38 Kuliner Malang Yang Kelezatannya Bikin Gagal Move On
Jalan- jalan ke Gunung Bromo, pulang mendaki menyantap bakso. Santap siang dengan sate komoh, pulang- pulang bawa bakpao. Menghabiskan malam di burger buto, bersama teman asyiknya numero uno.

Mengguritanya kedai bakso Malang di banyak kota tak terlepas dari racikan bahan dan bumbunya yang memang terkenal lezat. Tak cuma bakso, banyak kuliner khas Malang lain yang tak kalah enak dan bisa dijadikan oleh- oleh. Menyambangi kota ini belum lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner lain selain bakso.

1. Bakso Malang

Bakso Malang
Bakso Malang

Bakso Malang sudah terkenal kelezatannya di mana- mana, sampai penjualnya pun menggurita di hampir semua kota di Indonesia. Salah satu kedai bakso yang sudah melegenda di Kota Malang adalah Bakso President. Konon bakso ini awalnya hanya dijajakan dengan gerobak keliling, tapi seiring berjalannya waktu dibukalah kedai sederhana yang tetap mempertahankan citarasa khas bakso dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi yang penasaran langsung saja datang ke Jl. Batanghari No.5. 

Kedai bakso di Malang yang tak kalah enaknya juga ada di Jl. Diponegoro (Bakso Pak Man), Jl. Pahlawan (Bakso Pahlawan Trip), Jl. Soekarno Hatta (Bakso Damas), dan di Jl. Anosapati (Bakso Cak Kar). Kelezatan bakso Malang dijamin bikin gagal move on.

2. Bakso Bakar

Bakso Bakar
Bakso Bakar

Pengolahannya mirip seperti sate. Bakso yang dibakar akan dilumuri bumbu, kadang juga disantap dengan sambel kacang. 

3. Bakso Bakwan 

Bakso Bakwan
Bakso Bakwan

Olahan bakso kuah yang disajikan dengan isian berupa bakso goreng, bakso kasar, bakso halus, pangsit, tahu, dan bakwan rebus. Pembeli bisa menikmatinya dengan tambahan mie kuning atau bihun. Kuahnya pun terkenal sangat gurih karena terbuat dari kaldu sapi alami.

4. Es Krim Toko Oen

Es Krim Toko Oen
Es Krim Toko Oen

Toko es krim jadul Malang yang berdiri sejak jaman Belanda. Di Toko Oen, selain es krim, Anda juga bisa menikmati menu lain seperti nasi goreng, steak, dan aneka kue kering. Toko ini lokasinya di sekitar alun- alun Malang tepatnya di Jl. Basuki Rachmad. 

5. Bakpao Boldy

Bakpao Boldy
Bakpao Boldy

Menu ini juga termasuk jajanan jadul khas Malang. Berdiri sejak tahun 1950, bakpao boldy masih eksis sampai sekarang. Rotinya lembut dengan isian yang beragam. Pilihan isiannya antara lain bakpao kacang tanah, isi ayam kecap, babi kecap, dan kacang hijau.

6. Ketan Legenda

Ketan Legenda
Ketan Legenda

Kuliner berbahan dasar ketan ini juga jadi kuliner legendaris di Malang sejak tahun 1967. Ketan disajikan dengan berbagai macam tambahan seperti coklat bubuk, keju, susu, durian, pisang, dan ayam. Kedai ini hanya buka dari pukul 3 sore hingga pukul 3 dini hari.

7. Orem Orem

Orem Orem
Orem Orem

Olahan daging ayam dan potongan tempe goreng yang disiram dengan kuah santan.

8. Mie Gajah Mada

Mie Gajah Mada
Mie Gajah Mada

Olahan mie ayam ini juga sudah melegenda di Kota Malang. Kedainya tak pernah sepi pembeli. Salah satu menu andalannya adalah mie ayam pangsit jamur. Mie kuning disajikan dengan suiran daging ayam, selada, jamur, bakso, dan sayur kol. 

9. Cwie Mie

Cwie Mie
Cwie Mie

Kuliner ini sebenarnya asli dari Tiongkok, tapi di Malang kelezatannya sudah sangat populer. Mie yang digunakan ukurannya lebih kecil dari mie pada umumnya. Mie disajikan dengan daging ayam cacah, kuah kaldu, dan bawang goreng.

10. Soto Lombok

Soto Lombok
Soto Lombok

Meski namanya Lombok, makanan ini aslinya dari Malang. Semangkuk soto lombok biasanya disajikan dengan isian berupa daging ayam, potongan kentang, sayur kol, tauge, dan telur rebus. Kuahnya kental karena ditambahkan bubuk koya saat disajikan.

Baca juga: 36 Kuliner Khas Lombok Yang Wajib Dicicipi Saat Berwisata Ke Sini

11. Sate Landak dan Biawak

Sate Landak
Sate Landak

Kuliner ini terbilang sedikit ekstrim karena menggunakan bahan yang tak biasa yakni daging landak dan biawak. Tapi, jangan takut dulu sebelum mencoba, karena sate ini justru dikenal memiliki protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya juga tak kalah enak dari sate lainnya.

12. Rawon Nguling

Rawon Nguling
Rawon Nguling

Di Pulau Jawa, hampir tiap daerah memiliki kuliner khas rawon. Di Malang, masyarakat menyebutnya rawon nguling. Olahan daging sapi dengan kuah kental hitam. Rawon di Malang terasa istimewa karena potongan dagingnya lebih kecil dan empuk.

13. Pecel Pincuk

Pecel Pincuk
Pecel Pincuk

Bahan- bahan yang digunakan antara lain sayuran yang sudah direbus seperti  bayam, tauge, dan kacang panjang. Semua bahan dicampur lalu disiram dengan kuah kacang kental. Pecel ditambahkan potongan timun, remahan rempeyek, dan daun kemangi. 

14. Pecel Kawi

Pecel Kawi
Pecel Kawi

Kuliner legendaris Kota Malang yang sudah ada sejak tahun 1979. Olahan pecel kawi berbeda dari pecel lainnya karena menggunakan nangka muda dan nasi putih. 

15. Sop Sumsum

Sop Sumsum
Sop Sumsum

Sajian tulang sumsum sapi yang dimasak dengan kuah gurih. Salah satu sajian sop sumsum yang terkenal enak di Kota Malang adalah Sop Sumsum Pak Kayin yang berlokasi di Jl. Cengger Ayam.

16. Sate Kelinci

Sate Kelinci
Sate Kelinci

Sate berbahan daging kelinci ini juga kerap dicari wisatawan. Dagingnya diklaim lebih empuk dari sate daging biasa.

17. Sate Komoh

Sate Komoh
Sate Komoh

Sate daging sapi yang kerap jadi teman bersantap soto. Sate biasanya disajikan dengan bumbu bacem.

18. Jagung Bakar Aneka Rasa

Jagung Bakar
Jagung Bakar

Pas dengan cuaca Malang yang sejuk, menikmati jagung bakar dengan berbagai macam rasa. Jagung utuh yang sudah dibakar biasanya akan dilumuri bumbu selagi panas. Ada rasa manis, asin, pedas, keju, coklat, strawberry, kacang, dan mix.

19. Soto Daging Rahayu

Soto Daging Rahayu
Soto Daging Rahayu

Olahan soto di Kota Malang banyak yang terkenal lezat, salah satunya Soto Daging Rahayu ini. Yang membuatnya istimewa karena ditambahkan bubuk koya dari kelapa.

20. Putu Lanang Celaket

Putu
Putu

Putu menjadi jajanan favorit di Kota Malang. Terbuat dari tepung beras berisi gula merah yang dikukus dalam cetakan khusus.

21. Ronde dan Kacang Kuah

Ronde
Ronde

Warung Ronde Titoni adalah salah satu warung legendaris di Kota Malang yang menjajakan penganan enak. Di sini, Anda bisa menikmati sajian kuah kacang, ronde, roti kacang, angsle, dan cakue. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi, karena warung yang berdiri sejak tahun 1948 ini tak pernah sepi pembeli.

22. Tempe Mendol

Tempe Mendol
Tempe Mendol

Sajian tempe khas Kota Malang yang terbuat dari tempe dicampur bumbu dan digoreng hingga kecoklatan. Mendol kerap disajikan dengan cara digeprek di atas ulekan sambel.

23. Tahwa

Tahwa
Tahwa

Penganan yang terbuat dari tahu dan ditambahkan kuah jahe dan gula merah. Pas dinikmati ditengah cuaca Kota Malang yang dingin.

24. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong
Tahu Lontong

Potongan tahu goreng dan lontong, ditambahkan sayur tauge dan disiram kuah kacang kental.

25. Burger Buto

Burger Buto
Burger Buto

Burger dengan ukuran jumbo, sangat cocok dinikmati ramai- ramai. Menu ini tersedia di Kedai 27 yang berlokasi di Jl. Sarangan Lokowaru Malang Utara. 

26. Mie Pedas

Mie Pedas
Mie Pedas

Banyak sekali kedai yang menyediakan olahan mie pedas di Kota Malang. Diantaranya Mie Tom Cat dan Mie Jogging di Jl. Soekarno Hatta, Mie Setan di Jl. Bromo, dan Mie Iblis di Jl. Kol. Sugiono. Mie yang disajikan memiliki tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan permintaaan pembeli.

27. Pia Mangkok

Pia Mangkok
Pia Mangkok

Malang juga memiliki pia khas dengan isian kacang hijau, durian, coklat, keju, dan kopi. Pia mangkok bentuknya lebih pipih dan lebar dan isiannya melimpah.

28. Keripik Buah

Keripik Buah
Keripik Buah

Sebagai daerah penghasil buah, Malang memiliki banyak kuliner yang terbuat dari buah. Salah satunya keripik. Tak hanya apel, ada juga keripik salak, pepaya, semangka, belimbing, melon, kelengkeng, rambutan, dan nangka.

29. Keripik Ceker

Keripik Ceker
Keripik Ceker

Keripik ini tergolong mahal karena bahan bakunya yang sukar didapat. Untuk pengolahannya, ceker harus dipresto terlebih dahulu sebelum digoreng agar tulang- tulangnya melunak.

30. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Keripik Tempe

Olahan tempe kriuk dan cara pengolahannya sangat mudah. Cukup iris tipis tempe, balurkan adonan tepung, lalu goreng sampai renyah.

31. Jenang Apel

Jenang Apel
Jenang Apel

Mirip seperti dodol, tapi jenang tidak menggunakan santan dan gula merah. Hanya dibuat dari bubur apel yang dicampur tepung beras dan tepung ketan lalu dimasak dengan minyak.

32. Sari Apel

Sari Apel
Sari Apel

Minuman yang dibuat dari ekstrak apel ini seringkali dimanfaatkan untuk diet dan obat.

33. Malang Strudel

Malang Strudel
Malang Strudel

Oleh- oleh kekinian milik Teuku Wisnu yang bahannya banyak menggunakan buah apel.

34. Apple Queen

Apple Queen
Apple Queen

Kue kekinian milik Farah Queen. Apple Queen banyak menggunakan bahan lokal seperti buah- buahan yang langsung didatangkan dari perkebunan buah di Malang.

35. Carang Mas

Carang Mas
Carang Mas

Olahan potongan apel yang digoreng dengan adonan tepung dan gula.

36. Coklat Tempe

 Coklat Tempe
Coklat Tempe

Penasaran dengan olahan tempe yang dibuat jadi coklat? Anda wajib mencicipi oleh- oleh khas Malang yang satu ini.

37. Bakpao Telo

Bakpao Telo
Bakpao Telo

Bakpao ini terbilang unik karena dibuat dari ubi jalar. Warnanya pun bermacam- macam disesuaikan dengan rasa pada isiannya.

38. Ledre Pisang

Ledre Pisang
Ledre Pisang

Olahan pisang raja yang dibuat crispy, tanpa bahan pemanis buatan dan tanpa pengawet. Cocok dijadikan oleh- oleh.

Baca Juga