20 Movie Anime Terbaik Sepanjang Masa
Movie anime merupakan hiburan tersendiri bagi para penggemar anime, dan juga penggemar film secara umum. Anime berbentuk movie atau film biasanya juga memiliki kualitas grafik yang lebih baik dibandingkan anime series.

Movie Anime biasanya memiliki cerita yang menarik dan berbeda dari anime-anime berbentuk series. Anime-anime ini juga seringkali masuk ke dalam nominasi Academy Award. Berikut 22 movie anime terbaik yang bisa kamu tonton.

1. Gedo Senki (Tales from Earthsea)

Tales from Earthsea
Tales from Earthsea

Movie anime yang tayang pada tahun 2006 disutradarai oleh Goro Miyazaki. Film ini terinspirasi dari empat buku karya novelis Amerika, Ursula K. Le Guin. Film ini berada di urutan ke-14 dalam daftar film anime terlaris.

2. Hotarubi no Mori e (The Light of a Firefly Forest)

Hotarubi no Mori e
Hotarubi no Mori e

Movie anime berdurasi 45 menit ini berkisah tentang seorang gadis bernama Hotaru Takegawa yang tersesat di sebuah huton ketika mengunjungi pamannya. Di saat ia putus asa untuk menemukan jalan pulang, ia bertemu dengan lelaki bertopeng bernama Gin. Setelah berhasil keluar dari hutan, Hotaru selalu berkunjung setiap musim panas untuk menemui Gin.

3. Mononoke Hime (Princess Mononoke)

Mononoke Hime
Mononoke Hime

Mononoke Hime adalah movie anime bertema fantasi sejarah epik yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Film anime lawas ini berkisah tentang perjuangan pangrean Muda Ashitaka ketika desa Emishi diserang oleh seekor babi ganas. Si babi itu lalu mengutuk pangeran dan memberikan kekuatan iblis

Mononoke Hime adalah sebuah dongeng tentang hubungan teknologi dengan alam, sekaligus menunjukkan bahwa jalan menuju keharmonian bisa diraih dengan saling menerima.

4. Anohana: The Flower We Saw That Day The Movie

Anohana
Anohana

Film ini diadaptasi dari manga dan anime berjudul sama. Film tentang pentingya persahabatan ini secara keseluruhan sangat mengharukan. Berkisah tentang kembalinya seorang gadis yang meninggal ketika masih kecil ke dunia.

Ia menemui salah satu dari lima temannya untuk mengabulkan satu permintaan yang belum sempat terpenuhi, tapi ia sendiri tak mengetahuinya. Dari situ kelima sahabat itu pun berkumpul lagi untuk mencari tahu apa permintaan itu. Di situlah kisah-kisah mengharukan pun terjadi.

Baca juga: 23 Anime Romance Terbaik

5. Kotonoha no Niwa (The Garden of Word)

Kotonoha no Niwa
Kotonoha no Niwa

Kotonoha no Niwa adalah movie anime berdurasi 46 menit yang bercerita tentang seorang pemuda (anak SMA) yang selalu menghabiskan waktu di sebuah taman ketika hujan. Di sana ia bertemu dengan seorang wanita. Mereka berdua selalu bertemu di taman itu ketika hujan.

Ketika musim hujan telah berlalu, si pemuda yang bernama Takao Akizuki itu pun kembali ke sekoah dan baru mengetahui bahwa wanita yang ia temui itu adalah guru di sekolahnya.  

6. Kaze Tachinu (The Wind Rises)

Kaze Tachinu
Kaze Tachinu

Kaze Tachinu yang tayang pada tahun 2013 ini adalah film fiksi biografi tentang seorang insiyur aeronautika bernama Jiro Horikoshi yang merancang berbagai pesawat tempur Angkatan Laut Kekaisaran Jepang ketika Perang Dunia II. Film ini menggambarkan semangat Horikoshi yang berlatar belakang militer Jepang pada abad ke-20.

7. Eve no Jikan (Time of Eve)

Eve no Jikan
Eve no Jikan

Ini adalah versi movie dari serial anime ONA yang berjudul sama yang tayang pada tahun 2010. FIlm Eve no Jikan berlatar di Jepang pada masa depan, ketika android telah menguasai setiap aspek kehidupan masyarakat. Pada saat yang sama, di suatu tempat lain di Jepang, Komite Etika mencoba menerapkan kebijakan untuk mengurangi keterlibatan penggunaan android di masyarakat.

8. Tamako Love Story

Tamako Love Story
Tamako Love Story

Tamako Love Story adalah sebuah film anime yang tayang di tahun 2014. Film ini mengisahkan tentang Tamako dan Mochizou yang berteman sejak kecil karena rumah mereka yang berseberangan. Orangtua dari keduanya juga sama-sama berprofesi sebagai penjual kue mochi.

Mochizou mulai memikirkan cintanya kepada Tamako, ia ingin mengatakannya kepada gadis itu namun ia takut membuatnya kecewa karena ia berencana untuk melanjutkan seolah ke Tokyo setelah lulus SMA.

9. Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeter Per Second)

Byousoku 5 Centimeter
Byousoku 5 Centimeter

Film anime yang tayang pada tahun 2007 ini terbagi ke dalam tiga bagian atau episode: Ōukashō, Cosmonaut, dan Byōsoku 5 Centimeter. Film ini berlatarkan di Jepang sejak era 1990-an dampai 2000-an.

10. Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time)

Toki wo Kakeru Shoujo
Toki wo Kakeru Shoujo

Film yang tayang pada tahun 2006 ini berkisah tentang seorang gadis SMA bernama Makoto Konno yang tidak sengaja mampu melompati waktu. Meski pada awalnya kaget dengan kemampuannya tersebut, selanjutnya Makoto menggunakannya agar tidak lagi terlambat masuk sekolah. Namun pada akhirya ia menyadari bahwa mengubah masa lalu tidaklah semudah seperti yang terbayangkan sebelumnya.

11. Howl no Ugoku Shiro (Howl's Moving Castle)

Howl no Ugoku Shiro
Howl no Ugoku Shiro

Howl no Ugoku Shiro adalah movie anime yang tayang pada tahun perdana pada 5 September 2004 pada Festival Film Venesia. Film ini termasuk sebagai salah satu film anime terlaris sepanjang masa. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel karangan penulis asal Inggris bernama Diana Wynne Jones.

12. Karigurashi no Arrietty (Karigurashi no Arrietty)

Karigurashi no Arrietty
Karigurashi no Arrietty

Karigurashi no Arrietty adalah film anime yang dirilis pada tahun 2010 yang merupakan karya perdana Hiromas Yonebayashi sebagai sutradara. Film ini merupakan adaptasi dari buku berjudul The Borrower karangan penulis anak-anak asal Inggris bernama Mary Norton.

Film ini berkisah tentang Arrietty si Borrower (manusia berukuran tubuh kecil) yang tertangkap oleh Shou, bocah berusia 12 tahun yang kebetulan melihatnya. Keduanya lalu menjalin persahabatan, meskiun keluarga Arretty menganggap bahwa manusia adalah ancaman bagi mereka.

13. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children)

Ookami Kodomo no Ame to Yuki
Ookami Kodomo no Ame to Yuki

Movie anime ini berkisah tentnag seorang gadis bernama Hana yang menikah dengan seorang manusia serigala. Hana lalu melahirkan dua anak bernama Ame dan Yuki yang juga bisa berubah menjadi serigala.

Setelah itu, suaminya meninggal dunia dan membuat Hana membesarkan kedua anaknya sendiri. Dari sinilah perjuangan hidup Hana dimulai.

14. Kokoro ga Sakebitagatterunda. (The Anthem of the Heart)

Kokoro ga Sakebitagatterunda.
Kokoro ga Sakebitagatterunda.

Movie anime ini berkisah tentang seorang periang bernama Jun. Sewaktu kecil ia suka sekali bicara dan cenderung cerewet, sampai karena kecerewetannya itu membuat kedua orangtuanya berpisah. Kemudian muncul Telur yang membuat mulutnya seolah tersegel.

Setelah itu, Jun menjadi gadis yang tidak bisa bicara sepatah kata pun, semakin ia ingin bicara semakin membuat perutnya terasa sakit.

15. Bakemono no Ko (The Boy and the Beast)

Bakemono no Ko
Bakemono no Ko

Bakemono no Ko bercerita tentang seorang anak manusia bernama Ren yang masuk ke dunia binatang bernama Shibuten. Di sana ia bertemu dengan Kumatetsu dan akhirnya menjadi muridnya. Setelah menginjak remaja ia lalu bisa kembali ke dunia manusia dan bertemu dengan seorang gadis serta ayahnya yang telah lama tidak ditemuinya.

16. Sakasama no Patema (Patema Inverted)

Sakasama no Patema
Sakasama no Patema

Sakasama no Patema adalah movie anime bergenre sci-fi yang dirilis tahun 2013. Film ini berlatar di tahun 2067 ketika manusia bereksperiman untuk menciptakan energi dari gravitasi. Akan tetapi, eksperimen itu gagal dan justru membuahkan bencana besar. Bangunan dan orang-orang menjadi terbalik dan yang mampu bertahan hanyalah mereka yang hidup di dalam tanah.

17. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies)

Hotaru no Haka
Hotaru no Haka

Film anime lawas ini dirilis tahun 1988. Meskipun dari segi grafik terlihat sangat kaku dan kalah dengan anime-anime terbaru, namun anime ini memiliki cerita yang lebih realistis dibanding kartun-kartun masa kini.

Film berlatar pad Perang Dunia II ini berkisah seorang gadis kecil bernama Setsuko dan kakaknya bernama Seita yang berusaha bertahan hidup setelah kehilangan kedua orangtua mereka karena bom.

18. Koe No Katachi (A Silent Voice)

Koe No Katachi
Koe No Katachi

Koe No Katachi adalah film anime yang tayang pada tahun 2016 lalu. Berkisah tentang seorang gadis tunarungu (memiliki gangguan pendengaran) bernama Shoko Nishimiya. Karena kekurangannya itu sering di-bully oleh teman-temannya. Dan yang paling parah sering adalah seorang lelaki bernama Shoya Ishida.

Namun kejadian berubah ketika mereka masuk SMA. Tak disangka Shoya dan Shoko masuk di sekolah yang sama. Pada saat itu, Shoya mulai berubah dan tidak mem-bully Shoko lagi.

19. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away)

Spirited Away
Spirited Away

Film ini bercerita tentang seorang anak 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang tidak senang ketika diajak kedua orangtuanya ke sebuah tempat hiburan dalam perjalanan ke rumah baru mereka. Di tempat itu, orangtuanya berubah menjadi babi setelah makan makanan di sana.

Setelah itu Chihiro harus berjuang untuk mengembalikan kedua orangtuanya menjadi manusia normal lagi dan pergi dari tempat itu. Di tempat itu, ia harus tinggal bersama arwah halus dan monster yang bisa saja membahayakan dirinya.

20. Kimi no Na Wa (Your Name)

Kimi no Na Wa adalah film anime terlaris sepanjang masa yang dirilis pada tahun 2016. Film yang disutradari oleh Makoto Shinkai ini mengisahkan tentang siswi di pedesaan Jepang bernama Mitsuha yang bertukar tubuh dengan siswa di kota besar Tokyo bernama Taki. Keduanya tidak sadar saling bertukar tubuh ketika mereka tertidur, dan menganggap itu semua hanya mimpi.

Keduanya pun akhirnya menyadarinya, dan saling meninggalkan pesan. Namun ketika Taki mencoba mencari desa tempat gadis itu berada, ternyata desa itu adalah telah hancur terkena komet dua tahun lalu.

Loading...

Baca Juga