15 Cara Restore iPhone Dari iCloud dan iTunes Dengan Mudah
Sebenarnya ada beberapa cara restore iPhone yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Akan tetapi jika kamu belum mengetahuinya, berikut ini ada 15 cara restore iPhone dari iCloud dan iTunes dengan mudah.

Cara Restore iPhone – Ponsel merupakan salah satu benda yang kerap kali kita pegang dan kita bawa kemanapun di setiap harinya. Tak heran jika banyak orang yang menyimpan sejumlah data di ponsel. Namun ketika ponsel kita hilang, tentu kita juga akan kehilangan sejumlah data penting yang berada di dalamnya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu cara paling ampuh yakni dengan melakukan backup secara rutin. Jika sudah melakukan backup, tentu kita dapat memulihkan atau me-restore data backup tersebut ke ponsel baru kita.

Mungkin hal tersebut begitu mudah dilakukan apabila kita menggunakan ponsel berbasis Android. Namun bagaimana jika kita menggunakan ponsel berbasis iOS layaknya iPhone?

Sebenarnya ada beberapa cara restore iPhone yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Akan tetapi jika kamu belum mengetahuinya, berikut ini ada 15 cara restore iPhone dari iCloud dan iTunes.

Cara Restore iPhone Dari iCloud

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa cara restore iPhone dapat kita lakukan dari iCloud. Nah berikut ini ada beberapa cara restore iPhone dar iCloud yang mungkin bisa kamu coba.

1. Buka Settings

Cara Restore iPhone
Buka Settings

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam cara restore iPhone dari iCloud yakni dengan membuka menu Settings pada iPhone terlebih dahulu.

Baca Juga : 15 Cara Menghapus Akun Gmail Tanpa Menghapus Akun Google

2. Ketuk Umum dan Software Update

Cara Restore iPhone
Software Update

Dalam hal ini kamu harus memastikan bahwa iOS kamu paling update. Caranya ketuk Umum lalu Software Update.

3. Ketuk Backup

Cara Restore iPhone
Backup

Setelah memastikan dan yakin bahwa iOS kamu paling update, maka kamu perlu melakukan backup. Caranya, masuk lagi ke menu Settings, lalu ketuk backup. Aktifkan iCloud Backup dan ketuk pada tulisan Back Up Now.

4. Ketuk Reset dan Erase All Content and Settings

Cara Restore iPhone
Reset

Jika proses backup sudah berhasil. Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah reset. Caranya, buka lagi menu Settings, lalu ketuk pada Umum. Setelah itu ketuk Reset, lalu pilih Erase All Content and Settings.

5. Restore from iCloud Backup

Cara Restore iPhone
Restore From iCloud Backup

Setelah itu iPhone akan melakukan booting secara otomatis. Ketika booting berhasil, maka kamu akan mendapatkan iPhone mu seperti halnya iPhone baru. Untuk melakukan restore, dalam tahap ini kamu bisa memilih opsi Restore from iCloud Backup.

Cara Retore iPhone Dari iTunes

Tak hanya dari iCloud saja, untuk me-restore iPhone juga dapat dilakukan dari iTunes. Nah berikut ini ada beberapa cara restre iPhone dari iTunes dengan baik dan benar.

1. Hubungkan iPhone Ke PC

Cara Restore iPhone
Hubungkan iPhone

Sebelumnya, pastikan dulu bahwa iTunes yang kamu gunakan adalah versi terbaru. Setelah itu kamu bisa mulai membuka iTunes dan menghubungan iPhonde ke PC.

Apabila iTunes tidak mengenali iPhone milikmu, kamu bisa mencoba untuk memasukan iPhone milikmu ke dalam mode DFU. Caranya, matikan iPhone. Lalu tekan dan tahan tombol Daya selama 3 detik. Setelah itu tekan dan tahan juga tombol Home (tombol daya jangan dilepas) selama 10 detik. Jika sudah 10 detik, lepaskan tombol Daya, namun tombol Home jangan di lepas hingga iTunes mendeteksi devices baru.

2. Pilih iPhone

Cara Restore iPhone
Pilih iPhone

Setelah itu kamu bisa memilih iPhone yang tertera di menu Devices. Lalu pada tab Summary kamu dapat mengeklik tombol Restore iPhone.

3. Cadangkan Perangkat Anda

Cara Restore iPhone
Cadangkan Perangkat

Sebelum proses pemulihan dilakukan, kamu akan mendaptkan sebuah pilihan untuk mencadangkan perangkat. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan iTunes untuk mencadangkannya. Setelah itu yang perlu kamu lakukan hanyalah menunggu proses pemulihan selesai.

4. Muat Ulang Cadangan Lama

Cara Restore iPhone
Muat Ulang Cadangan Lama

Jika proses pemulihan sudah selesai, maka kamu akan diberikan untuk sejumlah opsi pemulihan. Nah disini kamu bisa memulihkan data iPhone kamu dari iTunes Backup yang tadi kamu lakukan.

Cara Restore iPhone Dari iTunes Tanpa Memperbarui

Biasanya melakukan restore terhadap iPhone dari iTunes mengharuskan kamu untuk memperbarui versi iOS. Namun dalam cara ini, kamu bisa melakukan restore iPhone dari iTunes tanpa harus memperbaruinya. Nah berikut ini ada beberapa cara restore iPhone dari iTunes tanpa memperbarui.

1. Cadangkan iPhone di iTunes

Cara Restore iPhone
Cadangkan iPhone

Sedangkan dalam cara restore iPhone dari iTunes tanpa harus memperbaruinya. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencadangkan iPhone di iTunes terlebih dahulu. Caranya, sambungkan iPhone ke PC, lalu pilih device-mu dan klik tombol Back Up Now.

2. Lepaskan iPhone

Cara Restore iPhone
Lepaskan iPhone

Apabila proses mencadangkan iPhone sudah berhasil. Maka kamu perlu melepaskan iPhone atau dengan mencabut kabel USB yang terhubung ke PC. Dalam hal ini, pastikan iTunes tetap berada dalam keadaan terbuka.

3. Reset iPhone

Cara Restore iPhone
Reset iPhone

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan yakni reset iPhone. Caranya sangat mudah, buka Settings pada iPhone, lalu masuk ke menu Umum. Setelah itu ketuk Reset dan pilih Erase all Content and Settings.

4. Sambungkan iPhone Ke PC

Cara Restore iPhone
Sambungkan iPhone

Setelah proses reset selesai. Maka iPhone akan booting dengan tampilan bawaan pabrik dengan pesan “slide to set up” layaknya seperti ponsel baru. Dalam hal ini kamu tidak perlu melakukan apapun pada iPhone milikmu. Cukup sambungkan kembali iPhone ke PC.

5. Download and Update

Cara Restore iPhone
Download and Update

Setelah itu, pada iTunes kamu akan melihat adanya sebuah pop up yang bertuliskan “An update to the carrier settings on your….”. Dalam hal ini yang perlu kamu lakukan hanyalah mengeklik tombol Download and Update.

6. Pulihkan Ponsel

Cara Restore iPhone
Pulihkan Ponsel

Setelah itu kamu akan mendapatkan sebuah pilihan untuk me-restore iPhone. Dalam hal ini kamu bisa me-restore iPhone dengan hasil backup tadi. Apabila kamu mendapatkan pop up yang menanyakan apakah kamu hendak meningkatkan iOS ke versi terbaru. Maka yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan tombol Cancel.

Loading...

Baca Juga