40 Kuliner Khas India Yang Terkenal Lezat Dan Bikin Ketagihan
Kuliner India yang enak bukan cuma parata atau nasi biryani. Saat menyambangi negeri Taj Mahal ini coba cicipi kuliner khas lainnya yang tak kalah lezatnya. Minumannya juga unik dan menggugah selera.

Kuliner India memiliki citarasa yang hampir sama dengan makanan Indonesia. Racikan bumbu dengan rasa pedas dan manis menjadi ciri khasnya. Sebagian kuliner khas India bahkan sudah menjadi favorit orang Indonesia. Nasi kare, biryani, atau roti canai kerap dijumpai di sejumlah rumah makan di beberapa daerah. Tapi, tahukah Anda bahwa masih banyak juga lho kuliner asal Bollywood yang tak kalah enaknya. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Biryani

Biryani
Biryani

Nasi yang digunakan memiliki ciri khas tersendiri dengan bentuk yang lebih pipih dan memanjang. Nasi biryani dimasak dengan rempah- rempah seperti kapulaga, bawang bombay, cabe keriting, bunga lawang, bawang putih, daun salam, serai, dan kunyit. Makanan ini dihidangkan dengan tambahan lauk berupa ayam bakar atau daging domba dan sayuran.

Baca juga: 22 Racikan Nasi Goreng Khas Indonesia Yang Terkenal Enak

2. Idli

Idli
Idli

Makanan yang kerap jadi sarapan orang India. Dibuat dari beras yang sudah dikukus lalu dibentuk bulat pipih. Dihidangkan bersama kari sayuran pedas.

3. Gulab Jamun

Gulab Jamun
Gulab Jamun

Adonan susu yang direndam dengan gula lalu digoreng hingga kecoklatan. Gulab kemudian disajikan dengan sirum gula dan tambahan taburan kacang almond. Kue ini terbilang sangat manis, tapi banyak juga yang menggemarinya.

4. Kathi Roll

Kathi Roll
Kathi Roll

Kebab versi India. Bagian luarnya menggunakan roti parata sedangkan isiannya dari daging ayam yang sudah dimasak dengan rempah khas India. Kathi roll merupakan jajanan yang kerap dijumpai di food street India.

5. Papri Chaat

Papri Chaat
Papri Chaat

Makanan ini juga jadi jajanan favorit orang India. Alasnya terbuat dari kulit pangsit. Dan di bagian atasnya berupa kentang rebus, kacang polong, dan yoghurt.

6. Pani Puri

Pani Puri
Pani Puri

Snack yang berbahan dasar ubi ini rasanya asam manis. Pani puri kulitnya garing dan tipis dan biasanya diisi potongan kentang rebus dan bawang. Dihidangkan dengan saus masala berwarna hijau dengan tambahan cabai dan air asam. 

7. Jalebi

Jalebi
Jalebi

Sekilas seperti kerupuk jala khas Indonesia, namun jalebi rasanya manis. Adonan terigu bercampur ragi yang sudah digoreng akan disiram dengan sirup.

8. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori
Ayam Tandoori

Ayam tandori biasanya disantap dengan nasi biryani. Ayam yang sudah dipotong dan dibesihkan akan dilumuri bumbu lalu dipanggang hingga kecoklatan.

9. Dosa

Dosa
Dosa

Crepe khas India yang biasanya disajikan dengan sambal dan chutney.

10. Rogan Josh

Rogan Josh
Rogan Josh

Makanan yang dibuat dari daging domba atau ayam dan dimasak dengan paprika, yoghurt, kapulaga, cabai, masala, jintan, merica, kayu manis, kapulaga, bau leaf, bawang bombay, merica, dan cengkeh. Rogan josh biasanya disajikan dengan roti parata.

11. Samosa

 Samosa
Samosa

Samosa adalah pastel ala India. Bentuknya segitiga kerucut dengan isian daging cincang dan rempah. Kelezatan samosa sudah terkenal ke mana- mana. Banyak tempat di luar India yang menyediakan menu ini sebagai hidangan pembuka atau sekedar cemilan.

12. Roti Naan

Roti Naan
Roti Naan

Roti yang menjadi teman bersantap lauk khas India. Bahkan banyak penduduk sana yang lebih memilih roti ini sebagai pengganti nasi.

13. Tikka Masala

Tikka Masala
Tikka Masala

Kari ayam khas India ini juga sudah tersohor kelezatannya di penjuru dunia. Ciri khas karinya lebih gurih karena menggunakan tambahan yoghurt, cream, dan tomat.

14. Vada

 Vada
Vada

Donat khas India yang rasanya lebih asin. Teksturnya lebih mirip seperti bakwan.

15. Laddu

Laddu
Laddu

Laddu adalah sajian khas upacara keagamaan orang India yang berbahan tepung, susu, dan gula. Rasanya manis dengan tambahan potongan kacang dan kismis di atasnya.

16. Papaddum

Papaddum
Papaddum

Kerupuk gulung khas India yang biasanya dijadikan cemilan.

17. Kofta

Kofta
Kofta

Kofta merupakan makanan khas India yang terbuat dari bola- bola daging kambing yang dimasak dengan kuah kari. Baik kuah maupun isiannya dicampur dengan berbagai macam rempah khas India.

18. Lassi

 Lassi
Lassi

Lassi ini semacam minuman dari buah yang dihaluskan. Lassi biasanya dicampur dengan rempah dan yoghurt.

19. Dokhla

Dokhla
Dokhla

Sekilas makanan ini seperti soft cake tapi bahannya dari tepung beras dan kacang.

20. Chai Tea

Chai Tea
Chai Tea

Yang suka jajan minuman gerobak pasti tahu sekali dengan minuman khas India ini. Chai tea adalah perpaduan teh, rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan ditambahkan susu kental manis.

21. Akuri On Toast

Akuri On Toast
Akuri On Toast

Akuri ini semacam sandwich ala India. Roti yang sudah dipanggang biasanya diisi telur orak- arik yang sudah dimasak dengan potongan tomat dan rempah khas India. Cocok untuk sarapan.

22. Batata Vada

 Batata Vada
Batata Vada

Gorengan khas India yang bahannya dari sayur. Semua bahan dicampur lalu adonan dibentuk bulat lalu digoreng. Makanan ini jadi favorit penduduk setempat maupun wisatawan.

23. Parata

Parata
Parata

Mudah sekali menemukan sajian parata dengan saus kari di Indonesia. Beberapa resto bahkan menjadikan makanan ini sebagai menu andalan mereka. Kelezatan parata dan saus karinya memang sudah tidak diragukan lagi.

24. Rajma Masala

Rajma Masala
Rajma Masala

Olahan kacang merah yang dimasak dengan bumbu kari khas India.

25. Halwa

 Halwa
Halwa

Manisan India yang dibuat dari wortel. Potongan wortel yang sudah jadi manisan akan ditaburi potongan kacang almond. Kudapan satu ini kerap dijadikan oleh- oleh.

26. Kulfi

Kulfi
Kulfi

Es krim dari susu yang berisi kacang sangrai ini tak hanya terkenal di India. Di beberapa negara Asia Selatan seperti Pakistan dan Bangladesh pun banyak ditemukan Kulfi. Kulfi pun memiliki berbagai macam rasa seperti vanilli, mawar, dan mangga.

27. Chapati

Chapati
Chapati

Roti pipih khas Asia Selatan yang menjadi makanan pokok penduduk setempat. Berbeda dari parata maupun naan, chapati ini teksturnya lebih garing dan tipis.

28. Pakora

Pakora
Pakora

Gorengan khas India ini mirip sekali dengan bakwan khas Indonesia. Bahannya menggunakan sayuran kemudian dibuat jadi adonan dengan tambahan tepung terigu. 

29. Kheer

Kheer
Kheer

Bubur India dari tepung gandum, beras, susu, gula, dan tepung tapioka. Rempah yang digunakan hanya kapulaga dan kunyit. Saat disajikan ditambahkan kacang mete, almond, dan kismis.

30. Aloo Gobi

Aloo Gobi
Aloo Gobi

Potongan kentang dan kembang kol yang dimasak dengan bumbu kari.

31. Pulao

Pulao
Pulao

Nasi goreng khas India yang menggunakan tambahan potongan sayuran dan kacang polong.

32. Keema

Keema
Keema

Daging sapi cincang yang dimasak dengan kacang polong, potongan kentang, daun ketumbar, dan jintan.

33. Palak Paneer

Palak Paneer
Palak Paneer

Olahan sayur bayam yang dihaluskan bersama bumbu dan kari lalu dimasak. Biasanya ditambahkan dengan potongan keju. Penduduk setempat biasa menyantapnya dengan roti naan atau nasi.

34. Chole

Chole
Chole

Olahan kacang chana yang dimasak dengan kuah pedas.

35. Kaali Daal

Kaali Daal
Kaali Daal

Lentil atau semacam biji- bijian dimasak dengan kentang dan bunga kol. Ada dua varian daal yang umumnya dikenal di India, yakni olahan kering dan sup. Kuahnya menggunakan kuah kari dengan banyak rempah. Daal juga populer di negara Timur Tengah.

36. Seitan Vindaloo

Seitan Vindaloo
Seitan Vindaloo

Ini dia olahan daging ala India yang mirip seperti rendang Indonesia. Bedanya terletak pada rasa. Vindaloo sedikit asam dibandingkan dengan rendang.

37. Momo

Momo
Momo

Momo adalah kudapan khas India yang menyerupai dumpling atau dimsum. Bedanya jika dimsum biasanya terbuat dari seafood, momo isiannya berupa daging dan bawang bombay.

38. Rajma

 Rajma
Rajma

Olahan kacang merah yang dimasak dengan bumbu cabai, jintan, dan masala. Makanan ini kerap dijadikan makanan diet bagi masyarakat India. 

39. Lemon Rice

Lemon Rice
Lemon Rice

Makanan khas Asia Selatan yang tampilannya mirip nasi kuning. Yang unik dari makanan ini karena dihidangkan dengan tambahan kacang mete.

40. Navratam Korma

Navratam Korma
Navratam Korma

Campuran bermacam- macam sayuran yang dimasak dengan kuah kari.

Dengan rasa yang dominan pedas ataupun manis, makanan India memang juara di lidah. Terlebih lagi, orang Indonesia gemar dengan makanan banyak rempah. Tak heran jika banyak tempat di Indonesia yang menjajakan kuliner khas India.

Baca Juga