16 Film Animasi Yang Bersifat Mendidik dan Edukatif
Semakin menjamurnya film-film yang tidak layak menjadi tontonan anak-anak,masih ada banyak film animasi yang sangat aman untuk anak-anak,selain menghibur,film animasi ini juga bersifat mendidik dan edukatif,contohnya seperti film animasi Upin dan Ipin,yang memberikan pelajaran tentang toleransi.

Film animasi,memang tontonan yang di kemas untuk anak-anak,selain menghibur anak-anak dengan karakter-karakter di filmnya yang lucu,film animasi juga menghibur dengan ceritanya yang mudah di pahami anak-anak,sebenarnya tak hanya anak-anak saja yang menyukai film animasi atau kartun,orang dewasa juga tak sedikit yang menyukainya.

Kebanyakan orang tua,terutama ibu-ibu yang masih khawatir bila anaknya berlama-lama duduk di depan televisi,karena zaman sekarang ini,banyak sekali tontonan televisi yang tidak cocok bila di tonton anak-anak,tapi tenang,masih banyak kok film animasi dan kartun yang aman untuk di tonton si kecil,tak hanya sekedar menghibur,film animasi ini juga memberikan edukasi dan mendidik anak-anak.

Ngomong-ngomong tentang film animasi,kali ini saya akan membahas tentang beberapa film animasi yang mempunyai nilai edukasi serta mendidik,dan yang terpenting tontonan ini sangat aman untuk di tonton oleh anak-anak maupun dewasa,film animasi apa sajakah itu?yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1.Toy Story

film animasi
Toy Story

Film animasi ini mengisahkan tentang sekumpulan mainan yang bisa hidup,karakter utama dari film ini adalah mainan koboy yang bernama Woody,pemilik sekumpulan boneka ini adalah seorang anak bernama Andy Davis,pada suatu hari sekumpulan mainan ini mengalami masa-masa susah,yaitu terpisah satu sama lain.

Pelajaran yang dapat di ambil dari film animasi ini adalah,tentang persahabatan yang tak terlupakan,dan mengajarkan untuk tidak iri pada orang lain.

2.The Incridibles

film animasi
The Incridibles

Film animasi keluarga ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang beranggotakan lima orang,mereka adalah keluarga superhiro yang ingin menjadi keluarga yang normal seperti yang lainnya,namun karena suatu kejadian,mereka semua harus kembali menjadi superhiro,untuk membela kota,dan menyalamatkan banyak orang.

Pelajaran yang kita bisa petik dalam film animasi ini yaitu,untuk tidak semena-mena menggunakan kelebihan dan kekuasaan kita,kita harus tulus dalam membantu orang lain,kita juga tidak boleh sombong dengan apa yang kita punya.

3.Happy Feet

film animasi
Happy Feet

Film animasi ini menceritakan seekor pinguin yang bernama Mumble,dia adalah pinguin yang berbeda dari pinguin lainnya,karena perbedaan itulah ia sering mendapat ledekan dari teman-temannya.

Mumble tidak bisa menyanyi seperti pinguin lainnya,namun ia memiliki kemampuan menari dengan hentakan yang khas dari kakinya,banyak kejadian yang menimpanya,hingga pada akhirnya ia menjadi pahlawan bagi teman-temannya,dan lingkungan yang telah membuangnya.

Film animasi ini mengajarkan kita untuk menjadi manusia tegar,mengolah kekurangn menjadi kelebihan,dan bermurah hati.

4.Beauty and the Beast

film animasi
Beauty and the Beast

Film ini menceritakan seorang pangeran yang dikutuk menjadi monster yang buruk rupa karena sikapnya yang arogan,dan  Belle adalah wanita cantik yang menjadi tawanan Beast karena telah berani memasuki istananya,beast di kutuk oleh seorang penyihir menjadi monster,dan untuk menghapus kutukan itu,Beast harus bisa membuat Belle jatuh hati padanya.

Singkat cerita Belle pun jatuh hati pada Beast,kutukan itupun berakhir dan Beast kembali menjadi pangeran yang tampan namun tak arogan.

Film ini mengajarkan kita agar tidak menyepelekan orang lain,tidak menyakiti orang lain,dan tidak semena-mena menggunakan kelebihan yang kita punya,dan mengajaran kita untuk berbagi.

5.Up

film animasi
Up

Film animasi ini bercerita tentang seorang kakek yang begitu mencintai istrinya yang telah meninggal,ia berusaha mewujudkan keingingan istrinya yaitu membuat rumah dia atas tebing batu,walaupun sangat sulit,namun si kakek itu tetap berusaha mewujudkannya,dengan mengikat rumahnya pada jutaan balon gas,supaya ia bisa memindahkan rumahnya ke tempat impian sang istri.

Film animasi ini mengajarkan kita agar jangan pernah berputus asa,selalu semangat dan setia pada pasangan.

6.Frozen

film animasi
Frozen

Di film animasi ini ada karakter boneka salju yang bernama Olav,dia mempunyai sebuah impian yang tak masuk akal,yaitu ingin menikmati musim panas,padahal secara logika,salju akan meleleh ketika musim panas datang,namun Olav tak pernah berhenti bermimpi dan tetap memperjuangkan mimpinya tersebut,hingga pada akhirnya keinginannya terwujud,karena Elsa memberikan awan bersalju di atas kepalanya,hingga ia tetap membeku meski di musim panas.

Film animasi ini mengajarkan kita akan jangan takut untuk bermimpi,dan harus tetap berjuang demi yang kita inginkan.

7.Tarzan

film animasi
Tarzan

Film ini memceritakan seorang bayi laki-laki yang tertinggal di hutan,dan di asuh oleh para gorilla,saat beranjak dewasa,tarzan bertemu dengan wanita bernama jane yang tersesat di hutan dan terpisah dari kelompok ekspedisinya,seiring kedekatan mereka,akhirnya merekapun saling jatuh cinta.

Dalam eksedisi perjalanannya,jane di kawal oleh seorang laki-laki yang mempunyai niat buruk terhadap kawanan gorilla.

Film animasi ini mengajarkan agar jangan pernah menjual kepercayaan kepada orang lain walau demi cinta.

8.Wall E

film animasi
Wall E

Film animasi ini menceritakan seorang robot yang bernama Wall E,yang di tugaskan untuk menjaga kebersihan bumi,film animasi ini di latar belakangi lingkungan yang kotor.

Film animasi ini mengajarkan kita agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.

9.Shreek

film animasi
Shreek

Film ini menceritakan tentang seorang wanita yang cantik jelita yang di larang keras oleh ayahnya untuk tidak berhubungan dengan Shreek,seorang pria yang berpenampilan aneh dan jelek,namun di balik penampilannya yang aneh itu,tersimpan hati yang sangat baik.

Film ini mengajarkan kita untuk tidak melihat orang dari penampilannya,dan tidak menilai baik atau buruk seseorang,hanya dari penampilannya saja.

10.Findiing Nemo

film animasi
Finding Nemo

Film ini menceritakan keluarga ikan,seorang ayah yang berjuang mencari anaknya yang hilang,saat berenang di permukaan laut,ayahnya terus berjuang mencari anaknya yang bernama nemo,sampai akhirnya mereka bisa kembali bersama.

Pelajaran yang kita dapat adalah,bahwa orang tua selalu berjuang demi anaknya,dan yang di lakukannya adalah demi kebaikan anak-anaknya.

11.The Croods

film animasi
The Croods

Film animasi ini menceritakan sebuah keluarga yang tinggal di gua yang di beri nama Croods,ketika gua tempat mereka berlindung hancur,mereka berpetualang dan menemukan dunia baru.

Film ini mengajarkan kita betapa pentingnya keluarga.

12.Rio

film animasi
Rio

Film animasi ini menceritakan tentang burung nuri jantan yang akan di selundupkan keluar Brazil,dan seorang anak kecil menemukan burung nuri jantan ini dan di beri nama Blue,burung ini selalu di manja hingga ia menjadi tak bisa terbang.

Film ini memiliki pesan moral dan baik untuk di tonton bersama anak,dan konflik yang di ketengahkan.

13.Big Hero

film animasi
Big Hero

Film animasi ini menceritakan seorang anak kecil bernama Hiro Hamada,yang mempunyai bakat membuat robot,dia mempunyai kakak laki-laki yang mencoba mengembangkan bakat Hiro hingga tercipta robot-robot mini,namun sayang penemuanya tersebut membuat peristiwa yang fatal,diapun kehilangan kakak laki-lakinya.

Film animasi ini mengajarkan kita untuk tidak menaruh dendam,dan mengajarkan kita untuk mengembangkan bakat yang kita punya.

14.Dora the Explorer

film animasi
Dora the Explorer

Film animasi ini menceritakan seorang anak perempuan bernama Dora,dia adalah anak yang pintar,selalu ingin tahu,suka berpetualang dan penyayang binatang.

Film ini memberi pemahaman akan warna,angka,binatang dan lain-lain.

15.Upin dan Ipin

film animasi
Upin dan Ipin

Film animasi ini bercerita tentang anak kembar yang tinggal bersama kakak perempuan bernama Rose dan neneknya,ayah dan ibunya di ceritakan sudah meninggal dalam kecelakaan,mereka mempunyai banyak teman yang berbeda-beda agama.

Film animasi ini mengajarkan kita untuk saling bertoleransi,berbagi,berpuasa,dan lain-lain.

16. Go Diego Go

film animasi
Go Diego Go

Film ini sama seperti Film animasi Dora the Explorer,namun ini menceritakan seorang anak laki-laki yang bernama Diego,dia anak suka berpetualang,dan selalu ingin tahu.

Film ini memberi pemahaman mengenai berbagai hal,seperti nama binatang,angka,dan warna,film animasi ini cocok untuk anak-anak.

Baca Juga