16 Cara Merawat Ayam Aduan Dengan Baik dan Benar
Seekor ayam dapat dijadikan sebagai ayam aduan apabila sudah melewati sejumlah proses terlebih dahulu. Salah satunya yakni proses perawatan yang baik dan benar. Pada kesempatan kali ini sendiri kita akan membahan 16 cara merawat ayam aduan dengan baik dan benar.

Cara Merawat Ayam Aduan - Ayam aduan juga merupakan salah satu hewan yang banyak diminati sebagian besar penduduk indonesia. Bahkan saat ini banyak perlombaan adu ayam yang diselenggarakan.

Buat kamu para pecinta ayam aduan, kali ini kita akan membahas 16 cara merawat ayam aduan dengan baik dan benar.

1. Perawatan Awal

Cara Merawat Ayam Aduan
Perawatan Awal

Untuk mendapatkan ayam aduan yang paling baik, maka kamu harus merawatnya sejak ayam tersebut menetas. Ketika anak ayam aduan baru saja menetas, langkah yang paling tepat yakni meletakkan anak ayam tersebut ke dalam sebuah wadah yang dilengkapi dengan penghangat layaknya lampu.

2. Perawatan Usia 3 Bulan

Cara Merawat Ayam Aduan
Ayam Aduan Berusia 3 Bulan

Ketika menginjak usia 3 bulan tentu wadah yang dilengkapi dengan penghangat tersebut akan terasa begitu sempit bagi anak ayam aduan itu. Maka dari itu, dalam usia ini kamu perlu membuatkan sebuah kandang baru untuk ayam tersebut.

Perhatikan juga kebersihan kandang anak ayam tersebut, karena kandang yang kotor tentu menyimpan sejumlah bakteri. Di mana anak ayam sendiri belum mempunyai kekebalan tubuh yang stabil.

3. Memberikan Vitamin

Cara Merawat Ayam Aduan
Memberikan Vitamin

Tahap selanjutnya adalah pemberian vitamin terhadap anak ayam. Pemberian vitamin paling bagus diberikan pada ayam ketika berusia 3 bulan. Karena usia ini merupakan usia yang paling tepat untuk menerima asupan vitamin.

4. Makanan Ayam Diusia 3 Bulan

Cara Merawat Ayam Aduan
Jagung

Ketika saya menginjak usia 3 bulan, kamu perlu memberikan pakan kepada ayam tersebut yang berupa konsentrat. Selain itu, dalam hal ini kamu juga bisa menambahkan beberapa varian pakan lainnya, seperti dedak, beras dan jagung.

Baca Juga : 18 Cara Merawat Kacer Dengan Mudah dan Tepat

5. Perawatan Usia 6 Bulan

Cara Merawat Ayam Aduan
Ayam Aduan Berusia 6 Bulan

Ketika akan menginjak usia 6 bulan, lebih baik kamu mulai mempersiapkan sebuah kandang baru untuk ayam tersebut. Karena nantinya ayam aduan berusia di atas 6 bulan membutuhkan sebuah kandang pribadi.

Selain itu, dalam usia ini kamu bisa mulai mengumbar ayam tersebut secara bebas. Hal ini agar otot-otot pada ayam lebih sehat dan tidak kaku.

6. Perawatan Diatas 6 Bulan

Cara Merawat Ayam Aduan
Makanan Ayam

Pada saat ayam aduan sudah menginjak usia di atas 6 bulan, kamu bisa memberinya berbagai macam jenis makanan yang dikombinasikan. Hal ini sangat berguna temui mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin pada ayam tersebut. Dengan adanya asupan gizi dan vitamin yang cukup, tentu ayam akan memiliki tubuh yang ideal.

7. Perawatan Hingga 10 Bulan

Cara Merawat Ayam Aduan
Perawatan Ayam Aduan

Dalam usia ini, umumnya ayam aduan akan mulai memiliki tubuh yang ideal dengan otot-otot yang kuat. Maka dari itu perawatan yang diberikan pun harus lebih extra, agar ayam dapat bertumbuh dengan optimal.

8. Cara Memandikan

Cara Merawat Ayam Aduan
Memandikan Ayam Aduan

Seperti yang sudah saya katakan, dalam usia ini perawatan yang diberikan memang harus lebih extra. Di sini kamu harus mulai memandikan ayam aduan tersebut secara rutin. Kamu dapat memandikan ayam setidaknya satu hari sekali.

Lakukan langkah ini pada jam 8 pagi. Namun jika pada pagi hari cuaca sedang hujan, kamu bisa memandikan nya pada sore hari sekitar pukul 4 sore. Setelah memandikannya, biarkan ayam tersebut mengeringkan badannya sendiri.

9. Lakukan Penjemuran

Cara Merawat Ayam Aduan
Penjemuran

Selanjutnya kamu perlu melakukan penjemuran terhadap ayam tersebut. Penjemuran ini sendiri bisa dilakukan pada jam 9 hingga jam 10 pagi, atau lebih tepatnya setelah kamu memandikan ayam tersebut. Tak hanya untuk mengeringkan tubuh dan badan ayam saja. Namun hal ini juga sangat berguna untuk mengurangi sejumlah lemak yang menumpuk.

10. Pelatihan Fisik

Cara Merawat Ayam Aduan
Kliter

Latihan fisik pada ayam aduan sebenarnya juga berguna untuk melatih pernafasan. Sehingga tidak melatih otot saja. Dalam tahap pelatihan fisik ini, kamu bisa berlatih ayam aduan tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau keperluannya. Kamu sendiri bisa melatihnya untuk berenang melompat dan kliter.

11. Sparing atau Abar

Cara Merawat Ayam Aduan
Sparing

Sparing atau abar merupakan salah satu tahap yang harus dilakukan. Karena hari ini dapat meningkatkan mental petarung bagi ayam aduan milikmu.

Untuk pertama kalinya, dalam melakukan hal ini tidak perlu berlama-lama. Cukup lima sampai 10 menit saja, lalu biarkan ayam beristirahat dan melakukan sejumlah aktivitas seperti biasanya, setidaknya sampai dua minggu lamanya.

Setelah itu kamu bisa mulai melakukan tahap ini lagi. Karena ini bukan merupakan sparing yang pertama kalinya, maka kamu bisa meningkatkan durasi sparing lebih lama lagi. Dan ulangi langkah langkah ini sampai ayam dapat bertarung dalam durasi yang cukup lama.

12. Pemisahan Ayam Aduan

Cara Merawat Ayam Aduan
Pemisahan

Umumnya ayam aduan memiliki kecenderungan untuk bertarung. Oleh karena itu kamu perlu memisahkan nya dari ayam ayam lainnya.

13. Penggunaan Kandang Isolasi

Cara Merawat Ayam Aduan
Kandang Terisolasi

Umumnya ayam aduan yang kalah dalam sebuah pertarungan akan kehilangan mentalnya. Apabila ayam aduan milikmu mengalami hal ini, maka kamu perlu menggunakan kandang yang terisolasi dan membiarkan ayam tersebut menetap di kandang itu selama beberapa hari. Hal ini sendiri sudah terbukti cukup efektif dalam mengembalikan mental ayam aduan yang hilang gara-gara kalah dalam pertarungan.

14. Pemberian Jamu Andalan

Cara Merawat Ayam Aduan
Jamu Ayam

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sejumlah jamu atau ramuan khusus yang dapat membangkitkan gairah petarung pada ayam aduan milikmu yang kehilangan mental bertarung. Dengan begitu tentunya mental dan gairah bertarung akan kembali dalam waktu yang lebih singkat.

15. Berikan Pakan Alami Pada Ayam Petarung

Cara Merawat Ayam Aduan
Pakan Alami

Memberikan pekan alami juga bisa membuat ayam aduan milikmu menjadi lebih agresif. Dalam hal ini kamu bisa memberikannya beberapa varian makanan hidup seperti jangkrik, kroto atau anakan tikus yang masih hidup. Dengan membiarkan ayam tersebut mencari dan mengejar mangsanya sendiri, tentu hal itu dapat memicu dan merangsang mental petarung.

16. Melakukan Latihan Lari

Cara Merawat Ayam Aduan
Latihan Lari

Selain itu kamu juga bisa melakukan sebuah latihan lari pada ayam aduan milikmu. Latihan ini sendiri adalah salah satu jenis latihan yang paling potensial dalam meningkatkan energi ayam aduan.

Baca Juga