30 Kuliner Khas Prancis Yang Populer Dan Mengunggah Selera
Berjalan sambil memegang roti baguette sudah menjadi tren di Prancis. Roti dengan ciri berukuran besar ini sudah menjadi menu wajib di setiap kesempatan bagi penduduk setempat. Tak hanya baguette, ternyata masih banyak masakan khas lain di Prancis yang tak kalah enaknya.

Siapa yang tak kenal Prancis. Negara dengan Menara Eifelnya yang sudah tersohor di seluruh dunia. Prancis juga terkenal sebagai kiblat mode dan sering dijadikan tujuan wisata untuk berbulan madu. Tak hanya keindahan arsitektur bangunannya yang memukau, kuliner khas Prancis juga sudah terkenal kelezatannya. Roti croissant misalnya, hampir di setiap toko roti menu ini mudah dijumpai. Selain croissant, masih banyak juga lho kuliner khas Prancis yang tak kalah lezatnya.

1. Nicoise Salad

 Nicoise Salad
Nicoise Salad

Di Eropa, salad kerapkali dijadikan sebagai menu sarapan. Di Prancis, salad yang menjadi favorit warga adalah nicoise salad. Salad yang diolah dari sayuran mentah, potongan ikan tuna yang sudah digoreng, potongan tomat, kacang hijau, dan telur rebus. Sebagai dressing, hanya ditambahkan taburan garam dan mayonaise.

2. Croissant

Croissant
Croissant

Tak hanya populer di Prancis, roti berbentuk unik ini juga sudah populer di seluruh dunia. Hampir di setiap toko roti mudah ditemukan roti ini. Ada yang dibuat tanpa tambahan apapun ada pula yang dibuat dengan lelehan butter. Di Prancis, roti ini jadi favorit menu sarapan.

3. Tarte Tartin

 Tarte Tartin
Tarte Tartin

Tart buah khas Prancis dengan citarasa manis ini memiliki cerita unik. Konon, kudapan ini awalnya tak sengaja dibuat gosong. Namun karena sang penemunya tak tega membuang kue yang terlanjur gosong akhirnya dibaliklah agar gosongnya tak terlihat. Ternyata saat dihidangkan banyak yang menyukainya. Itulah mengapa, tarte tartin ini warnanya kecoklatan seperti kue gosong.

4. Beef Bourguignon

Beef Bourguignon
Beef Bourguignon

Dilihat dari tampilannya, menu ini mirip seperti rendang ala Indonesia. Sedikit yang membedakan karena makanan Prancis ini menggunakan saus dari anggur merah dan potongan bawang bombay. Bourguignon juga disajikan dengan roti.

5. Foie Gras

Foie Gras
Foie Gras

Bahan dasarnya tergolong unik karena menggunakan hati angsa. Hati angsa yang sudah dimasak atau dipanggang selanjutnya disajikan dengan tambahan saus khas Prancis.

6. Cassoulet

Cassoulet
Cassoulet

Sup kacang putih campur sosis. Rasanya agak kuat dengan kuah yang kental. Karena mengandung lemak yang cukup tinggi, makanan ini jadi menu favorit di musim dingin.

Baca juga: 40 Kuliner Khas Italia Yang Enak Selain Pizza dan Spaghetti

7. Gratin Dauphinois 

Gratin Dauphinois
Gratin Dauphinois

Makanan yang berbahan kentang dan sama sekali tidak menggunakan daging. Untuk menambah citarasa kentangnya, hanya ditambahkan krim yang terbuat dari mentega, susu, dan bawang putih.

8. Creme Brulee

Creme Brulee
Creme Brulee

Dessert khas Prancis yang terbuat dari vanila, buah- buahan, dan susu. 

9. Coq au Vin

Coq au Vin
Coq au Vin

Menu yang dibuat dari kaki ayam yang dimasak dengan anggur hingga empuk dan kerap disantap bersama kentang rebus.

10. Soupe a l'oignon

Soupe a l'oignon
Soupe a l'oignon

Sup bawang khas Prancis yang mulai dikenal di mancanegara sejak tahun 1960-an. Menu ini bahkan laku keras saat pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. Sup yang terbuat dari kaldu ini direbus bersama suiran daging ayam dan bawang putih. Saat dihidangkan, sup ditambahkan keju parut.

11. Crepes

Crepes
Crepes

Crepes adalah sejenis penekuk yang lebih tipis dan garing. Biasanya disajikan dengan potongan buah dan es krim. Menu ini biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut.

12. Baguette

Baguette
Baguette

Roti khas Prancis yang sudah menjadi ikon ini sudah terkenal di hampir seluruh dunia. Selain karena bentuknya yang unik, roti ini memang jadi menu wajib bagi masyarakat setempat.

13. Café au lait

Café au lait
Café au lait

Kopi khas Prancis yang mirip seperti Latte. Bedanya, kopi ini tidak ditambahkan lagi espresso. Yang menjadi ciri khas dari kopi ini karena kopi digiling bersama akar tanaman yang bernama chicory.

14. Escargot

Escargot
Escargot

Escargot umumnya dikenal sebagai makanan mahal lantaran hanya bisa ditemukan di sejumlah restoran. Menu yang bahannya dari bekicot ini memang sudah terkenal kelezatannya dan memiliki nilai gizi tinggi. 

15. Fromage

 Fromage
Fromage

Keju khas Prancis yang kerap dihidangkan sebagai penambah citarasa pada setiap masakan yang dihidangkan.

16. Bouillabaisse

Bouillabaisse
Bouillabaisse

Sup dengan bahan utama ikan. Kadang pula ditambahkan kerang. Sup bouillabaisse dihidangkan bersama potongan roti baguette dan saus rouille.

17. Gaufres

Gaufres
Gaufres

Menu ini juga begitu populer di Prancis dan seringkali dihidangkan sebagai menu sarapan. Jika Anda suka dengan waffle, maka pasti tahu dengan kelezatan makanan ini. Bedanya waffle yang digunakan lebih tipis dan garing.

18. Madeleine

Madeleine
Madeleine

Kue khas Prancis berbentuk kecil lonjong dengan citarasa manis. Biasa juga ditambahkan lelehan coklat sebagai topingnya.

19. Pain au chocolat

Pain au chocolat
Pain au chocolat

Roti gulung yang teksturnya seperti croissant. Diolesi dengan mentega dan diisi lelehan coklat. Makanan ini juga menjadi cemilan favorit warga Prancis maupun wisatawan yang datang.

20. Boeuf Bourguignon 

Boeuf Bourguignon
Boeuf Bourguignon

Menu utama orang Prancis yang terbuat dari daging sapi, jamur, bawang, dan rempah- rempah lalu dimasak dengan anggur merah.

21. Flamiche

Flamiche
Flamiche

Flamiche adalah pie khas Prancis yang terbuat dari sayuran dan keju. Menu ini begitu populer di Prancis Utara.

22. France Wine

 France Wine
France Wine

Sebagai salah satu negara penghasil anggur terbaik di dunia, Prancis memiliki kebiasaan minum wine di setiap kegiatan bersantap. Olahan anggur yang terkenal di negara ini antara lain anggur putih, anggur merah, dan champagne.

23. Confit de canard

 Confit de canard
Confit de canard

Menu ini bahan dasarnya berupa daging kaki bebek. Pengolahannya cukup memakan waktu yang lama karena daging bebek harus dimasak lama agar empuk. Daging hanya dimasak dengan garam, thyme, dan bawang putih. Selanjutnya menu ini akan dihidangkan dengan potongan kentang panggang dan taburan daun parseli.

24. Brioche

Brioche
Brioche

Roti tawar khas Prancis yang memiliki gizi cukup tinggi karena telur dan mentega yang digunakan lebih banyak dari roti tawar pada umumnya.

25. Crème Caramel

Crème Caramel
Crème Caramel

Puding karamel khas Prancis. Untuk membuat dessert ini bahannya sangatlah mudah, hanya terdiri dari gula yang dilelehkan jadi karamel. Lapisan custard yang terbuat dari susu, gula, dan telur.

26. Souffle Cake

Souffle Cake
Souffle Cake

Kue jeruk khas Prancis yang hanya menggunakan telur dan sari jeruk yang dikocok lalu dipanggang.

27. Macaron

Macaron
Macaron

Kue kering yang terkenal warna- warni. Kue dilapisi krim pada bagian tengah kue dan ditambahkan almond bubuk.

28. Mocha Pot de Crème

 Mocha Pot de Crème
Mocha Pot de Crème

Dessert khas Prancis yang dibuat dengan krim berlapis dengan rasa coklat yang kental.

29. Pastis

Pastis
Pastis

Minuman beralkohol khas Prancis yang dibuat dari air anggur yang dicampur dengan buah- buahan.

30. Strawberry Savarin

Strawberry Savarin
Strawberry Savarin

Dari penampakannya kue ini mirip seperti bolu biasa yang hanya ditambahkan potongan buah strawberry. Tapi selama proses, kue ini direndam dengan kuah coklat hingga meresap sempurna dalam kue. 

Karena sebagian besar kuliner khas Prancis sudah populer di dunia, jadi makin mudah menemukan daftar menu di atas di Indonesia. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah, karena bahannya tidaklah sulit didapatkan. Sebagian masakan mungkin menggunakan anggur, tapi Anda bisa menggantinya dengan bahan lain.

Baca Juga