20 Kuliner Denmark Yang Terkenal Nikmat Selain Kukis Butter
Kuliner khas Denmark memang tak sepopuler kuliner Eropa lain seperti Italia maupun Inggris. Namun, jika Anda penggemar kue butter pasti familiar dengan label kukis yang selalu menuliskan resep Danish Food.

Setiap kali bepergian keluar negeri, rasa penasaran akan selalu muncul untuk mencoba kuliner khas negara yang didatangi. Denmark yang terkenal akan danish foodnya pun tak boleh terlewatkan saat menyambangi negara ini. Apalagi, kue khas Denmark sudah terkenal kelezatannya di Indonesia.

1. Danish Pastry

Danish Pastry
Danish Pastry

Salah satu ciri khas dari kue khas Denmark adalah aroma butternya yang kuat. Contohnya danish pastry ini. Kue renyah dengan aroma butter dan rempah yang banyak disukai penduduk setempat maupun wisatawan. Kue ini kerapkali dihidangkan untuk menemani waktu bersantai sambil menyuruput secangkir kopi atau teh.

2. Stegt Flæsk

Stegt Flæsk
Stegt Flæsk

Bahan utama dari makanan ini adalah daging babi yang digoreng. Daging kemudian disajikan dengan saus krim dan kentang serta perseli. Kentang yang dihidangkan bisa berupa kentang rebus ataupun kentang goreng. Bagi yang muslim bisa menggantinya dengan daging sapi.

Baca juga: 30 Kuliner Khas Swedia Yang Wajib Anda Tahu

3. Smørebrød

Smørebrød
Smørebrød

Makanan ini berupa potongan roti yang disajikan dengan berbagai macam toping. Bisa berupa telur rebus, ikan salmon, ikan goreng, maupun udang. Roti yang digunakan umumnya adalah roti gandum. Sebagai penambah citarasa dan aroma, smørebrød juga disajikan dengan irisan lemon.

4. Rugbrød

 Rugbrød
Rugbrød

Rugbrød roti yang dibuat dari tepung dan kacang rye.Tekstur roti ini seperti roti gandum dan lebih coklat. Rugbrød biasanya disajikan dengan ikan tuna, daging ayam, ataupun bacon.

5. Lakrids

Lakrids
Lakrids

Coklat yang menyerupai permen dengan rasa asam dan manis. Lakrids biasanya dijual dalam kemasan. Tampilannya ada yang coklat, hitam, dan warna warni. Cemilan ini memiliki aroma dan rasa adas yang sedikit pekat.

6. Bofsandwich

Bofsandwich
Bofsandwich

Makanan ini berupa burger dan termasuk kuliner Denmark yang paling populer dan banyak digemari. Roti diisi dengan daging sapi lalu diberi saus coklat yang banyak. Penggunaan saus coklat inilah yang menjadi ciri khas dan kunci kelezatan dari burger Denmark ini. 

7. Parsley Sauce

Parsley Sauce
Parsley Sauce

Saus putih dengan taburan daun parseli ini kerap digunakan sebagai pelengkap masakan khas Denmark. Saus ini terbuat dari butter, susu, tepung, daun perseli, lada, dan garam. Pengolahan saus ini pun terbilang sangat mudah. Cukup masukkan semua bahan satu persatu ke dalam panci yang sudah dipanaskan dengan lelehan butter.

8. Flæskesteg

 Flæskesteg
Flæskesteg

Sajian babi panggang dengan kulit pastry renyah. Makanan ini kerap disajikan untuk perayaan natal di Denmark. Buah cherry panggang juga ikut tersaji mendampingi sajian babi panggang ini.

9. Medisterpølse

Medisterpølse
Medisterpølse

Sajian sosis dari bahan daging babi dan kerap disajikan di hari natal. Medisterpølse biasanya dipanggang dan disajikan utuh bersama makanan lainnya.

10. Soft Onions

Soft Onions
Soft Onions

Jika di Indonesia ada bawang goreng yang dibuat dari bawang merah. Maka, di Denmark olahan bawang goreng pun ada. Berupa irisan bawang bombay ditumis dengan sedikit minyak.

11. Brændende Kærlighed

Brændende Kærlighed
Brændende Kærlighed

Brændende Kærlighed adalah sajian kentang tumbuk yang dimasak dengan butter dan susu. Sebagai pelengkap, makanan ini dihidangkan dengan tumis daging bacon dan bawang. Untuk muslim, dagingnya bisa diganti dengan daging halal. 

12. Danish Meatballs

Danish Meatballs
Danish Meatballs

Perkedel ala Denmark ini sering disebut frikadelle. Perkedel yang menggunakan bahan utama berupa daging cincang. Makanan ini juga populer di Jerman dan kerap disajikan sebagai menu utama. Dalam pembuatannya, frikadelle banyak menggunakan bahan pelengkap dan rempah pilihan. Selain daging sapi dan daging sapi, frikadelle juga menggunakan telur kocok, kentang tumbuk, krim, tepung roti , rosemary, merica, dan bawang bombay.

13. Millionbøf

Millionbøf
Millionbøf

Olahan daging cincang yang dimasak dengan banyak bumbu. Millionbøf Biasanya disajikan dengan kentang tumbuk atau pasta.

14. Rullepølse

Rullepølse
Rullepølse

Sajian tradisional Denmark berupa sayatan daging babi yang disteam. Setelah dikukus, daging akan ditambahkan pada campuran sayuran ataupun salad.

15. Risalamande

Risalamande
Risalamande

Puding ala Denmark dari bahan tepung beras dan kacang almond. Risalamande biasanya disajikan dengan whipped cream dan saus buah cherry.

16. Roasted Duck

Roasted Duck
Roasted Duck

Makanan ini berupa olahan daging bebek panggang yang disantap dengan saus. Sebelum daging dipanggang, biasanya direndam dulu dengan cairan bumbu agar lebih bumbu lebih meresap sempurna pada daging.

17. Pariserbøf

Pariserbøf
Pariserbøf

Roti panggang yang disajikan dengan potongan daging sapi. Semua bahan dan bumbu ditumis menggunakan butter. Sajian pariserbøf juga menggunakan kuning telur utuh dan irisan bawang.

18. Forloren Hare

Forloren Hare
Forloren Hare

Sajian daging bacon yang disajikan dengan kentang dan wortel rebus. 

19. Æbleflæsk

Æbleflæsk
Æbleflæsk

Hidangan ala Denmark yang satu cukup sederhana karena semua bahan tidak dicampur. Daging pork yang sudah dikeringkan dipanggang disajikan di atas piring. Roti gandum pun disusun berdampingan dengan pork dan saus seperti saus kacang yang kental. Ditambahkan pula buah apel yang sudah dicincang dan dimasak dengan sedikit bumbu.

20. Vaniljekrans 

 Vaniljekrans
Vaniljekrans

Ini dia kukis khas Denmark yang paling populer di Indonesia. Tulisan resep Denmark bahkan selalu menghiasi setiap kemasan kukis butter. Salah satu kelebihan Vaniljekras yang membuatnya digemari banyak orang adalah aroma dan rasa butter dari kue ini begitu terasa.

Di Eropa, kukis ini menjadi hidangan wajib saat perayaan natal. Kukis ini juga kerap jadi cemilan untuk teman bersantai sambil minum susu, kopi, maupun teh. Untuk membutnya sendiri di rumah pun begitu mudah. Meski asalnya dari Denmark, tapi semua bahan yang diperlukan untuk pembuatan kukis ini sudah tersedia di Indonesia.

Di antara daftar di atas yang manakah favorit Anda? Jika belum sempat menginjakkan kaki ke Benua Eropa, Anda bisa lho membuatnya di rumah. Beberapa bahan yang digunakan meskipun produk luar, sekarang sudah bisa dengan mudah ditemukan di toko kue. Jadi, tak ada halangan dan alasan untuk menikmati kuliner khas Denmark meski belum sempat ke negara tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.