. Khusus provinsi bengkulu, tempoyak biasanya diolah dengan ikan patin. 

4. Lema

Makanan Khas Bengkulu
Lema

Lema merupakan makanan khas provinsi bengkulu yang juga terbuat dari proses fermentasi seperti tempoyak. Bukan dari durian, Lema terbuat dari rebung cincang yang dicampur ikan air tawar. Karena terbuat dari fermentasi, Lema memiliki aroma yang sangat kuat dan rasanya cenderung asam.

5. Bagar Hiu

Makanan Khas Bengkulu
Hiu

Sesuai dengan namanya, bagar hiu merupakan makanan khas yang berbahan utama ikan hiu. Daging hiu yang digunakan disini adala hiu tanduk atau hiu punai yang rasanya tidak terlalu amis. Bagar hiu konon salah satu dmakanan favorit dari Presiden Sukarno saat masa pengasingan.

6. Kue Tat

Makanan Khas Bengkulu
Kue Tat

Kue tat memiliki rasa yang rasa gurih karena menggunakan adonan dan bumbu khas Bengkulu. Kue tat biasanya dibuat dan disajikan pada saat Idul Fitri untuk para tamu yang berkunjung ke rumah. Dalam sejarah, Kue Tat merupakan jamuan bagi para raja.

7. Kue Lepek Biniti

Makanan Khas Bengkulu
Lepek

Kue lepek beniti juga tak kalah populer dan kerap dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Kue lepek biniti terbuat dari tepung ketan, santan, daun salam, garam, lengkuas dan bahan lainnya yang dibungkus menggunakan daun pisang. 

8. Rebung Asam Undak Liling

Makanan Khas Bengkulu
Rebung asam undak liling

Rebung Asam Undak Liling terbuat dari rebung yang cara mengolahnya sangat tradisional. Rebung terlebih dahulu harus direndam hingga beberapa hari sampai rebung mengeluarkan rasa asam. Kemudain rebung yang sudah terfermentasi diolah dengan keong.

9. Kue Perut Punai

Makanan Khas Bengkulu
Kue perut punai

Kue khas Bengkulu yang satu ini bentuknya seperti perut burung punai. Selain bentuknya yang unik, rasa kue perut punai juga sangat enak. Karena keunikannya, kue perut punai sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kue ini memiliki dua pilihan rasa yaitu original dan manis.

10. Sirup Kalamansi

Makanan Khas Bengkulu
Sirup kalamansi

Sirup kalamasi adalah minuman khas Bengkulu yang terbuat dari jeruk kalamansi yang ditambahkan gula. Sirup kalamansi mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk memperlancarkan sirkulasi darah.

11. Bolu Koja

Makanan Khas Bengkulu
Bolu koja

Bolu koja hampir mirip dengan bolu kojo khas palembang. Bedanya, dalam pembuatannya bolu koja diberi agar-agar putih sebagai tambahan. Tekstur bolu koja sangat lembut dengan rasa yang gurih. Bolu koja umumnya berwarna hijau yang berasal dari daun pandan.

12. Bay Tat

Makanan Khas Bengkulu
Bay tat

Dalam sejarah, konon Bay Tat ini adalah kue yang sering disajikan untuk para raja Bengkulu. Bay Tat sendiri terbuat dari adonan  tepung gandum, mentega, gula pasir dan telur ayam. Teksturnya kue bay tat sangat lembut dan memiliki rasa yang manis ditambah toping yang menggugah selera. 

BACA JUGA: 32 Kuliner Khas Belanda Yang Wajib Kamu Ketahui

13. Mie Terbang

Makanan Khas Bengkulu
Mie terbang

Mie terbang pertama kali dipelopori oleh pemilik rumah makan, Salman. Mie terbang kemudian menjadi populer karena keunikannya. Mie terbang disajikan dengan penyangga tak terlihat yang membuat mie tersebut tampak melayang di udara. Mie terbang juga memiliki 5 level pedas.

14. Manisan Terong

Makanan Khas Bengkulu
Manisan terong

Manisan biasanya terbuat dari buah-buahan, namun beda halnya dengan Bengkulu. Kota bengkulu memiliki makanan khas unik berupa manisan terong. Manisan terong biasanya dijual dengan kisaran harga 15 ribu rupiah untuk satu bungkus.

15. Kue Siput 

Makanan Khas Bengkulu
Kue siput

Sweperti namanya, kue khas bengkulu yang satu ini mempunya bentuk yang mirip siput. Kue siput terbuat tepung yang diisi kacang dan digulung menyerupai siput. Kue ini sangat renyah dan memiliki 2 pilihan rasa yaitu manis dan asin. 

16. Lemang Tapai 

Makanan Khas Bengkulu
Lemang tapai

Lemang tapai merupakan salah satu makanan khas Bengkulu yang dalam pengolahannya menggunakan beras ketan yang dicampur santan. Setelah dibungkus dengan daun pisang, olahan tadi kemudian dibakar menggunakan bara api hingga matang. Lemang umumnya dimakan bersama tapai ketan.

17. Kue Cucur

Makanan Khas Bengkulu
Kue cucur

Makanan khas lainnya dari Bengkulu adalah kue cucur. Kue cucur biasa disajikan dalam acara lamaran. Kue ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan gula merah. Tekstur kue cucur sangat lembut dengan rasa manis yang pas. 

18. Kue Satu

Makanan Khas Bengkulu
Kue satu

Kue satu biasanya dibuat dan disajikan pada saat hari raya. Kue ini dibuat dengan menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasar. Bahan lainnya yang diperlukan antara lain, vanili, gula halus, dan air. Adonan yang sudah selesai dicetak akan dimasukkan ke dalam oven hingga matang.

19. Kembang Goyang

Makanan Khas Bengkulu
Kembang goyang

Kembang goyang adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Makanan ini biasanya disuguhkan dalam upacara adat pernikahan. Seperti namanya, makanan ini berbentuk seperti kembang yang cara membuatnya digoreng. 

20. Gulai Pisang

Makanan Khas Bengkulu
Gulai pisang

Sajian khas berikutnya yang sangat unik adalah gulai pisang. Tidak seperti olahan buah pada umumnya, Bengkulu membuat pisang menjadi seperti gulai. Resep gulai pisang ini sudah diberikan secara turun-temurun kepada masyarakat Bengkulu.

21. Teh Oolong

Kuliner Bengkulu
Teh Oolong

Teh oolong adalah teh yang berasal dari Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Karena diolah dengan semi fermentasi, Teh Oolong berwarna keemasan dan menciptakan aroma nikmat. Selain memiliki rasa yang nikmat, Teh Oolong dan juga dapat membantu menurunkan berat badan, dan memperbaiki kinerja limpa dan ginjal. Disamping itu, teh Oolong dapat menngatasi plak dan karang pada gigi.

22. Emping Bengkulu

Kuliner Bengkulu
Emping bengkulu

Emping Bengkulu adalah makanan dengan bahan dasar melinjo. Melinjo yang ada direbus dan ditumbuk lalu dikeringkan. Emping Bengkulu pada umumnya dijadikan cemilan ringan. Emping Bengkulu memeiliki harga jual yang cukup tinggi, yaitu mencapai 100 ribu untuk satu kilo.

23. Kopi Bengkulu

Kuliner Bengkulu
Kopi bengkulu

Selain teh, Bengkulu juga memiliki kopi sebagai hasil alam. Wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu tak jarang menjadikan kopi khas bengkulu sebagai oleh-oleh. Kopi Bengkulu biasanya didistribusikan dengan kemasan yang cukup modern, baik kemaasan kecil maupun besar.

24. Sambal Unjeak Ikan Nila

Kuliner bengkulu
Sambal Unjeak Ikan Nila

Ada satu lagi makanan khas Bengkulu yang tak kalah lezat, yaitu sambal unjeak ikan nila. Makanan ini berasal dari daerah lebong, bengkulu. Sambal unjeak ikan nila ini rasanya pedas dan sedikit asam.


Baca Juga