15 Cabai Terpedas Di Dunia Yang Perlu Anda Ketahui
Anda pecinta makanan pedas? Tak selera jika tak ada cabai atau sambel? Menurut Anda, cabai terpedas di Indonesia itu seperti apa? Apakah pernah mencoba cabai terpedas di dunia? Jenis cabai apa saja yang dimaksud? Simak ulasan berikut.

Beberapa kalangan merasa tak berselera jika menyantap makanan tanpa sambel. Sambel sendiri bahan dasarnya adalah cabai. Tapi tahukah Anda, ternyata Cabai Hiyung dari Kalimantan atau Cabai Katokkon dari Toraja yang terkenal pedas di Indonesia belum seberapa dibandingkan 15 macam cabai terpedas di dunia ini. Tingkat kepedasannya pun berjuta kali lipat dibanding rawit di Indonesia. Pantas saja jika sejumlah kasus gangguan kesehatan pernah muncul akibat berlebihan mengkonsumsi jenis cabai- cabai ini.

Baca juga : 60 Macam Sambel Khas Indonesia

Kepedasan cabai dihitung berdasarkan tingkat kandungan kapsaisinnya dengan menggunakan skala scoville (SHU).

15. Red Savina Habanero

Red Savina Habanero
Red Savina Habanero

Tingkat kepedasan jenis cabai ini antara 248.556 – 500.000 SHU. Red Savina Habanero pernah memegang rekor cabai terpedas di dunia pada tahun 1994 hingga 2006. Cabai ini sendiri dibudidayakan oleh Frank Garcia di Walnut, California, USA.

14. 7 Pot Red Giant

7 Pot Red Giant
7 Pot Red Giant

Inilah induk dari semua jenis cabai jenis 7 pot yang banyak dihasilkan dari persilangan. 7 pot red giant memiliki tingkat kepedasan sebesar 1.000.000 SHU. Bentuk cabai ini juga lebih besar dari jenis cabai lainnya. 

13. Bhut Jolokia atau Ghost Pepper 

Bhut Jolokia
Bhut Jolokia

Karena cabai ini begitu populer di dunia hingga banyak yang menduga jika cabai terpedas adalah bhut jolokia. Kadar kapsaisinnya sendiri hanya 855.000 – 1.041.427 SHU.

12. Bedfordshire Super Naga

Bedfordshire Super Naga
Bedfordshire Super Naga

Cabai ini dibudidayakan di Inggris oleh perkebunan Salvatore Genovese. Perkebunan ini sendiri diketahui menanam berbagai jenis cabai terpedas di dunia. Produksinya pun bisa mencapai 500.000 biji cabai setiap minggunya. Bedfordshire super naga memiliki tingkat kepedasan 1.120.000 SHU.

11. 7 Pot Infinity

7 Pot Infinity
7 Pot Infinity

Cabai ini pertama kali ditemukan di Inggris dan kini dibudidayakan oleh Nick Woods of Fire Foods, Grantham, Lincolnshire. 7 pot infinity pernah tercatat sebagai cabai terpedas pada tahun 2011. Namun rekor itu hanya bertahan 2 minggu setelah digeser rekornya oleh cabai naga viper.

10. 7 Pot Jonah

7 Pot Jonah
7 Pot Jonah

7 pot jonah memiliki ukuran lebih besar menyerupai bola golf. Beratnya bahkan bisa mencapai 1 ons perbuahnya. Tingkat kepedasannya sebesar 1.200.000 SHU. 

9. 7 Pot Barrackpore

7 Pot Barrackpore
7 Pot Barrackpore

Cabai 7 pot barrackpore diduga merupakan persilangan dari jenis 7 Pot dan Bhut Jolokia (Ghost Pepper). Cabai ini sendiri ditemukan di salah satu pulau di Kepulauan Carebia. Tingkat kepedasannya mencapai 1.300.000 SHU.

8. 7 Pot Brain Strain

7 Pot Brain Strain
7 Pot Brain Strain

Jenis cabai yang satu ini bukanlah tercipta dari hasil persilangan. Dibudidayakan pertama kali dari polong tanaman yang diinginkan dan disimpan di pot. Jenis polongnya didapatkan oleh seorang penggemar cabai bernama David Capiello dari Carolina Utara, USA pada tahun 2010. Polongnya berasal dari para petani dan diduga bibitnya ada hubungannya dengan jenis cabai Trinidad Moruga Scorpion. 7 pot brain strain memiliki tingkat kepedasan sebesar 1.350.000 SHU.

7. Naga Viper

Naga Viper
Naga Viper

Cabai naga viper merupakan hasil persilangan dari 3 jenis cabai yakni varian Naga Morich, Bhut Jolokia, dan Trinidad Scorpion. Tingkat kepedasannya mencapai 1.382.118 SHU. Cabai ini juga pernah diakui Guiness Record sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2011. Naga viper sendiri dibudidayakan oleh Gerald Fowler of The Chilli Pepper Company yang berbasis di Cark, Cumbria. Inggris.

6. Komodo Dragon

Komodo Dragon
Komodo Dragon

Bentuk cabai lebih kecil dengan tingkat kepedasan mencapai 1.400.000 SHU. Cabai ini tumbuh di perkebunan cabe Salvatore Genovese yang berlokasi di Inggris. 

5. Trinidad Scorpion ‘Butch T’

Trinidad Scorpion ‘Butch T’
Trinidad Scorpion ‘Butch T’

Jenis cabai ini pernah memegang rekor sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2011. Tingkat kepedasannya mencapai 1.463.700 SHU. Trinidad Scorpion dibudidayakan oleh Butch Taylor yang merupakan pemilik perkebunan Zydeco di Woodville, Mississippi, USA. Disebut scorpion karena cabai ini diklaim memiliki bentuk menyerupai kalajengking.

4. 7 Pot Primo

7 Pot Primo
7 Pot Primo Yellow

Diurutan keempat ada jenis cabe yang disebut 7 pot primo. Cabai ini merupakan persilangan dari jenis cabai naga morich dan trinidad 7 Pot. Dibudidayakan di Louisiana, USA dan pertama kali dipanen pada tahun 2005. Bentuk 7 pot primo mirip seperti Carolina Reaper dan memiliki tingkat kepedasan 1.473.480 SHU.

3. 7 Pot Douglah (Chocolate 7 Pot)

Chocolate 7 Pot
Chocolate 7 Pot

Kulit cabai ini cenderung gelap berwarna coklat saat matang dan berwarna hijau saat masih muda. Dinobatkan sebagai cabai ketiga terpedas di dunia dengan kapsaisin 1.853.936 SHU. Cabai jenis ini sudah mengeluarkan cairan jika dibelah dimana air tersebut bisa mendeteksi tingkat kepedasannya. Cabe ini dibudidayakan Sandia Seed Company di Albuquerque, USA. Perkebunan ini sendiri membudidayakan berbagai jenis cabai dan tomat dan dipasarkan di sejumlah toko yang tersebar di Amerika Serikat.

2. Trinidad Moruga Scorpion

Trinidad Moruga Scorpion
Trinidad Moruga Scorpion

Cabai terpedas kedua di dunia ditemukan di New Mexico, Amerika Serikat. Kadar kapsaisinnya antara 1.200.000 – 2.200.000 SHU. Trinidad Moruga Scorpion pernah dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia sebelum tahun 2013, sebelum ditemukannya carolina reaper. Cabai ini tidak banyak memiliki biji dan lebih berongga. Terdapat dua jenis yakni yang berwarna merah dan kuning. 

1. Carolina Reaper

Carolina Reaper
Carolina Reaper

Rekor cabai terpedas di dunia masih dipegang oleh cabai caroline reaper ini. Tingkat kepedasannya atau kadar kapsaisinnya antara 1.500.000 hingga 2.200.000 SHU. Cabai ini sendiri merupakan hasil persilangan dari dua jenis cabe terpedas juga yakni Bhut Jolokia dan Red Habanero. Caroline Reaper dibudidayakan oleh Ed Currie,  PuckerButt Pepper Company di California. Cabai ini pecahkan rekor cabai terpedas di dunia pada tahun 2013.

Jika melihat jenis cabai di atas yang beberapa di antaranya ternyata dari hasil persilangan jenis lain. Maka tidak mungkin jika suatu hari bakal ditemukan lagi cabai terpedas di dunia lainnya.

Baca Juga