30 Kuliner Nikmat dari Kota Palembang
Yang enak di Palembang bukan cuma pempek, banyak juga lho makanan tradisional lainnya yang tak kalah lezatnya. Dari olahan ikan, daging, sampai kue tradisional semuanya ada di Kota Palembang.

Menikmati keindahan Sungai Musi tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner Palembang. Dari kuliner buat sarapan sampai makan tengah malam semua enak- enak di sini. Yang tak boleh terlewatkan tentunya pempek yang kelezatannya sudah hits di mana- mana. Tapi tahukah Anda, kalau banyak juga makanan enak selain pempek di Palembang.

1. Pempek

Pempek
Pempek

Belum ke Palembang namanya kalau belum menikmati kuliner khas yang satu ini. Olahan ikan tenggiri yang disantap dengan kuah gurih. Ada begitu banyak varian pempek, dari pempek ikan, udang, kulit, kapal selam, hingga pempek telur. Kuahnya sendiri terbuat dari campuran gula merah, ebi, dan bawang putih. Pempek kerap ditambahkan acar ketimun sebagai pelengkap.

Baca juga: 53 Kuliner Khas Betawi Yang Masih Hits Hingga Kini

2. Kemplang

Kemplang
Kemplang

Kemplang ada dua jenis yakni kemplang sagu dan kemplang ikan. Tekstur kemplang ini seperti kerupuk tapi tidak digoreng melainkan dibakar.

3. Tekwan

Tekwan
Tekwan

Adonannya sama seperti pempek, hanya saja ditambahkan daging kepiting, jamur, bawang putih pada kuahnya saat disajikan.

4. Kerupuk Pecah Seribu

Kerupuk Pecah Seribu
Kerupuk Pecah Seribu

Kerupuk ikan yang berbentuk mangkok dengan tekstur garing dan permukaannya pecah. Kerap jadi teman bersantap soto dan nasi.

5. Pindang Tulang

Pindang Tulang
Pindang Tulang

Sajian tulang iga sapi dengan kuah kental bercitarasa pedas dan manis. Biasanya ditambahkan potongan buah nenas untuk menambah aroma segar pada kuah.

6. Pindang Patin

Pindang Patin
Pindang Patin

Olahan ikan patin dengan kuah segar dan berbumbu pedas. Selain dari bahan ikan patin, orang Palembang juga kerap menggunakan udang, ikan salueng, ikan salai, dan bawung.

7. Mie Celor

Mie Celor
Mie Celor

Mie dengan kuah kental yang berisi telur rebus, udang, potongan daging, kecambah, daun bawang, dan bawang goreng. Saking populernya kuliner khas ini sampai dibuatkan Indomie versi mie celor. Hanya saja mie instant tersebut hanya bisa ditemukan di daerah Palembang.

8. Model

Model
Model

Adonannya terbuat dari ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan tahu cina. Dan kuahnya berupa kaldu udang yang ditambahkan potongan timun.

9. Martabak HAR

Martabak HAR
Martabak HAR

Sebutan HAR sebenarnya berasal dari nama pendiri rumah makan yakni Haji Abdul Rozak. Saudagar berdarah India yang lama tinggal di Palembang dan akhirnya mendirikan restauran HAR. Itulah kenapa martabak HAR penyajiannya mirip seperti roti canai. Martabak yang hanya berisi telur dan disantap dengan kuah kare kental. 

10. Kue Lapis Kojo

Kue Lapis Kojo
Kue Lapis Kojo

Kue lapis dengan citarasa manis aroma pandan ini terbuat dari telur bebek dan telur ayam. Warna hijaunya sendiri berasal dari ekstrak daun pandan dan daun suji.

11. Kue Lapis Maksuba

Kue Lapis Maksuba
Kue Lapis Maksuba

Jika kue lapis kojo warnanya hijau maka kue lapis maksuba ini warnanya kuning coklat. Tektur dan bahannya pun sama dengan kue lapis kojo, bedanya kue maksuba ditambahkan susu kental manis.

12. Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam
Kue Delapan Jam

Dinamakan kue delapan jam karena prosesnya memakan waktu selama itu. Bahan dan tekstur kuenya hampir sama dengan kue lapis maksuba hanya saja prosesnya dengan cara dikukus selama 8 jam, bukan dipanggang seperti kue lapis biasa.

13. Kue Bolu Suri

Kue Bolu Suri
Kue Bolu Suri

Tekturnya mirip bika ambon, rasanya pun manis dan legit. Kue yang kerap jadi sajian hari raya ini bahan dan cara pembuatannya relatif lebih mudah dari pada bika ambon.

14. Kue Lumpang

Kue Lumpang
Kue Lumpang

Kue manis legit yang terbuat dari tepung ketan yang diberi pewarna daun pandan. Disajikan dengan tambahan kelapa parut.

15. Kue Gandus

Kue Gandus
Kue Gandus

Dibuat dari campuran tepung beras dan tepung kanji. Ditambahkan toping ebi, bawang goreng, dan potongan cabe.

16. Kue Serikaya

Kue Serikaya
Kue Serikaya

Meski warnanya sama- sama hijau, tapi kue serikaya ini teksturnya lebih ringan dan tidak lengket. Kerap dijumpai di toko oleh- oleh sebagai cemilan untuk menunggu pesanan pempek.

17. Dadar Iji atau Dadar Jiwo

Dadar Jiwo
Dadar Jiwo

Kue dadar kuning yang isinya berupa pepaya yang ditumis dengan santan dan rempah- rempah pilihan. Kulitnya sendiri terbuat dari adonan telur dan tepung terigu. Dadar jiwo biasanya dihidangkan dengan tambahan toping berupa bawang goreng dan irisan cabe merah.

18. Engkak Ketan

Engkak Ketan
Engkak Ketan

Sekilas mirip seperti kue lapis, rasanya manis dan legit. Terbuat dari campuran tepung ketan dan santan. Kue engkak ketan menjadi hidangan wajib orang Palembang di hari raya.

19. Burgo

Nikmatnya olahan tepung beras yang diberi kuah santan pedas.

20. Pangsit Ikan

Pangsit Ikan
Pangsit Ikan

Olahan daging ikan yang dibungkus kulit pangsit dan diberi kuah dan tambahan bihun. Sebagai pelengkapnya ditambahkan bawang goreng, daun bawang, dan cabe ijo.

21. Lakso

Lakso
Lakso

Terlihat seperti mie yang menumpuk lalu ditambahkan kuah santan kuning. Lakso terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie.

22. Sambelingkung

Sambelingkung
Sambelingkung

Mau menikmati sambel tapi takut kepedasan? Sambel lingkung ini bisa jadi solusinya. Sebab sambel khas Palembang yang terbuat dari abon ikan ini sama sekali tidak pedas.

23. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah
Es Kacang Merah

Tak cuma di Manado, di Palembang pun es kacang merah jadi kuliner khas. Yang membedakannya, es kacang merah di Palembang kacangnya melimpah dan biasanya tidak ditambahkan lagi potongan buah lain selain es serut dan susu kental manis.

24. Ikan Belido

Ikan Belido
Ikan Belido
Ikan belido
Ikan Belido

Ikan belido termasuk ikan khas Palembang. Masyarakat di sana kerap mengolahnya menjadi gulai, pepes, dan kerupuk.

25. Telok Ukan

Telok Ukan
Telok Ukan

Untuk membuat telok ukan ini butuh kejelian khusus karena isi telur mentah harus dikeluarkan tanpa merusak cangkang telur. Isi telur kemudian dicampur santan dan bumbu lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkang telur. Setelah itu, telur akan dikukus.

26. Godo- Godo

Godo- Godo
Godo- Godo
Godo- Godo
Godo- Godo

Sekilas mirip bakwan, tapi bukan. Godo- godo sendiri sebenarnya diolah seperti pempek, hanya saja digoreng tapi penyajiannya tetep menggunakan kuah cuko.

27. Gulo Puan

Gulo Puan
Gulo Puan

Makanan yang terbuat dari gula dan susu ini konon hanya bisa dinikmati kaum bangsawan di jaman kerajaan tempo dulue. 

28. Getas

Getas
Getas

Kerupuk ikan tenggiri yang biasanya dijadikan oleh- oleh.

29. Nasi Minyak

Nasi Minyak
Nasi Minyak

Olahan nasi yang digoreng dengan minyak samin. Citarasa gurih dan nikmatnya kian terasa karena ditambahkan santan dan rempah- rempah. Nasi minyak kerap disajikan bersama gulai kambing, punai goreng, dan acar mentimun segar.

30. Kue Jongkong

Kue Jongkong
Kue Jongkong

Terbuat dari tepung beras, santan, daun pandan, dan kelapa muda. Dibagian dasar kue jongkong adalah bagian paling nikmat karena berisi cairan gula merah.

Baca Juga