16 Cara Mengatasi Penyakit Kucing Dengan Ampuh dan Mudah
Bagaimana jika kucing kesayangan Anda terjangkit suatu penyakit? Apakah ada cara untuk mengatasinya? Simak artikel berikut ini untuk menemukan jawabannya.

Memilikiki hewan peliharaan memang menyenangkan, terlebih lagi jika hewan tersebut memiliki kelebihan tersendiri, akan membuat harimu lebih menyenangkan. 

Hewan peliharaan tentu tidak luput dari berbagai masalah, misalnya kutu yang ada pada tubuhnya.Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering menyerang dan mengganggu kesehatan kucing.

1) Penyakit Stud Tail

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Stud Tail

Penyakit ini menyerang ekor kucing dimana akan muncul cairan coklat berminyak dan berbau pada ekor bagian atas mendekati pangkal. Penyakit ini terjadi karena produksi minyak berlebih pada kelenjar yang dekat dengan ekor.

Cara Mengatasi :

Gunakan shampoo kucing untuk mencuci bagian yang berminyak, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi produksi minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar di dekat ekor.

2) Penyakit Ring Worm

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Ring Worm

Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dan biasanya menyerang telinga, badan dan kepala kucing. Ring Worm dapat menimbulkan kerontokan bulu, munculnya sisik dan ruam dengan bentuk melingkar pada daerrah yang terjangkit. Penyakit ini termasuk penyakit menular, selain dapat menjangkit hewan peliharaan lainnya, termasuk hamster dan anjing, penyakit ini juga dapat menular ke manusia.

Cara Mengatasi :

Gunakan minyak tawon atau Virgin Coconut Oil pada bagian yang sudah terjangkit, hal ini dilakukan untuk melepaskan kerk kerak yang sudah muncul. Setelah dibersikan oleskan salep anti jamur pada daerah yang terkena Ring Worm.

3) Penyakit Ketombe

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Ketombe

Ketombe pada kulit kucing terjadi akibat terlalu keringnya kulit sehingga kulit tersebut terkelupas. Kekeringan kulit ini biasanya terjadi karena kurangnya suplemen dan menjadi salah satu indikator bahwa kucing tersebut mengalami gizi buruk.

Cara Mengatasi :

Gunakan shampoo kucing saat memandikan kucing peliharaan, zat zat pada shampoo kucing akan mengembalikan kulit kering pada kucing dan menghilangkan ketombe.

4) Penyakit Infeksi Jamur

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Infeksi Jamur

Penyakit infeksi yang diakibatkan oleh jamur biasanya menyerang bagian kulit pada kucing. Telinga adalah salah satu bagian yang kerap terserang infeksi jamur. Tanda – tanda yang dapat muncul yang diakibatkan olewh penyakit ini adalah munculnya cairan kuning pada daerah yang terjangkit infeksi jamur.

Cara Mengatasi :

Gunakanlah shampoo sebazole atau cairan campuran belerang saat memandikan kucing. Kandungan belerang ampuh mematikan jamur pada kulit kucing.

5) Penyakit Feline Acne

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Feline Acne

Feline acne bukanlah penyakit jerawat seperti yang biasa terjadi pada manusia, penyakit ini akan menyerang rahang bawah kucing dan membuatnya berubah menjadi hitam dan terluka. Hal ini dapat terjadi karena penggunaan shampoo kucing yang mengandung zat berbahaya atau juga dapat terjadi akibat alergi pada makanan tertentu.

Cara Mengatasi :

Konsultasikan hal ini pada dokter hewan. Penanganan penyakit ini membutuhkan tenaga ahli dan diagnosa mendalam. Pastikan tempat makanan yang digunakan kucing selalu dibersihkan, tambahkan suplemen omega 3 dan omega 6 untuk mempercepat proses penyembuhan pada kucing.

6) Penyakit Bulu Rontok

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Bulu Rontok

Kerontokan bulu pada kucing dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya gizi, kebersihan kandanh dan lingkungan yang tidak terjaga, adanya kutu pada kulit dan dapat juga terjadi akibat alergi pada makanan.

Cara Mengatasi :

Jaga kebersihan kandang, mandikan kucing dengan shampoo kucing, pertahankan kualitas gizi pada makanan kucing dan berikan suplemen tambahan.

7) Penyakit Kutu Kucing

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Kutu Kucing

Penyakit ini adalah satu dari sekian banyak penyakit kulit pada kucing yang kerap muncul, penyakit ini muncul akibat kurang rajinnya pemilik dalam membersihkan dan memandikan kucing peliharaannya. Salah satu tanda kucing memiliki kutu kucing adalah adanya bagian kulit yang berkerak, dan kucing memiliki kebiasaan menggaruk di satu tempat.

Cara Mengatasi :

Gunakanlah shampo anti kutu untuk kucing saat memandikan kucing peliharaan.

8) Penyakit Tumor Kucing

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Tumor Kucing

Ini adalah penyakit berat yang dapat diderita oleh kucing, hal ini mungkin saja dapat terjadi jika kucing dalam lingkungan tidak sehat dan kerap terpapar polusi. Tumor pada kulit kucing dapat dideteksi dengan meraba kulit kucing, bagian yang terkena tumor akan terasa keras dan lebih padat daripada bagian kulit yang lainnya.

Cara Mengatasi:

Jika menemukan keanehan pada bagian kulit kucing, segera konsultasikan dengan dokter hewan, tumor kulit hanya dapat diatasi dengan tindakan medis dri dokter hewan,

9) Penyakit Asma pada kucing

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Asma Pada Kucing

Penyakit asma pada kucing biasanya disebabkan oleh alergi. Kucing yang terserang asma memiliki kecenderungan menjadi pendiam ,l lesu dan nampak kesulitan saat bernapas.

Cara Mengatasi :

Asma pada kucing hanya dapat diatasi dengan pengobatan dari dokter hewan, penanganan dan pemberian obat obatan tradisional yang dianggap “ mampu” mengatasi asma tidak disarankan, selain berbahaya, dampak yang ditimbulkan juga tidak dapat dipertanggungjawabkan.

10) Penyakit Eosinophilic Granuloma

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Eosinophilic Granuloma

Penyakit ini adalah sejenis penyait yang ditimbulkan oleh alergi kulit, biasanya menyerang bibir atau hidung kucing, daerah yang terjangkit penyakit ini akan mengalami luka.

Cara Mengatasi :

Berikan antibiotik pada kucing yang terjangkit penyakit ini. Antibiotik bisa didapatkan melalui dokter hewan atau pet shop.

11) Penyakit Infeksi yang diakibatkan oleh Bakteri

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Infeksi yang diakibatkan oleh Bakteri

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat membuat kulit kucing menjadi bernanah dan kerontokan bulu pada daerah yang terjangkit. Jika tidak segera diatasi maka infeksi ini dapat menyebar dan meluas menjadi lebih lebar.

Cara Mengatasi :

Infeksi bakteri pada kucing biasanya disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Antibiotik ini didapatkan setelah berkonsultasi ke dokter hewan. Pastikan kebersihan kandang dan lingkungan kucing tetap terjaga.

12) Penyakit Scabies

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Scabies

Penyakit ini disebabkan oleh ulah tengau yang menyerang daerah kulit kucing, biasanya tengau akan menyerang kepala kucing. Dampak yang ditimbulkan akibat serangan ini adalah rasa gatal dan kerontokan bulu pada daerah yang diserang.

Cara Mengatasi :

Gunakan shampoo anti kutu saat memandikan kucing. Jaga kebersihan kandang kucing dan tempat makan.

13) Penyakit Kutu Lice

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Kutu Lice

Penyakit yang disebabkan oleh parasit kutu lice ini akan membuat kulit yang diserang akan menjadi kering dan menimbulkan kerontokan bulu.

Cara Mengatasi :

Sama halnya seperti pengobatan pada penyakit scabies yang disebabkan oleh tengau, penyakit kutu lice juga dapat diatasi dengan memandikan kucing dengan shampoo anti kutu.

14) Penyakit Kulit Bernanah

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Kulit Bernanah

Kulit bernanah pada kucing dapat terjadi karena luka yang terinfeksi. Jika tidak segera diobati dapat mempengaruhi kesehatan kucing.

Cara Mengatasi :

Gunakan obat antiseptik pada kulit yang mengalami penyakit ini.

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Ampuh dan Mudah

15) Penyakit Abses

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Abses

Abses pada kucing dapat dideteksi dengan memperhatikan kondisi tubuh kucing dimana jika terjadi pembengkakan pada salah satu tubuh kucing menandakan kucing tersebut mengalami abses. Abses sesungguhnya tidak berbahaya, jika abses sudah masuk ke tahap puncak dimana abses akan pecah dan mengeluarkan nanah berbau busuk

Cara Mengatasi :

Abses yang sudah pecah dan mengeluarkan nanah dapat diobati dengan memberikan antiseptik pada luka yang bernanah.

16) Penyakit Alergic Dermatitis

16 Penyakit Kucing Dan Cara Mengatasinya
Penyakit Alergic Dermatitis

Penyakit ini adalah penyait yang muncul akibat alergi pada makanan, atau produk kesehatan yang digunakan kucing seperti shampoo kucing. Alergic Dermatitis akan menyebabkan kulit terasa gatal yang membuat kucing selalu gelisah dan menggaruk garuk kulit yang mengalami alergi.

Cara Mengatasi :

Hentikan pemberian makanan ataupun penggunaan produk kesehatan/peawatan kucing jika kucing mengalami perubahan signifikan seperti mengalami kerontokan bulu, rasa gatal atau gelisah. Konsultasikan hal ini sesegera mungkin ke dokter hewan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Baca Juga