40 Kuliner Jepang Yang Akrab Dengan Lidah Orang Indonesia
Ternyata tak hanya sushi, kuliner Jepang yang banyak disukai orang Indonesia. Negara yang terkenal dengan kecanggihan teknologinya ini juga memiliki banyak kuliner khas yang enak dan digemari orang Indonesia.

Meski tekonologi di negara ini sudah canggih, tapi budaya asli masih tetap dipertahankan. Tak hanya terkenal di dalam negeri, kebudayaan Jepang bahkan sudah populer di seluruh dunia. Seperti halnya kulinernya, banyak orang yang menyukai makanan Jepang. Tak heran jika restoran Jepang pun mudah dijumpai di sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Sushi, ramen, hingga shabu- shabu adalah sebagian kecil kuliner khas Jepang yang akrab dengan lidah orang Indonesia.

1. Sushi

 Sushi
Sushi

Rasanya hampir semua orang tahu makanan ini. Nasi gulung yang diisi dengan lauk, sayuran, dan potongan buah segar. Banyak yang bahkan berkreasi menciptakan sushi dengan citarasa khas Indonesia. Misalnya sushi rasa rendang atau seblak yang begitu populer di kalangan anak muda. Ada juga yang mengganti kulitnya dengan irisan daging atau telur.

Baca juga: 15 Tempat Makan Enak dan Halal Yang Terkenal di Kota Bangkok

2. Ramen

Ramen
Ramen

Mie kuah Jepang ini sebenarnya aslinya dari China, tapi begitu populer di negeri sakura. Selain mie, ramen juga berisi irisan daging, telur, sayuran, nori dan daun bawang. Mie-nya kenyal dan kuahnya terbuat dari kaldu ayam sehingga berwarna kuning kecoklatan. Ada juga ramen berkuah bening yang hanya menggunakan garam. 

3. Shabu Shabu

Shabu Shabu
Shabu Shabu

Irisan daging yang disajikanbersama sayuran. Semua bahan akan dicelup dalam air panas yang sudah dibumbui sebelum disantap. Selain daging sapi, shabu shabu juga biasanya menggunakan daging ayam, domba, ikan kakap, gurita atau ikan fugu.

4. Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki

Cemilan asal Jepang yang berbentuk bulat dan disantap dengan tambahan sambel atau saos mayo. Takoyaki isinya seafood yang dipanggang dengan sedikit minyak dalam cetakan bulat dan dtambahkan adonan tepung. Makin nikmat dengan tambahan taburan nori.

5. Sashimi

Sashimi
Sashimi

Sajian seafood mentah yang disajikan dengan kecap asin, wasabi (sambel khas Jepang), dan parutan jahe. Bahan sashimi yang populer di Indonesia adalah ikan salmon dan ikan tuna.

6. Sup Miso

Sup Miso
Sup Miso

Sajian makanan berkuah khas Jepang yang terbuat dari kedelai berfermentasi yang dipadu dengan mie miso, irisan tahu, dan kuah kaldu.

7. Tempura

Tempura
Tempura

Gorengan khas Jepang yang isinya seafood ataupun sayuran. Semua bahan akan dicelupkan dalam adonan tepung lalu digoreng hingga garing. Bahan tempura yang paling populer adalah udang.

8. Edamame

Edamame
Edamame

Jika di Indonesia ada petai maka di Jepang pun ada cemilan bernama edamame. Seperti kacang kedelai, namun kerap disajikan mentah ataupun dioseng dengan kulitnya. Sedangkan olahan kacangnya biasanya dipanggang atau digoreng dan dijadikan cemilan sehat.

9. Mochi

Mochi
Mochi

Kue khas Jepang yang terbuat dari tepung ketan dan diisi kacang hijau atau coklat. Makin menarik karena dibuat warna- warni dan dihias membentuk karakter lucu.

10. Soba

Soba
Soba

Mie gandum dengan kuah atau tanpa kuah dan disajikan dengan tambahan daun bawang serta kecap asin.

11. Okonomiyaki

 Okonomiyaki
Okonomiyaki

Martabak versi Jepang yang bahannya dari daging, kol, dan telur. Disajikan dengan taburan nori dan saus mayonaise.

12. Onigiri

Onigiri
Onigiri

Makanan ini awalnya dibuat sebagai bekal praktis orang Jepang. Nasi yang diisi dengan sayuran dan lauk lalu dibentuk segitiga dan dibungkus plastik. Di Jepang, onigiri juga biasa disebut omusubi.

13. Kare Rice

 Kare Rice
Kare Rice

Nasi putih yang disajikan dengan kare atau kare udon. Adapun karenya terbuat dari daging, wortel, kentang, bawang bombay, merica, garam, dan kare blok. Bisa juga disajikan dengan udon dan disiram bersama kuah kare.

14. Yakiniku

 Yakiniku
Yakiniku

Makanan ini bisa disebut sate versi Jepang tanpa tusuk. Daging yang diolah biasanya jeroan, daging sapi, atau daging domba. Daging biasanya dipotong besar dengan bentuk persegi.

15. Udon

Udon
Udon

Sajian mie dari tepung terigu. Mienya tebal dan panjang. Kuahnya dibuat dari campuran kecap asin. Makanan ini sering disebut makanan rakyat karena bahannya sederhana dan harganya yang murah.

16. Sukiyaki

 Sukiyaki
Sukiyaki

Makanan berkuah super komplit yang berisi irisan daging, sayuran, jamur, daun bawang, serta bihun. 

17. Kaarage

Kaarage
Kaarage

Ayam goreng tepung khas Jepang. Seperti ayam goreng pada umumnya namun rasanya beda karena ayam direndam dulu dengan kuah racikan khas Jepang sebelum dibalur tepung dan digoreng. Air rendaman daging terbuat dari kecap asin, jahe, dan bawang putih.

18. Ebi Furai

Ebi Furai
Ebi Furai

Olahan udang utuh yang dibalur dengan tepung roti lalu digoreng. Cocok sekali jadi cemilan atau teman bersantap nasi.

19. Matcha

Matcha
Matcha

Entah dalam bentuk minuman, coklat, ataupun kue, olahan matcha sudah jadi favorit orang Indonesia. Banyak kue Indonesia yang kini menambahkan varian produknya dengan rasa matcha.

20. Ocha

Ocha
Ocha

Jepang memang terkenal dengan minuman tehnya. Banyak sekali jenis teh yang bisa dinikmati kala berkunjung ke negara ini. Salah satunya yang akrab di telinga orang Indonesia adalah ocha. Minuman ini berupa teh hijau asli Jepang.

21. Sake

Sake
Sake

Meski mayoritas orang Indonesia tidak bisa menikmati sake tapi banyak juga yang menyukainya khususnya non muslim. Sake terbuat dari beras fermentasi yang diolah dengan air dan ragi.

22. Japanesse Cheese Cake

Japanesse Cheese Cake
Japanesse Cheese Cake

Ini dia kue dari Jepang yang lagi hits di Indonesia. Teksturnya lembut dan soft seperti bantal. 

23. Dorayaki

Dorayaki
Dorayaki

Kue Jepang yang terkenal di Indonesia melalui serial kartun Doraemon. Isiannya bermacam- macam, dari rasa kacang hijau, red bean, hingga coklat.

24. Dango

Dango
Dango

Penggemar anime pasti familiar dengan kue yang satu ini. Takoyaki versi manis dengan isian kacang hijau dan wijen. Dango disajikan dengan tusukan dan disiram saus gula atau saus kacang merah.

25. Yakitori

Yakitori
Yakitori

Sate khas Jepang yang menggunakan kulit ayam atau jeroan. Sausnya terbuat dari kecap asin, mirin dan gula. 

26. Taiyaki

Taiyaki
Taiyaki

Kue berbentuk ikan kecil yang dibuat dari terigu, telur, gula, air, dan bakpuder.

27. BBQ Teriyaki

 BBQ Teriyaki
BBQ Teriyaki

Teriyaki sebenarnya hanyalah istilah cara mengolah daging menggunakan saus kecap asin dan sake. Daging yang sudah diiris tipis biasanya akan dipanggang lalu sesekali diolesi bumbu teriyaki. BBQ Teriyaki biasanya disajikan dengan nasi putih dan ditambahkan taburan wijen.

28. Oden

Oden
Oden

Jajanan khas Jepang berupa makanan laut yang disajikan dengan kuah kaldu. Makanan ini paling pas disantap di musim dingin.

29. Donburi

Donburi
Donburi

Nasi putih yang disajikan dengan potongan ikan, daging dan sayuran. Donburi biasanya ditambahkan kecap asin dan disiram kuah racikan khusus.

30. Enoki

Enoki
Enoki

Jamur yang banyak ditemukan di Jepang dan biasanya direbus dalam kuah kaldu dan kecap asin.

31. Gyoza

Gyoza
Gyoza

Pangsit khas Jepang yang terbuat dari daging, kubis, bawang putih, dan daun bawang. Semua bahan yang sudah dibumbui lalu dibungkus dengan kulit pangsit dan dikukus.

32. Coklat Green Tea

Coklat Green Tea
Coklat Green Tea

Coklat green tea juga kerap dijadikan oleh- oleh wisatawan saat menyambangi negara ini. 

33. Yakisoba

Yakisoba
Yakisoba

Mie soba goreng yang dicampur sayuran dan daging. Mirip seperti mie goreng jawa kalau di Indonesia.

34. Ayam Katsu

Ayam Katsu
Ayam Katsu

Di Jepang, katsu terbuat dari daging babi. Di Indonesia, bahan yang digunakan biasanya ayam. Daging yang sudah dipotong tipis akan dibalur tepung lalu digoreng.

35. Teppanyaki

 Teppanyaki
Teppanyaki

Teppanyaki adalah cara memasak makanan di Jepang menggunakan nampan besi. 

36. Nori

Nori
Nori

Nori seringkali digunakan sebagai pelengkap atau hiasan dalam penyajian makanan Jepang. Terbuat dari rumput laut yang diolah menjadi lembaran tipis.

37. Tokyo Banana

Tokyo Banana
Tokyo Banana

Meski namanya banana, kue ini sama sekali tidak menggunakan bahan pisang. Hanya bentuknya saja seperti pisang. 

38. Pocki

Pocki
Pocki

Cemilan dari Jepang yang sudah sangat populer di Indonesia. Biskuit stik dengan tambahan creamy berbagai rasa.

39. Sinbei

Sinbei
Sinbei

Cemilan dari Jepang ini juga biasanya jadi oleh- oleh.  Sinbei adalah krekes yang terbuat dari tepung beras panggang dan ditambahkan saus manis.

40. Unagi

Unagi
Unagi

Unagi dalam bahasa Indonesia artinya belut. Di Jepang, ikan ini jadi lauk favorit bersantap nasi putih. Selain rasanya enak, unagi juga memiliki banyak khasiat. 

Semua kuliner Jepang begitu menggiurkan. Di Indonesia pun mudah dijumpai di sejumlah restoran ternama. Tak hanya resto, kuliner Jepang di Indonesia juga sudah ada yang dijajakan kaki lima. Jadi, penggemar sushi dan kawan- kawan tak perlu khawatir lagi dengan isi dompetnya saat ingin menikmati sajian khas negeri Sakura.

Baca Juga