15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate
Job interview atau wawancara kerja adalah tahapan yang harus dilalui oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan atau untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tak heran tahapan ini sering membuat nervous bagi mereka yang akan menghadapinya. Terlebih untuk para Fresh Graduate yang belum memiliki pengalaman job interview sebelumnya.

Interview kerja - Salah satu strategi untuk menjawab pertanyaan job interview adalah dengan mencari berbagai referensi dan mempelajari beberapa contoh-contoh pertanyaan job interview. Dengan mempelajarinya, anda akan mendapat gambaran seperti apa pertanyaan saat job interview dan membuat jawaban yang sesuai dengan pengalaman dan pendidikan anda. Berikut ada 15 cara menjawab pertanyaan job interview untuk fresh graduate yang paling umum yang akan membantu mengenal kekuatanmu dan mengapa kamu harus dipilih untuk menempati posisi tersebut.


1. Ceritakan Tentang Diri Anda

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 1

ceritakan tentang diri anda


Salah satu pertanyaan paling umum saat wawancara kerja adalah ceritakan tentang diri anda. Mungkin ini tampak seperti pertanyaan yang biasa-biasa saja. Namun dibalik setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh perekrut memiliki makna tersendiri dan pekrekrut ingin melihat bagaimana ketenangan anda dalam menjawab pertanyaan. Untuk itu, anda harus bisa menjawab pertanyaan dengan tenang, santai namun tetap professional. Contohnya “Nama saya Andika, umur saya 20 tahun. Saya lulusan dari Universitas Indonesia Jurusan Teknologi Informasi. Saya memiliki pengalaman magang selama 3 bulan di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi di Jakarta. Selain itu saya juga memiliki pengalaman organisasi di kampus sebagai ketua organisasi BEM Universitas Indonesia.” Cukup singkat namun padat dan bisa menjelaskan diri anda secara keseluruhan.

2. Apa Kelebihan Anda? 

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 2

apa kelebihan anda


Penting untuk diingat sekali lagi bahwa setiap pertanyaan yang di lontarkan oleh perekrut merupakan pertanyaan jebakan. Perekrut hanya benar-benar menerima karyawan yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan jawaban yang tidak terlalu meninggikan ataupun menjatuhkan diri sendiri. Jika perekrut menanyakan apa kelebihan anda, jawablah dengan jujur sesuai dengan skill yang anda punya. Contohnya “Saya sangat suka mempelajari hal yang baru dan saya merupakan orang yang mudah mempelajari sesuatu dengan cepat. Saya selalu bertanggung jawab untuk apa saja mengenai pekerjaan saya. Saya bisa bekerja sama dalam tim maupun individu dan saya bisa bekerja dibawah tekanan.”

3. Apa Kelemahan atau Kekurangan Anda?


15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 3

apa kelemahan atau kekurangan anda

Disini perekrut ingin melihat dimana anda bisa menilai diri anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus jujur tetapi tidak menjatuhkan harga diri anda sendiri. Karena itu akan membuat perekrut merasa tidak yakin untuk merekrut anda. Contohnya “Kelemahan saya adalah saya sangat mudah lupa terhadap sesuatu seperti lupa pekerjaan mana saja yang sudah ataupun belum saya selesaikan. Tetapi saya berusaha untuk menangani kelemahan saya dengan cara membuat catatan kecil diatas meja kerja saya dan membuat pengingat di ponsel saya untuk memastikan tidak ada hal penting yang terlupa.”

4. Bagaimana Anda Menghadapi Perubahan?
15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 4

bagaimana anda menghadapi perubahan

Ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini, anda harus bisa mendeskripsrikan diri anda terhadap perubahan baik dalam hal karir maupun hal lainnya. Anda bisa menjawab sesuai dengan kemampuan anda apakah anda cukup baik dalam menghadapi perubahan atau anda selalu up to date terhadap perubahan itu semua kembali pada pribadi anda. Contoh jawaban yang umum seperti “Saya cukup baik dalam menghadapi perubahan, misalnya ketika saya menemukan hal baru saya selalu berusaha mempelajari hal tersebut sebaik mungkin semampu yang saya bisa dan saya mencoba untuk menjadi fleksibel disetiap situasi perubahan.”

5. Bagaimana Cara Terbaik Anda dalam Mengambil Keputusan?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 5
bagaimana cara terbaik anda dalam mengambil keputusan

Ketika ditanya bagaimana cara mengambil keputusan, anda harus bisa menunjukkan bahwa anda adalah pekerja yang bisa bekerja sama dalam tim karena tidak bisa mengambil keputusan secara sepihak. Anda juga membutuhkan saran dan masukan dari rekan kerja anda. Contoh jawaban yang umum yaitu “Dalam mengambil keputusan saya selalu melibatkan tim atau rekan kerja saya. Karena untuk mendapatkan keputusan terbaik tidak bisa dilakukan secara sepihak. Harus ada kontribusi sesama rekan kerja atau tim kerja untuk mendapatkan hasil terbaik untuk kemajuan perusahaan.”

6. Apa Rencana Anda 5 Tahun Kedepan?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 6
apa rencana anda 5 tahun kedepan

Jika ditanya rencana beberapa tahun kedepan sudah pasti setiap orang menjawab ingin menjadi orang sukses, manajer, bos dan lain-lain. Tetapi jika sedang dalam situasi wawancara kerja anda tidak bisa menjawab seperti itu. Anda harus bisa terlihat bahwa anda bisa sukses karena perusahaan tersebut. Contohnya “Jika saya bekerja di perusahaan ini saya melihat kesuksesan dalam diri saya 5 tahun kedepan karena bisa bekerja di perusahaan ini adalah impian semua orang. Dan dalam waktu 5 tahun saya akan memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan ini. Perusahaan ini sudah banyak mencetak orang-orang sukses dan saya akan menjadi salah satu dari mereka dalam waktu 5 tahun dan tentunya itu semua bisa terwujud dengan bekerja di perusahaan ini.”

7. Bagaimana Anda Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 7
bagaimana anda menghadapi rekan kerja yang menyebalkan

Disini anda harus bisa menempatkan emosi anda, jangan menjawab dengan semena-mena. Anda bisa menjawab seperti “Bagi saya tidak ada rekan kerja yang menyebalkan. Memang tipikal setiap orang beda-beda namun saya akan selalu menyesuaikan diri saya sesuai dengan karakter rekan kerja yang saya hadapi sehingga akan selalu ada pembahasan yang cocok satu sama lain.”

8. Bagaimana Sikap Anda Terhadap Kritikan yang Ditujukan Kepada Anda?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 8
bagaimana sikap anda terhadap kritikan yang ditujukan kepada anda

Contoh untuk jawaban dari pertanyaan seperti ini adalah “Jika saya mendapatkan kritik baik dari rekan kerja maupun dari atasan saya akan menerimanya dengan baik karena kritikan tidak selalu menunjuk kepada hal yang negatif. Jika kritikan tersebut bersifat membangun maka akan saya aplikasikan dalam pekerjaan saya namun jika kritikan tersebut bersifat menilai maka saya akan memperbaiki kinerja saya agar lebih baik lagi.”

9. Sejauh Mana Anda Bisa Bekerja Dibawah Tekanan?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 9
sejauh mana anda bisa bekerja dibawah tekanan

Menjawab pertanyaan seperti ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui dimana tingkat stress anda dalam bekerja karena perekrut akan menilai sampai dimana calon karyawan bisa mengendalikan stress nya saat diberi pekerjaan yang menumpuk. Contohnya “Saya adalah pekerja keras jadi saya sangat bisa bekerja dibawah tekanan. Karena menurut saya tekanan di pekerjaan bukanlah hal untuk memperlambat kinerja tetapi justru untuk meningkatkan kinerja. Tekanan bisa mengajarkan saya untuk lebih maju dan lebih cepat untuk memahami suatu pekerjaan. Tanpa adanya tekanan terkadang orang akan bemalas-malasan untuk mengerjakan sesuatu dan menganggap bahwa itu semua tidaklah penting.”

10. Jika Diberi Kesempatan Untuk Berbisnis, Bisnis Apa yang Ingin Anda Geluti?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 10
jika diberi kesempatan untuk berbisnis, bisnis apa yang ingin anda geluti

Anda harus memberikan setidaknya satu bisnis yang ingin anda geluti karena disini perekrut akan melihat bagaimana cara anda dalam manajemen keuangan dan manajemen waktu. Banyak bisnis positif yang bisa anda tuturkan saat wawancara seperti bisnis di bidang kuliner, event organizer, fashion dan lain sebagainya.

11. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 11
apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini anda harus mengetahui mengenai profil perusahaan tersebut, bergerak di bidang apa, sudah berdiri berapa lama, memiliki cabang dimana saja dan lain sebagainya. Anda bisa mencari jawaban di website resmi perusahaan.

12. Berapa Lama Anda Akan Bekerja di Perusahaan Kami?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 12
berapa lama anda akan bekerja di perusahaan kami

Ketika ditanya berapa lama anda tidak boleh menjawab satu tahun atau dua tahun. Disini perekrut ingin melihat bagaimana loyalitas anda terhadap perusahaan. Contoh jawaban yang paling umum yaitu “Saya tidak menentukan berapa lama saya bekerja diperusahaan ini karena tujuan saya untuk bekerja disini bukanlah untuk sekedar mendapatkan pengalaman tetapi tujuan utama saya adalah untuk memberikan kontribusi saya kepada perusahaan, untuk memajukan perusahaan dan memberikan segala ide-ide dan kemampuan yang saya miliki untuk perusahaan.”

13. Mengapa Kami Harus Merekrut Anda?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 13
mengapa kami harus merekrut anda

Pertanyaan ini hampir mirip dengan pertanyaan apa kelebihan anda, namun dari sisi jawaban sangatlah berbeda. Jika anda ditanya kelebihan maka anda akan menjawab apa saja skill yang anda miliki yang dapat dinilai sebagai kelebihan anda. Sedangkan jika anda ditanya mengapa mereka harus merekrut anda, anda tidak boleh menjawab karena anda bertanggung jawab atau karena anda bisa bekerja dibawah tekanan. Anda harus menjawab dengan hal yang bersifat motivasi. Contohnya “Saya baik dalam perencanaan, saya bisa membuat perencanaan yang baik untuk tim kerja saya dan untuk perusahaan. Karena dalam setiap proyek yang harus di kerjakan dan harus dicapai harus memiliki perencanaan yang baik dan matang agar mendapatkan hasil yang maksimal.”

14. Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 14
kapan anda bisa mulai bekerja

Ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini kebanyakan orang akan menjawab besok pagi. Ini sangat fatal akibatnya karena itu akan terlihat bahwa anda tidak siap untuk bekerja. Jawaban untuk pertanyaan ini tidaklah harus panjang dan bertele-tele karena akan terkesan tidak ingin bekerja. Anda cukup menjawab dengan singkat, padat, dan jelas sehingga terlihat professional. Contoh nya yaitu “Saya akan siap bekerja kapan saja perusahaan membutuhkan saya.” Ini memang jawaban yang singkat tetapi akan membuat perekrut tertarik untuk merekrut anda.

15. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

15 Cara Menjawab Pertanyaan Job Interview Untuk Fresh Graduate 15
berapa gaji yang anda inginkan

Banyak orang yang merasa bimbang ketika ditanya perihal gaji, terutama untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Tetapi jangan sekali-kali anda menjawab sesuai standar perusahaan karena itu akan terlihat bahwa anda tidak dapat menghargai kemampuan yang anda miliki. Untuk fresh graduate ­anda bisa menaikkan beberapa persen dari upah minimum kota anda atau ditempat anda melamar pekerjaan. Sebagai contoh misalnya upah minimum di suatu tempat sekitar 3 juta rupiah maka anda boleh meminta gaji 4 juta sampai 4.5 juta karena skill seseorang tidak bisa dibayar dibawah standar.

Baca Juga