22 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat
Meskipun sudah tidak terlalu banyak orang-orang yang terserang kutu rambut pada rambutnya, namun bukan berarti tak ada satu pun orang yang mengalami. Beberapa orang yang mempunyai kutu di rambutnya pasti merasa resah, nah disini ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut - Mungkin dijaman sekarang orang yang mempunyai kutu di rambutnya sudah semakin sedikit, lantaran sudah banyak produk-produk kecantikan seperti sampo yang mampu menghilangkan kutu rambut. 

Faktanya sebagian orang masih ada yang mengalami gatal-gatal di kepala lantaran ada sejumlah kutu rambut yang bersarang di rambutnya. 

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat. 

1. Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Minyak Kelapa

Yang pertama adalah minyak kelapa. Ya, minyak kelapa memang mampu membasmi dan mencegah perkembangbiakan kutu rambut. Dengan menggunakan minyak kelapa sebagai pelumas rambut, tentu kutu-kutu tersebut akan musnah dan akan hilang secara permanen. 

2. Cuka Putih

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cuka

Cuka putih mengandung asam asetat yang mampu membasmi kutu secara cepat. Penggunaannya pun cukup mudah, yakni larutkan cuka pada air. Oleskan di kepala secara merata, baut kepala dengan handuk selama 2 jam. Sisir rambut dengan menggunakan sisir yang paling rapat. Dengan begitu kutu akan berjatuhan dan pergi dari rambutmu. 

3. Benzil Alkohol

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Benzil alkohol

Semua makhluk hidup tentu membutuhkan oksigen, begitu juga dengan kutu. Benzil alkohol berfungsi menghentikan aliran oksigen untuk parasit seperti kutu. Dengan begitu kutu akan musnah.

Pemakaiannya pun cukup mudah, yakni tinggal oleskan di bagian rambut secara merata. Cara ini tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 6 tahun, karena bisa menimbulkan rasa gatal di sekitar kulit kepala. 

4. Malathion

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Malathion

Malathion adalah obat antiparasit yang ampuh dalam mengusir kutu rambut. Sama halnya dengan benzil alkohol, Malathion juga tidak boleh digunakan pada anak di bawah 6 tahun, lantaran memiliki kadar alkohol yang tinggi. 

Selama pemakaian, usahakan hindari api dan sumber panas, karena Malathion mudah terbakar. 

5. Lindane

Cara Menghilangkan Kutu Rambut
Lindane

Begitu juga dengan lindane, obat jenis ini tidak boleh digunakan untuk wanita hamil, pengidap penyakit kejang-kejang dan HIV. Selain itu, orang yang berat badannya kurang dari 50 kilogram, tidak boleh menggunakan produk ini, lantaran sifat antiparasitnya bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya. 

8. Minyak Biji Sesame

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Minyak Biji Sesame

Minyak biji sesame terbukti mampu menghilangkan kutu rambut lantaran mengandung antibakteri, insektisida dan antijamur.

Untuk menggunakannya pun cukupudah, yakni sediakan minyak esensial rosemary, seperempat cangkir minyak biji sesame, satu sendok teh minyak pohon teh, seperempat minyak nimba, satu setengah sendok teh kayu putih serta sepuluh tetes minyak esensial lavender. Campur semua bahan tersebut, basuhi rambut hingga merata, balut rambut dengan handuk, biarkan selama satu malam. Paginya, sisir rambut guna membuang juta yang sudah mati, lalu keramas rambut secara bersih. 

9. Bawang Putih

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Bawang Putih

Kita tahu bahwa bawang putih mempunyai bau yang khas dang sangat kuat. Nah, baunya tersebut terbukti mampu membunuh kutu-kutu yang bersarang di rambutmu. 

Pengguna pun cukup mudah, siapkan sedikit minyak kelapa, lalu campurkan dengan 8 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Oleskan secara merata di kulit kepala, dan diamkan selama setengah jam. Bila dengan air panas. 

10. Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Minyak Zaitun

Sudah tidak heran lagi jika minyak zaitun mampu menghilangkan kutu rambut. Pasalnya minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat. 

Cukup oleskan minyak zaitun dil kulit kepala sebelum tidur, lalu tutup dengan shower cap, bisa juga dengan membalut rambut dengan handuk. Paginya, sisir rambut sampai kutu rambut berjatuhan. 

12. Garam

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Garam

Selain digunakan sebagai penyedap rasa masakan, garam juga bermanfaat untuk membasmi kutu rambut. Caranya juga mudah, cukup campurkan cuka dan garam sebanyak 1/4 gelas, lalu usap ke kulit kepala. Balut dengan handuk dan biarkan selama dua jam. Bilas dan sisir rambut sampai kutu berjatuhan. 

13. Almond

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Almond

Selain rasanya yang nikmat, kacang almond juga mampu menghilangkan kutu rambut. Caranya pun mudah, rendah 10 butir almond, kupas lalu haluskan sampai berbentuk seperti pasta. Campurkan dengan 3 sendok makan jus lemon. Usapkan ke kulit kepala, dan diamkan selama dua jam. Bila dengan air dingin lalu sisir sampai kutu berjatuhan. 

Baca Juga : 26 Cara Mudah Merawat Rambut Agar Tetap Indah

15. Jus Jeruk 

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Jus Jeruk

Selain dikenal sebagai minuman yang menyegarkan, jus jeruk juga berkhasiat untuk merontokkan telur kutu yang menempel di rambut, lantaran mengandung insektisida. 

Caranya, basuh rambut dengan air bersih, lalu basuhkan juga segelas jus jeruk ke rambut. Tunggu selama setengah jam, lalu sisir rambut dan bilas dengan air bersih. Lakukan berulang kali secara rutin, sampai kutu dan telurnya hilang. 

18. Bawang merah

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga berkhasiat untuk menghilang kutu rambut. Caranya pun sama mudahnya, blender 5 siung bawang merah, ambil airnya lalu usapkan ke kulit kepala. Balut dengan handuk selama dua jam dan bila menggunakan sampo. Jika rambut sudah kering, kamu bisa menyisirnya sampai kutu berjatuhan. 

19. Alkohol

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Alkohol

Alkohol mengandung 70% isopropyl, yang mampu menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Caranya, usap rambut dengan alkohol secara sedikit demi sedikit hingga merata. Biarkan sebentar, lalu gosok kulit kepala menggunakan kondisioner. Sisir rambut dan bila rambut menggunakan sampo. 

20. Pengering Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Hairdryer

Menurut penelitian yang dilakukan baru-baru ini, pengering rambut mampu membunuh kutu rambut beserta telur-telurnya. Caranya pun sangat mudah, sebelum menggunakan pengering rambut, alangkah lebih baik lagi jika membersihkan rambut terlebih dahulu menggunakan sampo. Lalu keringkan dengan pengering rambut. Sisir rambut sampai kutu berjatuhan. 

21. Detergen

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Detergen

Sebenarnya detergen kurang efektif dalam menghilangkan kutu, namun bisa menghilangkan telur-telur kutu. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan minyak zaitun ataupun minyak kelapa dalam cara yang satu ini. 

22. Gel Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Gel Rambut

Sama halnya dengan detergen, gel rambut juga terbilang kurang efektif dalam membasmi kutu rambut. Namun banyak bukti yang mengatakan bahwa gel rambut mampu membunuh kutu rambut dan mengendurkan telurnya. 

Caranya mudah saja, usap gel rambut ke kulit kepala terlebih dahulu, lalu usap secara merata. Balut dengan handuk dan biarkan sampai pagi. Setelah bangun tidur, bilas dengan menggunakan sampo dan sisir rambut seperti biasanya. 

Baca Juga