15 Cara Merawat Pleci Dengan Baik Dan Benar
Sebagian besar pecinta burung tentu akan terpesona dengan keindahan suara yang dihasilkan oleh seekor burung pleci. Namun agar pleci dapat bersuara indah tentunya kita harus melakukan sejumlah perawatan dengan baik. Berikut ini ada 15 Cara Merawat Pleci Dengan Baik Dan Benar.

Cara Merawat Pleci - Pleci merupakan salah satu burung yang memiliki suara khas dan indah. Namun tak semua jenis pleci memiliki suara tersebut. Agar pleci memiliki suara seperti itu, tentu kamu harus melakukan sejumlah perawatan terhadap burung pleci milikmu.

Buat kamu yang belum memahami cara merawat pleci. Mungkin kamu bisa mengikuti sejumlah cara merawat pleci dengan baik dan benar berikut ini.

15 Cara Merawat Pleci Dengan Baik Dan Benar

1. Memberikan Pakan

Cara Merawat Pleci
Memberi Makan Pleci

Sebagian besar orang tentu tahu jika pleci membutuhkan sejumlah asupan makanan yang cukup. Tanpa adanya pakan tentu pleci tidak akan dapat hidup dengan baik. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan voer untuk dijadikan pakan pleci.

2. Memberikan Vitamin

Cara Merawat Pleci
Vitamin

Sama halnya dengan manusia, burung juga membutuhkan asupan vitamin guna merangsang perkembangan. Pastikan kamu sudah menentukan jenis vitamin yang akan kamu berikan kepada pleci milikmu. Dalam hal ini kamu bisa memberikan vitamin dengan cara meneteskan sedikit vitamin ke dalam air minumnya.

3. Memahami Posisi Gantangan yang Baik

Cara Merawat Pleci
Gantangan Pleci

Dalam hal ini kamu bisa meletakkan burung di deket suara air. Suara air sendiri terbukti mampu membuat burung terhindar dari rasa stress. Selain itu suara air juga bisa kamu gunakan untuk melakukan pemasteran terhadap burung pleci.

4. Memberikan EF

Cara Merawat Pleci
EF Pleci

Memberikan EF pada burung pleci juga sangat begitu diperlukan. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan kroto ataupun jangkrik. Jika kamu memilih untuk menggunakan jangkrik, pastikan kamu memberinya dua ekor jangkrik dalam sehari, dan pastikan juga kamu memberikannya pada siang hari.

5. Menjemur Pleci

Cara Merawat Pleci
Menjemur Pleci

Selain itu kamu perlu menjemur pleci agar tetap sehat. Sebenarnya tidak hanya membuat pleci tetap sehat, namun proses penjemuran juga dapat merontokkan sejumlah kutu yang berada di bulu-bulu nya.

6. Memilih Burung Pleci

Cara Merawat Pleci
Memilih Pleci

Dalam membeli burung pastikan kamu memilih burung pleci yang benar-benar dalam keadaan sehat. Pleci yang sehat bisa dilihat dari caranya bergerak. Jika pleci tersebut bergerak cukup aktif dan gesit, maka bisa dikatakan bahwa pleci itu dalam keadaan sehat. Begitu juga sebaliknya, pleci yang tidak sehat maka akan terlihat lesu dan tidak terlalu aktif.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pleci yang sehat dari kotorannya. Umumnya kotoran pleci yang sehat memiliki tekstur yang padat dan tidak encer, serta berwarna sesuai dengan warna makanan yang dikonsumsi.

7. Pengembunan

Cara Merawat Pleci
Pengembunan

Umumnya waktu yang paling tepat untuk melakukan proses pengembangan terhadap burung pleci adalah pukul 05 pagi. Proses ini sendiri bertujuan untuk menghindari burung tersebut dari rasa stres. Selain itu pengembunan juga bermanfaat baik pada kesehatan burung pleci.

Baca Juga : 18 Cara Merawat Kacer Dengan Mudah dan Tepat

8. Menyediakan Air untuk Minum dan Mandi

Cara Merawat Pleci
Menyediakan Air Untuk Minum

Pleci merupakan makhluk hidup yang umumnya membutuhkan sejumlah air untuk bertahan hidup. Dalam hal ini kamu perlu memberikan sedikit air minum dan air untuk mandi di dalam sangkar burung pleci.

9. Adu dengan Pleci Lain

Cara Merawat Pleci
Adu Pleci

Jika tujuanmu merawat pleci untuk mempersiapkannya dalam sebuah perlombaan. Mungkin kamu perlu untuk mengadu burung pleci milikmu dengan sejumlah burung pleci lainnya. Pastikan kamu mengadunya dengan burung pleci yang memiliki tingkat suara yang jauh lebih rendah dari pleci milikmu. Hal ini guna menghindari rasa stres yang timbul akibat pleci adalah dalam adu tersebut.

10. Memelihara Beberapa Pleci Di Rumah

Cara Merawat Pleci
Memelihara Beberapa Pleci

Jika kamu memelihara sebuah burung pleci maka kamu perlu memelihara sejumlah burung pleci lagi. Hal ini dikarenakan pada umumnya burung pleci merupakan salah satu burung yang hidup secara berkelompok. Sehingga dengan memelihara beberapa pleci di rumah dan menyandingkannya dengan pleci milikmu, tentu juga dapat menghilangkan rasa stres pada pleci tersebut.

11. Membersihkan Sangkar

Cara Merawat Pleci
Membersihkan Sangkar

Biasanya para pemelihara burung seringkali lupa akan kewajibannya dalam membersihkan sangkar burung miliknya. Entah lupa ataupun malas, pastikan kamu membersihkan sangkar burung milikmu ketika sangkar benar-benar kotor.

Namun akan lebih baik lagi jika kamu memiliki dua sangkar. Sehingga ketika satu sangkar kotor, kamu bisa memindahkan pleci tersebut ke sangkar yang satunya lagi. Lalu kamu dapat membersihkan sangkar yang kotor dengan mudah. Selain itu, mengganti sangkar burung pleci dengan sangkar lainnya juga bermanfaat untuk melatih mental burung itu sendiri.

12. Memberikan Buah-Buahan

Cara Merawat Pleci
Memberi Buah-Buahan

Tak hanya EF dan voer saja, namun kamu juga perlu memberikan sejumlah buah-buahan pada pleci milikmu. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan dan perkembangan pleci. Dalam hal ini kamu bisa memberikan buah-buahan seperti pisang, apel, dan lain sebagainya.

13. Memandikan Pleci

Cara Merawat Pleci
Memandikan Pleci

Agar pleci terlihat bersih dan terjaga kesehatannya, maka kamu perlu memandikan pleci setidaknya 1 kali sehari. Dalam hal ini kamu bisa memandikan pleci pada pukul enam pagi atau setengah tujuh pagi.

14. Pemasteran Pleci

Cara Merawat Pleci
Pemasteran

Biasanya burung akan terlihat istimewa ketika burung itu sendiri memiliki suara yang khas dan indah. Dalam membentuk suara yang indah tersebut, kamu perlu melakukan pemasteran terhadap pleci milikmu. Pemasteran di sini bisa kamu lakukan secara langsung ataupun menggunakan media seperti mp3 player, DVD maupun media yang lainnya.

15. Melatih Mental Pleci

Cara Merawat Pleci
Melatih Mental Pleci

Melatih mental pleci juga sangat perlu kamu lakukan. Agar nantinya pleci milikmu tetap dapat bersuara ketika berada di perlombaan ataupun di tempat-tempat yang ramai.

Dalam hal ini sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti meletakkan pleci di tempat yang ramai atau bisa juga mengajak pleci ke sebuah perlombaan burung.

Akhir Kata

Nah itulah 15 cara merawat pleci dengan baik dan benar. Semoga kamu bisa mengikuti sejumlah cara tersebut untuk merawat pleci milikmu. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk mu dan semua pecinta burung.

Baca Juga