6 cara mendapatkan pinjaman duit dengan mudah
Modal menjadi bagian penting pula dalam menjalankan usaha karena tanpa adanya modal, sebagai pengusaha Anda akan kebingungan untuk melangkah kedepannya. Lalu apa solusi untuk mendapatkan modal tambahan untuk usaha Anda? Terdapat beragam jawaban untuk masalah Anda tersebut di dalam artikel ini

Kata.co.id - Anda sedang merintis usaha? Atau Anda berada dititik jenuh usaha Anda dan terkendala masalah modal? Permasalahan modal adalah masalah besar dalam memulai sebuah usaha. Modal menjadi bagian penting pula dalam menjalankan usaha karena tanpa adanya modal, sebagai pengusaha Anda akan kebingungan untuk melangkah kedepannya. Lalu apa solusi untuk mendapatkan modal tambahan untuk usaha Anda? Terdapat beragam jawaban untuk masalah Anda tersebut.

Namun yang paling mudah untuk mendapatkan tambahan dana untuk usaha Anda adalah dengan melakukan pinjaman. Pinjaman untuk usaha Anda, bisa Anda dapatkan dengan melakukan pinjaman kepada keluarga atau teman dekat Anda. Namun hal ini tentu tidak akan mudah dilakukan, karena mungkin akan menimbulkan perasaan tidak enak atau gengsi bila harus meminjam dengan orang terdekat. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan beberapa cara mendapatkan pinjaman dengan mudah.

1.TARIK TUNAI KARTU KREDIT

6 cara mendapatkan pinjaman duit dengan mudah
tarik tunai kartu kredit

Di era modern ini, Anda tentu sangat familiar dengan kartu kredit atau sering kali disebut dengan kartu hutang. Layanan bank ini dapat Anda gunakan sebagai opsi paling terakhir bila Anda betul-betul dalam keadaan terdesak. Proses dalam melakukan pinjaman melalui kredit ini merupakan proses tercepat dibandingkan proses peminjaman yang lain. Karena hanya dalam beberapa saat, Anda akan mendapatkan dana pinjaman untuk usaha Anda.

Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan dalam pinjaman jenis ini. Hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah mengenai bunga yang dibebankan kepada kreditur. Di samping itu, ketika Anda transaksi melalui ATM, guna mendapatkan dana pinjaman, Anda pun dikenai dana tambahan. Hal lainnya yang cukup menarik dan perlu diperhatikan betul dalam jenis layanan ini adalah semakin lama Anda mengembalikan dana tersebut, maka semakin besar hutang yang Anda harus bayar. Oleh karenanya, disarankan untuk menggunakan jenis pinjaman ini dalam keadaan yang benar-benar terdesak saja.

2.PINJAMAN DANA MELALUI KOPERASI

6 cara mendapat pinjaman duit dengan mudah
Ilustrasi koperasi

Pinjaman dana untuk usaha Anda, juga dapat Anda dapatkan melalui koperasi. Koperasi menjadi salah satu lembaga yang dapat membantu usaha Anda. Koperasi sampai saat ini masih banyak dijumpai baik di desa maupun kota. Koperasi pun biasanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang akan membantu pekerjanya untuk mendapatkan dana tambahan.

Walaupun Anda bukan seorang karyawan, Anda tidak perlu khawatir bila Anda tidak akan mendapatkan dana dari koperasi. Karena, banyak pula terdapat koperasi-koperasi disekeliling Anda yang terbuka untuk umum. Koperasi ini dapat menerima Anda sebagai anggota dan Anda bisa mendapatkan pinjaman dari koperasi yang Anda ikuti tersebut. Meskipun demikian, terdapat kekurangan dari koperasi yaitu koperasi hanya kana meberikan pinjaman dalam jumlah yang kecil untuk usaha Anda.

3.Pinjaman Online

6 cara mendapatkan pinjaman duit dengan mudah

Pada masa lalu, kebanyakan pelaku usaha meminjam kepada rentenir, yang justru membuat pelaku usaha tersebut terlilit hutang sampai usahanya bangkrut. Namun pada zaman modern saat ini, tentunya memberikan kemudahan yang luar biasa bagi masyarakat. Contohnya, segala macam barang ataupun jasa dapat kita dapatkan melalui proses online. Hal tersebut pun termasuk, pinjaman yang mungkin saat ini sedang Anda butuhkan juga dapat Anda dapatkan melalui sistem online.

Pinjaman online akan lebih membantu Anda, karena pinjaman online tidak membutuhkan waktu yang panjang untuk prosesnya. Terlebih lagi, Anda tidak perlu untuk mengantri panjang seperti yang biasa terjadi di bank atau lembaga-lembaga keuangan lainnya.

4.Meminjam Dana dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)

6 cara mendapat pinjaman duit dengan mudah
kredit usaha rakyat

KUR merupakan salah satu program perbankan yang saat ini sedang menjadi tren. Hampir semua bank memiliki layanan kredit usaha mikro bagi masyarakat. Layanan perbankan ini ditujukan bagi para pengusaha kecil dan menengah. Oleh karenanya, Anda sebagai pelaku usaha dapat menjadi salah penerima pinjaman KUR.

Banyaknya bank dan lembaga keuangan yang memberikan layanan kredit mikro, membuat Anda harus lebih cermat untuk memilih layanan kredit tersebut. Hal ini dilakukan dengan harapan Anda tidak mengambil layanan perbankan ini dengan sembarangan dan justru membuat Anda kebingungan untuk mengembalikan dana. Anda perlu cermat dalam memilih jenis layanan, karena setiap bank dan lembaga keuangan memiliki kebijakan masing-masing dalam layanan mereka, termasuk masalah bunga pinjaman. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan tentang suku bunga dan persyaratan lainnya dalam mengajukan layanan ini.

5.PINJAMAN MELALUI LEMBAGA MULTIFINANCE

6 cara mendapatkan pinjaman duit dengan mudah
multienace

dana pinjaman yang telah disebutkan diatas, pinjaman juga bisa Anda dapatkan melalui lembaga multifinance. Pada saat mengajukan pinjaman kepada lembaga ini, Anda diharuskan untuk menyiapkan beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut biasanya berupa data diri dan SHM atau BPKP yang akan dijadikan jaminan dari pinjaman Anda. Lembaga multifinance dapat juga dijadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan pinjaman dana. Namun Anda tetap harus memperhatikan besaran suku bunga yang dikeluarkan oleh lembaga multifinance. Biasanya lembaga multifinance mengeluarkan suku bunga yang besar dibandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh bank.

6.Crowdfunding

6 cara mendapatkan pinjaman duit dengan mudah
crowdfunding

Crowdfunding sebenarnya hampir mirip dengan Crowdlending. Di sini yang menjadi titk pokok perbedaannya adalah mengenai tujuan peminjaman dana yakni hanya diperuntukkan sebagai investasi atau donasi. Jadi, anda tidak perlu bersusah payah untuk mengembalikan dana tersebut beserta dengan bunganya.Tujuan dari Crowdfunding sebenarnya adalah untuk kegiatan usaha baik bisnis maupun sosial, jadi bukan untuk melakukan renovasi rumah ya.Sebagai penyedia dana secara online, pastinya nama mereka akan dihargai sebagai sponsor jika usaha itu bersifat sosial. Atau juga bisa mendapatkan investasi yang diberikan.Misalnya saja situs Crowdlending Indonesia yang antara lain KitaBisa (sosial), Amartha dan Wujudkan (bisnis).

Sekian postingan ini semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam masalah keuangan, sekian dan terima kasih

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.