Cara Mendaftar NPWP Secara Online Maupun Offline
Untuk anda yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, maka segera lakukan pendaftaran baik itu secara online maupun offline. Prosesnya sendiri cukup mudah, selain itu juga sangat cepat dan praktis.

Cara Mendaftar NPWP  – Ketetapan wajib pajak sebenarnya tidak hanya diberlakukan pada perusahaan, barang, ataupun jasa tertentu. Melainkan setiap orang juga memiliki wajib pajak (WP) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP). Untuk wajib pajak orang pribadi diberlakukan atas besarnya pendapatan, tanggungan wajib pajak, dan lainnya. Hal inilah yang harus diperhatikan secara seksama.

Untuk anda yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, maka segera lakukan pendaftaran baik itu secara online maupun offline. Prosesnya sendiri cukup mudah, selain itu juga sangat cepat dan praktis. Berikut adalah cara mendaftar NPWP secara online dan offline. Namun sebelum itu tahukan anda tentang NPWP?

Cara Daftar NPWP
Cara Membuat NPWP

Pengertian NPWP

Apa itu NPWP? Pertanyaan ini sering sekali terlintas dibenak pikiran anda terutama bagi anda yang belum mengetahui NPWP dan belum terdaftar sebagai wajib pajak. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah sebuah nomor identitas yang dimiliki oleh wajib pajak (WP) yang mana dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai pengenal sistem administrasi perpajakan.

Saat ini masih banyak sekali orang yang belum memiliki kartu NPWP, dengan berbagai alasan tertentu misalnya saja tidat tahu manfaat dari kartu tersebut, akan digunakan untuk apa, ataupun malas untuk melakukan pendaftaran yang terkesan rumit dan ribet. Namun hal tersebut sangat salah besar. NPWP memiliki manfaat dan keuntungan bagi para pemiliknya. Hal inilah yang selama ini kurang dipahami oleh masyarakat kita.

Kebanyakan mereka akan benar-benar mengurus kartu NPWP apabila dibutuhkan. Misalnya saja untuk pengajuan atas Kredik Kepemilikan Rumah sistem KPR, pengajuan pinjaman kredit di atas 100 juta, atau untuk kepengurusan sebagai karyawan yang harus memiliki kartu NPWP. Sesuai dengan kebijakan pemerintah, sebenarnya NPWP harus dimiliki oleh wajib pajak orang pribadi baik itu yang sudah memiliki tanggungan wajin pajak ataupun yang belum.

Untuk anda yang belum memiliki kartu NPWP dan ingin mengurusnya dalam waktu dekat ini. Maka tak perlu bingung dengan cara mendaftar NPWP yang ada. Saat ini pendaftaran NPWP sudah dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda yaitu secara online dan offline. Di mana pendaftaran NPWP secara online akan memudahkan anda tanpa harus repot pergi langsung ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Bagaimana cara mendaftar NPWP secara online yang baik dan benar?

Baca Juga: 15 Cara Cepat Kaya Yang Harus Kamu Lakukan Sejak Sekarang

Di bawah ini ada tahap-tahap pendaftaran NPWP secara online sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia. Semua tahap dapat anda lakukan secara online tanpa harus repot pergi ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Berikut cara mendaftar NPWP online.

Cara Mendaftar NPWP Online

  • Kunjungi website resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) online dengan alamat: https://ereg.pajak.go.id
  • Jika situs sudah terbuka, silahkan untuk klik daftar untuk pembuatan akun baru ada sistem.
  • Silahkan klik link verifikasi. Link akan hilang jika anda tidak melakukan verifikasi dalam waktu 24 jam.
  • Jika sudah anda klik, maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran NPWP .
  • Silahkan isi berdasarkan data-data yang diminta, seperti:
  • Jika sudah maka silahkan periksa email kembali (tahap pendaftaran keduan telah berhasil).
  • Klik link aktivasi untuk melakukan tahap pendaftaran yang kedua.
Daftar Online NPWP
Daftar Online NPWP
  • Masukkan alamat email yang anda gunakan saat ini. Pastikan jika email tersebut masih aktif dan dapat dibuka kembali. Jika alamat email sudah dimasukkan, silahkan untuk memasukkan code captcha dan klik DAFTAR.
  • Silahkan periksa email yang sudah dikerim oleh eregistration@pajak.go.id
  • Pilih jenis wajib pajak (WP) misal: orang pribadi, masukkan nama sesuai KTP, pasword, no. HP yang masih aktif. Pada kolom pertanyaan, sebaiknya isi dengan data yang paling mudah anda ingat, misalnya nama SD anda. Karena apabila sewaktu-waktu anda lupa pasword, maka akan lebih mudah untuk login kembali.
  • Masukkan kode captcha dan klik DAFTAR

Tahap Pengisian Formulir Daftar NPWP Online

  • Masuk ke menu login e-registration.pajak.go.id
  • Masukkan email dan pasword sesuai data yang telah dibuat sebelumnya.
  • Isi data formulir identitas dengan benar, seperti nama wajib pajak, gelar depan, tempat/tanggal lahir, status perkawinan, kebangsaan, nomor telepon, email.
  • Isi data formulir penghasilan, seperti sumber penghasilan utama, tambahan penghasilan, dll.
Tahap Pengisian Formulir NPWP
Tahap Pengisian Formulir NPWP
  • Isi form alamat domisili sesuai KTP
  • Isi form alamat usaha (hanya diisi apabila anda memiliki usaha tambahan selain dari penghasilan utama).
  • Isi form tambahan , misalnya jumlah tanggungan wajib pajak.
  • Pilih persyaratan metode pengiriman data KTP.
  • Jika sudah maka akan muncul status pendaftaran NPWP anda. Untuk permintaan token sebaiknya catat data dan nomor telepon KPP.
  • Jika sudah maka proses permohonan daftar NPWP online sukses dilakukan.

Cara Daftar NPWP Offline

  • Lengapi persyaratan pembuatan NPWP seperti foto copy KTP.
  • Datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.
  • Daftar ke petugas pajak bagian kepengurusan NPWP, setelah itu anda akan diberikan formulir pendaftaran.
  • Isi data formulir secara lengkap dan benar, sertakan persyaratan yang diminta.
  • Serahkan kembali formulir kepada petugas dan kartu NPWP akan diproses.
  • Tunggu proses pembuatan, tidak lama hanya beberapa menit saja maka NPWP sudah ditangan anda.
Kartu NPWP
Kartu NPWP

Proses permohonan pembuatan NPWP atau cara mendaftar NPWP sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Jika anda memiliki waktu luang, maka silahkan untuk melakukan daftar NPWP offline secara langsung dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Namun apabila anda tidak memiliki waktu laung dengan kesibukan yang padat, maka silahkan untuk melakukan pendaftaran NPWP online di rumah secara mudah dengan tahapan di atas.

Kartu NPWP sendiri sebanarnya memiliki kegunaan yang sangat banyak misalnya saja untuk keperluan perusahaan tempat anda bekerja, pembuatan paspor, pengajuan kredit di bank, dan kebutuhan lainnya yang terkadang harus menyertakan kartu NPWP di dalamnya. Selain itu dengan melakukan daftar NPWP baik itu secara online maupun offline, maka pelayanan pajak pun juga akan lebih mudah mengenali identitas administrasi wajib pajak anda.

Dengan cara mendaftar NPWP pajak secara online maupun offline di atas, anda bisa melakukannya secara lebih mudah tanpa harus kebingungan lagi. Tahap-tahap di atas telah sesuai dengan prosedur persyaratan yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia.    

Baca Juga