9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda
9 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda

Tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Bahkan ada banyak sekali orang yang introvet dan juga pemalu, sehingga tidak semua pekerjaan yang dia lakukan dengan sempurna. Percaya diri itu sangat penting dalam hidup kita. Percaya diri itu akan lebih bermanfaat terutama saat kita sedang mencari pekerjaan, mendekati seorang wanita atau pria, berteman, dan lain lain. Kepercayaan diri ini penting untuk kehidupan kita jauh lebih baik lagi.

Banyak orang introvet atau pemalu yang sebenarnya ingin mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi namun tidak tahu caranya. Ada yang tahu caranya namun dia susah untuk melakukannya. Sebenarnya untuk menaikkan rasa percaya diri itu cukup mudah, kita hanya perlu menciptakan niat yang tinggi dari dalam diri kita. Tanpa niat yang tinggi dari dalam diri kita, keinginan kita itu hanya akan menjadi angan angan. Berikut cara menaikkan kepercayaan diri kita.

1. Maklumi kekurangan yang ada dalam diri anda, lalu atasi kekurangan anda itu

Maklumi kekurangan yang ada dalam diri anda
Maklumi kekurangan yang ada dalam diri anda

Cobalah untuk tidak menganggap kekurangan anda itu menjadi masalah atau penghalang untuk menaikkan rasa percaya diri anda. Pahamilah bahwa setiap orang pasti punya kekurangannya masing-masing. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan berdamai dengan kekurangan kamu dan mencari apa yang menjadi kelebiha yang ada dalam diri kamu. Kekurangan ini bisa berbentuk fisik atau non fisik. Misalnya kamu merasa minder karena kulit kamu lebih gelap dari kulit teman temanmu, tapi kamu mempunyai suara yang merdu. Gunakan suara kamu untuk menaikkan rasa percaya diri kamu terhadap teman teman kamu. Jangan berfokus pada kekurangan anda.

 

2. Memperhatikan penampilan

Memperhatikan penampilan
Memperhatikan penampilan

Perhatikan penampilan diri anda. Semakin menarik penampilan anda, kemungkinan akan semakin besar rasa percaya diri anda. Penampilan yang menarik bukan berarti anda memakai pakaian yang mahal dan mewah. Anda hanya perlu memakai pakaian yang menarik dan sesuai dengan kondisi dan situasi. Perhatikan juga kerapihan kuku dan rambut anda. Pakailah deodoran dan parfum untuk membuat tubuh anda menjadi lebih wangi. Gunakan minyak rambut untuk membantu merapikan rambut anda. Penampilan yang rapi akan membantu menaikkan rasa percaya diri anda.

 

3. Memperhatikan postur tubuh

Memperhatikan postur tubuh
Memperhatikan postur tubuh

Memang kelihatan aneh jika postur tubuh mempengaruhi tingkat rasa percaya diri anda. Tapi memang benar, postur tubuh dapat mempengaruhi rasa percaya diri anda. Perhatikan cara berjalan anda, jika cara berjalan anda sambil menunduk maka kepercayaan diri anda tidak akan naik melainkan semakin turun. Tapi jika anda berjalan sambil berdiri tegap dan pandangan ke depan, percayalah rasa percaya diri anda akan menaik drastis. Anda akan lebih mudah untuk senyum terhadap orang yang anda temui. Postur tubuh memang bisa menaikkan rasa percaya diri.

 

4. Sering berkomunikasi dengan orang disekitar anda

Sering berkomunikasi dengan orang disekitar anda
Sering berkomunikasi dengan orang disekitar anda

Jangan enggan untuk berkomunikasi dengan orang disekitar anda, terutama orang yang anda sayangi, seperti keluarga, sahabat, atau pacar. Ungkapkan keresahan anda pada mereka. Masukan yang datang dari mereka sangat bermanfaat untuk menaikkan percaya diri anda, terutama ketika anda sedang jatuh ke titik terendah dan rasa percaya diri anda menurun drastis. Nasihat dan masukan dari mereka sangat  ampuh untuk menaikkan percaya diri anda. Jadi, jangan pernah segan berkomunikasi dengan orang disekitar anda.

 

5. Jangan tinggal di masa lalu, belajarlah dari kesalahan

Jangan tinggal di masa lalu, belajarlah dari kesalahan
Jangan tinggal di masa lalu, belajarlah dari kesalahan

Jika anda pernah melakukan kesalahan di masa lalu, entah itu kesalahan besar atau kesalahan kecil, segera ubah saat ini. Jangan terus terusan tinggal di dalam masa lalu yang terus menghantui anda. Ubah masa saat ini dari kesalahan masa lalu. Berfikirlah bahwa manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Setiap orang pasti punya kesalahan yang pernah dia buat di masa lalu. Sekarang tergantung anda apakah mau merubah kesalahan itu atau tidak. Ketika anda berusaha untuk memperbaiki masa lalu anda dengan belajar dari kesalahan, rasa percaya diri anda akan semakin meningkat.

 

6. Perhatikan kelebihan yang anda miliki dan apa saja yang telah anda capai

Perhatikan kelebihan yang anda miliki dan apa saja yang telah anda capai
Perhatikan kelebihan yang anda miliki dan apa saja yang telah anda capai

Jangan berfokus pada kekurangan yang anda miliki. Cari dan kembangkan kelebihan yang anda miliki. Perhatikan juga apa saja target yang telah anda capai. Dengan menyadari kelebihan yang anda miliki dan target yang telah anda capai, rasa percaya diri anda akan semakin meningkat. Kelebihan yang anda miliki bisa menjadi kekuatan kepercayaan diri anda.

 

7. Sering mengucapkan syukur

Sering mengucapkan syukur
Sering mengucapkan syukur

Jangan terus mengeluh dalam menghadapi hidup ini. Bersyukurlah apa pun yang terjadi dalam hidup anda. Walaupun anda hanya memiliki sedikit harta benda, atau kesuksesan, syukurilah itu, jangan bandingkan apa yang kamu punya dengan apa yang orang lain punya. Ketika kamu membandingkan apa yang kamu miliki dengan apa yang dimiliki orang lain, maka yang muncul adalah iri hati dan minder. Minder akan membuat anda tidak percaya diri. Jadi bersyukurlah mulai hari ini dan percaya diri anda akan meningkat.

 

8. Senang membantu

Senang membantu
Senang membantu

Sering sering lah membantu orang lain. Ketika orang lain mengucapkan terima kasih kepada anda, itu bisa menjadi kekuatan untuk menaikkan rasa percaya diri anda. Ketika anda membantu orang lain, jangan berharap anda mendapatkan materi, materi bukanlah segalanya dan belum tentu bisa menaikkan rasa percaya diri anda.

 

9. Selalu berfikir positif

Selalu berfikir positif
Selalu berfikir positif

Hindari pikiran negatif dari diri anda. Jangan langsung menganggap diri anda tidak diterima oleh lingkungan sekitar anda. Sekalipun hal buruk menimpa anda, jangan langsung mengambil pikiran negatif, berfikirlah positif. Pemikiran negatif hanya akan merusak kepercayaan diri anda, sebaliknya permikiran positif akan menaikkan kepercayaan diri anda.

Loading...

Baca Juga