20 Kuliner Swiss Yang Terkenal Enak Selain Coklat
Jika Anda penggemar permen mint, pasti sering melihat kemasan permen dengan foto Pegunungan Alpen. Seperti halnya pada kemasan coklat Swiss. Menyambangi negara ini, jangan hanya mencicipi coklatnya, kuliner Swiss yang lain juga banyak yang enak.

Swiss merupakan negara bagian Eropa Tengah yang berbatasan langsung dengan Italia, Jerman, dan Austria. Tak heran, jika kuliner khas Swiss pun memiliki banyak persamaan di antara negara- negara tersebut. Salah satu makanan yang terkenal dari Swiss adalah coklat. Swiss juga populer dengan bank-nya yang dianggap sebagai tempat paling aman untuk menyimpan uang. Jika menyempatkan datang ke negara ini, jangan lupa mencicipi kuliner lainnya selain coklat.

1. Risotto Saffron

Risotto Saffron
Risotto Saffron

Risotto menjadi makanan pembuka yang paling populer di dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Meski di tanah air tidak mengenal tradisi makanan pembuka, tapi menu risotto ini kerap dijumpai di sejumlah restoran. Risotto merupakan nasi khas Italia yang dimasak dengan sayuran dan seafood. Pengolahannya tidak kering, melainkan sedikit berair karena ditambahkan krim.

Di Swiss, olahan risotto juga menjadi makanan favorit penduduk setempat. Yang khas, sajian risotto di Swiss menggunakan tambahan saffron. Sejenis tanaman yang selalu menjadi campuran bahan masakan di Swiss. Saffron biasanya disajikan dengan sosis, rempah, dan anggur merah. Selain saffron, risotto khas Swiss juga ditambahkan kunyit, anggur, dan keju.

Baca juga: 40 Kuliner Khas Italia Yang Enak Selain Pizza dan Spaghetti

2. Zopf

 Zopf
Zopf

Roti khas Swiss ini bentuknya cukup unik karena permukaannya seperti rambut yang dikepang. Menurut cerita, konon bentuk kepang terinspirasi dari wanita jaman dulu di Swiss yang sering memotong rambut mereka dalam kondisi masih dikepang. Rambut yang sudah dipotong ini kemudian dikubur dalam tanah.

Roti zopf teksturnya lebih lembut dan dioleh dari bahan berkualitas tinggi. Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang digunakan untuk membuat zopf antara lain terigu berprotein tinggi, fermipan, gula, mentega, garam, dan susu cair.

3. Raclette

Raclette adalah sejenis keju yang kerap disajikan sebagai topping dalam setiap masakan di Swiss. Penyajian keju ini terbilang cukup berbeda karena blok keju yang sudah dipadatkan dipanaskan terlebih dahulu dipanci. Setelah agak panas, kemudian permukaan terluar keju diiris langsung di atas makanan yang akan disajikan.

4. Cheese Fondue

Cheese Fondue
Cheese Fondue

Cemilan tradisional Swiss yang juga sudah melegenda ini wajib Anda cicipi saat bertandang ke Swiss. Cheese fondue berupa saus yang terbuat dari keju, rempah, tepung jagung, bawang putih, anggur putih, dan air cherry. Saus kemudian disimpan dalam mangkuk besar dan disajikan dengan roti yang sudah dipotong kecil. 

5. Berner Platte

 Berner Platte
Berner Platte

Makanan ini berupa irisan daging yang ditumis dengan sosis dan dicampur kentang rebus. Berner platte juga ditambahkan sayuran dan kacang- kacangan. Jenis daging yang digunakan umumnya dari daging sapi atau bacon.

6. Cokelat Swiss

Cokelat Swiss
Cokelat Swiss

Sebagian olahan coklat dari Eropa memang terkenal akan kelezatannya. Swiss sendiri masuk dalam jajaran pembuat coklat paling nikmat di dunia. Swiss bahkan memiliki brand coklat yang sudah melegenda, yakni Lindt & Sprüngli.

7. Meringue

Meringue
Meringue

Meringue berupa cemilan dan makanan penutup yang juga menjadi favorit orang Swiss. Dessert ini berupa krim yang dibuat dari putih telur, gula, butter, dan perasa vanilla. 

8. Roschti

Roschti
Roschti

Rosti merupakan olahan kentang potong yang direndam dengan lelehan mentega dan susu kemudian digoreng. Makanan ini juga biasa disebut omelet kentang. Kalau di Indonesia rosti lebih mirip martabak mie.

9. Nusstorte

Nusstorte
Nusstorte

Kue tradisional Swiss ini bentuknya sepert bolu. Bahan berupa kacang walnut yang dicampur dengan krim, susu, dan gula. Di bagian atas kue biasanya ditaburi lagi dengan kacang dan gula bubuk.

10. Basler Leckerli

Basler Leckerli
Basler Leckerli

Biskuit dengan tekstur agak keras. Merupakan kue tradisional dari Basel. Bahan yang digunakan antara lain kacang almond, hazelnut, madu, dan kayu manis. 

11. Alplermagronen

 Alplermagronen
Alplermagronen

Sajian pasta ala Swiss dengan campuran krim, keju, dan  bawang. Pasta yang digunakan adalah jenis makaroni. Yang unik dari makanan ini karena ditambahkan potongan apel.

12. Bircherműesli 

 Bircherműesli
Bircherműesli

Makanan ini sudah ada sejak tahun 1900-an di Swiss. Bircherműesli berupa campuran oat, sayuran, dan buah yang dicampur dengan susu dan jus lemon.

13. Bűndnernusstorte 

Bűndnernusstorte
Bűndnernusstorte

Nama lain dari dessert ini adalah engadinernusstorte. Hidangan pencuci mulut ala Swiss yang diisi dengan krim, gula karamel, dan kenari yang sudah dicincang.

14. Zurchergeschnetzeltes 

Zurchergeschnetzeltes
Zurchergeschnetzeltes

Dalam bahasa Swiss, Zurchergeschnetzeltes artinya daging yang dipotong ala Zurich. Makanan ini sendiri terbuat dari potongan daging atau hati sapi yang dimasak dengan bawang, jamur, krim, dan anggur.

15. Rivella 

Rivella
Rivella

Jus apel yang ditambahkan air mineral dan dijajakan dalam kemasan botol.

16. Apflekuchein

Apflekuchein
Apflekuchein

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia Apflekuchein artinya bolu apel yang tenggelam. Kue ini memang teksturnya seperti bolu dengan bahan utama buah apel.

17. Magenbrot

 Magenbrot
Magenbrot

Butter kukis dengan rasa coklat, jahe, dan kayu manis.

18. Brunsli 

Brunsli
Brunsli

Brunsli juga semacam kukis coklat yang bentuknya seperti bunga dan ditaburi gula halus. Kue ini jadi penganan wajib setiap perayaan natal di Swiss. Yang membedakannya dengan magenbrot karena kukis ini tidak menggunakan butter dan jahe. Brunsli juga lebih banyak menggunakan coklat batang dan coklat bubuk.

19. Biberli Mit Marzsipan 

Biberli Mit Marzsipan
Biberli Mit Marzsipan

Biberli mit marzsipan adalah jenis kue kering lain yang wajib Anda coba saat berkunjung di Swiss. Kue dibuat dari air cherry dan biji anise.

20. Fasnachtskuclein

 Fasnachtskuclein
Fasnachtskuclein

Fasnachtskuclein adalah wafer tradisional Swiss yang kerap disajikan saat pelaksaan karnaval di Swiss.

Bagi penggemar makanan western tentu tak asing dengan daftar menu di atas. Sebagian besar kuliner Swiss memang sudah terkenal di dunia. Di Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan sajian khas Switzerland. Kuliner Swiss ini kerapkali masuk dalam daftar menu western food jika Anda berkunjung ke restoran ataupun café.

Baca Juga