18 Cara Merawat Kacer Dengan Mudah dan Tepat
Cara merawat kacer memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang ekstrak. Karena kesabaran dan ketekunan itu sendiri merupakan kunci tercapainya keberhasilan dalam merawat kacer. Berikut ada 18 cara merawat kacer dengan mudah dan tepat.

Cara Merawat KacerCara merawat kacer sebenarnya tidak begitu sulit, karena yang dibutuhkan dalam hal ini adalah ketekunan dan kesabaran saja. Ketika kita berhasil merawat dan berhasil membuat kacer kita menjadi burung yang gacor, tentu hal itu akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk diri kita masing-masing.

Nah berikut ini ada 18 cara merawat kacer dengan mudah dan tepat. Buat kamu yang masih bingung dalam merawat kacer, simak ulasan berikut ini ya.

1. Menyediakan Sangkar

Cara Merawat Kacer
Sangkar Burung

Cara merawat kacer yang pertama dan yang wajib dilakukan adalah menyediakan sangkar. Sebenarnya untuk burung kacer kita tidak perlu menyediakan sangkar yang besar. Namun sediakan saja sangkar yang cukup, dalam arti tidak besar dan tidak kecil.

2. Menyediakan Tutup Sangkar

Cara Merawat Kacer
Tutup Sangkar

Jangan lupa untuk menyediakan tutup sangkarnya juga. Sebenarnya hal ini tidak begitu penting jika kamu merupakan orang yang jarang mengajak burungmu pergi. Namun jika burungmu sering kamu ajak pergi atau sering mengikuti sejumlah perlombaan, makan tutup sangkar merupakan hal yang wajib kamu sediakan. Karena hal ini bisa mencegah stres pada burung ketika kita ajak berpergian.

3. Memandikan Burung

Cara Merawat Kacer
Memandikan Burung

Sama seperti manusia, burung juga akan tampak sehat, segar dan bersih ketika sudah mandi. Untuk memandikan burung, kamu cukup menyemprotnya dengan alat semprot khusus pada pagi hari saja. Mandikan burung secara rutin ya, agar burung kacer mu terhindar dari penyakit dan tetap segar.

4. Memberi Makan

Cara Merawat Kacer
Memberi Makan

Makanan yang kita beri kepada burung kacer kita merupakan salah satu faktor yang menyebabkan berhasil tidaknya kita dalam merawat burung tersebut. Sebenarnya kamu tak perlu bingung dalam menentukan makanan mana yang cocok untuk burung kesayanganmu. Cukup berikan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh burung kacer. Namun jika kamu tidak bisa memilih pakan burung secara jeli, kamu bisa memberinya jangkrik atau ulat, atau bisa juga membeli salah satu jenis pakan khusus buat burung kacer.

5. Memberi Vitamin

Cara Merawat Kacer
Vitamin Burung

Untuk menjadi burung juara, tentu kita harus merawatnya dengan sungguh-sungguh, termasuk juga dalam pemberian vitamin terhadap burung secara tepat dan rutin. Vitamin ini sendiri berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh burung agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kamu bisa memberi vitamin dengan cara mencampurkan vitamin tersebut dengan pakan burung. Atau kamu juga bisa memberikan vitamin ke mulut burung secara langsung.

6. Menjinakkan Burung

Cara Merawat Kacer
Burung Kacer

Cara menjinakkan burung yang paling mudah, yakni :

- Hari pertama, tutup sangkar burung dan jauhkan dari aktivitas manusia.

- Hari kedua, buka penutup sangkarnya lalu dekatkan burung dengan aktivitas manusia.

- Hari Ketiga, mandikan burung dan beri makan burung dengan beberapa ekor jangkrik.

7. Melatih Makan Voer

Cara Merawat Kacer
Voer Burung

Burung akan lebih rajin dalam berkicau ketika burung tersebut sudah mengkonsumsi pakan jenis voer. Untuk melatihnya, campur voer dengan ulat halus lalu berikan pada burung. Lakukan langkah tersebut selama tiga hari. Selanjutnya kurangi kadar ulat, dan tambahkan kadar voer dalam porsi pakannya. Selanjutnya tinggal tingkatkan saja kadar voer sampai burung terbiasa makan hanya dengan voer saja.

8. Menyesuaikan Burung dengan Lingkungan Sekitar

Cara Merawat Kacer
Melatakkan Sangkar Burung di Halaman

Ketika baru membeli seekor burung, cobalah untuk meletakkan sangkarnya di halaman rumah selama beberapa hari. Hal ini bertujuan agar burung mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Baca Juga : 15 Cara Merawat Bunga Mawar Dengan Mudah

9. Membuat Burung Rajin Berkicau

Cara Merawat Kacer
Burung Kacer

Dalam tahap ini sebenarnya kamu bisa memakai beragam jenis cara, bisa melalui cara pemberian makanan, mencukupi asupan nutrisi, atau cara yang lainnya. Namun yang paling penting kamu harus melakukan mastering se-sering mungkin. Mastering sendiri merupakan tindakan memutar suara kicauan burung dari ponsel untuk didengarkan oleh si burung itu sendiri. Hal ini dilakukan guna memancing burung agar mau berkicau.

10. Menjemur Burung

Cara Merawat Kacer
Menjemur Burung

Sebenarnya dalam tahap ini kamu akan merasa sedikit kerepotan. Karena kamu harus benar-benar memperhatikan terik matahari dan durasi berjemur si burung. Bagi kalian yang tidak punya teknik menjemur yang baik dalam menjemur burung, sebaiknya jemur burung di antara jam 8-10 saja, dan dengan durasi sekitar 45-90 menit saja. Jangan terlalu lama menjemur burung, takutnya si burung kepanasan dan mengalami dehidrasi.

11. Terapi Makanan

Cara Merawat Kacer
Variasi Makanan Burung

Tak hanya manusia saja yang bisa terapi, burung pun juga bisa terapi. Hanya saja terapi pada burung dilakukan pada pencampuran pakannya saja, seperti mencampuri cacing, jangkrik, atau EF.

12. Menurunkan Birahi

Cara Merawat Kacer
Burung Kacer

Dalam menurunkan birahi burung kacer, sebenarnya ada sejumlah cara yang bisa kamu coba, yakni :

- Sementara hentikan pemberian pakan EF, ulat dan jangkrik.

- Sementara hentikan menjemur burung terlalu lama.

- Lebih sering memandikan burung.

13. Membersihkan Sangkar

Cara Merawat Kacer
Membersihkan Sangkar

Membersihkan sangkar juga wajib kamu lakukan guna menjaga kesehatan dan kebersihan burung kacer kesayangan. Jangan menunggu harus sekian hari dulu baru dibersihkan, namun jika sangkar sudah penuh dengan kotoran langsung bersihkan saja. Jangan lupa memberi desinfektan pada sangkar burung ketika membersihkannya.

14. Memeriksa Minuman Burung

Cara Merawat Kacer
Minuman Burung

Selain makanan dan sangkar, minuman burung juga harus diperhatikan. Jika habis atau sudah kotor, kamu bisa mencuci dan memberinya air bersih lagi. Oh iya, menurut sebagian besar pemilik kacer, memberi air minum matang pada kacer akan jauh lebih baik daripada memberi air minum yang belum matang, karena hal ini bisa meminimalisir penyakit akibat bakteri dalam air minum yang tidak matang.

15. Tentukan Lingkungan Burung

Cara Merawat Kacer
Menentukan Lingkungan

Sebenarnya burung kacer sangat suka dengan tempat yang sunyi. Sehingga akan lebih baik lagi jika kamu menempatkan sangkarnya di tempat yang sunyi, jauh dari sumber keramaian dan di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh hewan-hewan pemangsa seperti, tikus, kucing, ular dan lain sebagainya.

16. Melatih Mental

Cara Merawat Kacer
Melatih Mental

Agar menjadi burung juara, tentu mental burung itu sendiri harus dipersiapkan dengan matang. Sedangkan untuk melatih mental burung kacer, kamu bisa membawanya ke daerah yang cukup ramai, seperti pasar, pinggir jalan, dan lain sebagainya.

17. Diadu Dengan Burung Kacer Lain

Cara Merawat Kacer
Mengadu Kacer

Agar semakin cepat gacor, maka kamu harus sering mengadu burung kacer milikmu dengan burung kacer lain. Hal ini terbukti ampuh dalam meningkatkan rasa bersaing kacer, sekaligus meningkatkan kicauannya. Namun, sebaiknya adu burung kacer milikmu dengan burung kacer lain yang memiliki kemampuan di bawah burung kacer milikmu. Hal ini bertujuan agar burung kacer milikmu tidak merasa minder ataupun stres.

18. Membuka Penutup Sangkar

Cara Merawat Kacer
Membuka Penutup Sangkar

Membuka penutup sangkar berarti membiarkan burung untuk berkicau. Sebaiknya buka penutup sangkar burung milikmu pada sore hari sekitar pukul 15.00. Dan biarkanlah kacer milikmu berkicau setidaknya selama satu jam.

 

Baca Juga

Tinggalkan Komentar jika anda pernah kesini:

Tidak ada review,jadilah yang pertama.