23 Anime Romance Terbaik
Anime bergenre romance mungkin agak kurang populer apabila dibandingkan dengan genre-genre lain. Kebanyakan anime bergenre romance adalah anime shoujo yang berarti target penontonnya lebih ke perempuan.

Anime-anime romance tidaklah hanya berfokus pada kisah cinta semata, namun ada unsur-unsur lain yang membuat kisah cinta itu tidak terkesan klise dan membosankan. Meski ada pula anime yang ceritanya sangat sederhana, namun menontonnya akan membuat kamu senyum-senyum sendiri karena kamu mungkin pernah mengalaminya. Apa saja 23 anime romance terbaik itu, berikut ulasannya.

1. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

Shigatsu wa Kimi no Uso
Shigatsu wa Kimi no Uso

Banyak yang mengaggap bahwa ini adalah anime bergenre romance terbaik. Anime yang bertema musik ini memiliki cerita yang menarik, dengan kata-kata puitis yang romantis. Shigatsu wa Kimi no Uso bahkan juga sudah dibuat versi live-action-nya.

2. Akagami no Shirayuki-hime (Snow White with the Red Hair)

Akagami no Shirayuki-hime
Akagami no Shirayuki-hime

Anime ini adalah anime romance yang manis dan menenangkan hati. Anime ini berkisah tentangg seorang gadis ahli pengobatan alami dengan seorang pangeran dari kerjaan besar. Tidak ada pertikaian atau drama yang mubazir serta alur cerita yang mulus adalah beberapa alasan mengapa kamu harus menonton anime ini.

3. Clannad

Clannad: After Story
Clannad: After Story

Anime Clannad adalah anime comedy-romance yang memiliki dua season. Season kedua dinilai lebih raomantis dibansing season pertamanya. Pada season kedua yang berjudul Clannad: After Story akan lebih sering membuat penonton menangis di hampir setiap akhir episode.

4. Ore Monogatari!! (My Love Story!!)

Ore Monogatari
Ore Monogatari

Anime ini agak berbeda dengan anime-anime romance biasanya, meski demikian anime ini adalah salah satu yang terbaik di genre-nya. Ore Monogatari mengisahkan tentang seorang lelaki yang berbadan besar dan menakutkan namun memiliki hati yang sangat lembut.

5. Sukitte Ii na yo. (Say "I Love You")

Sukitte Ii na yo
Sukitte Ii na yo

Anime ini berkisah tentang gadis anti-sosial yang tak memiliki teman dengan seorang pria populer di sekolah yang mudah bergaul dengan banyak orang. Anime ini menunjukan bahwa memiliki sifat yang berlawanan bisa menjadi sangat menarik dalam sebuah hubungan.

6. Kimi ni Todoke (From Me to You)

Kimi ni Todoke
Kimi no Todoke

Kimi ni Todoke adalah anime shoujo dengan banyak adegan manis. Anime ini terdapat dua season, namun season keduanya lebih dinilai lebih baik dibanding season pertama. Anime ini sangat recommended untuk ditonton oleh perempuan.

7. Eikoku Koi Monogatari Emma (Emma: A Victorian Romance)

Eikoku Koi Monogatari Emma
Eikoku Koi Monogatari Emma

Anime ini adalah anime romance dewasa (dalam artian pemerean uatama dalah seorang yang sudah dewasa, tidak anak muda atau anak SMA). Anime ini berlatar di kota London di abad ke-19 tentang seorang pelayan bernama Emma dengan seorang bernama William yang berasal dari keluarga terpandang.

8. Angel Beats

Angel Beats
Angel Beats

Angel Beats bukanlah anime yang penuh dengan keromantisan di setiap adegannya. Anime ini juga mengandung beberapa genre seperti supernatural, action, dan komedi. Anime ini berlatar di dunia setelah kematian yang berbentuk sekolah.

9. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo
Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo adalah salah satu anime dengan cerita yang sangat mengharukan. Kisah romance dalam anime ini berlatar di sebuah asrama khusus yang disediakan bagi para siswa bermasalah atau siswa yang tidak sanggup membayar di sebuah sekolah seni.

10. Toradora!

Toradora!
Toradora!

Anime yang tayang pada tahun 2018 ini mengisahkan tentang bagaimana rasanya jatuh cinta kepada seseorang yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Toradora! adalah anime full drama dengan beberapa selipan unsur komedi yang menghibur.

11. Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid-sama!
Kaichou wa Maid-sama!

Kaichou wa Maid-sama! adalah anime romance dnegan konflik dan komedi yang sangat pas. Anime ini bekisah tentang ketua OSIS perempuan yang sangat tegas bernama Misaki Ayuzawa. Ia memiliki keahlian dalam bela diri. Namun, setelah pulang dari sekolah ia bekerja menjadi pelayan di sebuah cafe. Suatu hari, ada seorang cowok bernama Takumi Usui yang mengetahui rahasianya itu.

12. Kokoro Connect

Kokoro Connect
Kokoro Connect

Kokoro Connect adalah anime romance yang tayang pada tahun 2012 lalu. Anime ini bercerita tentang lima anggta Cultural Research Club yang tiba-tiba saja bertukar badan satu sama lain tanpa ada kejelasan. Akibat kejiadian itu, semua perasaan yang tersembunyi oleh masing-masing anggota akhirnya terungkap.

13. Romeo x Juliet

Romeo x Juliet
Romeo x Juliet

Anime ini diadaptasi dari kisah percintaan paling terkenal di dunia karya William Shakespeare. Anime Romeo x Juliet mengisahkan kembali cerita terkenal itu dengan sangat baik, dengan adegan-adegan manis dan romantis.

14. Isshuukan Friends.

Isshuukan Friends.
Isshuukan Friends.

Anime ini berkisah tentang dua tokoh utamanya, seorang cewek bernama Fujimiya Kaori yang pendium dan tidak mau bergaul, dan seorang cowok bernama Hase Yuuki yang tiba-tiba mau menjadi temannya. Meski Isshuukan Friends. memiliki cerita yang cukup rumit, namun anime ini juga ada unsur-unsur komedinya.

15. Hachimitsu to Clover (Honey and Clover)

Hachimitsu to Clover
Hachimitsu to Clover

Hachimitsu to Clover adalah anime romance yang ceritanya cukup rumit namun cukup menarik juga. Tokoh-tokoh dalam anime berkisar pada enam mahasiswa seni bernama Yuta Takemoto, Takumi Mayama, Shinobu Morita, dan Ayumi Yamada, serta seorang  profesor bernama Shuji Hanamoto dan sepupunya bernama Hagumi Hanamoto.

16. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. (Anohana)

Anohana
Anohana

Anohana adalah sebuah anime tentang cinta pertama dan kenangan masa kecil. Anime ini berksiah tentang enam orang sahabat kecil yang saling jatuh cinta satu sama lain. Anime ini menjadi mengharukan ketika salah seorang di antara mereka yang bernama Menma meninggal dunia karena jatuh dari jurang.

Setelah mereka dewasa, ketika semua anggota sudah berpisah, tiba-tiba Menma mendatangi salah seorang dari mereka yang bernama Jintan. Di situ Menma memintanya untuk mengabulkan satu permintaan yang belum sempat dikabulkan. Dari situ kelima sahabat itu pun berkumpul lagi untuk mencari tahu apa permintaan itu.

Siapkan tisu sebelum kamu menonton anime ini.

17. Plastic Memories

Plastic Memories
Plastic Memories

Plastic Memories adalah salah satu judul anime romancedengan cerita yang sangat manis. Meskipun alur cerita sangat sederhana, namun cukup sukses membuat setiap adegan dalam anime ini menjadi sangat manis dan membuat senyum-senyum sendiri. Kisah cinta kedua tokoh utama ini sangat polos dan sederhana.

18. Ookami to Koushinryou (Spice and Wolf)

Ookami to Koushinryou
Ookami to Koushinryou

Anime romance yang satu memiliki ceita yang cukup seru. Bercerita tentang kisah cinta seorang wanita serigala bernama Holo dengan seorang pedagang bernama Kraft. Anime young-adult ini berseting pada abad pertengahan dan memiliki adegan-adegan dan dialog-dialog yang bisa membuat kita senyum-senyum sendiri menontonnya.

19. Hotarubi no Mori e (The Light of a Firefly Forest)

Anime ini berkisah tentang percintaan antara roh dewa gunung bernama Gin dengan seorang gadis bernama Hotaru Takegawa. Anime ini bukanlah anime series, namun anime yeng berbentuk filmdengan durasi hanya 45 menit.

20. Hana yori Dango (Boys Over Flowers)

Hana yori Dango
Hana yori Dango

Hana yori Dango adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga shoujo paling laris di Jepang. Anime lawas yang tayang pada tahun 1996 ini juga banyak diadaptasi ke dalam drama live-action, bahkan juga dijadikan sebagai drama Korea.

21. Lovely Complex

Lovely Complex
Lovely Complex

Lovely Complex adalah anime yang berkisah tentang Risa Koizumi yang memiliki tinggi di atas rata-rata cewek di sekolahnya. Risa jatuh cinta dengan seorang cowok bernama Ryouji Suzuki, karena ia juga memiliki badan yang tinggi.

Risa memiliki teman dekat cowok bernama Atsushi Otani yang juga menyukai cewek yang disukai Ryouji itu. Akhirnya, Risa dan Ootani yang suka 'berantem' ini berkomptesi untuk mendapat pacar duluan. Namun justru kedunaya malah saling jatuh cinta.

22. Byousoku 5 Centimeter (5 Centimeters Per Second)

Byousoku 5 Centimeter
Byousoku 5 Centimeter

Byousoku 5 Centimeter adalah film anime yang disutradarai oleh Makoto Shinkai (yang juga menjadi sutradara Kimi no Na Wa). Anime yang tayang pada tahun 2007 ini terbagi menjadi tiga episode. Anime ini mengisahkan tentang kekuatan cinta pertama dan bagaimana hal itu bisa memengaruhi keptusan yang akan kita ambil untuk masa depan.

23. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile
Nodame Cantabile

Seperti halnya Shigatsu wa Kimi no Uso, anime ini juga menggunakan musik sebagai perantara atau penghubung dari kisah cinta kedua tokoh utama. Namun pada anime ini yang lebih ditonjolkan bukanlah kisah percintaannya, namun lebih ke musiknya.

Baca Juga