Cara Membuat Takoyaki Khas Jepang yang Paling Mudah dan Lezat
Takoyaki adalah salah satu jajanan khas jepang yang memiliki rasa yang lezat dan sangat populer. Di Jepang sendiri, banyak sekali cabang-cabang toko yang menjual takoyaki. Tidak hanya di Jepang saja, Takoyaki juga banyak dijual di Negara lain seperti Taiwan, Hongkong, dan Korea .

Kata.co.id - Jepang merupakan Negara maju yang sangat indah dan modern. Disamping itu, Jepang juga kaya akan kuliner yang khas. Takoyaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang diminati oleh banyak orang, termasuk orang Indonesia. Kuliner yang satu ini wajib untuk dicicipi bagi siapa saja yang berkunjung ke Negeri Sakura. Takoyaki sering muncul sebagai latar menu makanan dalam beberapa Drama Jepang. Sebelum mencoba untuk membuat Takoyaki, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang asal-usul dan jenis-jenis Takoyaki seperti uraian berikut.

Asal-Usul Takoyaki

Takoyaki
Asal-Usul

Takoyaki merupakan makanan berbentuk bola kecil yang berasal dari Kansai. Takoyaki dibuat dengan bahan dasar tepung serta taburan katsuobushi. Makanan khas Jepang ini selalu disajikan dengan saos.

Dari segi bahasa, takoyaki adalah gabungan dari kata  'tako' yang artinya gurita dan juga “yaki” yang artinya bakar. Jadi, jika digabungkan kata takoyaki memiliki arti 'potongan gurita bakar'. Dalam proses pengolahannya, gurita dicampur dengan adonan tepung dan dibentuk seperti bola dan kemudian dipanggang. 

Selain menggunakan bahan dasar gurita, takoyaki juga dapat dibuat menggunakn cumi-cumi yang penyajiannya ditemani dengan saos tekoyaki yang khas. Takoyaki sudah ada dari zaman pemerintahan Kaisar Taisho. Zaman Taisho berlangsung setelah zaman Meiji berakhir. 

Perkembangan Takoyaki

Sekitar tahun 2000, kios bernama Gindako yang berasal dari kawasan pasar Tsukiji, Tokyo sukses dengan sejumlah toko cabang yang dibuka di seluruh Jepang hingga bisa membuat makanan ringan dengan rasa takoyaki.

Pada tahun 1965, takoyaki mulai banyak dijual pada kios-kios kecil di daerah Kanto, Jepang. Dan pada tahun 1990, takoyaki menjadi makanan yang semakin populer di Jepang. Demam takoyaki mulai terjadi ketika kios Kyotako berdiri di daerah shibuya. Sementara di Kyushu, ada yang menjual takoyaki dengan cara berkeliling, dan lama kelamaan berkembang menjadi perusahaan bernama Hatchandō yang juga menjual daging beku.

Semenjak saat itu, banyak sekali kios dan toko yang sukses berjualan takoyaki. Takoyaki semakin banyak ditemukan saat diadakan acara atau event besar seperti tahun baru. Saking populernya, takoyaki menjadi hadiah wajib yang diberikan oleh para orang tua untuk anak perempuan yang akan menikah. 

Kemudian pada tahun 2000, sebuah kios bernama Gindako sukses membuka toko cabang di seluruh kawasan Jepang sehingga takoyaki semakin menjamur dan sudah menjadi makanan ringan sehari-hari.

Jenis-Jenis Takoyaki

Takoyaki
Jenis-Jenis Takoyaki

Awalnya takoyaki hanya memiliki dua pilihan rasa saja, yaitu takoyaki dengan saos dan takoyaki tanpa saos. Namun seiring dengan perkembangan zaman, varian rasa takoyaki semakin beraneka ragam. Berikut ini adalah jenis-jenis takoyaki yang sering dibuat:

1. Takoyaki Polos

Takoyaki polos adalah takoyaki yang dalam pembuatannya tidak memakai saos, takoyaki jenis ini biasanya dimakan dengan garam kasar atau ponzu.

2. Takoyaki Saos

Pada Takoyaki jenis ini, permukaan takoyaki akan dioles menggunakan saos, kemudian ditambah dengan mayones, anaori dan katsuobushi yang merupakan awetan ikan cakalang.

3. Takoyaki Kecap Asin

Seperti namanya, takoyaki kecap asin adalah jenis takoyaki yang permukaannya dioles menggunakan kecap asin. Takoyaki jenis ini sering ditemukan di Nagoya.

4. Tamagoyaki atau Akashiyaki

Jenis takoyaki kali ini cukup berbeda dari sebelumnya. Tamagoyaki atau Akashiyaki dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang diencerkan, kemudian diicampur dengan banyak telur serta dashi. Makanan ini biasanya dihidangkan di atas piring yang berbentuk seperti talenan. Cara memakannya yaitu dengan mencelupkannya kedalam sup dashi.

Baca Juga: 24 Makanan Khas Bengkulu yang Patut Anda Coba

Cara Membuat Takoyaki

Takoyaki
Cara Membuat Takoyaki

Membuat takoyaki sangat mudah dan sederhana asalkan anda mempunyai alat cetakan takoyaki. Alat cetakan tersebut berbentuk cekungan setengah bola yang memiliki fungsi mencetak sekaligus untuk memasak takoyaki. Cetakan ini cukup sulit diperoleh, sebagi penggantinya anda dapat menggunakan cetakan kue dorayaki yang lebih mudah didapatkan dan lebih praktis. Selain cetakan, anda juga harus menyiapkan mesin Fish Pellet Grill, dengan bantuan alat ini, anda dapat membuat banyak takoyaki dengan sekali panggang.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Takoyaki

Setelah menyiapkan alat, selanjutnya anda perlu menyiapkan bahan-bahan dasar untuk mebuat takoyaki. Tidak harus menggunakan gurita, anda bisa menggunakan ikan, sosis ataupun udah sebagai bahan utama. Yang perlu anda ketahui, bahan isian untuk takoyaki tidak boleh menggunakan bahan yang rasanya manis karena akan merusak cita rasa takoyaki. 

Berikut ini adalah daftar lengkap bahan-bahan yang harus anda siapkan:

Bahan Adonan:

150 gram tepung terigu

2 butir telur ayam berukuran sedang, kocok lepas

5 gram katsuobushi

1 sendok teh baking powder

120 ml susu cair

5 gram katsuobushi

1 sendok teh kaldu bubuk rasa sapi atau ayam

350 ml air bersih

Bahan Isian:

250 gram gurita (atau bahan yang anda inginkan) yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil

Bunga kol yang dipotong kecil-kecil

3 sendok teh garam

3 batang daun bawang

Mayonise secukupnya

Saus takoyaki secukupnya

Saus sambal secukupnya

Minyak goreng

Langkah-Langkah Membuat Takoyaki

Membuat takoyaki
Langkah Membuat Takoyaki

1. Rebus katsuobushi dengan menggunakan 350 ml air hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan selama lima menit, kemudian matikan api dan saring jika sudah dingin.

2. Masukkan susu cair dan aduk hingga rata dengan katsuobushi.

3. Tuang kaldu bubuk sesuai selera dan aduk lagi hingga merata.

4. Masukan putih telur yang sebelumnya sudah dikocok lepas, aduk hingga rata. 

5. Sediakan wadah baru untuk mengadon tepung terigu dengan baking powder sampai rata. 

6. Setelah adonan di wadah baru merata, masukkan kedalam wadah yang berisi bahan utama, lalu aduk lagi hingga adonan merata. 

7. Jangan lupa untuk menyaring adonan agar tepung tidak menggumpal.

8. Sementara itu, panaskan cetakan untuk takoyaki. Oleskan margarin secukupnya terlebih dahulu pada cetakan supaya adonan tidak lengket. Margarin bisa diganti dengan minyak goreng jika tidak ada. 

9. Setelah minyak goreng atau margarin panas, tuangkan adonan kedalam cetakan takoyaki setengah dari lubang cetakan. Lalu isi takoyaki dengan bahan kesukaan anda. Tutup isian dengan adonan takoyaki hingga memenuhi cetakan takoyaki.

10. Saat bagian atas takoyaki mulai mengembang, segera balik takoyaki agar matang secara keseluruhan.

11. Setelah takoyaki matang, angkatlah cetakan takoyaki dengan hati-hati.

12. Sajikan takoyaki bersama dengan saos takoyaki dan mayonais

Baca Juga