15 Cara Cepat Kaya Yang Harus Kamu Lakukan Sejak Sekarang
Kita pasti sering mendengar pribahasa hemat pangkal kaya dari sejak kecil, ternyata pribahasa tersebut ada benarnya bila tepat cara penerapanya. Banyak orang selalu gagal hidup kaya padahal mereka sudah menerapkan hidup hemat, kemungkinan besar cara yang mereka lakukan salah. Supaya hal itu tidak terjadi mari kita kupas tuntas tips hemat berikut ini.

Setiap detik, menit, bulan dan tahun kebutuhan manusia semakin bertambah, oleh karena itu guna mencukupi segala kebutuhan harian kita harus bisa menerapkan pola hidup hemat. Terkesan mudah memang, namun pada kenyataanya saat kita ingin menekan pengeluaran biaya bulanan selalu saja ada keinginan membuang biaya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak telalu penting. Setelah kita terdesak pada kondisi sempit barulah kita menyesali perbuatan yang telah dilakukan.

Disaat gaji bulanan tidak kunjung bertambah dan kamu belum punya penghasilan sampingan yang cukup, mulai hari ini kamu harus bisa memegang teguh prinsip hemat dalam hidupmu. Itu artinya kamu menekan penuh nafsu menghambur-hamburkan uang, kalau bisa pengeluaranmu bulan ini tidak sebanyak pengeluaran bulan kemarin. Jika kamu ingin rekeningmu bertambah dan punya sisa uang di akhir bulan terapkan saja ke lima belas tips hemat berikut ini.

Mengelola Uang Gajian Sebelum Masuk ke Rekening

Tips Hemat yang Dapat Membuat Uangmu Menumpuk
Mengelola Uang Gajian


Pernahkah kamu merasa heran mengapa uang di saldo rekening tiba-tiba habis tanpa sebab? Itu karena pada saat semua dana sudah masuk rekening pengeluaran lebih sulit di kontrol. Inilah alasan mengapa banyak orang merasa uang pada saldo cepat habis entah kemana. Saat menerima gaji siapkan wadah khusus terlebih dahulu, kemudian beri label seperti kebutuhan belanja bulanan, bayar tagihan dan uang nongkrong. Dengan begitu gaji bulanan terpakai sesuai rencana, kamupun masih punya sisa uang untuk ditabung.

Membuat Rekening Alternatif Khusus Untuk Menabung

Tips Hemat yang Dapat Membuat Uangmu Menumpuk
Rekening Alternatif

Kamu harus punya komitmen kuat tidak akan mengutak-atik rekening alternatif ini, jika kamu mau disiplin bukan tidak mungkin kamu memiliki banyak tabungan pada rekening yang telah kamu buat. Setelah kamu menerima gaji bulanan langsung tranfer nominal uang yang ingin kamu tabung di rekening alternatif, jangan lupa bila gaji bulananan naik kamu juga harus menaikkan uang yang ingin kamu tabung nanti. Ternyata menabung tidak begitu sulit iya kan.

Selalu Rutin Membuat Daftar Belanja Bulanan

Tips Hemat yang Dapat Membuat Uangmu Menumpuk
Membuat Daftar Belanja

Langkahmu menempatkan sebagian uang pada wadah berlabel belanja bulanan sudah benar, namun bukan berarti kamu terhindar dari sifat boros. Salah satu penyebab uang mudah pergi adalah pergi berbelanja tanpa membawa daftar belanjaan, sehingga kebutuhan pembelian barang lebih dari budget yang disediakan. Kebanyakan orang diluar sana berbelanja tanpa membawa daftar belanjaan biasanya mudah tergiur diskon dan promo saat mengitari supermarket, supaya hal ini tidak terjadi pada dirimu sering-seringlah buat daftar kebutuhan sebelum pergi berbelanja.

Membandingkan Setiap Harga Sebelum Membeli Barang yang di Inginkan

Tips Hemat yang Dapat Membuat Uangmu Menumpuk
Membandingkan Setiap Harga

Kebiasaan survey sebelum membeli barang adalah kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan. Menerapkan kebiasaan seperti ini sebelum berbelanja membuatmu mendapatkan beberapa keuntungan, seperti lebih pintar memilih kualitas produk harga dengan kualitas pantas, tahu kelebihan dan kekurangan dari setiap produk hingga bisa lebih hemat dalam perbelanjaan bulanan. Bisa dipastikan kamu memiliki uang kembalian hampir setiap kamu pergi berbelanja, sehingga uang tabunganmu bia bertambah beberapa persen nantinya.

Bayar Sebagian Kebutuhan Dengan Uang Tunai

Tips Hemat yang Dapat Membuat Uangmu Menumpuk
Bayar Dengan Uang Tunai

Ingatlah bahwa setiap hal memiliki dua sisi sama halnya dengan kartu kredit. Dengan adanya kartu kredit kita tidak perlu membawa banyak uang untuk berbelanja, di lain sisi kartu kredit membuat kita lebih boros, konsumtif dan terlilit hutang bila tidak bijak dalam penggunaanya. Mulai sekarang batasi penggunaan kartu kredit, bayarlah beberapa kebutuhan yang sekiranya masih bisa dibayar dengan uang tunai agar kamu tidak gelap pengeluaran dana.

Rutin Mengevaluasi dan Mencatat Pengeluaran Tiap Bulan

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Mengevaluasi Pengeluaran Tiap Bulan

Mau menyisihkan uang dan membuat tempat uang khusus pengeluaran merupakan langkah awal untuk hidup hemat. Selain peduli pada pendapatan bulanan coba luangkan waktu sejenak untuk merenung, segera ambil kertas dan pulpen atau kamu bisa membuka aplikasi office untuk mecatat segala pengeluaran. Badingkan seberapa hemat pengularan bulan lalu dan bulan ini hingga seterusnya, evaluasi sampai kamu mendapatkan hasil paling tepat untuk menekan pengeluaran.

Stop Membeli Barang Baru, Jika Ingin Hemat Pertimbangkan Membeli Barang Bekas

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Membeli Barang Bekas

Banyak orang gengsi membeli barang bekas dengan alasan mudah rusak, barang tidak original, kinerja lelet dan sebagainya. Saat ini kesampingan dulu pemikiran seperti itu, bukankah membeli barang bekas jauh lebih terjangkau daripada membeli barang baru. Lalu bagaimana dengan kualitasnya? Untuk kualitas itu tergantung ketelitian dirimu saat membeli barang. Jika kamu merasa kesulitan membeli barang bekas ajak teman yang berpengalaman siapa tahu dia bisa memberi rekomendasi barang pilihan untukmu.

Baca Juga : 25 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil

Membawa Botol Berisi Air Minum Setiap Pergi Kemanapun

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Membawa Botol Air Minum

Jangan pernah malu membawa bekal air setiap kamu ingin pergi ke suatu tempat, bukankah lebih baik uangnya ditabung daripada digunakan untuk membeli minuman softdrink di luar?. Jangan malu menerapkan tips ini, di Jepang banyak sekali mulai dari anak-anak, remaja hingga ibu rumah tangga menerapkan tips ini untuk menghemat pengeluaran. Selain itu penggunaan botol minum pribadi lebih ramah lingkungan daripada penggunaan botol sekali pakai, dengan membawa botol air minum kamu tidak hanya hemat tapi juga menyelamatkan bumi dari global warming.

Menjaga Kesehatan Secara Alami

Tips Hemat yang Dapat Membuat Uangmu Menumpuk
Menjaga Kesehatan


Setelah masuk rumah sakit baru kita sada kalau sehat itu mahal, oleh karenanya kita harus merubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Sehat ada dua cara, yaitu alami dan prabayar. Prabayar disini mengikuti senam yoga, program gym, guru privat kesehatan hingga membeli suplemen tertentu. Kalau bisa sehat dengan cara alami kenapa harus memilih cara prabayar, asal rutin melakukan olahraga ringan, menjaga pola makan dan istirahat yang cukup kamu sudah bisa mendapatkan tubuh yang sehat tanpa perlu mahal.

Tetap Melihat Uang Recehan Sebagai Mata Uang Berharga

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Menyimpan Uang Receh


Sebagian orang gengsi memegang bahkan memiliki uang receh berbentuk koin, mereka menganggap pecahan uang receh adalah mata uang yang tidak begitu berguna. Jangan kamu menjadi seperti mereka, pola pemikiran seperti itu adalah pola pikir yang salah. Disini kita belajar hemat untuk menjadi kaya, bayangkan saja berapa uang bisa kamu kumpulkan dari sisa uang belanja selama setahun secara disiplin dan konsisten. Kami yakin kamu bisa terkejut dengan hasilnya nanti.

Memanfaatkan Barang Tidak Terpakai Untuk Menambah Uang Tabungan

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Menjual Barang tak Terpakai

Menabung tidak harus menunggu uang sisa gajian, gunakanlah benda-benda disekitarmu untuk menambah pundi-pundi tabungan pada rekeningmu. Salah satu caranya adalah menjual barang-barang tidak terpakai yang kamu miliki dengan syarat kualitasnya masih bagus. Seperti tas, sepatu, celana, baju dan jaket. Yah mungkin dengan menjual benda-benda itu rasa kehilangan muncul dalam dirimu, tapi disisi lain uang tabunganmu semakin bertambah. Sekarang pilih mana menangis bahagia karena uang tabungan bertambah atau banyak koleksi barang tapi nilai uang tabungan tidak banyak berubah?.

Lebih Menghargai Waktu

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Menghargai Waktu

Ada pepatah mengatakan waktu adalah uang, maknanya setiap detil, menit dan jam bisa dijadikan uang. Maka janganlah kamu membuang-buang waktu hanya untuk hal sia-sisa. Seperti pergi ke tempat clubing, nongkrong di kafe mahal, pergi ke tempat karaoke dan tempat hiburan lain yang dapat menguras dompet. Untuk sekedar hiburan sekali dalam sebulan tidak masalah, daripada membuang uang untuk bersenang-senang dikala punya waktu luang bukankah lebih baik mencari peluang untuk menambah penghasilan.

Sesuaikan Gaya Hidup Dengan Isi Kantong

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Bergaya Sesuai Isi Kantong


Prilaku, pola pikir, kebiasaan hingga gaya hidup semua bisa berubah tergantung lingkungan tempat tinggal. Hidup bermasyarakat itu perlu untuk menjalin hubungan baik antar tetangga, namun bukan berarti kamu harus mengikuti gaya hidup seperti mereka. Kamu harus punya gaya hidup sendiri tanpa perlu menguras isi kantong, kamu tidak perlu iri saat tetangga bisa membeli sepatu impor, mobil mewah, gadget baru dan gaya hidup mewah lainnya. Mementingkan gaya hidup tidak akan ada habisnya, penuhi saja kebutuhan hidup manusia pada umumnya yaitu sandang, pangan dan papan.

Perbanyak Teman Dengan Visi dan MIsi yang Sama Denganmu

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Perbanyak Teman Dengan Satu Tujuan

Salah satu penyebab kita sulit menabung adalah nafsu tak terbendung ingin mengeluarkan dana lebih untuk barang atau sesuatu yang sebenarnya kita tidak begitu membutuhkannya. Untuk menekan nafsu itu kamu harus punya motivasi diri, salah satunya adalah sering bergaul dengan mereka yang gemar berhemat dan menabung, dari situ kalian bisa berbagi tips atau cara unik lain menambah pundi-pundi tabungan. 

Beri Awards Pada Diri Sendiri Bila Berhasil Menjalani Usaha yang Telah di Target

Tips Hemat yang Membuat Uangmu Menumpuk
Beri Penghargaan


Setiap orang ingin mendapatkan apresiasi, penghargaan, sanjungan dan tepuk tangan atas hasil usaha yang telah dilakukan. Karena hidup hemat adalah perjuangan dirimu sendiri, maka saat kamu memulainya usahakan kamu memikirkan tujuan mengapa kamu memilih hidup hemat. Dari hal sederhana seperti memberi penghargaan pada diri sendiri setelah berhasil menabung dapat memicu keinginanmu untuk terus hemat. Pesan kami adalah hidup seperti orang kaya bukan hidup seperti orang yang pura-pura kaya. Semoga artikel ini dapat memberi motivasi pada kalian semua.

Baca Juga