20 Kuliner Khas Papua Yang Kelezatannya Bikin Penasaran
Jangan hanya mengincar keindahan Raja Ampat atau eksotisme Gunung Puncak Jayawijaya saat menyambangi Papua. Cobalah kuliner khasnya yang tak kalah lezatnya dengan daerah lain. Kuliner Papua juga memiliki citarasa yang unik dan tak biasa.

Meski menjadi daerah paling timur dan jauh dari ibukota negara, nyatanya Papua memiliki potensi yang sangat besar di sebagain besar wilayahnya. Dari potensi wisata alam, wisata bawah laut, kekayaan alam, seperti bahan tambang, hingga kulinernya yang unik. Makanan pokok masyarakat Papua bukanlah nasi, tapi sagu dan singkong. Tak heran, jika kuliner khas di daerah ini banyak yang menggunakan bahan tepung sagu dan singkong.

1. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus
Ikan Bungkus

Cara pembuatannya terbilang unik karena ikan mentah yang sudah dibersihkan dan dilumuri bumbu akan dibungkus dengan daun singkong, daun pisang, atau daun coklat. Sebelum dimasak, biasanya kuahnya ditambahkan asam dan kunyit. Setelah bahan semua tercampur barulah ikan dimasak. 

Citarasa makanan ini sedikit asam tapi tetap enak dan segar karena terbuat dari ikan laut. Jika bungkus ikan yang digunakan adalah daun singkong, maka daunnya bisa dimakan bersama ikannya. Lain halnya jika menggunakan bungkus daun pisang atau daun coklat.

Baca juga: 38 Kuliner Malang Yang Kelezatannya Bikin Gagal Move On

2. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu
Sate Ulat Sagu

Yang tidak terbiasa mungkin akan merasa geli dengan kuliner khas Papua yang satu ini karena bahannya terbuat dari ulat. Meskipun demikian, masyarakat di Papua justru menganggap sajian ulat sagu ini sebagai makanan terlezat. Rasanya memang enak, apalagi jika ulatnya dibakar atau digoreng dengan bumbu. Belum lagi, ulat sagu dikenal memiliki sejumlah protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Papeda

Papeda
Papeda

Tak hanya di Maluku, Papeda juga kerap dijumpai di Papua. Olahan sagu yang disantap dengan kuah ikan ini memang menjadi primadona masyarakat Indonesia Timur. Meski sagu rasanya tawar, tapi dengan tambahan kuah dan ikan tongkol yang segar membuat papeda tetap jadi makanan yang selalu dicari wisatawan.

4. Aunu Senebre

Aunu Senebre
Aunu Senebre

Makanan sederhana khas Papua yang terbuat dari teri kecil (lebih mirip teri medan tapi berwarna putih), kemudian dicampur daun talas yang sudah diiris- iris kecil, dan kelapa parut. Tambahkan garam secukupnya lalu kukus. Setelah matang sudah bisa dinikmati bersama sagu.

5. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari

Tak hanya hasil kebun, Papua juga kaya akan hasil laut. Banyak jenis ikan yang antimainstream bisa ditemukan di daerah ini. Masyarakatnya kerap mengolahnya dengan cara sederhana, misalnya dengan cukup dibakar saja dan disantap bersama sambel.

6. Ikan Bakar Colo Colo

Ikan Bakar Colo Colo
Ikan Bakar Colo Colo

Jika ikan bakar Manokwari biasanya diolah dari ikan yang berukuran besar, lain halnya dengan ikan bakar colo- colo ini. Ikan yang digunakan cenderung lebih kecil. Setelah dibakar, ikan akan disiram dengan sambel colo- colo. Sambel khas Papua yang mirip sambel dabu dabu khas Manado.

7. Kue Lontar

Kue Lontar
Kue Lontar

Sebenarnya kue lontar adalah peninggalan kuliner dari jaman penjajahan Belanda. Namun, seiring berjalannya waktu, kue lontar pun menjadi makanan favorit warga dan menjadi makanan khas di Papua. Kue lontar ini mirip dengan pie susu.

8. Martabak Sagu

Martabak Sagu
Martabak Sagu

Jika martabak biasanya menggunakan terigu, di Papua martabak justru menggunakan bahan berupa tepung sagu. Dari tampilannya tidak ada perbedaan dengan martabak biasa, tapi tekstur dan rasanya betul- betul beda. Adonannya lebih kenyal dan lembut.

9. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng
Sagu Lempeng

Sagu yang dibakar dalam cetakan dan jadi cemilan favorit warga Papua. 

10. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh
Udang Selingkuh

Mungkin karena pernah berselingkuh dengan kepiting yang menyebabkan jenis udang yang satu ini memiliki capit. Di Papua sendiri, udang selingkuh kerap dihidangkan jadi menu utama masyarakat di sana.

11. Sambel Colo Colo

Sambel Colo Colo
Sambel Colo Colo

Sekilas seperti sambel dabu dabu khas Manado, hanya saja colo colo menggunakan tambahan cairan. Olahan sambel kerap dijadikan teman bersantap ikan bakar dan nasi.

12. Kue Bagea

Kue Bagea
Kue Bagea

Kue bagea hampir ada di seluruh daerah kawasan timur Indonesia, salah satunya di Papua. Olahan tepung sagu yang sudah diayak yang dipanggang dengan campuran tepung terigu, gula halus, margarine, gula halus, dan kelapa sangrai.

13. Aunuve Habre

Aunuve Habre
Aunuve Habre

Daging yang sudah dicincang ditambahkan bambu lalu dibungkus daun talas dan dikukus hingga matang.

14. Petatas

Petatas
Petatas

Petatas dalam bahasa Papua artinya ubi. Masyarakat Papua biasanya suka menghidangkan ubi jalar rebus sebagai kudapan teman bersantai.

15. Abon Gulung

Abon Gulung
Abon Gulung

Dengan hasil laut yang melimpah, Papua memiliki banyak kuliner yang terbuat dari bahan ikan laut ataupun seafood. Salah satunya yang kerap diburu wisatawan dan dijadikan oleh- oleh adalah abon gulung. Abon ikan dengan banyak varian rasa dibungkus adonan roti lembut. Tak cuma lezat, penganan ini juga mengenyangkan karena satu potongannya besar dan isiannya melimpah.

16. Keripik Keladi

Keripik Keladi
Keripik Keladi

Pusat pengolahan keladi lokasinya di Biak. Walaupun keladi dikenal bergetah dan gatal, nyatanya orang Papua bisa mengolahnya menjadi keripik enak dan renyah. Wajib dicoba saat Anda menyambangi Kota Biak.

17. Cacing Laut

Cacing Laut
Cacing Laut

Sama seperti ulat sagu, makanan ini juga cukup menggelikan. Sebab, cacing laut yang biasanya banyak dihindari orang justru bisa dijadikan hidangan lezat di Papua. Bagi yang mau uji nyali, bisa mencoba menu ini saat mengunjungi tanah Papua.

18. Sarang Semut

Sarang Semut
Sarang Semut

Disebut sarang semut karena bentuknya menyerupai sarang semut dengan banyak lubang tak beraturan. Meskipun demikian, kue ini sama sekali tidak menggunakan bahan dari sarang serangga. Bahan- bahan yang digunakan untuk membuat sarang semut antara lain tepung kanji, tepung terigu, margarine dan gula pasir. 

19. Sagu Keju

Sagu Keju
Sagu Keju

Masih dari bahan tepung sagu, kue ini juga kerap dijumpai di kota- kota lain. Tepung sagu yang sudah dicampurkan dengan keju dibuat jadi adonan kue lalu dipanggang.

20. Buah Matoa

Buah Matoa
Buah Matoa

Tak mudah menemukan buah matoa di tempat lain. Buah khas Papua yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak manfaat. Di Papua sendiri ada dua jenis buah matoa yakni matoa kelapa dan matoa papeda. Matoa kelapa memiliki tekstur seperti rambutan sedangkan matoa papeda isisnya lebih lembek dan lengket.

Baca Juga