40 Kuliner Khas Kota Makassar
Di Makassar ada begitu banyak makanan khas yang bisa dicicipi ataupun dijadikan oleh- oleh. Dari olahan daging, mie, tepung, hingga minuman semuanya mudah dijumpai di warung ataupun restoran yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Indonesia memiliki beragam kuliner yang tersebar di setiap daerah. Menjadi hal wajib saat mengunjungi suatu kota dengan mencicipi setiap makanan khasnya. Di Makassar misalnya, beragam menu khas bisa Anda cicipi di kota ini. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Coto Makassar

Coto Makassar
Coto Makassar

Tak lengkap rasanya jika bertandang ke Kota Makassar tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Coto terbuat dari daging sapi segar pilihan yang dimasak terpisah hingga empuk lalu dicampur kuah kental. Kuahnya terbuat dari air tajin atau air rendaman beras ditambahkan kacang sangrai serta rempah pilihan. Semangkok coto bisa dinikmati dengan ketupat, sambel tauco, tambahan daun bawang, bawang goreng dan kacang goreng.

2. Sop Konro dan Konro Bakar 

Sop Konro
Sop Konro
Konro Bakar
Konro Bakar

Hidangan daging iga yang dipadu kuah hitam lezat berpadu rempah pilihan ini juga wajib Anda cicipi saat bertandang ke Kota Daeng. Selain dihidangkan berkuah, konro juga ada yang disajikan kering dengan cara dibakar dan disiram saus rempah.

3. Pallu Basa 

Pallu Basa
Pallu Basa

Olahan daging sapi yang kuahnya dicampur serundeng. Serundeng sendiri terbuat dari parutan kelapa yang digoreng kering. Sajian pallu basa biasanya lebih dominan kikil dan jeroan. Dihidangkan dengan nasi putih dengan pilihan tambahan telur atau tanpa telur.

4. Pallu Mara 

Pallu Mara
Pallu Mara

Pallu Mara adalah olahan ikan kuah kuning segar yang dimasak dengan asam jawa, kunyit, dan bawang. Orang Bugis Makassar juga biasa menyebutnya Nasu Bale.

5. Pallu Kaloa 

Pallu Kaloa
Pallu Kaloa

Menu khas satu ini mirip seperti rawon. Jika rawon menggunakan daging sebagai bahan dasarnya, pallu kaloa menggunakan ikan. Kuah hitam berasal dari buah keluwak yang dihancurkan dan dimasak bersama ikannya.

6. Es Pisang Ijo 

Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo

Olahan pisang yang dibalut kulit tepung rasa pandan. Dihidangkan bersama kuah kental seperti bubur sumsum lalu disiram sirup DHT.

7. Pallu Butung 

Pallu Butung
Pallu Butung

Pallu butung tidak jauh beda dengan pisang ijo, hanya saja pallu butung pisangnya tidak dibalut dengan tepung.

8. Songkolo Begadang 

Songkolo Begadang
Songkolo Begadang

Songkolo dalam bahasa Bugis Makassar berarti nasi ketan. Disebut songkolo begadang karena menu ini kerap disantap tengah malam. Nasi ketan disajikan dengan telur asin, ikan kering dan sambel terasi ini juga cocok dijadikan menu sarapan.

9. Sarabba dan Bakara Goreng 

Sarabba
Sarabba
Bakara
Bakara

Sarabba adalah minuman khas Kota Daeng yang terbuat dari olahan jahe yang diseduh dengan gula merah dan telur. Orang Makassar biasanya menikmati sarabba di malam hari ditemani bakara atau sukun goreng dan cocolan sambel.

10. Kapurung

Kapurung
Kapurung

Olahan sagu yang satu ini sebenarnya berasal dari Palopo. Namun di Makassar pun mudah ditemukan. Terbuat dari sagu yang sudah dikentalkan dihidangkan bersama kuah kacang, sayuran, ikan, dan seafood. Jika Anda pernah makan papeda dari Maluku, hidangan kapurung ini serupa dengan papeda. 

11. Barongko 

Barongko
Barongko

Terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan santan dan telur lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, dikukus hingga matang. Barongko lebih nikmat jika disajikan dingin. Bisa juga dibekukan menjadi es kue. Beberapa orang memodifikasi kue ini dengan menambahkan potongan buah nangka dan sagu mutiara.

12. Pisang Epe’ 

Pisang Epe'
Pisang Epe'

Jajanan khas Makassar ini mudah ditemukan di daerah Pantai Losari. Terbuat dari pisang muda yang dibakar lalu dipipihkan dan disiram air gula. Bisa juga di tambahkan toping seperti durian, meses, coklat bubuk, dan keju. Pisang Epe hanya dijajakan saat sore hingga malam.

13. Sanggara' Janda atau Pisang Peppe’ 

Sanggara Janda
Sanggara Janda

Entah dari mana awal mula olahan pisang ini disebut sanggara janda. Sanggara sendiri dalam Bahasa Bugis berarti pisang goreng. Sanggara janda terbuat dari pisang muda yang digoreng lalu dipipihkan dan digoreng kembali hingga kriuk. Nikmat disajikan dengan sambel terasi.

14. Sanggara' Balanda 

Sanggara' Balanda
Sanggara' Balanda

Pisang mengkal digoreng lalu diisi campuran kacang sangrai dan gula. Disajikan bersama gula yang sudah dicairkan dengan tambahan kacang sangrai.

15. Tape

Tape
Tape

Ketan masak yang difermentasikan bersama ragi. Makin nikmat jika disajikan dingin. Tape kerap dijumpai sebagai hidangan lebaran.

16. Bulu Peca’ 

Bulu Peca
Bulu Peca'

Kue yang satu ini mudah dijumpai di acara hajatan dan juga jadi menu wajib saat lebaran. Teksturnya lembut seperti spons terbuat dari telur kocok yang dicampur tepung dan direndam dengan air gula merah.

17. Katirisalla 

Katirisala
Katirisalla

Penganan yang terbilang unik karena memadukan kue dan ketan.

18. Sop Saudara 

Sop Saudara
Sop Saudara

Menu kuah khas orang Pangkep yang terbuat dari olahan daging yang disajikan bersama bihun, perkedel kentang dan paru goreng.

19. Nasu Likku 

Nasu Likku
Nasu Likku

Olahan ayam yang dimasak kuning sampai kering dengan parutan lengkuas. Nikmat disantap dengan burasa.

20. Nasu Palekko 

Nasu Palekko
Nasu Palekko

Olahan daging bebek atau ayam yang dimasak dengan cabe dan rempah lain seperti bawang, kunyit, merica, daun salam dan serai.

21. Sop Ubi 

Sop Ubi
Sop Ubi

Menu soto khas Makassar yang menggunakan ubi goreng sebagai bahan utamanya.

22. Roko Roko Utti atau Bandang 

Roko Roko Unti
Roko Roko Unti

Penganan yang terbuat dari pisang ini mirip seperti nagasari.

23. Jalangkote 

Jalangkote
Jalangkote

Pastel khas Makassar ini umumnya berisi potongan ubi, bihun atau mie, sayuran, dan suiran daging ayam dan telur. Nikmat disajikan hangat bersama sambel cair.

24. Lemmang 

Lemmang
Lemmang

Olahan nasi ketan yang dibungkus daun pisang lalu dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar sampai matang. Lemmang biasanya disajikan bersama telur asin dan sambel tomat.

25. Mi Titi 

Mi Titi
Mi Titi

Olahan mi kering yang disiram kuah kental. Isian mie titi terdiri dari sayuran, seafood, bakso, dan suiran daging ayam.

26. Baje’ 

Baje
Baje

Olahan beras ketan yang direndam lalu dimasak kering dengan gula merah. Teksturnya agak keras dengan rasa manis yang dominan.

27. Dange 

Dange
Dange

Terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa muda dan gula merah lalu dipanggang dalam cetakan khusus.

28. Baroncong 

Baroncong
Baroncong

Mirip bandros dari Bandung. Penganan yang cocok buat sarapan.

29. Cucuru Bayao 

Cucuru Bayao
Cucuru Bayao

Terbuat dari kuning telur kocok yang dicampur gula, kenari dan margarine. Adonan dikukus hingga matang lalu diberi saus cair yang terbuat dari margarine, vanili, gula, dan air.

30. Beppa Pute 

Beppa Pute
Beppa Pute

Kue yang wajib selalu hadir di setiap hajatan orang Bugis Makassar. Untuk membuat kue ini prosesnya lumayan lama. Terbuat dari tepung beras ketan dan telur. Setelah adonan digoreng, kue akan dijemur hingga putih, lalu ditaburi gula halus dan disimpan dalam wadah tertutup agar teksturnya tetap padat.

31. Dadar Belanda 

Dadar Belanda
Dadar Belanda

Terbuat dari tepung terigu yang diolah dengan kuning telur bebek dan gula.

32. Jagung Marning 

Jagung Marning
Jagung Marning

Cemilan yang terbuat dari jagung yang dimasak, dikeringkan lalu digoreng sampai garing. Kerap dijadikan oleh- oleh. Rasanya pun bervariasi, ada rasa pedas, original, dan asin.

33. Nennu’ Nennu’ atau Karasa 

Karasa'
Karasa'

Roti jala versi orang Bugis Makassar. Adonan tepung yang agak cair digoreng dalam minyak panas. Setelah dingin, karasa disiram dengan gula merah cair.

34. Barobbo

Barobbo
Barobbo

Olahan bubur jagung yang dimasak dengan sayuran dan air kaldu. Makin nikmat disajikan dengan bawang goreng dan sambel ulek.

35. Sikaporo 

Sikaporo'

Tampilannya mirip seperti puding. Sikaporo terbuat dari tepung beras yang diolah dengan telur dan agar- agar. Rasanya manis dan lembut.

Baca juga: 15 Cara Membuat Puding dengan Bahan Dasar Buah yang Menyehatkan

36. Biji Nangka 

Biji Nangka
Biji Nangka

Olahan kentang kukus yang dimasak dengan kuning telur, kenari dan gula.

37. Bassang 

Bassang
Bassang

Bubur jagung yang dimasak dengan santan. Kerap disajikan sebagai menu sarapan.

38. Toppa Lada 

Toppa Lada
Toppa Lada

Olahan daging yang dimasak dengan santan dan cabe serta bumbu pilihan lainnya.

39. Cucuru Te'ne atau Jompo- Jompo 

Jompo Jompo
Jompo Jompo

Tepung beras dicampur gula merah lalu digoreng dan ditaburi wijen.

40. Lawa’ dan Pecco 

Olahan ikan mentah yang dicampur dengan air jeruk nipis, garam, udang, dan bumbu lainnya. Jika pecco minim campuran, lawa’ biasanya ditambahkan dengan kelapa parut, jantung pisang, dan potongan sayur yang sudah dimasak. 

Lawa'
Lawa' olahan ikan mentah segar

Beragam menu di atas bisa Anda olah sendiri atau dipesan khusus secara online. Anda pun bisa menemukan makanan khas ini di food and beverage hotel yang tersebar di Kota Makassar. Beberapa kue tradisional umumnya dijual di pasar. Namun jika hendak mencari buah tangan untuk sanak saudara bisa langsung membelinya di toko oleh- oleh.

Baca Juga