18 Film Kartun yang Dilarang Tayang di Dunia
Menonton film kartun adalah hiburan yang sangat menyenangkan, apalagi bagi anak-anak. Namun bagaimana kalau film kartun itu berisi konten yang tidak mendidik, seperti mengandung unsur SARA, terdapat konten dewasa, dll.

Terdapat banyak sekali kartun yang dibuat di dunia ini, baik masih dengan dua dimeni maupun tiga dimensi. Kepopuleran film kartun dipelopori oleh kesuksesan Walt Disney di Hollywood yang terbukti sukses memberikan tayangan yang menghibur tidak hanya bagi anak-anak, bahkan juga orang dewasa.

Namun ada juga film kartun yang diblokir atau dilarang untuk ditayangkan karena beberapa sebab. Berikut 18 film kartun yang dilarang untuk ditayangkan di dunia.

1. Ren and Stimpy - "Man's Best Friend"

Ren and Stimpy - "Man's Best Friend"
Ren and Stimpy - "Man's Best Friend"

Kartun ini bahkan belum sempat ditayangkan karena dianggap sangat tidak layak dengan menampilkan kekerasan yang berlebihan melalui karakter Ren. Nickelodeon secara khusus memang tidak menykai konten-konten kekerasan tersebut. Bahkan akhirnya, sang pencipta kartun ini, John Kricsfalusi, dipecat dari studio.

2. Coal Black and De Sebben Dwarfs

Coal Black and De Sebben Dwarfs
Coal Black and De Sebben Dwarfs

Kartun ini bisa dibilang sebagai salah satu kartun rasis terburuk yang pernah ada. Seperti kebanyakan kartun lain, kartun ini menampilkan stereorotip rasial orang berkulit hitam di Amerika.

3. Tin Pan Alley Cats

Tin Pan Alley Cats
Tin Pan Alley Cats

Tin Pan Alley Cats juga merupakan salah satu kartun yang disensor oleh Warner Bros. Kartun ini dianggap terlalu berlebihan dalam memparodikan ras Afrika di Amerika.

4. Song of the South

Song of the South
Song of the South

Meskipun tidak secara teknis tidak diblokir, namun Song of The South telah berkali-kali dikaitkan dengan kontroversi karena penggambaran mereka terhadap orang kulit hitam di Amerika. Kartun ini juga dianggap rasis oleh berbagai pihak. Selanjutnya, salah satu kartun Disney ini dipensiunkan.

5. Beavis and Butthead - "Comedians"

Beavis and Butthead - "Comedians"
Beavis and Butthead - "Comedians"

Beavis and Butthead adalah sebuah serial kartun komedi anak-anak. Namun ada satu episode yang mana mengakibatkan sesuatu yang tak terduga. Episode yang berjudul "Comedians" dianggap telah memengaruhi anak berusia lima tahun untuk membakar rumahnya sendiri padahal masih ada adiknya di dalam rumah. MTV kemudian menarik episode tersebut dan melaranngya untuk ditayangkan lagi.

6. Futurama - "A Tale of Two Santas"

Futurama - "A Tale of Two Santas"
Futurama - "A Tale of Two Santas"

Satu episode kartun Futurama ini diblokir karena dianggap menggunakan kata-kata kotor dan kekerasan, padahal acara itu sendiri tayang pada prime time, yaitu jam 7 malam. Kartun ini berhenti tayang selama lebih dari satu tahun dan kembali disiarkan setelahnya, hanya pada jam yang berbeda.

7. Cow and Chicken - "Buffalo Gals"

Cow and Chicken - "Buffalo Gals"
Cow and Chicken - "Buffalo Gals"

Ada satu episode dalam serial kartun yang tayang di Cartoon Network pada tahun 1998. Hal itu karena dalam episode berjudul Buffalo Gals itu mengandung unsur tentang lesbian. Pada saat penayangan banyak orang tua yang mengeluh tentang lelucon yang dianggap tidak tepat. Setelah itu Cartoon Network langsung berhenti menayangkannya dan menggantinya dengan serial Orthodontic Police.

8. Mister Roger's Neighborhood - "Conflict"

Mister Roger's Neighborhood - "Conflict"
Mister Roger's Neighborhood - "Conflict"

Pada tahun 1983, lima episode Mister Roger's Neighborhood ditayangkan dengan judul "Conflict". Episode itu menceritakan tentang konflik dua pihak yang sama-sama menimbun bom satu sama lain. Itu adalah pukulan telak bagi Perang Dingin yang terjadi anatara Rusia dengan Amerika Serikat. Alhasil, kartun itu pun hanya sekali tayang lalu diberhentikan.

9. All This and Rabbit Stew

All This and Rabbit Stew
All This and Rabbit Stew

Ini adalah kartun buatan Wrnes Bros. yang pada awalnya menampilkan Bugs Bunny. FIlm kartun yang disutradari oleh Tex Avery ini pada walnya tayang di bioskop, namun kemudian dibehentikan penayangannya oleh Ted Tuner yang menganggap adanya rasisme Afrika-Amerika.

10. Bugs Bunny Nips the Nips

Bugs Bunny Nips the Nips
Bugs Bunny Nips the Nips

Film kartun yang mengisahkan tentang Perang Dunia II ini dianggap terlalu belebihan. Bugs Bunny Nips the Nips yang menceritakan tentang Bugs Bunny yang terdampar di sebuah pulau di mana kemudian ia dikejar oleh tentara Jepang. Kartun ini dilarang tayang oleh Warner Bros. karena dianggap rasis terhadap orang Jepang.

11. Arthur - "Room to Ride"

Arthur - "Room to Ride"
Arthur - "Room to Ride"

Satu episode Arthur yang berjudul Room to Ride ini menampilkan tentang pebalap sepeda bernama Lance Armstrong. Episode ini kemudian tidak jadi ditayangkan oleh PBS Kids setelah Armstrong terbukti menggunakan doping.

12. Mighty Mouse: The New Adventures - "The Littlest Tramp"

Mighty Mouse: The New Adventures - "The Littlest Tramp"
Mighty Mouse: The New Adventures - "The Littlest Tramp"

Serial kartun ini ditayangkan di CBS pada tahun 1987. Kontroversi serial ini terjadi pada episode "the Littlest Tramp". Dalam episode ini, Mighty Mouse tampak seperti sedang mendengus kokain, meskipun pemcuat kartun itu bersikeras bahwa itu hanyalah bunga yang hancur. Namun setelah banyak orang tua yang protes, CBS terpaksa menarik episode tersebut dan tidak lagi menayangkannya.

13. Tailspin - "Flying Dupes"

Tailspin - "Flying Dupes"
Tailspin - "Flying Dupes"

Tailspin adalah sebuah kartun yang tayang pada tahun 90-an tentang Baloo si Beruang yang terbang bertualangan bersama teman-temannya. Ada satu episode berjudul "Flying Dupes" di mana Baloo melawan para teroris. Episode kemudian dicekal dan dilarang ditayangkan kembali, meskipun pada tahun 1999 secara tidak sengaja tayang di Toon Disney.

14. Sailor Moon - "Neptune and Uranus"

Sailor Moon - "Neptune and Uranus"
Sailor Moon - "Neptune and Uranus"

Sailor Moon adalah kartun yang sangat populer dan di-dubbing dengan banyak bahasa yang ada di dunia. Namun, tak banyak yang menyadari bahwa negara-negara barat seringkali mengubah dialognya. Di Jepang, Neptunus dan Uranus digambarkan sebagai sepasang kekasih, namun karena plot percintaan yang berat membuatnya tak pernah disiarkan.

15. The Isle of Pingo Pongo

The Isle of Pingo Pongo
The Isle of Pingo Pongo

The Isle of Pingo Pongo adalah film kartun dari Warner Bros. yang disutradarai oleh Tex Avery. Pada tahun 1968, United Artist lalu melarangnya ditayangkan di televisi karena dianggap mengandung unsur rasisme terhadap warga kulit hitam di Amerika.

16. Peppa Pig - "Mr. Skinnylegs"

Peppa Pig - "Mr. Skinnylegs"
Peppa Pig - "Mr. Skinnylegs"

Peppa Pig adalah sebuah acara yang banyak disukai oleh para balita. Pada sebuah episodenya yang berjudul Mr. Skinnylegs, menceritakan tentang Peppa Pig yang bercerita kepada anak-anak bahwa laba-laba tidak perlu ditakuti.

Setelah itu ABC mendapat aduan dari seseorang yang berasal dari Australia mengenai hal ini. Perlu diketahui bahwa di Australia terdapat beberapa spesies laba-laba paling beracun di dunia. ABC kemudian segera meminta maaf dan tidak lagi menayangkannya.

17. Uncle Tom's Bungalow

Uncle Tom's Bungalow
Uncle Tom's Bungalow

Ini adalah salah satu dari kartun Merrie Melody yang dihentikan penayangannya oleh Warner Bros. Sama seperti kebanyakan kasus lainnya, kartun ini dianggap mengandung unsur SARA dan masuk ke dalam salah satu kartun dalam "Censored 11".

18. Tiny Toons Adventures - "One Beer"

Tiny Toons Adventures - "One Beer"
Tiny Toons Adventures - "One Beer"

Tiny Toons Adventures adalah sebuah serial kartun yang populer tahun 90-an. Ada satu episode yang berjudul "One Beer" yang dianggap terlalu eksplisit untuk anak-anak. Di dalam episode ada adegan Buster dan teman-temannya mencuri bir dari kulkas orang tua mereka dan saling bergantian meminumnya. Episode ini akhirnya dilarang untuk ditayangkan di televisi.

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.