16 Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia Tahun 2018
Majalah bisnis dan finansial Forbes telah merilis 100 daftar atlet dengan pendapatan tertinggi di tahun 2017. Data itu dirangkum dalam kurun 12 bulan terakhir.

Dengan berkembangnya dunia olahraga menjadi hiburan yang menyenangkan bagi semua orang, membuat pekerjaan sebagai atlet profesional menjadi sangat menjanjikan. Ini karena seorang atlet profesional, apalagi yang kelas dunia, memiliki pendapatan yang sangat tinggi.

Pendapatan mereka tidak hanya didapat dari gaji dari olahraga yang digeluti semata, namun juga dari berbagai produk yang menjadikan mereka sebagai iklan. Dilansir dari majalah Forbes, berikut 16 atlet dengan pendapatan tertinggi di tahun 2017 ini.

16. Novak Djokovic

Novak Djokovic
Novak Djokovic

Setelah menjuarai enam dari delapan Grand Slam dari tahun 2014 hingga 2016, Djokovic gagal meraih trofi lagi dalam empat turnamen beruntun. Alhasil, pendapatannya tahun ini menurun dari 12 juta USD menjadi hanya 9,6 juta USD.

Meski demikian pendapatan dari iklan petenis pria nomor dua dunia ini masih cukup baik. Ia memperpanjang kontrak dengan Seiko sampai tahun 2020. Ia juga mendapat endorse dari Lacoste sebagai merek pakainnya. Diperkirakan ia mendapat 28 juta USD dari itu semua.

15. Damian Lillard

Damian Lillard
Damian Lillard

Lillard adalah pebasket NBA yang kini bermain untuk Portland Trail Blazers. Pada tahun 2015, ia mendapat perpanjangan kontrak hingga lima tahun dengan nilai 120 juta USD (1,62 triliun rupiah).

Pebasket 27 tahun diperkirakan memiliki pendapatan toal 38,4 juta USD (24,4 juta dari basket dan 14 juta dari endorsement beberpaa produk seperti Adidas Spalding, Powerade, JBL, Moda Health, Panini, Coach, State Farm, McDonald's, dan Toyota

14. Sebastian Vettel

Sebastian Vettel
Sebastian Vettel

Setelah juara empat kali beruntun dari tahun 2010 sampai 2013, ia gagal melanjutkan kesuksesannya pada tahun-tahun setelahnya bersama Ferrari. Di tahun ini, ia sebenarnya menjadi pesaing terdekat Hamilton untuk menjadi juara. Namun, dengan satu race tersisa tampaknya sulit bagi Vettel untuk meraih titel tahun ini.

Meski demikian, pendapatan Vettel masih sangat tinggi. Ia mendapat penghasilan mencapai 38 juta USD dari balapan dan 500 ribu USD dari endorsement.

13. Russell Westbrook

Russell Westbrook
Russell Westbrook

Westbrook mendapat perpanjangan kontrak selama tiga tahun bersama Oklahoma City Thunder di awal musim 2016-17 dengan nilai mencapai 85,6 juta USD (1,16 triliun rupiah).

Pendapatan total Westbrook diperkirakan memiliki total 38,6 juta USD. 26,6 juta dari bermain basket dan sisanya dari endorsement berbagai produk.

12. Phil Mickelson

Phil Mickelson
Phil Mickelson

Menurut data dari Forbes, pendapatan pegolf dengan julukan Lefty ini hanyalah 3,5 juta USD dari golf. Namun, ia mendapat penghasilan yang cukup besar, yakni 40 juta USD (542 miliar rupiah) dari endorsement berbagai produk, termasuk salah satunya Barclays.

11. Drew Brees

Drew Brees
Drew Brees

Di awal musim 2016, Brees menandatangani perpanjangan kontrak dengan New Orleans Saints yang mencakup bonus mencapai 30 juta USD. Seperti yang dilansir Forbes, total pendapatannya adalah 45,3 juta USD (31,3 juta dari football dan 14 juta USD dari endorsement.

10. Lewis Hamilton

Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton adalah runner-up balapan Formula 1 tahun 2016 lalu dan di musim 2017 ini, ia berpeluang besar menjadi juara. Saat ini ia unggul 43 poin dari posisi kedua dengan kompetisi hanya menyisakan satu race lagi.

Pendapatan Hamilton diperkirakan mencapai 38 juta USD dari balapan dan 8 juta USD dari endorsement beberapa produk seperti IWC, Monster Energy, L'Oreal, Bose, Puma, dan lain-lain.

9. James Harden

James Harden
James Harden

James Harden adalah pebasket NBA yang saat ini bergabung dengan Houston Rockets. Dari timnya tersebut ia mendapat gaji mencapai 266 juta USD (360 miliar rupiah). Harden membayar lunas dengan torehan 2.000 poin dan asis untuk Rockets. Selain dari gaji, ia juga memeroleh pendapatan 20 juta USD dari endorsement beberapa brand seperti Beats, Foot Locker, BodyArmor, NBA 2K, dan lain-lain.

8. Stephen Curry

Stephen Curry
Stephen Curry

Point guard Golden State Warriors ini memang menjadi salah satu pebasket dengan bayaran tertinggi di NBA sejak tahun 2012. Pada musim 2016-17 kali ini ia mendapat gaji sebesar 12,1 juta USD (164 miliar rupiah). Namun, selain dari gaji itu, ia juga mendapat penghasilan lain dari JPMorgan Chase, Brita, Vivo and PressPlay dan Under Armour.

7. Rory McIlroy

Rory McIlroy
Rory McIlroy

Rory McIlroy adalah seorang pegolf profesional yang berasal dari Irlandia Utara. Ia mampu memenangkan dua event selama playoff PGA Tour, termasuk Tour Championship untuk merebut FedEx Cup dari bonus senilai 10 juta dengan tambahan 6 juta USD.

Karena berbagai prestasi yang diraihnya, ia mendapat endorsement dari beberapa produk seperti Nike yang memberikan kontrak 10 tahun kepadanya. Ia juga menggantikan Tiger Woods sebagai cover untuk sebuah video game dari Electronic Arts di tahun 2015.

6. Andrew Luck

Andrew Luck
Andrew Luck

Andrew Luck adalah seorang atlet American footbal yang saat ini bermain untuk Indianapolis Colts yang berlaga di National Football League (NFL). Pemain yang berposisi sebagai quarterback ini adalah pemain dengan bayaran tertinggi di NFl dengan 636 miliar yang diterimanya dari The Colts. Selain itu ia juga mendapat pendapatan dari beberapa endorsement meskipun nilainya tidak terlalu besar.

5. Kevin Durant

Kevin Durant
Kevin Durant

Kevin Durant mengejutkan dunia basket ketika ia meninggalkan Oklahoma City Thunder yang telah ia bela selama delapan tahun. Ia justru menyetujui untuk bergabung dengan Golden State Warriors menjelang musim 2016-17 dimulai.

Pebasket 29 tahun ini mendapat bayaran mencapai 26,6 juta USD atau sekitar 361 miliar rupiah. Sementara pendapatannya dari endorsement beberapa produk seperti Nike, BBVA, dan NBA 2K mencapai 460 miliar rupiah.

4. Roger Federer

Roger Federer
Roger Federer

Setelah absen pada semenster kedua di tahun 2016 karena cedera lutut, Federer kembali bertanding di tahun 2017 dan berhasil memenangkan Australia Open dengan menaklukkan saingan lamanya, Rafael Nadal. Petenis 36 tahun ini mendapat penghasilan dari tenis hanya sekitar 6 juta USD atau sekitar 81 miliar rupiah.

Sementara pendapatannya dari sponsor sangatlah besar, yakni mencapai 58 SUD (785 miliar rupiah) dari beberapa brand besar seperti Nike, Wilson, Mercedes, Rolex, ddan lain lain.

3. Lionel Messi

Lionel Messi
Lionel Messi

Lionel Messi mendapat bayaran dari Barcelona sekitar 53 juta USD atau mencpai 717 miliar rupiah. Pemain sepakbola asal Argentina ini juga mendapat perpanjangan degan kontrak seumur hidup dari Adidas. Apparel olahraga raksasa Jerman itu memberikan bayaran mencapai 27 juta USD atau sekitar 365 miliar rupiah.

Baca juga: 18 Pemain Sepakbola Wanita Terbaik di Dunia

2. LeBron James

LeBron James
LeBron James

Pebasket yang meraih empat gelar pemain terbaik NBA ini mendapat gaji sekitar 86,2 USD atau lebih dari 422 miliar rupiah. Sementara ia juga mendapat penghasian dari endorsement berbagai produk seperti Nike, Coca-Cola, Beats by Dre dan Kia Motor. James juga memiliki perusahaan produksi, SPringHill Entertainment bersama Maverick Carter sebagai manajernya.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo

Peraih empat trofi Ballon d'Or dan dua The Best FIFA Men's Player ini mendapat bayaran sekitar 58 USD atau sekitar 785 miliar rupiah lebih dari Real Madrid. Selain gaji dari klub, Ronaldo juga mendapat kontrak seumur hidup dengan apparel olahraga ternama Nike dengan nilai mencapai 1 miliar USD (13 triliun lebih).

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.