20 Cara Menambah Berat Badan Tanpa Obat-obatan
Banyak orang merasa tidak percaya diri ketika berat badannya kurang ideal, entah itu kekurusan atau pun kegemukan. Banyak obat-obatan yang mampu mengatasi masalah tersebut, namun jika dengan bahan alami saja bisa, kenapa tidak?

Sebagian orang umumnya merasa bahwa badannya terlalu gemuk dan ingin melakukan program diet, khususnya para wanita yang selalu merasa kalau badannya berlebihan lemak. Sebagian orang lainnya justru malah ingin menambah berat badan mereka, lantaran berat badan yang mereka miliki kurang ideal. 

Lantas bagaimana cara menambahkan berat badan? 

1. Makanlah Makanan yang Bernutrisi Tinggi

Cara Menambah Berat Badan

Makanan Bernutrisi Tinggi

Umumnya cara yang dipilih orang untuk menggemukkan badan itu berbeda-beda. Kebanyakan orang akan menggemukkan badan dengan obat-obatan, atau dengan makan makanan yang tinggi kalori dan berlemak. 

Cara seperti itu biasanya justru akan menimbulkan efek positif bagi tubuh, lantaran menggemukkan badan dengan cara yang kurang tepat. Jika memang benar-benar ingin gemuk, makanlah makanan sehat yang tinggi nutrisi, misalnya sayur, buah dan kacang-kacangan. 

2. Lebih Sering Makan

Cara Menambah Berat Badan

Makan

Kalau umumnya kamu makan 3 kali sehari, maka makanlah 5 kali sehari namun dengan porsi yang lebih sedikit. Dengan begitu, maka kamu akan terbiasa makan terus menerus. Sebab orang kurus biasanya kurang nafsu makan, atau mudah merasa kenyang.

3. Minum Jus atau Smoothies

Cara Menambah Berat Badan

Jus

Perlu diingat bahwa semakin halus makanan yang kita makan, maka semakin cepat pula tubuh akan mencerna makanan tersebut. Dan perlu diketahui pula bahwa tidak cuma makanan saja yang mampu menambah berat badan kamu, mengkonsumsi Jus juga terbukti mampu menambah berat badan. 

4. Jangan Minum Sebelum Makan

Cara Menambah Berat Badan

Minum

Kebanyakan orang akan merasa lapar terlebih dahulu jika ia minum sebelum makan. Makanya lebih baik jangan minum dulu kalau kamu belum selesai makan. Pasalnya, air berpotensi membuat perut merasa kenyang, dan pastinya hal ini akan bikin nafsu makanmu hilang. 

5. Olahraga

Cara Menambah Berat Badan

Olahraga

Olahraga tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan saja, namun olahraga adalah cara hidup sehat yang paling tepat. Selain itu, olahraga juga bisa menambah berat badanmu. Sebab ketika sesudah berolahraga, biasanya badan terasa lemas dan perut cenderung merasa lapar. Dengan begitu nafsu makan pun jadi meningkat. 

6. Membatasi Latihan Kardio

Cara Menambah Berat Badan

Kardio

Meskipun olahraga bisa menambah berat badan, namun tak semua jenis olahraga bisa menambah berat badanmu. Olahraga jenis kardio patut kamu jauhi, apalagi jika proses metabolisme pada tubuhmu sangat cepat. 

Kamu juga perlu menghindari beberapa gerakan aerobik seperti berlari, ataupun bersepeda. Gerakan seperti ini justru malah akan membuang lemak tubuh yang kamu butuhkan. 

7. Mengkonsumsi Kalori Tambahan 

Cara Menambah Berat Badan

Roti Tawar

Setiap orang memiliki perbedaan dalam proses perencanaan maupun pengeluaran energi. Dan kalori adalah sumber energi tubuh yang pastinya sangat kamu butuhkan. 

Untuk mendapatkan kalori tambahan, kamu bisa mengkonsumsi keju parut yang di sajikan bersama roti tawar, atau bisa juga dengan memakan sup ayam bersama dengan telur dadar. Namun ingat, jangan sampai berlebihan, karena terlalu banyak mengkonsumsi kalori juga bisa menimbulkan penyakit diabetes. 

8. Mengkonsumsi Camilan Sehat

Cara Menambah Berat Badan

Buah-buahan

Yang dimaksud makan sebanyak mungkin bukan berarti kita harus terus menerus memakan nasi dan lauk dengan porsi yang banyak. Melainkan memakan apa saja yang dibutuhkan tubuhmu. Nah, camilan juga bisa kamu makan dalam hal ini. Ingatlah untuk selalu memilih camilan yang sehat dan berkualitas, seperti buah-buahan, ataupun kacang-kacangan. 

9. Banyak Minum Air Putih

Cara Menambah Berat Badan

Air Putih

Air putih memang memiliki peran yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Kita diharuskan mengkonsumsi air sebanyak 2 liter dalam sehari. Dan kebanyakan orang yang malas minum air putih adalah orang-orang yang kurus. 

Jika ingin menambah berat badan, perbanyak kadar air ditubuhmu, dengan meminum air setiap saat. Namun hindari meminum air putih sebelum makan, karena hal ini bisa membuat nafsu makan hilang. 

10. Mengkonsumsi Karbohidrat

Cara Menambah Berat Badan

Makanan Berkarbohidrat

Banyak mengkonsumsi karbohidrat tentu akan mengakibatkan tubuh perlu asupan kalori lebih banyak. Nah, kalori tersebut mampu menambah berat badanmu. 

Selain nasi, kamu bisa mendapatkan karbohidrat dengan mengkonsumsi ubi, kentang, gandum, singkong dan tepung. 

11. Mencukupi Kebutuhan Lemak di Tubuh

Cara Menambah Berat Badan

Jagung

Lemak memang sangat kita butuhkan untuk menambah berat badan. Maka dari itu, makanlah makanan yang mengandung lemak, seperti kelapa, minyak sayur, jagung, ikan dan lain sebagainya. Namun ingat, terlalu banyak mengkonsumsi lemak juga tidak baik bagi kesehatan

12. Mengkonsumsi Susu

Cara Menambah Berat Badan

Susu

Selain meminum air putih setiap saat, minum susu setiap saat juga mampu meningkatkan berat badanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai macam olahan susu, seperti puding, yoghurt, es krim dan lain sebagainya. 

13. Mengkonsumsi Protein yang Berkualitas

Cara Menambah Berat Badan

Makanan Berprotein

Umumnya, tubuh butuh asupan protein sekitar 0,8 gram per hari, hal ini berfungsi agar otot baru mampu terbentuk. Dengan mengkonsumsi protein lebih banyak, tentu proses pembentukan otot bisa selesai dengan lancar. 

Untuk mendapatkan asupan protein, kamu bisa mengkonsumsi makanan berprotein seperti, daging, telur, ikan, biji-bijian maupun susu. 

Baca Juga : 17 Makanan dan Minuman yang Dapat Mengatasi Insomnia Dengan Cepat

14. Mengkonsumsi Madu

Cara Menambah Berat Badan

Madu

Di kalangan masyarakat Indonesia, madu memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya menambah berat badan. Uniknya, mengkonsumsi madu sebagai peningkat berat badan tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. 

15. Biasakan Mengunyah Makanan Sampai Halus

Cara Menambah Berat Badan

Mengunyah

Sama halnya dengan jus, makanan yang halus lebih mudah dan lebih cepat untuk dicerna. Oleh karena itu, biasakan mengunyah makanan sampai benar-benar halus. 

16. Selalu Sarapan

Cara Menambah Berat Badan

Sarapan

Kebanyakan orang selalu melupakan sarapan di pagi hari. Padahal sarapan sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, sarapan juga mampu meningkatkan berat badan tubuhmu. 

Setelah sarapan di pagi hari, kamu bisa makan sebutir telur dan meminum satu gelas jus buah untuk mempercepat proses peningkatan berat badanmu. 

17. Jangan Begadang

Cara Menambah Berat Badan

Begadang

Orang yang sering begadang, biasanya mudah terkena penyakit, dan umumnya mempunyai badan yang kurus. Jadi usahakan untuk tidak begadang, apalagi begadang tidak baik bagi kesehatan. 

18. Berhenti Merokok

Cara Menambah Berat Badan

Berhenti Merokok

Semua orang tahu kalau merokok itu tidak baik bagi kesehatan. Tak hanya membahayakan kesehatan si perokok saja, namun juga kesehatan orang-orang didekatnya. Perlu diketahui juga bahwa rokok mampu menurunkan nafsu makanmu, jadi berhentilah merokok supaya berat badanmu bisa bertambah dengan lancar. 

19. Periksa Kesehatan

Cara Menambah Berat Badan
Periksa Kesehatan

Sebenarnya hal ini adalah hal yang paling penting, karena ada beberapa penyakit dan gangguan makan yang bisa membuat berat badanmu tetap di bawah normal. Nah, mungkin kamu perlu memeriksakan kesehatan di dokter andalanmu. 

20. Buat Jurnal

Cara Menambah Berat Badan
Jurnal

Ini juga tak kalah pentingnya guys, cobalah untuk membuat jurnal, dan selalu mengisinya secara rutin, entah itu setiap minggu atau setiap bulan. Tambahkan juga sebuah rincian tentang makanan apa saja yang kamu konsumsi, dan seberapa banyak peningkatannya. 

Baca Juga