15 Cara Merubah Ukuran Foto Melalui Windows dan Mac
Dengan adanya teklonogi kamera digital perkembangan teknologi digital memang sudah sangat maju. Untuk mengambil foto sekarang tak perlu repot lagi seperti dulu waktu pertama kali kamera ditemukan. Terlebih lagi sekarang kamera sudah bisa kamu temukan dibanyak smartphone.

Cara Merubah Ukuran Foto - Dengan adanya teklonogi kamera digital perkembangan teknologi digital memang sudah sangat maju. Untuk mengambil foto sekarang tak perlu repot lagi seperti dulu waktu pertama kali kamera ditemukan. Terlebih lagi sekarang kamera sudah bisa kamu temukan dibanyak smartphone.

Nah terkadang saat kita mengambil foto ternyata ukuran foto tersebut tidak sesuai dengan keinginan kita. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan merubah ukuran foto, berikut ini artikel tentang 15 Cara Merubah Ukuran Foto Melalui Windows dan Mac.

1. Klik Windows

Cara Merubah Ukuran Foto
Klik Windows

Yang pertama kali harus kamu lakukan untuk merubah ukuran foto adalah dengan memilih tombol windows disamping bawah kiri computer kamu. Namun untuk pengguna windows 8 kamu bisa mengarahkan kursor ke samping atas kanan lalu pilih opsi search.

2. Cari Paint

Cara Merubah Ukuran Foto
Cari Paint

Nah kali ini saya akan menggunakan software bawaan dari windows yang bernama paint. Kamu bisa mengetikkan “paint” pada menu search windows tersebut.

3. Pilih Paint

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Paint

Secara otomatis kamu akan langsung ditujukan pada program bawaan windows yang bernama paint. Program ini tersedia untuk semua pengguna windows, dari mulai win xp, win 7, win, 8, sampai yang terbaru saat ini yaitu win 10.

Baca Juga : 15 Cara Daftar Instagram Dari Android Dengan Mudah

4. Membuka Gambar

Cara Merubah Ukuran Foto
Membuka Gambar

Setelah program terbuka maka tampilan awal dari paint biasanya secara default blank putih, nah disini kamu cuma tinggal memasukkan gambar yang akan kamu kurangi ukurannya ke program paint. Caranya pilih menu dipojok kiri atas, kemuadian pilih open. Nah secara otomatis akan terbuka jendela baru, cara gambar yang akan kamu kurangi ukurannya lalu pilih open. Dan tampilan paint akan berubah menjadi gambar yang kamu pilih tadi.

5. Pilih Resize

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Resize

Sekarang waktunya untuk mengurangi ukuran foto kamu. Carailah menu bernama resize di menu atas. Menu ini berbenduk dua persegi panjang yang menyatu satu sama lain. Jika sudah ketemu tinggal pilih dan klik.

6. Pilih Maintain Aspect Ratio

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Maintain Aspect Ratio

Kemudian kamu pilih maintain aspect ratio yang terdapat pada menu resize tersebut. Hal ini untuk menghindari ukuran foto yang cenderung akan menjadi aneh. Karena dengan menggunakan maintain aspect ratio ukuran foto yang kamu rubah otomatis akan terdefault dan cenderung akan sinkron ukurannya, beda kalau kamu tidak memilihnya dan lebih memilih menggunakan ukuran foto sendiri.

7. Memilih Ukuran Baru

Cara Merubah Ukuran Foto
Memilih Ukuran Baru

Selanjutnya kamu tinggal memilih ukuran foto yang kamu inginkan. Pilih resize by percentage untuk mengubah ukuran foto, namun jika untuk merupah ukuran pixel kamu bisa memilih menu resize by pixels. Nah kamu juga harus paham dalam pemilihan ukuran baru foto, soalnya ketika foto kamu yang ukurannya terlalu kecil tidak dapat kamu besarkan. Hal ini akan berdampak pada penurunan kualitas foto.

Maka dari itu penting untuk hal tersebut, pilihlan ukuran yang sesuai. Kamu juga akan langsung terdedault ke ukuran normal ketika kamu mengisi salah satu ukuran. Ini merupakan efek dari maintain aspect ratio yang kamu pilih tadi.

8. Pilih Ok

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Ok

Setelah menentukan ukuran sekarang kamu tinggal pilih ok untuk menyelesaikan program resize tersebut.

9. Menyimpan Foto

Cara Merubah Ukuran Foto
Menyimpan Foto

Dan akhirnya foto kamu telah berhasil dirubah ukurannya, sekarang kamu cuma perlu untuk menyimpannya. Caranya pilih menu di pojok atas kiri. Kemudian kamu klik save as, nah disitu nantinya akan tersedia beberapa opsi format foto yang akan kamu simpan. Kamu bisa memilih format jpeg atau format png untuk foto tersebut.

10. Buka Foto

Cara Merubah Ukuran Foto
Buka Foto

Untuk melalui mac tahapannya hampir sama sebenarnya. Caranya tinggal buka foto tersebut melalui preview, klik kanan pada foto kemudian pilih open with preview. Nah secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung terbuka dan menampilkan foto kamu.

11. Pilih Tools

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Tools

Kemudian untuk merubah ukuran foto kamu bisa memilih menu tools yang ada dimenu atas aplikasi tersebut.

12. Pilih Adjust Size

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Adjust Size

Menu baru otomatis akan terbuka, banyak opsi yang bisa kamu lakukan di menu tersebut. Namun untuk merubah ukuran foto kamu harus memilih menu bernama “adjust size”.

13. Menentukan Ukuran

Cara Merubah Ukuran Foto
Menentukan Ukuran Foto

Hampir sama prosesnya dengan windows, setelah itu akan terbuka menu resize. Pada menu bagian pertama kamu bisa pilih custom agar ukuran dapat kamu tentukan sesuka hati. Pilih ukuran foto yang kamu inginkan, namun tentu jika kamu mencoba untuk membesarkan ukuranj foto maka jadinya gambar akan terlihat pecah. Jadi lebih saya sarankan untuk memperkecil ukuran foto ketimbang mamperbesarnya.

14. Pilih Ok

Cara Merubah Ukuran Foto
Pilih Ok

Setelah kamu menentukan ukuran fotonya, kamu tinggal klik ok. Dan ukuran foto sudah berubah sesuai dengan ukuran yang kamu pilih tadi.

15. Menyimpan Foto

Selanjutnya kamu tinggal menyimpan foto tersebut, langkahnya hampir sama dengan proses pada windows. Caranya pilih menu file pada bagian menu atas, kemudian pilih save as, pilih lokasi penyimpanan yang kamu suka.

Foto tersebut otomatis akan tersimpan dalam format sesuai foto awal, biasanya berformat jpeg. Namun bila kamu ingin menyimpannya dengan format lain kamu bisa pilih file kemudian klik export. Nah disitu aka nada beberapa opsi format foto yang bisa kamu pilih, format foto tersebut sama dengan yang terdapat windows yang biasanya yaitu jpeg, jpeg-2000, png, openexr, tiff.

Nah itulah artikel tentang 15 Cara Merubah Ukuran Foto Melalui Windows dan Mac. Cukup mudah sebenarnya untuk merubah ukuran foto tersebut, namun yang biasanya jadi kendala disini adalah ketika hendak membesarkan ukuran foto. Foto biasanya akan menjadi pecah ketika coba dibesarkan ukurannya.

Loading...

Baca Juga