15 Cara Restore Windows 7 Dengan CMD dan System Restore
Sebenarnya melakukan restore pada sistem operasi windows 7 tidak hanya dapat kita lakukan melalui CMD dan System Restore saja, namun masih ada sejumlah cara yang dapat kita lakukan untuk me-restore windows 7 ini. Hanya saja saat ini saya hanya akan menuliskan cara restore windows 7 dengan CMD dan System Restore saja.

Cara Restore Windows 7 – Meskipun saat ini sudah terdapat Windows 8 dan Windows 10 yang dirilis dengan desain super menarik. Akan tetapi Windows 7 tetap menjadi pilihan sebagian besar pengguna PC. Hal ini mungkin saja dikarenakan tingkat kestabilan sistem windows 7 yang cukup sempurna serta kemudahan dalam mengoperasikannya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, di sejumlah PC dengan spesifikasi low end, Windows 7 tetap dapat di operasikan dengan lancar, bahkan jauh dari kata lemot yang sering kita jumpai dalam sistem operasi windows 8 dan windows 10.

Mengingat kepopuleran windows 7 yang tiada hentinya. Tak heran jika saat ini masih bisa kita lihat begitu banyaknya orang yang menggunakan sistem operasi ini pada PC mereka masing-masing.

Meskipun begitu populer, hal ini tidak menutup kemungkinan bagi sejumlah pengguna yang masih saja merasa kebingungan dalam sejumlah fitur yang terdapat pada windows 7. Salah satu fitur yang cukup sulit dipahami yakni backup dan restore windows 7.

Mungkin hal tersebut bukanlah suatu permasalahan yang sulit bagi pengguna yang sudah lama menggunakan windows 7. Akan tetapi hal tersebut tetaplah terasa sulit bagi mereka yang masih awam dengan sistem operasi windows 7.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai hal tersebut. Sayangnya, dalam pembahasan berikut ini kita tidak akan membahas cara backup windows 7. Tetapi kita hanya akan membahas cara restore windows 7 dengan CMD dan System Restore.

Sebenarnya melakukan restore pada sistem operasi windows 7 tidak hanya dapat kita lakukan melalui CMD dan System Restore saja, namun masih ada sejumlah cara yang dapat kita lakukan untuk me-restore windows 7 ini. Hanya saja saat ini saya hanya akan menuliskan cara restore windows 7 dengan CMD dan System Restore saja.

Oke, berikut ini ada 15 cara restore windows 7 dengan CMD dan System Restore yang mungkin saja dapat kamu coba dengan mudah.

Cara Restore Windows 7 Dengan CMD

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa cara restore windows 7 dapat kita lakukan dengan CMD. Nah berikut ini ada beberapa cara restore windows 7 dengan CMD.

1. Reboot PC

Cara Restore Windows 7
Reboot

Dalam cara restore windows 7 dengan CMD, langkah pertama yang harus kamu terapkan yakni melakukan reboot pada PC yang hendak di restore.

2. Tekan F8 Saat Booting

Cara Restore Windows 7
F8

Pada saat PC tengah booting, hal yang wajib kamu lakukan adalah menekan F8 untuk masuk ke safe mode.

Baca Juga : 15 Cara Instal Windows 7 Paling Mudah, Lengkap Dengan Gambarnya

3. Safe Mode with Command Prompt

Cara Restore Windows 7
Safe Mode With Command Prompt

Setelah itu kamu akan mendapatkan sejumlah pilihan. Sedangkan yang perlu kamu pilih adalah Safe Mode with Command Prompt.

4. Ketikkan rstrui.exe

Cara Restore Windows 7
Ketikan rstrui.exe

Apabila sudah memilih Safe Mode with Command Prompt. Maka dalam tahap ini kamu bisa melanjutkannya dengan menjalankan perintah rstrui.exe. Hal tersebut guna menjalankan program System Restore yang akan kita gunakan untuk melakukan restore pada PC tersebut.

5. Pilih Restore Poin

Cara Restore Windows 7
Pilih Restore Point

Selanjutnya kita akan melihat sejumlah restore point yang dapat kita pilih sebagai pilihan pemulihan. Biasanya restore point di urutkan menurut tanggal. Maka dari itu, pastikan kamu memilih restore point dengan tanggal terbaru.

6. Ikuti Semua Konfigurasi Restore

Cara Restore Windows 7
Ikuti Semua Konfigurasi

Apabila sudah memilih restore point yang tepat. Maka dalam tahap ini kamu hanya perlu mengikuti semua konfigurasi restore yang di butuhkan.

Cara Restore Windows 7 Dengan System Restore

Cara restore windows 7 tidak hanya bisa kita lakukan dengan CMD saja. Akan tetapi juga bisa lakukan dengan program System Restore. Nah berikut ini ada beberapa cara restore windows 7 dengan System Restore.

1. Hidupkan PC

Cara Restore Windows 7
Hidupkan PC

Sedangkan langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam me-restore windows 7 dengan System Restore adalah menghidupkan PC terlebih dahulu.

2. Klik Menu Start

Cara Restore Windows 7
Klik Menu Start

Setelah PC sudah hidup. Klik tombol menu Start yang berada di pojok kiri bawah. Dalam hal ini kamu juga bisa menekan tombol menu Start yang terletak di keyboard.

3. Ketikkan System Restore

Cara Restore Windows 7
Ketik System Restore

Pada menu Start yang baru saja muncul, kamu akan melihat sebuah kolom yang bisa kamu isikan dengan apapun yang hendak kamu cari. Ya, kolom tersebut merupakan kolom pencarian. Maka dari itu, kamu bisa mengetikkan System Restore pada kolom tersebut agar dapat menemukan program System Restore dengan mudah dan tetap tentunya.

4. Klik Pada System Restore

Cara Restore Windows 7
Klik System Restore

Setelah itu, maka secara otomatis hasil pencarian akan menemukan program System Restore yang kita maksud. Dalam tahap ini, silahkan klik pada System Restore tersebut untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

5. Next

Cara Restore Windows 7
Next

Berikutnya kamu akan mulai dihadapkan oleh sebuah jendela System Restore. Untuk pertama tama, silahkan klik tombol Next terlebih dahulu.

6. Pilih Restore Poin

Cara Restore Windows 7
Pilih Restore Point

Jika sudah mengeklik tombol Next. Maka kamu akan dihadapkan oleh sejumlah restore point yang dapat kamu pilih. Dalam hal ini kamu bisa memilih restore point sesuai dengan keinginanmu.

7. Finish

Cara Restore Windows 7
Finish

Yap, apabila sudah memilih restore point yang kamu inginkan, maka dalam tahap ini kamu hanya perlu mengeklik tombol Finish untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

8. Yes

Cara Restore Windows 7
YES

Setelah itu biasanya akan muncul pop up baru. Dalam hal ini kamu hanya perlu memilih YES agar proses restore bisa dimulai.

9. Tunggu Proses Restore Selesai

Cara Restore Windows 7
Tunggu

Apabila sudah mengeklik tombol YES, maka proses restore akan segera dimulai. Sedangkan dalam tahap ini merupakan langkah terakhir, dan yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu porses restore selesai.

Akhir Kata

Nah itulah 15 cara restore windows 7 dengan CMD dan System Restore yang dapat saya bagikan saat ini. Semoga bisa menjadi panduan yang mudah dipahami, dan semoga juga dapat menjadi panduan yang baik dan benar pula bagi kalian semua.

Loading...

Baca Juga