22 Kuliner Khas Belgia Yang Enaknya Bikin Ketagihan
Belgia menjadi negara yang tak boleh terlewatkan saat berlibur ke Benua Eropa. Bukan hanya pemandangannya yang menarik tapi kuliner Belgia memang sudah terkenal enak. Jalan- jalan ke Belgia jangan hanya mencicipi waffle atau coklatnya.

Budaya Belgia memang masih asing di Indonesia. Namun beberapa kulinernya tak asing bagi orang Indonesia. Terlebih, kuliner khas Belgia memiliki kesamaan dengan kuliner Belanda yang notabene pernah menjajah dan membawa pengaruh besar terhadap budaya Indonesia. Salah satu makanan yang terkenal dari Belgia adalah coklat. Selain karena rasanya yang bikin ketagihan, pengolahan coklat di Belgia ternyata ada yang menggunakan bahan coklat mentah dari Indonesia.

1. Waffle

Waffle
Waffle

Kudapan yang satu ini sudah populer di Indonesia sejak dulu. Biasanya dijadikan menu sarapan atau makanan penutup. Meski bentuknya mirip, nyatanya waffle khas Belgia adonannya berbeda dari waffle Amerika. Jika waffle biasanya menggunakan adonan pancake, waffle khas Belgia justru menggunakan ragi sebagai pengembang adonan.

Waffle disajikan dengan tambahan telur, madu, butter, ataupun daging. Sajian waffle yang gurih seperti ini cocok untuk sarapan. Untuk dessert, waffle biasanya diberi tambahan toping es krim, gula bubuk, dan potongan buah segar.

Baca juga: 32 Kuliner Khas Belanda Yang Wajib Kamu Ketahui

2. Boudin Blanc

Boudin Blanc
Boudin Blanc

Sajian sosis ala Belgia yang dihidangkan bersama sayuran dan kentang potong. Dalam pembuatan boudin blanc, bahan yang digunakan umumnya seperti pork dan daging ayam yang dihaluskan. Daging lalu dicampur tepung dan rempah seperti lada putih. Selanjutnya adonan dibentuk lalu dimasak.

3. La Tarte De Riz

 La Tarte De Riz
La Tarte De Riz

Pie tart khas Belgia yang dibuat dari susu, telur, gula, dan tepung beras. Teksturnya seperti kue krim namun pinggiran kuenya lebih padat. Biasanya La Tarte De Riz disajikan dengan potongan buah cherry sebagai topping.

4. Carbonade

Carbonade
Carbonade

Olahan daging sapi yang mirip seperti semur. Daging yang dipilih adalah yang tanpa lemak. Carbonade dimasak dengan anggur hitam dan cuka anggur bersama rempah. Ditambahkan lada hitam, minyak zaitun, irisan bawang dan sedikit tepung untuk mengentalkan kuahnya. Carbonade biasanya disantap dengan roti tawar yang sudah diolesi selai.

5. Pate

Pate
Pate

Pate adalah olahan daging yang dihaluskan kemudian dibuat jadi adonan dengan tepung dan rempah. Adonan ini kemudian dimasak lalu diiris tipis saat disajikan. Umumnya di Eropa, pate dibuat dari daging babi namun bisa juga diganti dengan daging sapi bagi yang muslim.

6. Moules

Moules
Moules

Moules adalah olahan kerang khas Belgia yang kelezatannya sudah terkenal di seluruh dunia. Moules dimasak dengan rempah dalam kondisi kerang yang masih utuh. Makanan ini biasanya disajikan bersama kentang goreng. Rempah yang digunakan untuk memasak moules sangatlah sederhana, hanya menggunakan bawang putih, garam, mentega, bawang merah, bawang putih, dan perseli.

7. Chicon Au Gratin

Chicon Au Gratin
Chicon Au Gratin

Chicon Au Gratin adalah kentang panggang khas Belgia yang dimasak dengan lada, butter, dan sedikit susu. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan atau cemilan.

8. Stoemp

 Stoemp
Stoemp

Stoemp dibuat dari kentang rebus yang ditumbuk kemudian dicampur dengan potongan wortel, daging cincang, lada, krim, merica, dan pala. Makanan ini disajikan dengan sosis atau carbonade.

9. Crevette Grise

Crevette Grise
Crevette Grise

Olahan udang ala Belgia yang direbus bersama rempah dan disajikan dengan salad. Udang yang dipilih adalah udang segar yang masih ada kulitnya. 

10. Filet Américain

Filet Américain
Filet Américain

Filet americain ini berupa daging yang dihaluskan kemudian ditumis dengan rempah. Makanan ini disajikan di atas roti ataupun biskuit krekes.

11. Speculoos

Speculoos
Speculoos

Biskuit panggang khas Belgia ini juga populer di Belanda. Bahkan sudah banyak yang dijual dalam kemasan sehingga lebih mudah dijadikan oleh- oleh. Speculoos tekturnya sangat renyah dengan rasa manis yang tidak berlebihan. Dibuat dengan rempah pilihan seperti kayu manis, lada, cengkeh, kapulaga, pala, dan jahe.

12. Waterzooi

Waterzooi
Waterzooi

Sup ikan khas Belanda yang juga menjadi makanan khas Belgia. Ada pula yang membuat waterzooi dari daging ayam. Sup dimasak dengan sayuran seperti wortel, kentang, dan daun bawang serta ditambahkan sedikit krim.

13. Ham and Endive Gratin

Ham and Endive Gratin
Ham and Endive Gratin

Kuliner ini juga terkenal di Prancis. Ham and Endive Gratin berupa sawi putih yang dibakar hingga layu kemudian dililitkan daging ham dan dimasak lagi dengan bumbu, butter, krim, dan susu.

14. Paling in't Groen

Paling in't Groen
Paling in't Groen

Sup ikan dengan kuah kental hijau. Kuahnya dari campuran sayuran dan rempah yang dihaluskan. Ikan yang digunakan adalah jenis eel, ikan dari perairan Eropa yang bentuknya memanjang dan kecil.

15. Belgian Meatballs

Belgian Meatballs
Belgian Meatballs

Tak jauh beda dengan meatballs umumnya. Belgian Meatballs ini dibuat dari daging cincang kemudian digoreng ataupun direbus. Yang khas adalah penggunaan kuah merah dari buah cherry.

16. La Dame Blanche

 La Dame Blanche
La Dame Blanche

Sajian es krim yang disajikan dengan lelehan coklat Belgia dan krim melimpah. La Dame Blanche juga populer di Belanda. 

17. Belgian Cherish Raspberry Lambic Beer

Belgian Cherish
Belgian Cherish

Olahan buah cherry memang sudah menjadi favorit bagi orang Belgia. Tak hanya makanan, buah cherry juga diolah jadi minuman, salah satunya bir cherry khas Belgia ini.

18. Mattentaart

Mattentaart
Mattentaart

Mini pie yang menyerupai cupcake. Diberi isian sehingga saat dipanggang adonan mengembang dan bagian atas kue jadi terbuka.

19. Rum Omelette

Rum Omelette
Rum Omelette

Makanan yang sudah ada sejak tahun 1900-an ini merupakan sajian klasik bagi penduduk Belgia. Berbeda dari omelet pada umumnya, rum omelette justru disajikan manis dengan tambakan madu, gula bubuk, dan es krim.

20. Couque de Dinant

Couque de Dinant
Couque de Dinant

Biskuit lebar yang kerap disajikan sebagai ornamen perayaan natal di Belgia. Selain berukuran besar, biskuit ini juga memiliki ukiran pada permukaannya.

21. Snoep

Snoep
Snoep

Bolu gulung dengan krim di tengahnya. Kadang juga ditambahkan potongan buah segar di antara krimnya.

22. Belgian Carrots

Belgian Carrots
Belgian Carrots

Wortel yang direbus dengan air dan tambahan butter, krim, serta bumbu. Setelah empuk, air rebusan ditiriskan dan wortel disajikan kering.

Dari daftar bahannya, kuliner Belgia pun bisa Anda buat sendiri di rumah. Beberapa di antaranya bahkan mudah dijumpai di rumah makan umum. Olahan coklat maupun waffle khas Belgia tentu sudah tak asing bagi warga Indonesia.

Baca Juga