33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Dengan terpenuhinya kebutuhan serat harian kita,maka tubuh kita akan lebih sehat,terhindar dari diabetes,sembelit serta terhindar dari kolesterol tinggi.Untuk memenuhi kebutuhan serat harian kita,tentunya kita harus mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi setiap harinya,seperti beberapa makanan di bawah ini.

Makanan berserat tinggi.Serat merupakan jenis mineral yang terdapat pada tumbuhan,seperti buah-buahan dan sayuran.Jenis mineral ini memang bersifat tidak mudah dicerna sepenuhnya oleh tubuh,sehingga hanya menghasilkan sedikit sekali kalori atau energi bagi tubuh,namun meskipun begitu,serat tetap sangat di butuhkan oleh tubuh karena juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan juga juga dapat menurunkan penyerapan gula dara,sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Kali ini kita akan membahas tentang apa saja makanan berserat tinggi yang perlu kita konsumsi,namun sebelumnya kita bahas dulu apa saja jenis-jenis serat.Serat terbagi menjadi 2 jenis,yang pertama,Soluble fiber (serat larut),yaitu serat yang dapat di cerna dan akan mengikat lemak yang berasal dari makanan dan kemudian untuk di dibuang.Jenis serat yang ke 2 adalah Insoluble fiber (serat tidak larut),yaitu serat yang akan tetap utuh sampai saat nanti dikeluarkan dalam tubuh,dan serat ini sangat baik untuk para pelaku diet,karena membuat rasa kenyang lebih lama.

Perlu kita ketahui bahwa kandungan serat tinggi dapat kita peroleh dari buah-buahan,sayuran serta kacang-kacangan.Adapun makanan berserat tinggi yang perlu kita konsumsi,mulai dari buah,sayur dan juga kacang-kacangan adalah sebagai berikut.

1.Pare

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : health.liputan6.com

Pare terkenal dengan rasanya yang sangat pahit.Pare merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi,yaitu sebesar 0,8 gr per 100 gram pare.Selain itu pare juga mengandung nutrisi dan mineral lainnya,seperti vitamin C,asam amino,karatin serta kalsium  yang semuanya baik bagi tubuh.

2.Buncis

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : nusantaranews.co

Buncis juga merupakan makanan berserat tinggi,itu karena buncis mengandung 1,2 gr dalam setiap 100 gramnya,untuk itu konsumsilah buncis secara rutin dan dengan porsi yang sesuai,karena kandungan seratnya dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mencegah diabetes.

3.Kentang

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : tendy-arianto.blogspot.co.id

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang cukup populer,buktinya banyak sekali makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar kentang,seperti keripik kentang,kentang goreng dan sop kentang serta masih banyak lagi makanan berbahan dasar kentang lainnya.Namun tahukah kamu bahwa kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang diperlukan oleh tubuh,yakni 3 gr kandungan serat dalam 100 gramnya.

4.Kangkung

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : obatnaturals.blogspot.com

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran yang satu ini,selain mudah sekali ditemukan di seluruh daerah di Indonesia,harganya pun murah meriah,hingga siapapun dapat membelinya.Kangkung sangat baik di konsumsi,karena terkandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh,seperti kalsium dan vitamin.Selain itu kandungan serat dalam kangkung juga cukup tinggi.Jadi dengan mengkonsumsi kangkung secara rutin setiap hari dan dengan porsi yang sesuai,dipercaya dapat mencegah kita dari diabetes dan juga dapat melancarkan pencernaan sehingga sembelit pun dapat teratasi.

5.Wortel

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : dream.co.id

Wortel yang terkenal dengan kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata ini ternyata juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi,yaitu sekitar 4 gram dalam setiap 100 gramnya.

6.Daun salada

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : manfaat.co.id

Sayuran ini memang nikmat sekali di jadikan lalapan,jenis sayur ini juga sangat baik untuk kesehatan,karena mengandung nutrisi dan serat yang cukup tinggi,yaitu sekitar 0,6 gr per 100 gramnya.

7.Brokoli

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : faktaherbal.com

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh,brokoli juga mengandung serat yang cukup tinggi,yaitu 0,9 gr dalam 100 gramnya.

8.Seledri

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : cantik.tempo.co

Dalam seledri terkandung serat yang cukup tinggi,yaitu 1,5 gr per 100 gramnya yang juga diperlukan oleh tubuh.

9.Bayam

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : agrotani.com

Bayam juga sangat baik di konsumsi karena bayam mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh,serta mengandung serat yang cukup tinggi yaitu 2,8 gr dalam setiap 100 gramnya.

10.Timun jepang

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : tokopedia.com

Timun jepang atau disebut juga kyuri memang lebih manis dan juga renyah d bandingkan dengan timun biasa.Timun jepang mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh,seperti kalsium,magnesium dan juga vitamin yang sangat di butuhkan oleh tubuh.Selain itu kyuri atau timun jepang mengandung serat yang cukup tinggi yakni sebesar 0,6 gr per 100 gramnya.

11.Jagung

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : health.liputan6.com

Jagung juga merupakan sayuran yang kaya akan serat yaitu sebesar 2 gr serat dalam setengah cangkir jagung,selain itu jagung juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

12.Paprika

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : jogjatribunnews.com

Sayuran yang memiliki bentuk serta warna-warna yang menarik ini juga memberikan banyak sekali manfaat bagi yang mengkonsumsinya,karena dalam paprika mengandung nutrisi dan mineral yang baik bagi kesehatan,dan kandungan serat dalam paprika juga cukup tinggi,yakni sebesar 1,3 gr per 100 gramnya.

13.Pepaya

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : agrotani.com

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini,pepaya memang sudah terkenal akan manfaatnya yang dapat mengatasi sembelit,itu karena kandungan serat yang terdapat dalam pepaya,cukup tinggi yaitu 1,3 gr dalam setiap 100 gram daging pepaya.

14.Kedelai

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : meetdoctor.com

Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang juga banyak memberikan manfaat bagi pengkonsumsinya,itu jelas karena kedelai mengandung banyak nutrisi dan juga mineral yang di butuhkan oleh tubuh,salah satunya mengandung serat yang cukup tinggi.

15.Nanas

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : palembang.tribunnews.com

Dibalik rasanya yang asam manis serta menyegarkan saat dikonsumsi,ternyata nanas juga termasuk buah yang menyehatkan,apabila di konsumsi secara tidak berlebihan,itu karena didalam nanas terkandung nutrisi serta mineral yang baik bagi tubuh.Nanas juga mengandung serat yang cukup tinggi,yaitu sebesar 1 gr per 100 gram daging nanas.

16.Buah berry-berryan

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : supervapestore.com

Buah anggur,strawberry dan buah berry lainnya,ternyata juga mengandung serat yang cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh,yaitu 10 gr serat dalam 1 cangkir buah berry.

17.Pir

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : health.liputan6.com

Siapa yang tidak suka dengan buah pir,buah yang rasanya enak serta memiliki kandungan air yang tinggi ini mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi tubuh,dan juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

18.Almond

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : goodwholefood.com

Kacang almond memang termasuk kacang yang berharga tinggi karena bukan berasal dari Indonesia.Kacang ini baik sekali untuk di konsumsi karena memiliki kandungan nutrisi dan kaya akan serat yang diperlukan tubuh,yaitu sekitar 12,2 gr per 100 gramnya.

19.Roti gandum

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : alodokter.com

Roti gandum adalah roti yang bahanya terbuat dari gandum,dan seperti yang kita tahu bahwa gandum sangat baik untuk kita konsumsi,karena mengandung nutrisi dan juga serat yang cukup tinggi.

20.Mangga

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : artikelmanfaat.com

Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini,selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan,buah mangga juga mudah sekali di temukan dan harganya pun terjangkau.Tapi tahukah kamu,ternyata selain kaya akan vitamin,buah mangga juga mengandung serat yang cukup tinggi,yang tentu saja diperlukan oleh tubuh.

21.Kacang lima

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : pinterest.com

Kacang lima merupakan kacang yang aslinya berasal dari Amerika tengah.Kacang ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang diperlukan oleh tubuh,yaitu sebesar 19 gr serat per 100 gramnya.

22.Alpukat

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : lifstyle.sindonews.com

Alpukat terkenal dengan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan dan juga kecantikan,dan tahukah kamu,dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin setiap hari,kebutuhan serat dalam tubuh akan terpenuhi,karena alpukat mengandung serat yang sangat tinggi,yaitu 10 gr serat dalam 100 gram daging buah alpukat.

23.Oatmeal

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : cooking.nytimes.com

Selain roti gandum,ada juga oatmeal,yaitu produk olahan yang bahannya juga dari gandum.Dengan menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan anda,maka akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan serat sehari-hari anda,karena dalam oatmeal terkandung serat yang cukup tinggi.

24.Jambu biji merah

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : merdeka.com

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C serta kalori yang rendah ini ternyata juga mengandung serat yang cukup tinggi yang di perlukan oleh tubuh yaitu sekitar 7,3 gr dalam setiap 100 gramnya.

25.Kacang merah

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : mediskus.com

Mengkonsumsi kacang merah setiap hari dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan serat kita,karena terkandung sebesar 15 gr serat dalam 1 cangkir kacang merah.

26.Apel

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : indo.amuslima.com

Apel memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan,karena dalam apel terkandung banyak nutrisi dan mineral lainnya yang baik bagi tubuh,selain itu kandungan serat dalam buah apel juga cukup tinggi,yakni 4,4 gram per 100 gramnya.

27.Kacang hijau

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : seruni.id

Mengkonsumsi kacang hijau juga dapat memenuhi kebutuhan serat setiap harinya,karena kacang hijau mengandung serat yang sangat tinggi,yaitu sekitar 8,8 gr dalam 1 cangkir kacang hijau.

28.Kacang polong

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : corporate.kimiafarmaapotek.co.id

Kacang polong memang sangat cocok di jadikan cemilan saat santai,selain enak dan nikmat,mengkonsumsi kacang polong juga sangat bermanfaat bagi kesehatan,karena mengandung vitamin serta serat yang tinggi,yakni 8,8 gr per 1 cangkirnya.

29.Pisang

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : obatasamlambung.co.id

Semua orang pasti sudah tidak aneh lagi dengan buah yang satu ini,selain rasanya yang leugit dan mengenyangkan,pisang juga bermanfaat untuk menyehatkan dan menghaluskan kulit karena kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya,selain itu pisang juga sangat baik di konsumsi oleh orang sedang menjalankan diet,karena kandungan seratnya yang cukup tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.Pisang mengandung 0,6 serat dalam 100 gramnya.

30.Beras merah

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : cnnindonesia.com

Dari segi kualitas beras merah memang lebih unggul dari pada beras putih,karena mengandung vitamin dan juga mineral yang sangat baik bagi tubuh,selain itu beras merah juga sangat baik di konsumsi oleh pelaku diet karena terkandung serat yang cukup tinggi dalam beras merah.

31.Edamame

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : momjunction.com

Edamame juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi,yaitu sekitar 9 gram per setengah cangkirnya.

32.Kiwi

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : mirror.co.uk

Buah kiwi juga mengandung serat yang cukup tinggi yaitu sebanyak 3 gr dalam 100 gramnya.

33.Tomat

33 Makanan Berserat Tinggi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Serat Harian Anda
Image : cidahu.com

Selain bermanfaat untuk kecantikan karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi,tomat juga kaya akan kandungan serat,yakni sekitar 4,2 gr per 100 gramnya.Jadi dengan mengkonsumsi tomat,dapat membantu memenuhi kebutuhan serat kita.

Demikianlah beberapa makanan berserat tinggi yang bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat kita sehari-hari.Konsumsilah makanan-makanan diatas dengan porsi yang sesuai dan jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan.Dengan terpenuhinya kebutuhan serat kita,maka kita akan terhindar dari beberapa penyakit,seperti diabetes,kolesterol tinggi dan juga sembelit.

Baca Juga