15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Mencari ide tulisan bukanlah hal mudah, tetapi pada dasarnya juga tidak sulit karena ide tulisan itu ada dimana-mana dan bisa datang kapan saja. Simak cara mencari ide tulisan kreatif berikut ini!

Ide adalah harta karun para penulis, tanpa sebuah ide maka tidak akan tercipta sebuah karya tulis. Maka pekerjaan paling berat seorang penulis sebenarnya adalah mencari ide tulisan. Semakin bagus ide yang didapatkan maka akan semakin bagus pula kualitas tulisan yang dihasilkan, paling tidak secara teori seperti itu. Pengaplikasiannya nanti tergantung bagaimana mengelolah ide tersebut.

Permasalahannya adalah mencari ide tulisan tidaklah mudah. Untuk menemukan sebuah tulisan seorang penulis bahkan harus melakukan beberapa 'ritual'. Nah, cara tersebut yang akan kami bagikan kepada anda agar lebih produktif lagi dalam menulis. Mungkin tips ini sangat cocok untuk blogger yang bingung cara posting artikel ke blognya. Bisa juga digunakan untuk penulis lain seperti penulis puisi, cerpen, esai dan profesi penulis lainnya.

1. Tingkatkan Kualitas Membaca

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Membaca

Ritual pertama yang harus anda lakukan jika ingin menjadi penulis produktif adalah meningkatkan kualitas membaca. Jadi, bukan sekedar membaca sebanyak-banyaknya tapi memahami isi bacaan. Membaca pada dasarnya bukan persoalan kuantitas, seberapa banyak bahan bacaan yang berhasil anda baca setiap hari. Tetapi seberapa berkualitas anda membaca satu bahan bacaan. Dari satu bahan bacaan saja anda bisa jadi mendapatkan ide tulilsan sampai 10 bahkan lebih.

2. Lakukan Diskusi Efektif

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Diskusi

Jika ritual membaca tidak menolong anda untuk menemukan ide tulisan. Anda bisa mencoba cara yang kedua yaitu diskusi efektif. Cara ini juga banyak digunakan oleh para penulis baik pemula maupun profesional Kegiatan diskusi merupakan proses pertukaran ide dalam membahas suatu topik atau permasalahan. Nah, tentunya poinnya disitu pertukaran ide. Dari hasil diskusi anda bisa membuat sebuah tulisan yang berkualitas terkait topik yang anda bahas.

3. Menonton Film Berkualitas

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Menonton

Film merupakan salah satu jenis karya sastra yang dibangun oleh ide hebat penulis skenario. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa sebuah film ada gudang ide yang siap dikelola menjadi sebuah karya tulis. Film berkualitas baik akan berpengaruh dengan kualitas tulisan anda. Hanya saja untuk standar film berkualitas itu tidak ada ukuran pasti, apakah dari jumlah penonton, biaya yang digunakan dalam pembuatan film, pemeran, isi cerita atau lainnya. Semua orang punya standar dan sudut pandang sendiri dalam menilai sebuah film. Intinya tonton film yang menurut anda berkualitas lalu temukan ide tulisan anda.

4. Buka Media Sosial

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan lainnya adalah gudang ide. Setiap harinya orang memposting sebuah status pada akun mereka. Tulisan-tulisan mereka ada yang berupa curhat, narsis, sampai ungkapan emosi kemarahan dituangkan dalam status media sosial mereka. Anda bisa menemukan satu ide dari beberapa akun pertemanan di media sosial anda.

5. Nikmati Minuman pavorit kamu

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Minum

Anda kehilangan ide mungkin karena tekanan stress. Bisa jadi karena target deadline tulisan yang harus dikejar atau ada masalah lain yang mengganggu fokus dan konsentrasi anda. Solusinya adalah anda butuh menenangkan pikiran terlebih dahulu. Semakin anda paksakan mencari ide dengan kondisi pikiran yang tidak stabil maka semakin susah pula ide itu ditemukan. Nikmati secangkir kopi, sebotol minuman bersoda, atau apapun minuman pavoritmu akan membantu membuat kamu lebih tenang. Perlahan ide tulisan itu akan segera muncul dan bisa jadi tentang masalah yang sedang anda hadapi.

6. Istirahat Sejenak

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Istirahat
Tubuh anda mungkin terlalu lelah bekerja seharian. Aliran dari ke seluruh tubuh tidak stabil, sehingga tidak cukup sampai ke otak. Anda perlu kondisi rileks agar lebih tenang dan pikiran lebih terbuka lagi. Rebahkan badan beberapa menit, lemparkan pandangan jauh ke depan. Temukan titik ide yang bisa saja menggantung di langit-langit kamar.

Baca Juga: Membuat Karya Seni Indah Menggunakan Ranting Pohon.

7. Mandi

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Mandi

Sudah mencoba berbagai cara, mulai dari membaca, menonton film, minum kopi dan lainnya tapi ide belum datang juga. Mungkin anda harus mandi terlebih dahulu. Anda harus menyegarkan badan, membuat kepala lebih dingin lagi. Karena biasanya ide tulisan juga susah muncul kalau kondisi badan kurang segar. Bahkan sebagian orang bahkan menemukan ide tulisan di kamar mandi.

8. Jalan-jalan

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Jalan-jalan

Setelah mandi namun masih saja tidak menemukan ide tulisan. Sepertinya masalah yang anda hadapi cukup berat. Cobalah refresh pikiran anda dengan jalan-jalan ke berbagai tempat-tempat menarik. Anda bisa berkunjung ke pantai, gunung, taman bunga, taman kota dan tempat mana saja yang bisa menenangkan pikiran anda dan membuat inspirasi itu datang.

9. Makan

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Makan

Sudah jalan-jalan kemana-mana melihat banyak orang, banyak kejadian tetapi masih saja tidak menemukan ide tulisan. Saatnya anda makan, mungkin anda sedang lapar sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Biasanya sebagian orang yang kehabisan ide tulis mengunjungi rumah makan bukan karena niat makan, tetapi sambil makan bisa melihat berbagai kejadian di tempat makan. Atau bisa jadi anda tertarik untuk menulis tentang ide usaha rumah makan.

10. Belanja

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Belanja

Sudah jalan-jalan dan sudah makan tetapi masih tidak memiliki ide sedikitpun untuk dijadikan bahan tulisan. Anda perlu mengunjungi tempat yang satu ini, mall. Anda bisa berjalan-jalan melihat produk-produk yang sedang promo. Ditempat perbelanjaan seperti mall biasanya banyak orang yang lalu lalang. Sambil berbelanja anda bisa melihat kiri-kanan siapa tahu disana ide tulisan anda berada.

11. Bermain Game

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Main Game

Untuk tips ini hanya bagi pecinta game pastinya. Bagi anda yang tidak suka bermain game jangan coba-coba karena kemungkinannya dua anda akan kecanduan dan tidak lagi mau menulis atau mood anda semakin rusak sehingga semakin susah dapat ide tulisan. Bermain game bagi pecinta game sebenarnya akan memacu otak berpikir selain itu juga akan memproduksi hormon kegembiraan sehingga setelah bermain game pikiran menjadi lebih fresh lagi.

12. Tidur

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Tidur

Merebahkan badan dan tidur dua hal yang berbeda pastinya. Jadi, ketika anda merebahkan badan dan tidak berhasil mendapatkan ide tulisan. Anda bisa melanjutkan tidur agar proses relaksasi tubuh dan pikiran lebih optimal. Kemungkinan lain anda bisa bermimpi dan menemukan ide tulisan dari mimpi tersebut, siapa tahu.

13. Olahraga

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Olahraga

Selain mandi, cara untuk membuat badan lebih terasa segar adalah dengan berolahraga. Selain itu setelah berolahraga pikiran kembali menjadi fresh. Semua tekanan stress hilang bersama dengan keringat yang keluar dari tubuh, teori ini sedikit ngasal. Tetapi cara ini terbukti sukses dilakukan banyak penulis jika sedang kehabisan ide tulisan jadi bisa anda coba. Entah anda sering olaharga terlebih lagi anda yang jarang olaharga sangat perlu untuk mencobanya.

14. Gambar Sesuatu

Sudah mencoba semua cara di atas tetapi masih belum menemukan ide tulisan juga. Ini adalah cara kedua dari terakhir dari tips ini. Anda ambil buku gambar, pensil dan pewarna. Coret saja sesuka hati anda. Jangan berpikir tentang sebuah ide untuk anda gambar. Ikuti saja gerak tangan anda, entah terbentuk pola atau tidak. Lanjutkan dengan memberi warna. Cara yang sama anda lakukan warnai sesuka hati anda. Cara ini adalah melampiaskan semua perasaan anda. Lakukan terus sampai anda kembali pada kondisi stabil dan bisa menemukan ide tulisan.

15. Tulis Huruf Pertama Anda

15 Cara Mencari Ide Tulisan  Yang Kreatif
Mulai Menulis

Semua cara tersebut diatas merupakan cara praktis mendapatkan ide tulisan. Jika anda sudah mencobanya tetapi tidak berhasil juga. Kesalahannya bukan karena ide itu tidak ada. Tetapi terlalu banyak ide dalam kepala anda yang berlomba untuk dituliskan. Maka solusinya adalah tuliskan kata huruf pertama anda, jadikan satu kata tambahkan kata berikutnya. Lalu baca jadi kalimat apa tulisan anda barusan. Itu adalah ide tulisan anda. Selamat mencoba!

Demikian cara mencari ide tulisan yang kreatif dan bisa anda coba jika saat ini selalu gagal membuat sebuah tulisan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga