18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Bagaimana cara untuk menjadi seorang youtuber sukses dan terkenal? Simak dalam ulasan 18 cara menjadi youtuber sukses dan terkenal berikut ini.

Menjadi youtuber kini sangat menjanjikan, tak terhitung pundi pundi uang yang akan dimiliki jika sudah menjadi sosok yang dikenal banyak orang. Namun ternyata kesuksesan dan keterkenalan seorang youtuber tidak serta merta didapat dalam semalam. Butuh perjuangan dan kerja keras yang melelahkan. Membangun chanel adalah hal yang tak mudah dilakukan. Namun tak mudah bukan berarti tak bisa dilakukan, simak 18 cara menjadi youtuber terkenal dan sukses berikut ini.

1) Tentukan Tema Channel

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Tentukan Tema Channel

Penentuan tema ini untuk mempermudah penonton “mengenali” channel Anda. Beberapa tema yang dapat diulik dan digunakan adalah komedi, traveling, review, edit video, tutorial dan berbagai teman menarik lainnya.

2) Gunakan Nama Channel yang Mudah Diingat

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Gunakan Nama Channel yang Mudah Diingat

Sebelum memberikan nama pada channel Anda, Anda disarankan memberikan nama yang singkat dan mudah diingat. Karena jika nama terlalu panjang akan sulit untuk diingat oleh orang lain. Semakin mudah diingat maka semakin mudah bagi penonton untuk kembali ke channel Anda.

3) Buatlah Konten Original

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Buatlah Konten Original

Konten original sangat penting dan merupakan aset paling berharga di youtube. Cobalah untuk berpikir out of Box, dimana apa yang Anda pikirkan tidak akan dipikirkan orang lain. Atau Anda dapat membuat konten yang menyajikan konten pelengkap dari konten orang lain. Misalnya ada yang sedang membahas keunggulan suatu produk, anda dapat menyajikan kelemahan produk tersebut dalam video Anda .

4) Buatlah Konten Bermanfaat

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Buatlah Konten Bermanfaat

Konten bermanfaat akan lebih mudah mendapat viewer dan share karena konten dalam video tersebut dibutuhkan oleh orang lain. Konten dalam video jenis ini dapat berupa cara membuat, cara mengatasi atau solusi dari suatu permasalahan, termasuk permasalahan cinta.

5) Jaga Kualitas Video

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Jaga Kualitas Video

Kualitas video harus Anda jaga, jangansampai video terlihat tidak jelas karena resolusi yang digunakan terlalu kecil yang mengakibatkan video menjadi buram atau pecah. Semakin jelas maka semakin bagus kesan yang ditinggalkan video tersebut dan hal ini berpotensi mengundang orang lain untuk melihat. Semakin buruk kualitas video maka semakin tidak menarik di mata penonton dan sudah pasti ditinggalkan.

6) Perbanyak Viewer Dengan cara menshare Video di Akun Sosial Media

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Perbanyak Viewer Dengan cara menshare Video di Akun Sosial Media

Perbanyak viewer dengan cara mensharenya di akun sosial media. Sosial media menjadi tempat ampuh untuk mempromosikan video yang telah kita buat. Bagikan diakun sosial media milik Anda dan mintalah beberapa teman juga membagikannnya.

7) Minta masukan Subcriber

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Minta masukan Subcriber

Mintalah masukan pada subcriber video seperti apa yang harus anda buat. Namun jangan sampaikan seperti seseorang yang tengah kehabisan ide. Anda dapat memintanya dengan membuka Request atau menerima challengge dari subcriber. Tentunya masukan dari Subriber tidak semuanya harus dipenuhi,namunpalingtidak Anda dapat melihat seberapa jauh subriber memperhatikan anda dan apa yang mereka ingin lihat dari channel yang sedang Anda bangun.

8) Bangun Interaksi Dengan Penonton

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Bangun Interaksi Dengan Penonton

Cara sederhana membangun interaksi dengan penonton adalah dengan membalas setiap komentar yang muncul di video tersebut. Paling tidak para penonton akan merasa diperhatikan dan dihargai, kesan ini akan menjadi modal awal bagi penonton untuk kembali menonton video di channel Anda.

9) Ikut Chalengge

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Ikut Chalengge

Semakin hari semakin banyak challenge yang muncul di sosial media, cobalah ikut ambil bagian dalam chalengge tersebut. Ikut challenge yang sedang trend juga dapat menjadi cara promosi yang baik bagi channel youtube yang sedang Anda bangun. Namun pertimbangkan terlebih dahulu tingkat keamanan challenge yang ada, jangan mempertaruhkan nyawa hanya untuk membuktikan Anda dapat menjalani challenge yang diberikan.

10) Optimasi Judul Namun Jangan Click Bait

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Optimasi Judul Namun Jangan Click Bait

Judul menjadi salah satu senjata utama bagi seorang youtuber dalam menarik jutaan viewer menuju ke videonya. Judul yang biasa biasa saja tentunya tidak akan menarik penonton untuk menengok isi video tersebut, karena disaat yang sama, penonton akan disajikan belasan video lainya dengan judul yang memikat. Tentunya penonton akan segera mengklik video yang lebih menarik. Click bait sangat tidak disarankan, hal ini terkait dengan rasa kepuasan penonton, pada dasarnya click bait adalah judul “wah” namun konten dalam video tidak se”wah” yang dibayangkan.

11) Konsisten

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Konsisten

Konsistensi dalam emmbangunchanel youtube sangat dibutuhkan, karena membangun channel tidaklah semudah yang dibayangkan. Dengan konsisten membangun chanel lambat laun Anda akan belajar konten seperti apa yang mudah diterima oleh penonton.

12) Ikuti Trend

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Ikuti Trend

Ikuti trend yang sedang berkembang, jika saat ini tengah trend konten video wisata kuliner, Anda juga dapat melakukan hal yang sama, namun video yang diunggah disajikan dengan gaya Anda sendiri.

13) Sajikan Konten Yang Unik dan Kreatif

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Sajikan Konten Unik dan Kreatif

Sajikan konten video yang unik dan kreatif yang belum pernah di sajikan oleh youtuber lainnya. Tentu saja hal ini perlu riset mendalam untuk mengetahui “materi” apa saja yang belum pernah disentuh oleh youtuber lainnya. Anda dapat mencari Ide dengan berjalan jalan atau melihat konten video lainnya.

14) Rutin Update Video

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Rutin Update Video

Semakin rutin membuat video maka akan semakin mudah Anda dikenal sebagai seorng youtuber. Namun tak hanya rutin update video yang harus diperhatikan, kualitas dan konten video juga menjadi hal yang juga harus diperhatikan.

15) Tunjukkan Ciri Khas

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Tunjukan Ciri Khas

Tunjukkanlah ciri khas Anda pada setiap video yang diunggah, Ciri khas ini dapat ditunjukan dengan gaya bicara maupun opening dan ending dari video. Ciri Khas ini untuk membantu penonton “membedakan” Diri Anda dengan youtuber lainnya.

16) Kuasai Aplikasi Edit Video

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Kuasai Aplikasi Edit Video

Dengan menguasai aplikasi edit video akan membuat tampilan video Anda jauh lebih berbeda dan “wah” dibandingkan dengan youtuber lainnya. Semakin terampil Anda mengedit video,maka akan semakin manis tampilan video yang Anda buat dan semakin disukai pula oleh penonton.

Baca Juga : 15+ Cara Memperbanyak Follower Akun Sosmed Dengan Mudah

17) Jangan Buat Video Sindiran

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Jangan Buat Video Sindiran

Mengunggah video sindiran terhadap tokoh atau lembaga tertentu tentu akan berpotensi mengundang viewer lebih mudah, namun viewer yang datang akan memberikan komentar dan pandangan buruk tentang Anda, karena itu hindari mengunggah video nyinyir, sebarkan energi positif ke penonton Anda.

18) Optimasi Tumbnail

 18 Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Terkenal
Optimasi Tumbnail

Tumbnail adalah gambar yang pertama kali dilihat sebelum video diplay. Tumbnail memegang peranan penting bagi penonotn ketia penonton hendak memutuskan video mana yang akan mereka tonton. Lihatlah kembali video yang akan diunggah dan carilah gambar yang menarik dan unik dari video tersebut dan jadikan gambar tersebut sebagai tumbnail.

Demikianlah 18 cara menjadi youtuber sukses dan terkenal.

Loading...

Baca Juga