15 Cara Merawat Anggrek Dengan Baik dan Benar
Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bunga begitu indah. Mengingat keindahannya, tak heran jika banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di rumahnya. Nah, berikut ini ada 15 cara merawat anggrek dengan baik dan benar.

Cara Merawat Anggrek - Sebenarnya banyak tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk menghiasi halaman depan atau taman di rumahmu. Namun tidak ada salahnya jika kamu juga memilih taman anggrek untuk menghiasi halaman atau taman tersebut.

Nah buat kamu yang sudah memiliki tanaman anggrek namun masih belum paham mengenai cara merawat anggrek dengan baik dan benar. Mungkin kamu bisa mencoba sejumlah cara merawat anggrek berikut ini.

1. Tempatkan Anggrek Pada Area Cukup Sinar Matahari

Cara Merawat Anggrek
Penempatan Anggrek

Anggrek dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, dimana masing-masing jenisnya memiliki kebutuhan cahaya matahari yang berbeda-beda. Pahamilah jenis anggrek yang kamu miliki, dan pastikan anggrek milikmu mendapatkan cahaya matahari secara tidak langsung serta sesuai dengan kebutuhannya.

2. Jagalah Anggrek Agar Tetap Lembab

Cara Merawat Anggrek
Menjaga Kelembaban Anggrek

Cara merawat anggrek selanjutnya yakni dengan menjaga tingkat kelembaban anggrek itu sendiri. Anggrek sendiri tergolong tumbuhan tropis yang hidup pada lingkungan lembab. Maka dari itu kamu perlu menjaga kelembabannya. Dalam hal ini cukup siram bunga anggrek sebanyak 2 kali sehari. Namun apabila cuaca sedang hujan, kamu tidak perlu menyiraminya lagi.

3. Perhatikan Konstruksi Pot

Cara Merawat Anggrek
Pot Tanah

Pot yang cocok untuk tanaman anggrek yakni pot yang terbuat dari tanah dan memiliki sejumlah lubang. Pada tanaman anggrek, pot sangat berpengaruh dalam seberapa cepat anggrek tersebut bisa berbunga. Selain itu, kebanyakan anggrek membutuhkan pergantian pot di setiap tahunnya. Namun ada pula anggrek yang tetap dapat tumbuh subur dalam sebuah pot yang sama selama bertahun tahun.

4. Berikan Pupuk Yang Berkualitas Pada Tanaman Anggrek

Cara Merawat Anggrek
Memberi Pupuk

Pupuk yang berkualitas tentu dapat memicu perkembangan tanaman. Maka dari itu, agar tanaman anggrek milikmu cepat berbunga, kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan pupuk berkualitas.

Baca Juga : 15 Cara Merawat Bunga Mawar Dengan Mudah

5. Pemberantasan Hama Dan Penyakit

Cara Merawat Anggrek
Penyemprotan Insektisida

Selain itu, agar anggrek bisa tumbuh dengan baik dan berbunga cantik. Maka kamu perlu memberantas sejumlah hama dan parasit lainnya yang berada di anggrek tersebut. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan insektisida, fungisida, bakterisida dan obat pembasmi lainnya.

6. Pemberian hormon

Cara Merawat Anggrek
ZPT

Pemberian hormon atau ZPT juga terbukti ampuh dalam memicu perkembangan sejumlah tanaman, termasuk tanaman anggrek. Sehingga buat kamu yang merasa tidak sabar ingin mendapatkan tanaman anggrek yang berbunga cepat, kamu bisa memberikan hormon atau ZPT untuk memacu perkembangannya.

7. Penyusunan Anggrek

Cara Merawat Anggrek
Penyusunan Anggrek

Dalam menyusun tatanan anggrek yang baik dan benar, sebaiknya kamu menyusun rak anggrek secara mendatar pada ketinggian satu meter. Hal ini sangat berguna dalam mempercepat proses anggrek berbunga. Pastikan kamu tidak menaruh tanaman tersebut secara berjenjang. Karena hal tersebut dapat mengganggu sirkulasi udara pada tanaman anggrek.

8. Sirkulasi Udara

Cara Merawat Anggrek
Memperhatikan Sirkulasi Udara untuk Anggrek

Umumnya anggrek perlu sirkulasi udara yang cukup baik guna menjamin kelangsungan hidupnya. Udara yang baik itu sendiri merupakan udara yang berhembus sedikit demi sedikit namun terus-menerus. Sehingga proses fotosintesis dan proses respirasi dapat berjalan dengan sempurna.

9. Potong Bunga yang Layu

Cara Merawat Anggrek
Memotong Bunga Layu

Sama seperti tanaman hias lainnya, untuk menjaga keindahan tanaman anggrek. Kamu perlu menyediakan waktu luang untuk memotong sejumlah bunga yang telah layu atau mati. Karena jika tidak di potong tentu hal ini dapat merusak keindahan taman tersebut.

10. Menggunakan Alat Potong yang Steril

Cara Merawat Anggrek
Alat Potong Steril

Memotong ranting dan daun kering pada sejumlah tanaman memang tidak harus menggunakan alat-alat potong yang steril. Namun akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan alat potong yang steril. Karena hal ini dapat mencegah penularan penyakit dari tanaman yang satu ke tanaman yang lainnya.

11. Bersihkan Pot

Cara Merawat Anggrek
Membersihkan Pot

Umumnya tanaman hias digunakan untuk mempercantik tampilan halaman rumah. Maka dari itu, pastikan kamu selalu membersihkan pot nya juga. Karena secantik apapun tanaman hias, tentu akan terlihat buruk jika tumbuh dalam pot yang kotor dan tidak terawat.

12. Ganti Pot

Cara Merawat Anggrek
Pot Pecah

Selain membersihkan pot, kamu juga bisa memastikan apakah pot tersebut masih layak untuk digunakan atau tidak. Karena sejumlah pot yang rusak seperti, retak dan pecah memang harus benar-benar di ganti agar nantinya tidak merusak tanaman.

13. Tentukan Media Tanam yang Paling Cocok

Cara Merawat Anggrek
Media Tanam sabut Kelapa

Beda jenis anggrek, maka beda pula media tanam yang cocok. Media tanam merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu tanaman dalam berkembang biak. Dengan adanya media tanam yang tepat dan berkualitas, tentu tanaman tersebut bisa berkembang biak dengan baik. Begitu juga sebaliknya. Medianya jam sendiri terbagi dari beberapa jenis, misalnya sabut kelapa, kulit cemara dan masih banyak lagi.

14. Potong Daun Kering

Cara Merawat Anggrek
Memotong Daun Kering

Tak cukup ranting saja, namun daun yang kering juga perlu dipotong. Hal ini guna mempercantik tampilan tanaman anggrek tersebut.

Hal ini memang terdengar mudah untuk dilakukan, namun siapa sangka jika kemudahan tersebut justru malah membuat banyak orang menjadi lalai akan kegiatan memotong daun yang sudah kering.

15. Membersihkan Tanaman

Cara Merawat Anggrek
Membersihkan Anggrek

Tanaman yang jarang dibersihkan tentu dapat dijadikan sebagai rumah semut yang menyeramkan. Bahkan terkadang ada juga tanaman yang diselimuti oleh jaring laba-laba. Semua itu terjadi lantaran kurangnya perhatian kita terhadap kebersihan tanaman. Maka dari itu, cobalah untuk selalu membersihkan tanaman. Dengan begitu tanaman anggrek milikmu akan lebih indah untuk dilihat.

Nah itulah 15 cara merawat anggrek dengan baik dan benar. Semoga dari beberapa cara tersebut ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan pada tanaman anggrek di rumahmu.

Meskipun sejumlah cara di atas terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Nyatanya masih banyak orang yang tidak menerapkan cara-cara tersebut. Padahal tanpa adanya perawatan yang baik dan benar, tentu secantik apapun tanaman yang kamu miliki pasti tidak akan dapat terlihat cantik lagi.

Baca Juga