35 Makanan dan Minuman Khas Jambi Yang Ciamik di Lidah
Menyambangi Kota Jambi, menikmati indahnya Gunung Kerinci sambil menyeruput secangkir teh kayu aro. Bersantap nasi gemuk ditemani dendeng batakok, makin nikmat dengan sambel tempoyak dan rendang cempedak. Kuliner Jambi memang yo nianlah.

Wisata Jambi terkenal akan keindahan Gunung Kerincinya. Di lereng gunung terdapat hamparan perkebunan teh dan kopi yang juga menghasilkan teh kopi berkualitas khas Jambi. Belum lagi hasil perkebunan lainnya yang melimpah seperti nenas dan duku menjadi perburuan tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. Menyambangi Kota Jambi, belum lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khasnya, olahan ikan, nenas, ataupun sambel tempoyaknya yang sudah populer.

1. Kue Srikayo

Kue Srikayo
Kue Srikayo

Meski namanya srikaya tapi bahannya sama sekali tidak menggunakan srikaya. Kue ini dibuat dari tape singkong yang dimasak dengan santan dan ditambahkan ekstrak daun pandan sebagai pewarna.

2. Sambel Tempoyak

Sambel Tempoyak
Sambel Tempoyak
Sambel Tempoyak
Sambel Tempoyak

Banyak daerah di Sumatera yang menyajikan sambel tempoyak, tapi yang terkenal kelezatannya adalah sambel tempoyak khas Jambi. Tempoyak terbuat dari daging buah durian yang dihaluskan dan difermentasi dalam jangka waktu lama. Hasil fermentasi durian selanjutnya akan digunakan sebagai campuran untuk memasak makanan lainnya.

3. Dodol Kentang Kerinci

Dodol Kentang Kerinci
Dodol Kentang Kerinci

Kuliner khas Jambi ini berbahan dasar kentang rebus, rasanya manis dengan tekstur lebih padat. Kerap dijadikan sebagai oleh- oleh saat menyambangi kota Jambi.

Baca juga: 40 Kuliner Khas Maluku Yang Kelezatannya Belum Banyak Diketahui Orang

4. Sup Tulang dan Tulang Bakar

Sup Tulang
Sup Tulang
Tulang Bakar
Tulang Bakar

Makanan ini mengingatkan pada konro ala Makassar. Bukan tulang yang dimasak melainkan daging yang masih ada tulangnya. Dimasak jadi sop ataupun dibakar dengan bumbu pilihan.

5. Soto Semurup

Soto Semurup
Soto Semurup

Semurup adalah nama rumah makan menyediakan sajian soto yang sudah melegenda di salah satu sudut kota di Jambi. Soto ini terbuat dari suiran daging ayam, potongan dendeng, soun, perkedel kentang, dan dicampur rempah- rempah pilihan. Hangatnya kuah soto semurup begitu nikmat disantap di tengah sejuknya udara Pegunungan Kerinci.

6. Dendeng Batakok

Dendeng Batakok
Dendeng Batakok

Dendeng batakok bahannya sama dengan dendeng di daerah Sumatera lainnya, hanya saja khas Jambi ini ditambahkan sambel cair dan taburan bawang goreng. Dendeng batakok sendiri diolah dengan cara dipukul- pukul sebelum dibakar agar bumbunya bisa menyerap sempurna dalam daging.

7. Rendang Cempedak

Rendang Cempedak
Rendang Cempedak

Orang Sumatera memang kerap memanfaatkan cempedak sebagai bahan untuk membuat sayur ataupun lauk. Dari buah sampai kulitnya semuanya bisa dijadikan masakan ciamik yang menggugah selera. Di Jambi, cempedak biasanya diolah jadi rendang, digoreng, ataupun dimasak jadi sayur santan. Untuk bumbunya sendiri, sama seperti bumbu rendang khas Sumatera lainnya.

8. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan
Gulai Tepek Ikan

Olahan ikan tenggiri yang dimasak dengan santan dengan campuran adonan pempek yang belum digoreng. Makanan ini kerap dijumpai saat ada acara penting atau perkawinan di Jambi.

9. Gulai Terjun

Gulai Terjun
Gulai Terjun

Makanan ini hanya bisa ditemukan saat ada acara hajatan di Jambi. Dibuat dari ayam kampung yang dimasak dengan santan kaya rempah.

10. Gulai Patin

Gulai Patin
Gulai Patin

Ikan patin dimasak dengan santan dan bumbu gulai. Di daerah Sumatera, olahan ikan patin memang kerap dijumpai dan disajikan bersama nasi putih.

11. Gandus

Gandus
Gandus

Terbuat dari tepung sagu, santan, bawang putih,  dan tepung beras yang dibuat jadi adonan kemudian dikukus dalam cetakan. Setelah matang ditaburi bawang goreng, suiran daging ayam, dan potongan cabe di atas kue.

12. Daging Masak Hitam

Daging Masak Hitam
Daging Masak Hitam

Biasanya disebut malbi, makanan ini dibuat dari daging sapi bagian has yang diolah dengan cara dimasak bersama rempah- rempah seperti pala bubuk, jintan, kayu manis, kecap, dan adas manis.

13. Kue Burgo

Kue Burgo
Kue Burgo

Adonan pempek yang tidak jadi digoreng tapi dimasak lagi dan disiram dengan kuah santan.

14. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk
Nasi Gemuk

Nasi yang dimasak santan dan rempah, disiram kuah gulai dan disajikan dengan potongan daging, telur, dan sambel tempoyak.

15. Cumi Cah Kangkung

Cumi Cah Kangkung
Cumi Cah Kangkung

Jika cumi biasanya ditumis dengan potongan cabe atau tomat dengan sedikit tambahan udang, di Jambi cah kangkung dimasak dengan potongan cumi- cumi.

16. Kue Padamaran

Kue Padamaran
Kue Padamaran

Kue berbentuk persegi dengan alas daun pisang yang terbuat dari tepung beras dan santan.

17. Kue Putri Kandis

Kue Putri Kandis
Kue Putri Kandis

Sekilas seperti kue lapis dengan warna hijau yang dominan. Kue ini terbuat dari tepung terigu, margarine, telur, vanili, gula, santan, dan coklat bubuk.

18. Kue Kubang Boyo

Kue Kubang Boyo
Kue Kubang Boyo

Untuk membuat kue ini diperlukan dua adonan yang harus dipisahkan pengolahannya. Bagian kulit terbuat dari tepung ketan, kapur sirih, dan ekstrak daun pandan. Sedangkan bagian isinya terbuat dari kelapa parut, gula merah, gula pasir, dan tepung terigu. Yang terakhir bahan kuahnya terbuat dari santan encer dan gula.

19. Kue Muso

Kue Muso
Kue Muso

Kue ini mirip seperti pie susu tapi aslinya terbuat dari ekstrak pandan, tepung ketan, santan dan kelapa. Uniknya, bagian luarnya berupa coklat.

20. Bolu Kojo

Bolu Kojo
Bolu Kojo

Jika kue bolu biasanya lembut seperti spons, bolu kojo justru bertekstur padat dan lengket karena terbuat dari tepung ketan dan santan.

21. Cepak Kapung

Cepak Kapung
Cepak Kapung

Kue unik berbentuk gelas dengan kulit yang terbuat dari tepung ketan dan isian santan campur gula merah.

22. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng
Rambutan Goreng

Meski namanya rambutan bukan berarti makanan ini terbuat dari rambutan. Bentuknya saja yang mirip rambutan. Dibuat dari telur rebus dan bakso kemudian dibungkus kulit pangsit dengan bentuk stik menggumpal lalu digoreng.

23. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan
Kerutup Ikan

Olahan ikan nila yang digoreng dengan bumbu cabe. Uniknya saat digoreng, ikannya dibungkus daun kunyit agar bumbunya tetap lengket pada daging ikan.

24. Dodol Nenas

Dodol Nenas
Dodol Nenas

Buah nenas menjadi komoditas andalan di Jambi. Tak heran jika banyak kuliner yang dibuat dari olahan nenas mudah ditemukan di daerah ini. Salah satunya dodol. Cemilan dengan rasa manis dan sedikit asam ini kerap dijadikan oleh- oleh.

25. Duku Kumpeh

Duku Kumpeh
Duku Kumpeh

Saking populernya duku ini sampai diekspor ke Eropa. Duku kumpeh memang sudah sejak dulu terkenal enak dan manis.

26. Sirup Kayu Manis

Sirup Kayu Manis
Sirup Kayu Manis

Olahan kayu manis yang direbus dengan sedikit gula menghasilkan sirup kental yang dipercaya memiliki banyak khasiat.

27. Air Kawo

Air Kawo
Air Kawo

Kawo artinya daun kopi. Daun kopi kering yang sudah dihancurkan kemudian disangrai menjadi bubuk kopi. 

28. Kopi AAA

Kopi AAA
Kopi AAA

Terdapat tiga kabupaten yang menjadi penghasil kopi terbesar di Jambi yakni Kabupaten Kerinci, Merangin, dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dari lokasi ini dihasilkan kopi dengan merk Kopi AAA. 

29. Teh Kajoe Aro

Teh Kajoe Aro
Teh Kajoe Aro

Di Jambi terdapat perkebunan teh yang luas dari peninggalan Belanda. Dari perkebunan ini dihasilkan teh yang bernama Teh Kajoe Aro. Menyambangi pegununan di tanah Jambi paling pas menikmati secangkir teh ini.

30. Jus Pinang

 Jus Pinang
Jus Pinang

Buah pinang yang masih muda ternyata bisa diolah jadi jus enak. Isi buah pinang dihaluskan bersama telur ayam kampung, gula, madu, susu kental, dan sirup.

31. Mie Ayam Klantink

Mie Ayam Klantink
Mie Ayam Klantink

Olahan bakmi dengan suiran ayam ini sudah terkenal akan kelezatannya. Banyak pembeli bahkan rela antri dan datang jauh- jauh demi bisa menikmati hidangan ini. Kuah kari kental yang ciamik ditambah isiannya yang melimpah bikin siapapun ketagihan dengan mie ayam klantink. Saat menyambangi Kota Jambi cobalah datang ke kawasan Kasang Dalam untuk menikmati mie ayam yang satu ini.

32. Bakmi Ahiung

Bakmi Ahiung
Bakmi Ahiung

Lezatnya bakmi ahiung khas Jambi ini tak perlu diragukan lagi. Sampai buka cabang di beberapa kota termasuk di Jakarta. 

33. Jambi Roru Cake

Jambi Roru Cake
Jambi Roru Cake

Oleh- oleh kekinian artis milik Zaskia Sungkar dan Irwansyah.

34. Otak Otak

Otak - Otak
Otak - Otak

Di Jambi otak- otak diolah dari ikan lokal yang berasal dari Sungai Batanghari. 

35. Lempok Durian

Lempok Durian
Lempok Durian

Di beberapa daerah di Sumatera memang terkenal akan kuliner olahan durian, salah satunya lempok durian ini. Durian yang sudah diawetkan dan berwarna coklat dengan citarasa manis.

Baca Juga