22 Kuliner Arab Saudi Yang Kelezatannya Terkenal Di Dunia
Saat melakukan ibadah umroh, cobalah untuk menikmati beberapa kuliner khas Arab lainnya selain nasi kebuli. Sebab rasanya biasanya sedikit berbeda bila dibandingkan makanan arab yang ada di restoran di Indonesia.

Umumnya orang mengunjungi Arab Saudi untuk beribadah. Baik untuk umroh maupun haji. Jamaah biasanya disediakan cathering yang menyajikan makanan dari asal negaranya. Terutama di musim haji, ada dapur khusus yang menyediakan makanan dari tiap- tiap negara berbeda. Waktu yang lebih leluasa adalah saat umroh. Selain beribadah, Anda juga bisa menyambangi sejumlah tempat wisata seperti perkebunan kurma ataupun makam- makam nabi. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Arab yang kelezatannya sudah mendunia.

1. Kurma

Kurma
Kurma

Siapa yang tak kenal kurma. Buah yang satu ini kerap dijumpai saat ramadhan dan musim lebaran. Makanan wajib saat berbuka puasa yang memiliki banyak khasiat. Di Arab Saudi, jamaah umroh bisa datang langsung melihat perkebunan kurma. Kurma yang dijajakan pada dasarnya ada dua jenis yakni kurma kering dan kurma muda. Kedua jenis kurma ini kerap dijadikan oleh- oleh haji maupun umroh.

Baca juga: 40 Kuliner Khas India Yang Terkenal Lezat Dan Bikin Ketagihan

2. Kacang Arab

Kacang Arab
Kacang Arab

Tak hanya di Arab Saudi, hampir di seluruh negara Timur Tengah juga bisa ditemukan kacang ini. Bentuknya bulat dan sering dijadikan cemilan minum teh atau kopi. Anda juga bisa membeli kacang arab kiloan untuk dijadikan oleh- oleh.

3. Kismis

Kismis
Kismis

Kismis terbuat dari buah- buahan yang sudah dikeringkan. Buah yang kerap digunakan adalah anggur. 

4. Almond

 Almond
Almond

Kacang almond biasanya digunakan untuk campuran kue. Rasanya manis dan renyah. 

5. Manakeesh

 Manakeesh
Manakeesh

Roti berbentuk bundar yang ditaburi dengan daging cincang, wijen, dan sayuran. Biasa juga ditambahkan daun perseli dan sambel tomat. Makanan ini biasa disebut pizza-nya orang Arab dan dijadikan menu sarapan atau santap siang. 

6. Halloumi Grilled

Halloumi Grilled
Halloumi Grilled

Halloumi adalah makanan yang dibuat dari susu kambing dan susu domba. Adonan yang sudah dipadatkan dipanggang di atas bara api dan disajikan. Tekstur halloumi seperti keju, lembut, rasanya gurih dan sedikit asin.

7. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli

Hampir semua negara Timur Tengah menyajikan menu ini sebagai hidangan utama. Nasi kebuli sendiri diolah dengan cara dimasak bersama kaldu daging kambing, minyak yamin, dan susu kambing. Setelah nasi matang barulah disajikan dengan taburan kismis dan irisan kurma. Untuk lauknya nasi kebuli biasanya dihidangkan bersama ayam bakar atau dendeng.

8. Hummus

Hummus
Hummus

Hummus adalah saus yang biasanya disajikan bersama roti. Hummus digunakan selayaknya selai atau cocolan untuk makanan lain yang bertekstur lebih keras. Makanan ini dibuat dari tepung, bawang putih, dan saus kacang yang kemudian dimasak hingga mengental. 

9. Meddamas Foul

Meddamas Foul
Meddamas Foul

Sup kacang fava yang dimasak dengan minyak zaitun, peterseli, bawang merah, bawang putih, dan lemon. Saat dihidangkan meddamas foul ditambahkan lelehan coklat. Perpaduan manisnya coklat dan gurihnya kacang yang menyatu dalam satu hidangan membuat siapa saja ketagihan dengan menu ini. 

10. Falafel

Falafel
Falafel

Falafel adalah gorengan khas Timur Tengah yang dibuat dari kacang faca atau buncis. Makanan ini biasanya disajikan dengan sayuran dan acar. Falafel juga digunakan sebagai isian roti. Untuk bisa menikmati falafel tidaklah sulit karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakan menu ini.

11. Mutabbaq

Mutabbaq
Mutabbaq

Dari namanya saja sudah jelas jika muttabbaq adalah sejenis martabak. Martabak khas Arab ini isinya berupa daging cincang, peterseli, tomat, bawang, telur, dan jalapeno pepper. Muttabbaq biasanya dinikmati dengan tambahan perasan jeruk nipis. 

12. Luqaimat

Luqaimat
Luqaimat

Kue dengan citarasa manis berbentuk bola- bola kecil. Teksturnya seperti donat, bagian dalamnya lembut namun garing di luar. Makanan ini juga kerap disajikan sebagai menu berbuka puasa. Luqaimat biasanya disirap dengan sirup karamel atau ditaburi wijen.

13. Tabouleh

Tabouleh
Tabouleh

Salad khas Timur Tengah yang bahannya sedikit dilumatkan dengan minyak zaitun dan perasan lemon. Selain sayuran, tabuleh juga ditambahkan potongan tomat, bawang, peterseli, dan daun mint.

14. Sambosa

 Sambosa
Sambosa

Gorengan khas Arab yang mirip seperti pangsit. Samboosa biasanya berisi kentang rebus, kacang kapri, bawang bombay, paneer, dan daun ketumbar.

15. Maamoul 

Maamoul
Maamoul

Biskuit lembut berbentuk bulat dengan isian kacang walnut, air bunga jeruk, gula, dan kayu manis. Kulitnya dibuat dari tepung terigu, pasta kurma, ragi, gula, dan butter. Kue ini biasanya jadi hidangan lebaran di Arab dan kerap dijadikan oleh- oleh umroh haji.

16. Croissant

 Croissant
Croissant

Roti croissant ini juga kerap diburu jamaah haji umroh saat berkunjung ke tanah suci. Roti dengan lapisan pastry dan lelehan coklat di dalamnya. Selain coklat, banyak juga isian dengan rasa lain seperti rasa buah ataupun keju.

17. Malabari Paratha

Malabari Paratha
Malabari Paratha

Roti tipis berbentuk bulat besar dengan tekstur garing dan renyah. Malabari paratha adalah makanan asli India Selatan yang juga menjadi favorit orang arab.

18. Kushari

 Kushari
Kushari

Makanan asli Mesir ini juga kerap dijumpai di Arab Saudi. Kushari adalah kombinasi dari makaroni, buncis, beras, saus tomat, dan miju- miju.

19. Yughmish

Yughmish
Yughmish

Roti dengan isian daging cincang yang berbentuk memanjang dan dipanggang hingga kering.

20. Kulfi

Kulfi
Kulfi

Es krim dari susu yang ditambahkan potongan kacang- kacangan. Kulfi paling pas dinikmati saat berada di Arab yang notabene udaranya memang panas. Es krim ini pun mudah dijumpai di beberapa negara Timur Tengah lainnya.

21. Sobia

Sobia
Sobia

Minuman khas Arab yang terbuat dari kismis, ragi, dan gandum ini jadi hidangan wajib saat berbuka puasa. Sobia rasanya manis dan enak seperti susu.

22. Baleela

Baleela terbuat dari kacang buncis yang dicampur dengan garam dan bawang putih lalu dibentuk bulat dan dimasak. Makanan ini disajikan dengan sedikit kuah dan acar.

Baleela
Baleela

Saat menunaikan ibadah umroh tak ada salahnya mencicipi kuliner khas Arab Saudi ini. Selain menambah khasanah kuliner Anda, sebagian makanan di atas juga bisa dijadikan oleh- oleh saat akan pulang ke tanah air. Daftar menu ini juga bisa Anda nikmati di restoran khas Timur Tengah yang banyak tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

Baca Juga