30 Kuliner Khas Swedia Yang Wajib Anda Tahu
Yang populer dari Swedia bukan cuma Zlatan Ibrahimovic dan mobil volvo. Kuliner Swedia juga populer hingga keluar Eropa. Kuliner Swedia sendiri banyak dipengaruhi budaya Skandinavia dan Jerman.

Swedia memiliki musim dingin yang lebih panjang dibanding musim panas. Hal ini pun berpengaruh pada kebiasaan penduduknya dalam mengolah makanan. Di Swedia kerap dijumpai makanan yang diawetkan misalnya acar dan ikan kalengan. Swedia juga memiliki perairan luas sehingga beberapa kulinernya dibuat dari bahan seafood.

1. Tunna Pannkakor

Tunna Pannkakor
Tunna Pannkakor

Pancake ala Swedia dengan adonan yang lebih tipis menyerupai crepes. Biasanya disajikan dengan whipped krim dan buah- buahan segar seperti strawberry.

2. Hamburger Gothenburg

Hamburger Gothenburg
Hamburger Gothenburg

Roti berlapis sayuran yang diberi isian udang rebus, perasan lemon, dan saus mayonaise.

3. Kaldormar

Kaldormar
Kaldormar

Olahan daging yang dibungkus daun kubis kemudian dimasak dalam kuah berbumbu. Kaldomar biasanya disajikan dengan kentang tumbuk, lingonberries, dan acar ketimun.

4. GubbroraI

GubbroraI
GubbroraI

Hidangan kentang, daging, telur, bawang cincang, ikan asin, dan krim asam yang ditumis kemudian dibungkus roti kering krispi.

5. Isterband

Isterband
Isterband

Isterband adalah makanan berupa sosis dengan tekstur kasar dan citarasa sedikit asam. Sosis biasanya dipanggang atau digoreng kemudian disajikan dengan kentang rebus, krim, dan acar.

6. Stekt Stromming Potatismos Med

Stekt Stromming
Stekt Stromming

Makanan cepat saji ala Swedia berupa daging yang sudah diiris tipis, dipanggang kemudian dihidangkan bersama kentang rebus. Bisa juga disantap dengan tambahan timun dan bawang merah.

7. Blodpudding Lingon Med

Blodpudding Lingon Med
Blodpudding Lingon Med

Makanan ini berupa darah babi yang dibuat jadi adonan dengan tepung kemudian digoreng ataupun dipanggang. Di Swedia makanan ini banyak dijual dalam kemasan. Biasanya disajikan dengan mentega dan lingonberries.

8. Renskavsgryta

Renskavsgryta
Renskavsgryta

Kuliner khas dari Swedia Utara berupa sup daging. Isi sup berupa daging rusa yang digoreng dengan mentega. Ditambahkan pula buah jeniper dan sedikit krim agar kuahnya lebih kental.

Baca juga: 44 Kuliner Khas Jerman Yang Bikin Ngiler Abis

9. Smorgastarta

Smorgastarta
Smorgastarta

Sekilas makanan ini memang seperti tart. Namun bahan yang digunakan justru bukan bahan kue. Smorgastarta terbuat dari roti yang disusun, diisi krim dan seafood. Makanan ini menjadi hidangan wajib untuk jamuan pesta ataupun perayaan tertentu di Swedia.

10. Paron Inkokta

Paron Inkokta
Paron Inkokta

Asinan buah pir yang dimasak dengan vanili, kayu manis, dan kapulaga. Paron inkota biasanya disajikan bersama whipped cream.

11. Surstromming

Surstromming
Surstromming

Ikan herring yang disajikan mentah. Biasanya dengan acar dan bawang bombay serta roti. Surstromming sudah banyak yang dijual dalam kemasan kaleng.

12. Hasselbackspotatis

Hasselbackspotatis
Hasselbackspotatis

Sajian kentang panggang utuh yang hanya diiris tipis bagian tengahnya kemudian ditaburi garam dan lada.

13. Artsoppa Sup Pea

Artsoppa Sup Pea
Artsoppa Sup Pea

Sup kacang yang dimasak dengan wortel, bawang, tulang ham, dan jahe. Makanan ini kerap disajikan sebagai menu sarapan. Karena Swedia memiliki musim dingin lebih panjang, hidangan sup pea ini pun sering dikonsumsi sebagai penghangat badan.

14. Falukorv Sosis

Falukorv Sosis
Falukorv Sosis

Di Swedia, sosis sengaja dibuat dengan potongan besar untuk memudahkan penduduknya berkreasi dengan bahan makanan ini. Falukorv sosis biasanya disisipkan sayuran atau daging ham diantara potongannya kemudian dipanggang.

15. Fishballs Fiskbullar

Fishballs Fiskbullar
Fishballs Fiskbullar

Sajian ikan yang dibuat jadi meatballs kemudian disajikan dengan pasta.

16. Gravlax

Gravlax
Gravlax

Jika Salmon biasanya terasa hambar, maka olahan salmon ala Swedia ini justru terasa manis. Selama proses pembuatannya, gravlax direndam dengan berbagai macam bumbu. Rempah yang digunakan antara lain lada, bunga lawang, cengkeh,bawang, kulit jeruk, dan bay leaf. Ikan yang sudah direndam lama pun siap disajikan. Gravlax biasanya diiris tipis- tipis saat disajikan.

17. Griljera Julskinka Se Gor

 Griljera Julskinka Se Gor
Griljera Julskinka Se Gor

Proses pembuatannya mirip seperti sosis. Bentuk griljera lebih besar dan biasanya dihidangkan berupa sayatan tipis- tipis.

18. Kottsoppa

Kottsoppa
Kottsoppa

Olahan daging sapi yang dimasak dengan sayuran dalam kuah bening.

19. Kroppkakor

Kroppkakor
Kroppkakor

Dumpling ala Swedia yang menggunakan bahan kentang. Isiannya berupa daging sapi cincang.

20. Pyt ti Panna

Pyt ti Panna
Pyt ti Panna

Tumis sayuran berupa kentang dan wortel yang dipotong dadu kemudian dimasak dengan bawang bombay. Pyt ti Panna biasanya disajikan dengan buncis, daging ham, atau dengan telur ceplok.

21. Sill Inlagd

 Sill Inlagd
Sill Inlagd

Sajian ini hanya berupa ikan mentah yang dicampur dengan potongan kentang rebus, telur rebus, bawang, dan krim. 

22. Flygande Jacob Casserole

Flygande Jacob Casserole
Flygande Jacob Casserole

Makanan ini berupa daging ayam, kacang, bacon, dan pisang yang diberi krim dan saus kemudian dipanggang. Jacob Casserole biasanya disajikan dengan sayuran.

23. Kaffebrod

Kaffebrod
Kaffebrod

Roti kopi ala Swedia yang biasa disebut fika bread. Jika roti umumnya dihidangkan sebagai menu sarapn, kaffebrod ini justru disajikan sebagai teman minum kopi atau teh sambil bersantai atau perjamuan tamu.

24. Gotlandsk Saffranspannkaka

Gotlandsk Saffranspannkaka
Gotlandsk Saffranspannkaka

Dessert yang terbuat dari peterselli, telur, krim, susu, telur, almond cincang, dan kunyit. Semua bahan kemudian disimpan dalam wadah lalu dipanggang. Makanan ini biasanya disajikan dengan tambahan krim dan saus cherry.

25. Smulpaj

Smulpaj
Smulpaj

Pie apel ala Swedia dengan tambahan topping remahan kue di atasnya. Biasanya dessert ini disajikan dengan krim.

26. Chockladbollar

Chockladbollar
Chockladbollar

Cemilan ala Swedia dari bahan coklat dan oat. Untuk membuatnya sangatlah mudah. Coklat bubuk, vanilla, oat, dan kopi dibuat jadi adonan kemudian dibentuk bulat. Selanjutnya bulatan coklat digulingkan di atas kelapa parut atau gula bubuk. Cemilan ini banyak disukai terutama anak- anak. Rasanya yang manis dan crunchy membuat siapapun ketagihan dengan rasanya.

27. Kanelbulle Cinnamon

Kanelbulle Cinnamon
Kanelbulle Cinnamon

Roti mini dengan rasa dan aroma kayu manis ini juga kerap dijadikan teman minum kopi dan teh.

28. Punschrulle Punsch

Punschrulle Punsch
Punschrulle Punsch

Kue khas Swedia berupa gulungan pastry dan isian coklat.

29. Budapestbakelse

Budapestbakelse
Budapestbakelse

Budapest sebenarnya aslinya dari Hungaria, namun desserrt ini pun ternyata populer di Swedia. Di negara ini budapest dibuat jadi roll cake. Budapest khas Swedia juga menggunakan tambahan bahan labu kuning dan hazelnut.

30. Blabarssoppa

Blabarssoppa
Blabarssoppa

Dessert yang berupa sup buah bluberry yang disajikan dengan krim. Makanan ini kerap dikonsumsi para pelari maraton ski di Swedia. Seperti diketahui setiap bulan Maret, negara ini memang selalu menyelenggarakan perlombaan lari marathon.

Kuliner khas Swedia sebagian besar memang masih asing untuk lidah orang Indonesia. Jika sempat menyambangi negeri asal Volvo ini, daftar menu di atas bisa jadi referensi terbaik untuk Anda.

Baca Juga