37 Kuliner Khas Spanyol Yang Enak Selain Churros
Siapa bilang Spanyol hanya terkenal dengan sepakbolanya. Negeri matador ini juga memiliki kuliner khas yang enak- enak lho. Beberapa makanan Spanyol memang memiliki kemiripan dengan kuliner Amerika Latin. Tapi soal rasa, Spanish food punya keunikan tersendiri.

Di Spanyol terdapat budaya menghidangkan makanan yang disebut tapas. Tapas adalah cara menikmati makanan ringan dengan berbagai ragam pilihan. Tak hanya kue yang disajikan, dalam budaya tapas makanannya bisa berupa olahan ikan ataupun sayuran. Agar tak bingung membedakan kuliner khas Spanyol, daftar menu berikut bisa jadi referensi buat Anda.

1. Churros

Churros
Churros

Churros terbuat dari adonan tepung beras yang dibentuk memanjang kemudian digoreng. Setelah itu dibalur gula halus dan bubuk kayu manis. Biasanya churros disajikan dengan cocolan lelehan coklat.

Baca juga: 30 Kuliner Khas Prancis Yang Populer Dan Mengunggah Selera

2. Paella

Paella
Paella

Sekilas makanan ini menyerupai nasi kuning. Yang berbeda adalah penggunaan rempah dan isiannya. Di Eropa, Paella disajikan dengan beberapa jenis isian. Selain paella seafood, ada pula paella sayuran, dan paella daging. Mengolah paella tidaklah sulit, nasi dimasak dengan kuah kaldu dan bumbu. Bumbu yang digunakan antara lain bawang bombay, daun bay, merica, paprika. Pewarna kuningnya menggunakan putik bunga safran.

3. Berenjena con Vinagreta

Berenjena con Vinagreta
Berenjena con Vinagreta

Berenjena adalah sajian roti yang dihidangkan dengan tumis sayuran dan bawang. 

4. Pollo a la Riojana

Pollo a la Riojana
Pollo a la Riojana

Olahan daging ayam yang dimasak dengan saus dan kismis.

5. Patatas Bravas

Patatas Bravas
Patatas Bravas

Kentang goreng di Spanyol bentuknya beda karena dipotong dadu. Patatas bravas ini juga disajikan dengan saus cabe dan mayonaise.

6. Gazpacho

 Gazpacho
Gazpacho

Gazpacho adalah sajian sambel tomat khas Spanyol. Uniknya sambel ini, dihidangkan dingin dan biasanya disantap untuk makan siang. Dihidangkan dingin saat cuaca panas.

7. Empenadas

Empenadas
Empenadas

Cemilan satu ini lebih mirip pastel. Bedanya, isiannya menggunakan daging cincang dan potongan kentang yang sudah ditumis dengan bumbu. Pastel yang sudah diisi kemudian digoreng hingga kecoklatan.

8. Ensalada Tropical

Ensalada Tropical
Ensalada Tropical

Salad ala Spanyol yang menggunakan campuran buah dan sayuran dengan dressing mayonaise.

9. Calamares a la Romana

Calamares a la Romana
Calamares a la Romana

Olahan cumi- cumi ala Spanyol yang digoreng dengan baluran tepung. Yang menjadi ciri khas dari calamares adalah penggunaan perasan lemon saat penyajian.

10. Cream Cattalina

Cream Cattalina
Cream Cattalina

Dessert cream brule ala negeri matador. Selain jadi makanan penutup, cream cattalina ini juga kerap jadi cemilan.

11. Tortilla Espanola

Tortilla Espanola
Tortilla Espanola

Sekilas seperti omelet tebal, namun makanan ini tidak menggunakan bahan telur. Tortilla espanola dibuat dari kentang tumbuk yang dicampur daging cincang, sayuran, dan sosis. Semua bahan kemudian dicampur lalu dimasak dalam wajan datar dengan sedikit olive oil.

12. Albondigas

Albondigas
Albondigas

Meatballs khas Spanyol yang disajikan dengan kuah kental dan daun bawang.

13. Pulpo a la Gallega

Pulpo a la Gallega
Pulpo a la Gallega

Olahan gurita yang ditumis hanya dibumbui dengan garam kemudian dipanggang dengan olive oil. Gurita yang sudah matang kemudian disajikan di atas potongan kentang dan ditambahkan saus mayonaise.

14. Pan Con Tomate

Pan Con Tomate
Pan Con Tomate

Pan con ini hanya berupa roti yang dioles saus tomat kemudian dipanggang sampai kering.

15. Fabada Asturiana

Fabada Asturiana
Fabada Asturiana

Fabada Asturiana merupakan makanan favorit bagi para vegetarian karena hanya menggunakan bahan kacang, chorizo, paprika dan sedikit sosis. Semua bahan dimasak dalam kuah yang sudah dibumbui.

16. Mallorcan Tumbet

Mallorcan Tumbet
Mallorcan Tumbet

Sayur tumis yang ditumis dengan minyak zaitun dan ditambahkan saus tomat. Sayur yang digunakan antara lain terung, bawang, cabe, dan pimiento.

17. Pimientos de Padron

Pimientos de Padron
Pimientos de Padron

Pimiento merupakan jenis cabai berwarna hijau yang bentuknya lebih besar. Tanaman ini banyak ditemukan di Eropa. Di Spanyol, pimientos diolah sederhana dengan hanya ditumis kering dengan garam dan dicampur daging cincang.

18. Migas

Migas
Migas

Migas adalah sajian sarapan khas Spanyol yang terbuat dari tortilla jagung yang ditumis dengan sayuran dan telur kocok. Makanan ini juga populer di Meksiko dan Portugal.

19. Bacalao

 Bacalao
Bacalao

Olahan ikan ini juga menjadi makanan favorit orang Amerika Selatan.Ikan yang sudah dibersihkan dan dipotong dimasak sebentar dengan olive oil kemudian ditambahkan kentang rebus dan bumbu. 

20. Tigres

Tigres
Tigres

Olahan seafood yang dipanggang dengan bumbu dan keju parmesan.

21. Rabo de Toro

Rabo de Toro
Rabo de Toro

Rabo de Toro adalah sup buntut ala Spanyol yang dimasak dengan potongan kentang dan wortel.

22. Gambas Al Ajillo

Gambas Al Ajillo
Gambas Al Ajillo

Al Ajilo ini berupa udang kupas yang ditumis dengan bumbu dan bawang putih. 

23. Sangria

 Sangria
Sangria

Hidangan anggur merah yang disajikan dengan potongan buah strawberry, jeruk, lemon dan sedikit soda. Minuman ini kerap disajikan dalam berbagai jamuan maupun pesta di Spanyol.

24. Fideua

Fideua
Fideua

Sajian mie yang dimasak dengan seafood melimpah. Makanan asli Valencia ini menggunakan mie yang menyerupai pasta.

25. Croquettes

Croquettes
Croquettes

Kroket ala Spanyol yang kulitnya dibuat dari kentang kemudian diisi seafood atau daging cincang tumis. Spanish croquettes juga ditambahkan keju.

26. Pisto Manchego

Pisto Manchego
Pisto Manchego

Tumis sayuran yang dihidangkan dengan tambahan telur ceplok. Bahan yang digunakan antara lain terong, bawang, tomat, zucchini, dan paprika.

27. Leche Frita

Leche Frita
Leche Frita

Leche frita berupa susu yang dipadatkan kemudian digoreng. Dessert ini biasanya disajikan dengan es krim atau gula bubuk.

28. Turron

Turron
Turron

Perman kacang almond khas Spanyol. Turron juga kerap dijadikan oleh- oleh.

29. Mantecados

Mantecados
Mantecados

Roti khas Spanyol yang wajib hadir saat perayaan natal. Penganan ini pada dasarnya terbuat dari lemak babi. Bagi yang muslim tak perlu khawatir karena mantecados halal pun kini sudah banyak dijajakan di Spanyol. Bahan yang digunakan adalah tepung sangrai, kayu manis, almond panggang, dan gula. Bisa juga ditambahkan kelapa, wijen, dan kulit jeruk.

30. Polvorones

Polvorones
Polvorones

Kukis khas Spanyol ini juga menjadi penganan wajib saat Natal. Tak jauh beda dengan bahan mantecados, polvorones hanya menggunakan tambahan susu.

31. Flan

Flan
Flan

Puding ala Spanyol yang terbuat dari telur dan vanilla serta disajikan dengan saus karamel. 

32. Bunuelos

Bunuelos
Bunuelos

Roti goreng khas Spanyol yang juga selalu disajikan saat Natal.

33. Natillas

Natillas
Natillas

Puding coklat dengan bahan telur ayam, susu, tepung maizena, dan coklat batang.

34. Mallorcan Almond Cake / Gato Ametlla

Gato Ametlla
Gato Ametlla

Pencuci mulut dengan teksturnya lembut, legit, dan sedikit kenyal. Kue ini dibuat dari bahan kacang almond, telur, perasan lemon dan taburan gula bubuk.

35. Pantxineta

Pantxineta
Pantxineta

Pie ala Spanyol dengan krim dan taburan kacang almond.

36. Volovanes

Volovanes
Volovanes

Hidangan puff pastry dengan toping krim.

37. Spanish Fardelejos

Pastry yang dibuat dari kacang almond, lemon, telur dan gula.

Ternyata banyak sekali makanan Spanyol yang bisa Anda dinikmati saat berkunjung ke negara ini. Bahan yang digunakan juga beragam, dari olahan daging, seafood hingga dessert. Kuliner Spanyol menggunakan banyak rempah sama seperti masakan Indonesia. Citarasanya pun tak jauh beda dengan makanan nusantara. 

Baca Juga