40 Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi Untuk Kesehatan Tubuh
Susu dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt adalah makanan kalsium yang kerap dicari. Asupan kalsium paling sering diberikan pada ibu hamil, anak, dan ujia lanjut. Selain susu, makanan yang mengandung kalsium tinggi juga masih banyak seperti sayuran maupun buah- buahan.

Umumnya, manfaat kalsium yang paling banyak diketahui adalah untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga mampu menjaga kinerja organ tubuh agar tetap berjalan baik sebagaimana mestinya. Orang yang kekurangan kalsium biasanya akan rentan terkena penyakit jantung, gangguan pencernaan, maupun syaraf. Kalsium juga berfungsi dalam proses pembekuan darah saat terjadinya luka pada tubuh. Kalsium banyak ditemukan pada makanan yang berasal dari hewani dan sayuran.

1. Susu Sapi

Kalsium dari susu sapi
Kalsium dari susu sapi

Segelas susu 200ml mengandung 240 mg kalsium. Selain itu, susu sapi juga mengandung fosfor dan kalium yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Sangat dianjurkan untuk bagi anak- anak untuk rutin minum susu karena dapat membantu pertumbuhan tulang dan giginya.

2. Keju

Keju adalah produk turunan dari susu yang berasal dari proses fermentasi. Keju biasanya diolah lagi jadi makanan lain sehingga kandungan kalsium jadi berkurang dan tidak sebanyak kalsium pada susu. Dalam 30 gr keju mengandung 216 mg kalsium.

3. Sarden

Pada ikan sarden, kandungan kalsiumnya sebanyak 410 mg dalam setiap 100 gr ikan atau setara dengan 4 ekornya. 

4. Ikan Salmon

Kalsium dari ikan salmon
Kalsium dari ikan salmon

Dalam setiap 100 gr ikan salmon terkandung 28 mg kadar kalsium. Meski beda jauh dari kadar kalsium pada ikan sarden namun lebih banyak yang merekomendasikan salmon sebagai asupan terbaik untuk bayi dan ibu hamil. Pengolahan salmon yang tidak butuh proses panjang membuat kandungan kalsiumnya tidak banyak hilang.

5. Kacang Panggang

Dalam 220 gr kacang panggang mengandung 100 mg kalsium. Manfaat kalsiumnya bisa didapatkan jika tidak memasaknya terlalu lama.

6. Kedelai

Kedelai
Kedelai

Kalsum juga banyak ditemukan pada keledai khususnya pada olahan susunya. Dalam 200 ml susu sapi bisa mengandung 240 mg kalsium.

7. Jus Jeruk

Meski lebih banyak mengandung vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. 250 ml jus jeruk mengandung sekitar 300 mg kalsium.

Baca juga : 41 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Tahu

Tahu
Tahu

Tahu adalah produk turunan dari kedelai. 100 gr tahu mengandung kalsium sebanyak 500 mg.

9. Sayur Keciwis (Pak Choy)

 Keciwis
Keciwis

Keciwis bentuknya seperti sayur selada namun lebih hijau. Nama lain sayuran ini adalah pak choy atau bochoy. Diketahui sayur ini juga banyak mengandung kalsium yakni 268 mg dalam setiap cangkirnya.

10. Bayam

Sayuran hijau memang dikenal mengandung kalsium tinggi diantaranya adalah bayam. Bayam mengandung kalsium sebesar 150 mg dari setiap 100 gr porsinya.

11. Selada Air

Kandungan kalsium pada selada air hanya 75 mg dari setiap 50 gr porsi selada.

12. Brokoli

Brokoli
Brokoli

Meski sayur ini sangat hijau dan mengandung banyak vitamin namun kandungan kalsiumnya hanya 30 mg dari 50 gr porsinya.

13. Okra

Okra
Okra

Okra adalah sejenis sayuran yang juga berwarna hijau namun tidka berbentuk dedaunan. Sayur ini juga diketahui mengandung kalsium tinggi yakni 130 mg dalam setiap 50 gr porsinya.

14. Sayuran Kale

Sayuran Kale
Sayuran Kale

Kandungan kalsium pada sayur kale sebesar 65 mg dalam setiap 50 gr porsinya. Sayur kale ini cepat sekali layu jadi sebaiknya cepat dimasak jika tidak ingin kehilangan nutrisinya.

15. Kacang Arab

Kacang jenis ini ternyata juga mengandung banyak kalsium. Sayangnya tidak diproduksi di Indonesia dan hanya bisa dinikmati dari jajanan impor. Adapun kandungan kalsiumnya yakni sebesar 45 mg dari 100 gr - nya.

16. Kacang Almond

Almond hanya mengandung 35 mg dari setiap 15 gr porsinya.

17. Kacang Brazil

Kacang Brazil
Kacang Brazil

Kandungan kalsium pada jenis kacang ini sebesar 26 mg dari 15 gr porsinya.

18. Biji Wijen

Wijen biasanya digunakan untuk pembuatan kue. Adapun kandungan kalsiumnya 160 mg dalam setiap 1 sendok the biji wijen.

19. Roti

Roti mengandung kalsium sebesar 300 mg dari 80 gr porsi.

20. Kismis

Kebanyakan buah yang suka diolah jadi kismis adalah anggur. Kismis mengandung 93 mg kalsium dari porsi 100 gr.

21. Oatmeal

Satu mangkuk oatmeal mengandung kalsium 105 mg.

22. Pisang

Tidak hanya mengenyangkan, pisang juga mengandung kalsium tinggi. Ini kenapa dalam makanan bayi (MPASI) juga dianjurkan memberinya pisang.

23. Yoghurt

Produk turunan susu yang satu ini mengandung 30 % kalsium dalam setiap gelasnya yang sebanyak 245 gr.

24. Buah Ara

Buah ara atau buah tin memiliki kandung kalsium 5 % dari setiap ons-nya.

25. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Kadar kalsium pada alpukat sebesar 12 mg dari setiap 100 gr - nya.

26. Buah Berry

Segala jenis buah berry juga mengandung kalsium tinggi. Dalam setiap 1 cangkir buah berry terkandung 40 mg kadar kalsium.

27. Kurma

Kurma juga diketahui memiliki kalsium tinggi. Mengkonsumsi 3 buah kurma bisa mencukupi kebutuhan kalsium sebesar 46 mg.

28. Kangkung 

Kangkung mengandung 210 mg kalsium dalam setiap 100 gr porsi kangkung yang masih mentah.

29. Lobak

Lobak mengandung 190 mg kalsium pada setiap 100 gr porsinya.

30. Makanan Tulang

Sup tulang sumsum
Sup tulang sumsum

Kalsium juga bisa diperoleh dari tulang- tulang hewan seperti tulang sapi, ayam, dan ikan. 

31. Rumput Laut

Seperti diketahui, makanan dari laut memang mengandung banyak mineral berupa kalsium maupun vitamin D.

32. Aprikot

Setiap 100 gr buah aprikot mengandung 5 mg kalsium.

33. Kiwi

Kiwi
Kiwi

Kandungan kalsium pada buah kiwi sebanyak 34 mg dalam setiap 100 gramnya.

34. Kumquat

Kumquat
Kumquat

Sekilas buah ini mirip seperti jeruk tapi isinya lebih seperti lemon dan bentuknya lonjong kecil. Buah mengandung kalsium 12 mg kalsium dalam setiap butir buahnya.

35. Kelembak

Sayuran mirip sayur kale namun daunnya lebih lebar. Kandungan kalsium 86mg / 100 gram.

36. Prune

Buah Prune
Buah Prune

Prune adalah sejenis buah yang mirip seperti plum. Seringkali dikeringkan dan dijadikan kismis. Kandungan kalsiumnya 55 mg dalam setiap gelas olahan jusnya.

37. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung 33 mg dalam setiap 100 gram porsi air perasannya.

38. Pepaya

Terdapat 20 mg kalsium pada setiap 100 gram pepaya.

39. Strawberry

Strawberry mengandung kalsium sebesar 16 mg dalam setiap 100 gram porsinya.

40. Jambu Biji

Jambu biji mengandung kalsium sebesar 18 mg / 100 gram.

Tubuh yang sehat tak hanya perlu makanan yang bergizi. Selain rutin mengkonsumsi makanan kalsium tinggi, sebaiknya dibarengi dengan berolahraga agar tubuh bisa menyerap kalsium dengan baik. 

Baca Juga